Beranda » Blog » Cara Agar Nangkadak Berbuah Cepat dan Maksimal Meski Didalam Pot

Cara Agar Nangkadak Berbuah Cepat dan Maksimal Meski Didalam Pot

Diposting pada 6 Agustus 2017 oleh bibit buah / Dilihat: 9.831 kali

Pernah kah anda mendengar buah yang satu ini? Ya dari namanya pasti anda tahu bahwa nangkadak merupakan jenis buah nangka, tanaman ini memang unik karena merupakan hasil persilangan antara buah nangka dan cempedak. Namun ternyata ada satu lagi yang mirip yaitu buah cempeka, perbedaan nangkadak dan cempeka yaitu pada daging buahnya ,seperti yang dikutip dari majalah trubus bahwa Nangkadak teksturnya renyah, tetapi cempeka lebih lembut menyerupai cempedak. Namun kali ini kami akan membahas tentang tanaman buah Nangkadak.

Jika anda pernah melihat langsung buah cempedah, maka anda akan teringat akan aromanya yang sangat wagi menyengat, dan jika anda melihat buah nangka maka yang akan anda ingat adalah rasa manisnya dan daging buahnya yang kenyal. Lalu bagaimana jika keduanya digabungkan? Benar sekali Buah Nangkadak memiliki rasa yang sangat manis, daging agak renyah dan kenyal serta beraroma sangat wangi. Lalu apakah anda pernah melihat buah nangkadak secara langsung? jika sudah, pernahkah anda membuka bagian dalamnya? Jika sudah maka anda beruntung, namun jika belum pasti anda akan mencari gambarnya di internet. Dan yang ada temukan kurang lebih seperti ini bagain dalamnya.

nangkadak berbuah sempurna

Apakah benar demikian? Jawabannya adalah “itu tidak salah”. Namun tunggu dulu ternyata gambaran nangkadak yang sebenarnya jika nanti anda menanamnya dan berbuah, tidaklah demikian. Perlu perlakuan khusus agar buah nangkadak memiliki daging buah yang sangat banyak seperti gambar diatas. Beberapa kawan kami yang memiliki pohon nangkadak dan telah berbuah sangat kagum dengan rasa buahnya yang sangat manis serta aromanya yang sangat wangi. Serius, sangat manis dan sangat wangi. Namun kekecewaan terlihat ketika membelah buahnya, daging buah yang ada didalamnya sangat sedikit, bahkan ada beberapa yang hampir tak berdaging buah, atau berisi dami semua. Kurang lebih seperti ini gambarannya.

Nangkadak daging sedikit

Dari gambar tersebut dapat dilihat berapa jumlah daging buah yang bisa dimakan? saya kira tidak ada 50% dari ukuran buahnya. Jadi jangan terburu-buru untuk membudidayakannya jika tak ingin nantinya kecewa ketika berbuah.

Apakah Salah Menanam Nangkadak?

Pertanyaanya sekarang adalah, apakah salah menanam dan membudidayakan nangkadak? Jawaban dengan tegas, Tidak salah.! Anda Beruntung. Dan anda beruntung jika membaca artikel ini sampai selesai. Mari kita lanjutkan dan mengupas ini sampai selesai.

Baca Juga: Jual Bibit Nangkadak Hasil Pebanyakan Okulasi

Usut punya usut, ternyata nangkadak menghasilkan daging buah yang sedikit dikarenakan faktor penyerbukan bunga jantan dan bunga betina yang kurang sempurna. Seperti yang dikutib dari majalh trubus, Pohon Nangkadak sebanyak 90% bunga yang muncul berupa betina, dan bunga jantan hanya 10%. Hal ini mengakibatkan bunga betina yang dibuahi oleh bunga jantan hanya 10% dan sisanya 80% terbuang percuma. Berbeda dengan bunga pada tanaman nangka, Secara kasar komposisinya 50% bunga jantan dan 50% bunga betina, sehingga peluang penyerbukan alami tinggi. Padahal jika anda tahu, buah nagkadak ini dipasar swalayan sangat dicari. Selian karena kelebihan rasa dan aroma , juga ukuran buahnya yang tidak terlalu besar, rata-rata berat 1.5 kg sampai 2.5 kg/ buah. Harga buah nagkadak dipasar swalayan mencapai Rp 18.000 – Rp 20.000/kg, sedangkan ditingkat pasar tradisonal dikisaran harga Rp 10.000 sampai Rp 15.000. Peluang mengebunkan tanaman yang satu ini masih sangat besar. Lalu kesimpulannya, bagaimanakah cara agar buah berdaging banyak?.

Cara Agar Nangkadak Berdaging Banyak

Agar nangkadak berbuah dengan daging yang banyak sperti gambar pertama, adalah dengan penyerbukan buatan. Caranya dengan dengan mengawinkan betina nangkadak dengan pejantan nangka. Waktu paling tepat untuk mengawinkan nangkadak betina dengan pejantan nangka mulai dari pukul 17.00 sampai 08.00 hari berikutnya. Hal ini karena pada waktu tersebut bunga betina siap kawin. Cirinya bunga diselimuti bulu-bulu lembut dengan warna hijau cerah. Bila sudah kering dan mengeras, artinya waktu kawin sudah lewat. Ciri bentuk bunga jantan nangkadak mirip pejantan nangka, sedangkan bunga betina nangkadak gemuk dan bunga betina nangka kurus.

Pengaplikasiannyapun mudah, anda tinggalh menepukkan atau mengesekkan dengan perlahan atau mengoyangkan bunga jantan didatas buanga betina. Yang penting serbuh bunga jantan menempel di bungan betina. Jika sudah demikian, dijamin nangkadak anda akan dipenuhi daging buah. Biasanya pohon nangkadak mampu memproduksi buah antara 50-75 buah setiap tahun ketika tanaman baru mencapai usia 2-3 tahun. Dan akan terus meningkat seiring bertambahnya usia pohon.

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

Cara Agar Nangkadak Berbuah Cepat dan Maksimal Meski Didalam Pot

  • teguh

    mohon solusinya…
    nangkadak saya dah 4 kali berbuah lebat tetapi isi buahnya sangatlah sedikit.. setelah membaca artikel diatas saya mengerti penyebabnya.. adakah cara lain selain mengawinkan bakal buah betina nangkadak dengan bakal buah jantan nangka… terima kasih…

    Balas 26 Agustus 2019 | 12:10 pm
    • Tomi - Fatkhul Admin

      biasnaya kita gunakan pupuk KNO3 merah dan MKP saat akan berbunga sampai berhasil jadi buah, semprotkan gandasil B saat menjadi bunga sampai menjadi pentil (bakal buah)

      Balas 5 Desember 2019 | 3:32 pm
  • Ridho

    Sy sdh menanam nangkadak dan berusia tiga tahun.. Tapi kok belum muncul buah bakal buahnya…
    Mohon di sharing cara agar cepat muncul bakal buahnya.. trimakasih…

    Balas 25 September 2018 | 1:08 am
    • Fatkhul Admin

      1. bisa dilakukan stress air pak, saat daun sedang dalam keadaan tidak mupus, kurangi intensitas penyiraman. Untuk intensitasnya tergantung karakter tanah, yang terpenting tanah disiram setelah sekiranya terlihat kering. Bila tanah masih lembab atau adem jangan disiram dulu
      2. Berikan hormon Paklobuztarol, ada beberpa merk yang tersedia dipasaran atau toko pertanian, seperti Patrol, Goldstar dll
      3. Diberikan pupuk KNO3 merah
      semoga pohon lekas berbuah Pak Ridho

      Balas 7 November 2018 | 12:46 pm
  • Ambar

    Betul sekali nangkadak saya juga sama, tapi dari artikel yg saya baca katanya sih perlu perkawinan buatan, saat bunfa betina masih berbulu halus agar segera dikawinkan dg serbuk bunga jantan… Selamat mencoba

    Balas 9 Juni 2018 | 6:25 am
  • Reyshan

    Cirinya bunga diselimuti bulu-bulu lembut dengan warna hijau cerah. Bila sudah kering dan mengeras, artinya waktu kawin sudah lewat.

    Ciri bentuk bunga jantan nangkadak mirip pejantan nangka, sedangkan bunga betina nangkadak gemuk dan bunga betina nangka kurus.
    ini yang gemuk yang jantan apa betina kok sama2 betinanya di artikelnya?

    Balas 20 Januari 2018 | 10:08 am
  • Hesti

    Supaya diberi gambar / contoh bunganya. Juga diberi vidio tutorial mengawinkannya, karena ditempat saya nangkadak berbuah lebat dalam nya samasekali tidak ada isinya.
    Terimkasih

    Balas 5 Januari 2018 | 11:19 pm
  • Muhammad nuch

    Pohon cempedak saya berbuah banyak, tapi tidak ada isinya, kosong dalamnya cman ada serabut2, bagaimana cara mengatasinya?

    Balas 15 Desember 2017 | 6:19 am
  • hdsyahputra

    Saya punya 1 pokok nangkada hasil okolaso sendi dengan batang bawah dari biji nangkada yg sudah berbuah

    Tambulam nangkada sudah dua tahun tiap putik buah tumbu pada ujung daun daun muda… tapi tidak dapat bertahan sampai besar selalu ro tok pada sebesar jepol kaki.

    Mohon dulusi…dong.teromakasih.

    Balas 19 November 2017 | 2:15 pm
    • Fatkhul Admin

      baik pak terimakasih, untuk tabulampot memang perlu perwtan extra untuk nangkadak, karena tergolong buah besar. Beberapa perlakuan yang bisa dilakukan:
      1. Saat sudah muncul bakal buah, jangan lupa untuk memberi pupuk, bisa pupuk kandang
      2. Biarkan buah terkena sinar matahari langsung, bila terhalangi daun2, pangkas daun yang menutupi calon bakal buah tersebut.
      Semoga bisa membantu

      Balas 20 November 2017 | 2:51 am
    • Langgeng

      Assalamu’alaikum
      Pohon nangkadak saya udh mulai berbuah dan sangat lebat, namun ketika sudah matang ternyata gx ad isi y adapun yg ad pleng 2-3biji buah dlm y
      Gmna solusi y gan

      Balas 8 Januari 2020 | 6:59 pm
      • Tomi - Fatkhul Admin

        1. Caranya dengan dengan mengawinkan betina nangkadak dengan pejantan nangka. seperti yang saya tulis di artikel diatas.
        2. penjarangan buah
        3. semakin tua usia pohon, biasanya daging buah akan semakin banyak

        Balas 13 Januari 2020 | 3:51 pm

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

5 Jenis Anggur Import Rasa Manis Yang Bisa Anda Tanam di Indonesia
16 Juli 2020

Anggur merupakan tanaman buah merambat yang termasuk dalam keluarga vitaceae. Memiliki bentuk bulat, kecil dengan warna merah, hijau dan ungu... selengkapnya

PANDUAN BUDIDAYA RAMBUTAN
9 Juni 2017

PANDUAN BUDIDAYA RAMBUTAN Penanganan Awal Saat Bibit Sampai Tujuan Buatlah media tanam dengan bahan tanah, pupuk kandang (sapi/ayam/kambing), dan sekam... selengkapnya

Alpukat Sikat Sakit Gigi
23 Maret 2017

Daun alpukat atasi keluhan nyeri akibat gigi berlubang Daun alpukat mengurangi nyeri akibat gigi berlubang. Bertahun-tahun sakit gigi Betty nyaris... selengkapnya

6 Langkah Sederhana Menanam Pohon Buah Kelengkeng New Kristal
4 Maret 2020

Dalam kesempatan ini, kami akan membahas tentang langkah menanam Kelengkeng New Kristal.  Bagaimana caranya? mari simak artikel dibawah ini. Buah... selengkapnya

7 KEUNGGULAN MANGGA KIOJAY YANG MEMILIKI NILAI EKONOMI YANG TINGGI
14 Maret 2020

Bersama kami bibitbuahku.com, kali ini kita akan mengulik tentang keunggulan Mangga Kiojay. Mari simak di artikel berikut… Buah Mangga merupakan... selengkapnya

10 HAMA DAN PENYAKIT PADA BUAH MANGGA KIOJAY
25 Maret 2020

Kembali lagi bersama bibitbuahku.com, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang hama dan penyakit pada buah Mangga Kiojay. Siapa... selengkapnya

6 TIPS BUDIDAYA KELAPA PANDAN WANGI 
7 April 2020

Kesempatan kali ini kita akan mengulas perihal tips budidaya Kelapa Pandan Wangi. Seperti yang kita tahu, pohon kelapa sering disebut-sebut... selengkapnya

Cara Mudah Stek Tanaman Tin
10 Agustus 2016

Cara Mudah Stek Tanaman Tin – Saat ini buah tin gempar kembali di Indonesia, sekitar 5 tahun silam tin pernah... selengkapnya

7 CARA PERAWATAN DURIAN MUSANG KING
12 Maret 2020

Dalam kesempatakan ini, kita akan membahas tentang cara perawatan durian musang king. Siapa sekarang yang tidak mengenal durian Musang King?... selengkapnya

Jual 5 Jenis Bibit Anggur Import Manis Mudah Berbuah
1 Juni 2021

Jual Bibit Anggur Import – Siapa yang tidak mengenal buah anggur? Tanaman buah perdu merambat yang memiliki bentuk bulat kecil... selengkapnya

Cara Agar Nangkadak Berbuah Cepat dan Maksimal Meski Didalam Pot

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: