Buka jam 07.00 s/d jam 22.00 , Sabtu- Minggu Tetap Buka
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Membedakan Kurma Jantan dan Betina Begini Caranya

Cara Membedakan Kurma Jantan dan Betina Begini Caranya

Diposting pada 13 October 2017 oleh Fatkhul

Cara membedakan kurma jantan dan betina menjadi topik kali ini karena banyak kawan-kawan yang sering menanyakan hal itu. Semenjak banyak masyarakat Indonesia tahu bahwa Kurma Mampu Berbuah di Indonesia, banyak masyarakat yang berbondong bondong mencari bibit kurma. Namun ternyata disini kita mengalami kebingungan, sebagian besar masyarakat Indonesia—termasuk masyarakat di dunia—menyadari bahwa perbedaan jenis kelamin pada pohon kurma di bawah usia tiga tahun sulit dipastikan. Perlu perhatian yang teliti dalam memilih bibit tanaman kurma—terlebih jenis kelamin—yang mampu menghasilkan buah dan dapat dipanen. Hal yang paling penting dalam budidaya kurma adalah mengenal ciri-ciri kelamin jantan betina.

Cara Membedakan Kurma Jantan dan Betina

Sebelum saya menyampaikan isi dari artikel ini alangkah baiknya anda mengetahui beberapa pertanyaan terkait kurma jantan dan betina:

  1. Apakah kurma jantan bisa berbuah?

Tidak! Ini sudah jelas bahwa kurma jantan tidak bisa berbuah. Entah itu kurma tropis maupun kurma yan ada didaerah padang pasir. Jika nada masih bingung apa perbedaan

2. Apakah kurma betina bisa berbuah tanpa bunga jantan?

Bisa. Namun buah yang dihasilkan tidak biak kwalitasnya, selain rasanya tidak enak ukura buah nantinya juga kecil.

Jika anda sudah tahu kedua konsep tersebut mari kita lihat pendapat beberapa ahli tentang kurma:

“Untuk kurma berjenis kelamin betina, bisa anda dapatkan dari anakan pohon kurma. Yaitu tanaman kurma yang tumbuh dr pohon kurma besar yang sekiranya sudah berumur 4 tahun lebih. Karena anakan kurma hanya tumbuh dari kurma betina.”

Menurut pernyataan tadi saya sepakat bahwa kurma betina bisa dipastikan dari bibit anakan kurma, namun saya tidak setuju seratus persen. Anakan kurma yang dari pohon betina lah yang dipastikan bibit berjenis kelamin betina.

Karena ternyata pohon kurma jantan juga mampu beranak, dan anakan kurma jantan akan berjenis kelamin seperti indukannya. Jadi kesimpulannya hanya anakan pohohn kurma betina lah yang akan bearanak bibit kurma betina, dan begitu sebaliknya.

“Perbedaan pohon kurma jantan dan betina dapat Anda temykan pada bagian daun pisau muda; kurma jantan memiliki daun dan duri yang lebih panjang, serta tampak banyak di tiap tangkainya.”

Dari pernyataan tersebut, menurut saya masih perlu penelitian lebih lanjut, kerana panjang pendeknya tangkai juga bisa dipengaruhi oleh perawatan.

Jadi bagaimanakah cara membedakannya?

1.Untuk pohon kurma yang sudah berbunga sudah pasti dapat dipastikan apakah kurma jantan atau betina, karena bunga jantan dan betina bentuknya berbeda. Seperti ini perbedaannya.

2. Bibit dari anakan sudah dapat diketahui perbedaan jenis kelamin jantan dan betina. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas tadi.

anakan pohon kurma

3. Bibit dari perbanyakan kultur jaringan juga merupakan salah satu cara membedakan kurma jantan dan betina. Sebenarnya kultur jaringan berjenis kelamin jantan pun ada, namun sampai saat ini Indonesia belum mengimport nya karena antusias masyarakat untuk mendapatkan kultur jaringan kurma betina lebih besar, dan beranggapan nantinya akan banyak kurma jantan di Indonesia dari para penanam yang membudiayakan dari perbanyakan biji.

Namun jika anda membudidayakan kurma dan ternyata kurma jantan yang anda tanam jangan lantas anada beranggapan bahwa anda gagal, dan bersedih. Karena ternyata bunga jantan juga dijual dengan harga mahal. Terlebih bunga jantan ini bisa diawetkan sampai sekitar satu tahun.

Kunci kesuksesan dalam bertani kurma adalah jangan ragu untuk menanam, karena jika kita tidak berani berspekulasi maka ketertinggalan kita akan semakin jauh dari negara-negara tropis lainnya. Karena Thailand pun memulainya dengan kegagalan, silahkan anda baca Kegagalan Petani Kurma di Thailand yang ternyata membawa berkah.

Nah, setelah Anda selesai membaca informasi perihal perbedaan kurma jantan dan kurma betina, semoga dalam budidaya tanaman kurma berjalan lancar. Anda perlu teliti dalam membedakan jenis kelamin pohon kurma agar di saat panen tak membuat sesal membangun rumah (baca: menetap) di hati Anda.

Sekian dari bibitbuahku.com, semoga bermanfaat, terima kasih, dan sampai jumpa di lain waktu.

Bagikan informasi tentang Cara Membedakan Kurma Jantan dan Betina Begini Caranya kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Membedakan Kurma Jantan dan Betina Begini Caranya | Bibit Buahku

6 komentar untuk Cara Membedakan Kurma Jantan dan Betina Begini Caranya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan