Buka jam 07.00 s/d jam 22.00 , Sabtu- Minggu Tetap Buka
Beranda » Artikel Terbaru » Keunggulan Menanam Kurma Di Indonesia

Keunggulan Menanam Kurma Di Indonesia

Diposting pada 6 January 2017 oleh Fatkhul

Keunggulan Menanam Kurma Di Indonesia – Masih dari sumber yang sama “Kurma Indonesia”, sebelumnya saya telah membagikan artikel terkait Apakah Pohon Kurma Mampu Tumbuh dan Berbuah di Indonesia? Kali ini saya akan lebih meyakinkan anda kenapa memilih budidaya kurma. Tanaman kurma mempunyai daya tarik untuk dibudidayakan secara meluas di tanah air, karena sifat tanaman dan keunggulannya. Beberapa diantaranya yaitu :

Handal dan tahan lasak
Kurma tumbuh pada rentang suhu yang ekstrim -15 °C s/d +51 °C. Tetapi kurma paling suka pada keadaan sekitar 25°C seperti di umumnya di negeri kita Indonesia. Tumbuh pada ketinggian minus 400 m (di bawah permukaan laut, di lembah Jordan) hingga >+2000 m di Kashmir pada pegunungan Himalaya. Kurma paling tahan pada kondisi tanah yang marginal, sebagaimana selama ini ditunjukkan dengan tumbuh tegar di padang pasir, namun makin subur tumbuh di Thailand, India, California dan Bogor.

Produktifitas sangat tinggi
Hasil panen berkisar 15 – 45 ton / HA / tahun, dengan asumsi 150 pohon per HA dan hasil 100 – 300 kg per pohon / tahun. Cukup hanya dengan menanamnya sekali, akan dapat panen dari tahun ke 5 – 7 hingga 100 tahun kemudian (seperti tanaman kurma di Timur Tengah dan Coachella Valley USA). Produktifitas yang tinggi dan usia produktif yang panjang ini memberikan hasil kelayakan usaha yang sangat menarik sebagai pilihan investasi dibidang perkebunan.

Baca Juga : Kurma Sebagai Alternatif Sumber Ketahanan Pangan Indonesia

Akar pohon kurma sangat unik
Pohon kurma meiliki akar yang berbeda dengan akar pohon kelapa ataupun kelapa sawit. Akar serabutnya terbagi sebagai Akar Atas/Udara, Akar Samping, Akar Tengah dan Akar Dalam. Akar Dalamnya bisa menunjam hingga 12 m ke bumi. Sedangkan Akar Sampingnya merayap tak lebih dari 1 m dari bonggolnya. Menjadikannya sangat kokoh, sekaligus ramah pada tanaman tetangganya. Kurma tidak merebut air dan unsur hara jatah tanaman tetangganya. Justru “wa fajarna minal ‘uyuun” (menurut QS Yasin 36:35) menahan laju perembesan air ke dalam dan membantu “memompa” air memancarkan mata air ke atas sehingga cukup air di dekat top soil. Payungan daunnya yang berwarna keperakan, memantulkan sebagian cahaya dan panas matahari, mengalirkan angin, meningkatkan kelembaban, menurunkan suhu dan membantu menciptakan micro climate yang baik di sekitarnya.

Adaptabilitas yang tinggi
Pohon betina kurma mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya dan menghasilkan jenis buah baru yang khas karena lingkungannya dan karena hasil persilangannya. Ini keistimewaan lain yang akan dibahas diartikel berikutnya.

Propagasi cepat dan beragam cara
Kurma bisa dikembang-biakkan dengan 3 cara: dari biji, tunas (offshoot, seperti pisang) dan kultur jaringan (kuljar / tissue culture). Kasus di Bard Valley USA, dari 18 bibit menjadi 200 ribu pohon dalam 72 tahun. Sedangkan secara teoritis, dengan asumsi 1 pohon ada 10 tandan masing-masing ada 50 untai dan ada 20 butir per untai. Maka 1 pohon bisa tersedia 10.000 bibit sekali panen, yang dalam 10 tahunan bisa 3 panen, maka tersedia 30.000 bibit dari biji. Tingkat tumbuh semaian dari biji sangat tinggi, lebih dari 90%, dan mudah sekali. Petani akan merdeka dari cengkeraman konglomerat mafia penguasa benih. Pada waktu usia 3 tahun pohon kurma jantan atau betina sudah mengeluarkan gerombolan tunas anakannya. Pada tahun ke-7 sudah bisa memanen tunas sebanyak 10-15 tunas dengan kualitas tanaman dan jenis kelamin yang sama. Maka reboisasi dengan pohon kurma juga menjadi salah satu pilihan yang sangat menarik.

Demikian artikel Keunggulan Menanam Kurma Di Indonesia, semoga memberikan wawasan lebih bagi anda dan semoga memberikan keberkahan bagi penulis (Agus S Djamil).

Bagikan informasi tentang Keunggulan Menanam Kurma Di Indonesia kepada teman atau kerabat Anda.

Keunggulan Menanam Kurma Di Indonesia | Bibit Buahku

37 komentar untuk Keunggulan Menanam Kurma Di Indonesia

  • Mbudiannoor says:

    Boleh dicoba, bagus.

  • Hafli Hasibuan says:

    Luar biasa keunggulan Kurma ini. Kenapa para ahli Pertanian di negara kita ini kurang tertarik mengembangkan Kurma yaa, padahal kita mengimpor ribuan ton buah Kurma tiap tahun, apalagi dari artikel ini, pohon kurma sangat ramah lingkungan, dibandingkan dengan pohon Sawit..

    • Fatkhul says:

      sebenarnya sudah banyak yang menekuni khusus dibidang tanaman kurma ini pak, namun mungkin belum banyak. Beberapa kawan juga sudah malang melintang ke negara-negara yang sudah membudidayakan pohon kurma tertuma thailand yang notabene iklim dan cuaca mirip negara kita Indonesia. Dan sampai saat ini sudah semakin banyak jenis kurma yang diketahui cocok untuk daerah tropis, dimana buahnya sudah bisa dinikmati saat fase khalal atau buah segar

  • Firyal mulyono says:

    Kalau mau lihat yg sdh berhasil di jawa ,di mana ya pa?

    • Fatkhul says:

      di kudus Jawa tegah, milik pribadi, beberapa pohon sudah berbuah, namun saya belum sempat berkunjung. Ada juga pembukaan lahan luas untuk wisata perkebunan kurma di jawa timur, tepatnya di daerah Pasuruan. Namun saya belum tahu, sudah ada yang berbuah atau belum.

  • Masdaryani says:

    Pingin jg utk menanam kurma namun krn bibit nya jg mahal utk ukuran sy terpaksa ke ininginanya cuma sebatas angan2.

    • Fatkhul says:

      ambil yang kecil harga murah pak, 250.000, kalau untuk memangkas dana lagi bisa beli biji, kalau bisa ambil biji yang jenis KL1 dan dr kebun induk

  • ANITA TRISNA says:

    Saya sudah menanam kurma dari biji, ada 50 pohon kurma, tapi saya gk tau betina atau jantan…. bibit nya pun beragam…. karena saya cuma mau coba coba. Sekarang tinggi nya kira kira 15cm… saya coba tanam di polybàg…

  • ikubaru says:

    Alhamdulillah istri saya berhasil menanam pohon kurma dari biji semoga menjadi besar , amiin

    • Fatkhul says:

      Amin pak, semoga lekas berbuah. Solihkan bisa sharing disini terkait pengalaman menanam kurma, sehingga kita dapat melihat dari beberapa sudut pandang yang berbeda.
      Terimakasih

  • Abdurahman says:

    asssalamualaikum,
    Saya sangat tertarik untuk usaha budidaya kurma, saya punya lahan kebun seluas 4 hektar di daerah kabupaten bandung sat ini sedang di tanami jagung manis , singkong dan jabon. saya berencana budidaya kurma di lahan tsb untuk satu hektar. Namun saya masih terbatas pengetahuan. teknis mengenai budidaya. mohon bantuan kemana saya harus belajar.
    terimakasih

  • Wahyudi Said says:

    Assalamua’laikum Warahmatullahi Wabarakatuh.. Saya ingin bertanya,, hari ini saya baru belajar memisahkan 3 offshoot.. setelah saya perhatikan ternyata offshoot2 tadi belum memiliki akar.. mohon bantuannya bagaimana merawat offshoot2 tersebut agar akarnya bisa tumbuh.. sekian dan terima kasih..

    • Fatkhul says:

      Wa’alaikum salam. Terimakasih atas pertanyaany. Untuk offshoot yang belum miliki akar memang sangat riskan, namun jika sudah terlanjur di pisahkan, sebaiknya tanaman ful di krukup dengan plastik putih transparan, baik daun maupun batangnya. sekiranya hingga keluar akar.

      • Wahyudi Said says:

        Alhamdulillah atas jawabannya.. mohon maaf sebelumnya,, maksudnya di krukup itu di bungkus yah..?? soalnya sementara ini perlakuan yang saya berikan hanya sebatas memandikan dan merendam offshoot itu saja.. insha allah kalau sudah keluar akarnya,, ukuran akar mudanya berapa panjang yah..?? yang sekiranya bisa bertahan bila di tanam di media tanam sementara ( dalam poli bag ).. atau langsung bisa di tanam di lahan..?? Terima kasih banyak atas saran dan bantuannya..^_^..

  • Fatkhul says:

    asal air tidak sampai pada batang kurma ketika pasang tak maslah. krn jika terlalu banyak air, batang maupun akan kurang bagus

  • Widarnoto Joko Amperadi says:

    Mau donk ikut group WA kurma

  • rei says:

    Saya pernah menyemai biji kurma sekitar 3 tahun lalu, tumbuhnya bagus2.. namun karena ga ada lahan yg boleh ditanami kurma oleh orang tua, jadi enggan merawatnya dan sekarang kurma2 itu mati semua..

    Tapi dengan makin banyaknya tulisan tentang kurma seperti di blog ini, sekarang saya jadi semangat lagi buat membibit kurma lagi, buat eksperimen dan kalo tetep ga punya lahan lagi, berikan saja kepada siapa saja yg mau biar ditanam sendiri..

  • Chandra says:

    Assalamu’alaikum pak saya ingin bertanya kalau bibit kurma di polybag yang ditanam dari biji untuk siap dipindahkan ke tanah itu umurnya berapa ya? Terimakasih

  • ulva indra says:

    di bibitbuahku ini bibitnya dari biji atau dari kultur jaringan ya

  • Fenty says:

    Assalamualaikum.
    Pak maaf ijin ralat.
    Dalam artikel tsb tertulis QS.36:35 namun setelah dicek ternyata lafazh tersebut ada di ayat sebelumnya QS.36:34. Mohon maaf Pak.. dan trimakasih untuk info kurmanya Pak.
    Dengan adanya perkebunan kurma di Indonesia kami insyaallah ingin mengkreasikan olahan pangan berbahan dasar kurma. Terima kasih Pak.

  • agus yuniarto says:

    As wr wb, alhamdulillah pak saya mau tanya kurma yg umur 1 bulan(1daun lencir) sebaiknya di letakkan di tempat yg teduh atau kena matahari full. Tks

    • Fatkhul says:

      walaikum salam, bagusnya ditempat terbuka, dan terkena sinar matahari namun tak kena hujan, 🙂
      di bawah plastik uv lebih bagus, selain itu saat menyiram usahakan jangan sampai kena daun auatu tunas daun.
      Selalu cek apakah ada bintik2 coklat dibagian bawah daun, jika ada langsung dibersihkan, karena akan membuat karat daun dan perkembangannya sangat cepat

  • Domi says:

    As wr wb, di nabire papua, banyak tanaman kurma tumbuh di pekarangan masyarakat. Namun kelihatannya blm berbuah. Anakan dirumahku ada 500an umur 1.5th tapi gak tau jenisnya. Pengen punya bibit jenis barhee atau kl1 kultur jaringan. Kalau bapak ada punya tlg kabari.

    • Fatkhul says:

      kami ada kuljar barhee pak, tapi kalau kuljar kl1 gak ada, memang belum ada lab yang mengeluarkan kuljar kl1 sampai saat ini.
      untuk mendapatkan bibit kuljar barhee bisa menghubungi bagian penjualan di 085743852768

  • agusfaizal says:

    Terima kasih atas infonya, sangat berguna sekali bagi pemula seperti saya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan