Beranda » Blog » Kreasi Limbah Kulit Pisang Unik Yang Pasti Anda Belum Tahu

Kreasi Limbah Kulit Pisang Unik Yang Pasti Anda Belum Tahu

Diposting pada 11 Desember 2017 oleh bibit buah / Dilihat: 4.942 kali

Kulit Pisang – Sejak zaman dahulu kulit pisang akrab dengan manusia. Bukan hanya dijadikan lagu, tapi juga untuk pupuk dan pakan ternak. Namun, sejak ketahanan dan keragaman pangan menjadi topik nasional, kulit pisang naik gengsi jadi kudapan dan kosmetik. Di Malang, Provinsi Jawa Timur, muncul cookie pisang dengan harga Rp5.000 per bungkus kecil dengan isi 10 potong. Yang besar Rp8.000 isinya 20 potong, mereknya Cookupi. Ditambah pula semboyan “Lidah Anda perlu variasi” Your tounge deserves better.

Produk yang dikemas rapi itu diluncurkan pada April 2013 oleh sekelompok mahasiswa Universitas Brawijaya. Setahun berlalu, malah melayani kemasan stoples dengan harga Rp10.000 dan pesanan dari luar kota. Tentu kue kulit pisang bukan satu-satunya dan bukan hal yang baru. Sebelumnya sudah dikenal keripik kulit pisang, dodol kulit buah pisang, dan disusul dengan es krim kulit pisangg. Kita bisa menanyakan produk olahan kulit pisang di masing-masing kota.

kulit pisang

Kompres Kulit Pisang

Dodol pisang pun ada macam-macam rasa: pisang ambon, pisang susu, dan pisang nangka. Dimasaknya dengan santan, sedikit terigu dan tepung ketan. Para peneliti di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung menawarkan pengolahan keripik kulit pisang dengan aneka-rasa. Ada rasa manis, rasa pedas, rasa bawang, rasa kacang, dan seterusnya. Prosesnya sederhana, yaitu dengan merendam kulit pisang dalam air kapur dan garam gandu. Ada juga yang merebusnya.

Selanjutnya kulit buah pisang ditiriskan dan dijemur sampai kering betul. Untuk menggorengnya, dapat dilengkapi tepung terigu dan bumbu-bumbu sesuai selera. Beberapa bahkan ditawarkan dengan pewarna makanan. Sayangnya sampai sekarang, industri camilan dan farmasi kulit pisang belum dapat menyaingi popularitas kulit manggis yang muncul dalam berbagai merk. Kalau kita perhatikan iklan dan ketersediaan di pasar, tawaran produk kulit manggis jelas lebih berjaya. Padahal produknya terbatas pada teh celup, sirop, dan kapsul kulit manggis.

Olahan kulit pisang sudah dikenal sejak zaman Jepang, tetapi sebagai industri masih didominasi buahnya. Isinya dikonsumsi langsung, diolah menjadi makanan bayi, bahan selai roti, pisang goreng, anggur pisang, tetapi kulitnya lebih banyak disuguhkan kepada sapi, kambing, kelinci, dan kuda. Sering terlihat bagaimana kulit buah pisang dikumpulkan di pasar, diangkut dengan gerobak dari warung ke warung, untuk dijual kepada peternak. Yang paling banyak adalah kulit pisang lokal seperti kepok, batu, gajih, karena tetap utuh menempel pada sisir maupun tandannya.

Adapun kulit buah pisang raja, pisang hijau, dan jenis-jenis pisang besar lainnya cepat rusak, hancur, luluh lantak. Padahal, semua sama penting manfaatnya. Mulai dari untuk membuat sepatu mengkilap sampai untuk perawatan kulit. Secara tradisional, kulit buah pisang dipakai mengobati iritasi, gatal-gatal, pembengkakan, dan kalau digigit serangga. Ada panduan 20 manfaat kulit pisang terkait dengan kesehatan. Ini tidak perlu teknologi. Beberapa bahkan cukup menempelkan kulit pisang sebagai alat kompres kalau terjadi pembengkakan.

Fungsi lainnya adalah sebagai pemutih gigi dan penghilang jerawat. Namun, mulai Februari 2014 ekstrak kulit pisang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dan membantu penderita jantung koroner. Itu gara-gara kandungan pektin yang terdapat pada permen kulit pisang, buatan peneliti muda Lukman Azis dan kawan-kawannya yang memenangkan lomba penelitian dukungan USAID.

Tepung Kulit Pisang

Kunci keragaman terletak pada olahan tepung kulit pisang yang dapat dijadikan apa saja. Termasuk dibuat donat, naget, dan krispye kulit buah pisang rasa keju dan vanila. Setiap 3,5 kg kulit buah pisang dapat diolah menjadi 500 gram tepung. Masalahnya kadar air dalam kulit buah pisang lebih dari dua pertiga bobotnya. Di dalamnya masih ada karbohidrat (18%), lemak, protein, kalsium, fosfor, zat besi, dan berbagai vitamin. Itu yang membuat kulit buah pisang sangat bermanfaat.

Di antara penganjur tepung kulit pisang adalah Adriansyah Sarjani. Pada 2013 ia mendapat hadiah sebagai inovator dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Ia mulai penemuannya dengan memanfaatkan limbah kulit buah pisang kepok, yang berasal dari sejumlah pengusaha keripik pisang di Kabupaten Banyuasin. “Kulit buah pisang direndam air kapur sirih tiga jam, kemudian direbus sampai matang dan diiris. Setelah itu dijemur sampai kering dan digiling menjadi tepung,” ia menerangkan. Dari satu sisir pisang kepok, bisa diperoleh 250 gram tepung.

Selanjutnya perlu upaya pemasyarakatan. Belum banyak warga menyambut baik tepung kulit buah pisang. Mungkin karena masih menganggapnya sampah atau membawa kenangan kotor. Padahal penemuannya mendapat pengakuan dari dinas kesehatan dan dinas perindustrian. Tambahan lagi, tepung kulit buah pisang juga sudah mengantungi label halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia). Jadi perlu motivasi sendiri untuk membuat gerai dan outlet khusus produk kulit buah pisang yang hendak dijadikan ikon Kabupaten Banyuasin.

Untuk memproses tepung kulit pisang dengan lebih baik, dipakai natrium tiosulfat yang bisa mencegah oksidasi. Oksidasi pada kulit pisang menimbulkan bercak-bercak hitam atau cokelat yang mengesankan kotor. Selain itu juga memerlukan pisau perajang agar potongan lebih kecil, mesin giling untuk kapasitas satu kuintal, ayakan atau saringan dan mesin pengering. Dengan proses yang baik, hasil tepung kulit pisanng akan lebih bersih.

Masalahnya tentu, bagaimana mendapat pasokan kulit buah pisang dalam jumlah besar dan teratur. Memang ada sentra-sentra pengolahan pisang yang membuat pengumpulan kulit menjadi lebih mudah seperti di Banyuasin, Sumatera Selatan, dan di Kota Batu, Jawa Timur. Belakangan di Pontianak, Kalimantan Barat, juga mulai dimasyarakatkan pemrosesan tepung kulit pisang. Perdagangan kulit buah pisang juga mulai marak antara Rp10.000 hingga Rp15.000 per tandan.

Obat Alami Kulit Pisang

Secara historis, kulit buah pisang mempunyai reputasi buruk. Pada abad ke-19 di Amerika Serikat banyak kota besar menyatakan terancam oleh kulit buah-buahan tropis yang diimpor. Saat itu sampai menjadi perdebatan di berbagai kota, karena kulit pisang diasosiasikan seperti kotoran hewan. Namun, selanjutnya dapat diatasi untuk memasok peternakan ayam, babi, perikanan, dan pupuk. Untunglah kini disadari kulit pisang adalah bahan farmasi.

Hal itu terkait dengan fungsinya untuk pelembut kulit kering, menjaga kecantikan, mencegah kutil dan penghalus rambut keriting serta menghilangkan ketombe. Intinya kembali pada pisang dan kulitnya sebagai obat alami. Terutama untuk menjernihkan mata karena kaya Vitamin A. Kulit pisang—apalagi isinya— yang kaya potasium dan berbagai enzim dipercaya dapat mengontrol pelepasan cairan dalam sel, dan menjaga suhu dan melihara perasaan. Yang lebih penting, pisang diyakini bisa memacu kerja otak. Oleh karena itu konsumsi pisang di kampus-kampus cenderung meningkat pada masa-masa ujian.

Berita terbaru, 200 mahasiswa di Twickenham, Inggris, dinyatakan sangat terbantu karena sarapan pisang setiap pagi. Dinas Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat juga membenarkan khasiat pisang dalam mencegah darah tinggi dan serangan stroke. Yang paling umum diketahui pisang memang menghambat penuaan dan sumber energi. Ia juga mengurangi depresi dan menolong pencernakan untuk menyerap berbagai nutrisi. Tinggal bagaimana teknologi dapat mengolah kulitnya, untuk memanfaatkan bermacam khasiat yang masih tersisa.

Sekarang untuk menjaga agar manusia tetap bahagia, paling sedikit diperlukan 150-juta ton pisang dalam setahun. Indonesia produsen pisang nomor tujuh di dunia. Dalam memanfaatkan kulitnya, termasuk pelopor, bersama Filipina, Thailand, dan Turki. Seorang peneliti Turki mendapatkan penghargaan PBB karena mengolah kulit pisang untuk pengganti kemasan yang dapat memerangi pencemaran.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

Kreasi Limbah Kulit Pisang Unik Yang Pasti Anda Belum Tahu

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

7 Resep Budidaya Hasil Maksimal Kelengkeng New Kristal
4 Maret 2020

Pembahasan kali ini adalah terkait Resep Budidaya Kelengkeng New Kristal. Kelanjutanya simak dalam artikel berikut. Kelengkeng New Kristal merupakan salah... selengkapnya

Beberapa Jenis Mangga Raksasa
22 Maret 2017

Beberapa Jenis Mangga Raksasa – Sebelumnya sempat menjadi primadona mangga yang memiliki ukuran sangat besar yang berasal dari Malaysia, siapa lagi... selengkapnya

9 Keunggulan Alpukat Miki Yang Belum Banyak Orang Tahu
9 Januari 2019

alpukat miki, keunggulan alpukat miki, kelemahan alpukat miki, budiaya alpukat miki, bibit alpukat miki, tanaman alpukat miki, tabulampot alpukat miki,... selengkapnya

7 TRIK MENANAM BUAH MANGGA KIOJAY DALAM POT
21 Maret 2020

Bersama kami bibitbuahku.com, kali ini kita akan mengulik tentang trik Menanam Mangga Kiojay Dalam Pot. Mari simak di artikel berikut…... selengkapnya

Budidaya Alpukat Mentega Agar Dapat Berbuah Cepat Dan Lebat
18 Mei 2021

Alpukat merupakan tanaman penghasil buah meja yang berasal dari Meksiko dan Amerika tengah yang disukai oleh masyarakat dunia. Saat ini... selengkapnya

4 Keunggulan Anggur Transfiguration Yang Begitu Populer
8 Desember 2020

Anggur Transfiguration adalah buah anggur yang mempunyai warna unik dan juga rasa serta kualitas yang tidak perlu kita ragukan lagi.... selengkapnya

2 Jenis Anggur Pohon Yang Bisa Anda Miliki
13 September 2020

Katakunci : jenis anggur pohon Anggur adalah tanaman buah yang banyak digemari oleh masyarakat dunia. Rasanya yang manis dan asam... selengkapnya

Cara Tepat dan Mudah Memanen Kurma Tropis
20 Maret 2017

Cara Tepat dan Mudah Memanen Kurma Tropis – Dalam membudiayakan kurma tropis, hal yang perlu diperhatikan adalah kapan baiknya buah... selengkapnya

7 LANGKAH PENANAMAN POHON MANGGA KIOJAY
21 Maret 2020

Kembali bersama kami, Bibitbuahku. Dalam kesempatan ini kita akan membahas tentang langkah penanaman pohon Mangga Kiojay Buah mangga merupakan buah yang... selengkapnya

Keunggulan Tanaman Alpukat Kendil, Cocok Untuk Budidaya Dengan Keuntungan Besar
17 September 2020

Nama alpukat mentega memang sudah tidak asing di kalangan pecinta alpukat, bahkan bisa dikatakan menjadi jenis yang paling banyak difavoritkan... selengkapnya

Kreasi Limbah Kulit Pisang Unik Yang Pasti Anda Belum Tahu

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: