Buka jam 07.00 s/d jam 22.00 , Sabtu- Minggu Tetap Buka
Beranda » Bibit Buah » Alpukat » Jenis Alpukat Unggul Sangat Bagus Untuk di Budidayakan

Jenis Alpukat Unggul Sangat Bagus Untuk di Budidayakan

Ditambahkan pada: 6 September 2017 / Kategori: ,
Nama : -
Stok : Ready Stock
Dilihat : 8667 kali
Review : 2 reviews
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.

Bagikan informasi tentang Jenis Alpukat Unggul Sangat Bagus Untuk di Budidayakan kepada teman atau kerabat Anda.

Deskripsi Jenis Alpukat Unggul Sangat Bagus Untuk di Budidayakan

Enam Jenis Alpukat Unggul

Buah alpukat tentu tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia karena keberadaan alpukat di negeri ini terbilang berusia senja alias lama. Selain rasa yang nyaman di lidah, alpukat dicap sebagai buah yang mampu menjaga kesehatan dan kelancaran pencernaan karena keberadaan serat yang cukup banyak di dalam buah. Alpukat sesungguhnya terdiri atas berbagai jenis yang memiliki bentuk dan rasa yang berbeda di tiap jenis-jenisnya. Pada perjumpaan kali ini kami akan menguraikan jenis-jenis alpukat unggulan dan jenis alpukat yang bagus untuk dikonsumsi atau pun dibudidayakan.

1. Jenis Alpukat Wina

gambar jenis alpukat jumbo wina

perbandingan: kanan alpukat lokal, kiri alpukat wina

Yang pertama adalah Alpukat Wina yang daging buahnya amat lembut, rasa manis, dan gurih seperti alpukat jenis lainnya. Tapi bagi sebagian masyarakat, bauh alpukat hanya seukuran kepalan tangan orang dewasa dan memiliki biji yang besar. Hal tersebut menyebabkan kurangnya daya konsumsi masyarakat dikarenakan ketebalan daging buah yang kurang. Nah, keresahan tersebut dapat diatasi dengan keberadaan Alpukat Wina. Alpukat Wina memiliki ukuran yang besar dengan bobot 1.3 hingga 1.8 kilogram dibandingkan alpukat biasa. Ciri utama dari alpukat jenis ini adalah daun pohon yang tumbuh memanjang, sekitar 12 hingga 25 sentimeter dan bunganya tampak bersembunyi yang memiliki ukuran 5 hingga 10 milimeter dengan warna khas, yakni hijau kekuningan

Bagi Anda yang ingin membudidayakan alpukat unggulan ini jangan risau karena Alpukat Wina dapat tumbuh dan hidup optimal di daerah yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter di atas permukaan laut dengan ketersediaan tanah gembur yang tak mudah tergenang air, serta memiliki kandungan atau unsur hara Alpukat Wina mulai berbuah ketika usia menapaki angka enam hingga tujuh bulan saat tanaman telah berbunga dan bunga akan muncul tiap bulan.

2. Jenis Alpukat Mentega

115r

Alpukat jenis unggulan lainnya adalah Alpukat Mentega yang tergolong dalam buah alpukat yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Alpukat mmentega termasuk ke dalam jenis unggulan karena memiliki buah dengan daging yang tebal, bertekstur kenyal tak berair, warna kuning pada buahnya tampak bersih tanpa cacat dan serupa dengan mentega.

Buah Alpukat Mentega tak kalah hebat untuk urusan besar buah yang memiliki rata-rata sekitar 600 gram per buah. Alpukat Mentega memiliki bentuk membulat dengan bagian pangkal dan ujung agak membulat pula. Ukuran, khususnya panjang buah ini sekitar 13 hingga 17 sentimeter dan diameter buah 10 hingga 14 sentimeter, sedangkan tebal kulait bauh hanya 1 mm dan tebal daging buah mencapai 1.9 sampai 2.1 sentimeter. Buah jenis ini tak berbeda dengan alpukat jenis lainnya, meski buah ini memiliki kadar protein 1.37% dan kadar lemak 7.58%. Alpukat Mentega ini dapat berbuah amat rajin sepanjang tahun dan tingkat produksi buah yang berusia dewasa mampu menghasilkan 350 sampai 450 buah per pohon atau sekitar 225 kilogram per tahun.

3. Jenis Alpukat Mentega Miki

Bibit Tanaman Alpukat Miki

Buah Alpukat Miki

Tak kalah dengan Alpukat Mentega dan Alpukat Wina, alpukat jenis ini pun memiliki tekstur daging yang lembut tanpa rasa getir dan memiliki umur panen yang genjah menjadi keunggulan Alpukat Miki atau Alpukat Persea yang berukuran kecil atau mini. Meski berukuran kecil, rasa yang dimiliki alpukat unggulan ini tak kalah saing dengan jenis alpukat unggulan lainnya. Meski agak kecil, daging buah cukup tebal dan berwarna kuning yang menyebabkan para peminat hadir satu per satu demi mendapatkan buah alpukat jenis ini.

Buah Alpukat Miki mampu menghasilkan bobot seberat 400 sampai 600 gram per buah. Buah alpukat ini termasuk buah yang ditolak ulat buah karena ketebalan kulit alpukat ini sangat kuat dan sulit ditembus rahang ulat buah. Tanaman ini direkomendasikan ditanam di dataran rendah, beiklim panas, dan memiliki suhu 30 sampai 35 derajat celsius agar tanaman dapat tumbuh optimal. Seperti sifat yang kami jelaskan di paragraf sebelumnya, alpukat jenis ini dapat berbuah ketika usia menapaki angka dua sampai tiga tahun dan dapat berbuah hanya satu kali dalam satu tahun.

4. Jenis Alpukat Kendil

Alpukat dataran Rendah

Apakah Anda pernah melihat kendhil jauh-jauh hari? Andai belum pernah, silakan melihat Alpukat jenis unggulan ini yang bentuknya hampir mirip dengan kendhil dan buah menjadi primadona. Ya, Alpukat Kendhil memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan Alpukat Miki atau pun alpukat jenis lainnya.

Tanaman Alpukat unggulan ini dapat tumbuh optimal apabila menemukan daerah dengan ketinggian sampai 1500 meter di atas permukaan laut, bertanah gembur, subur, tak mudah tergenang air, dan mengandung bahan organik yang banyak. Penanaman bibit Alpukat Kendhil baiknya di saat musim hujan tengah hadir untuk pertama kalinya, meski perlu diperhatikan kondisi lahan jangan sampai air menggenang dan membantalkan kehidupan bibit tanaman.

Bagi Anda yang memiliki lahan, silakan menyiapkan lubang tanam seukuran 75 x 75 x 75 sentimeter dan biarkan lubang tanam terbuka selama dua minggu serta beri campuran pupuk kandang agar bibit tumbuh optimal. Setelah menanam, bibit yang ditimbun alias ditanam perlu disiram tiap pagi dan tiap sore, sedangkan masa pemupukan disarankan saat tanaman berusia satu hingga empat tahun diberi urea 0.27 hingga 1.1 kilogram, TSP 0.5 hingga 1 kilogram, dan KCI 0.2 sampai 0.83 kilogram secukupnya. Di usia lima tahun silakan Anda memberi urea sebanyak 2.22 sampai 3.55 kilogram, TSP 3.2 kilogram, dan KCI sebanyak 4 kilogram di tiap pohon alpukat. Pemupukan alangkah baiknya diberi satu kali dalam satu tahun. Masa berbuah atau panen Alpukat kendhil biasanya di usia enam atau tujuh bulan setelah tanaman berbunga, setelah berbunga biasanya Alpukat Kendhil dapat dipanen saban bulan.

5. Jenis Alpukat Tanpa Biji

Bibit Tanaman Alpukat Tanpa Biji

Buah Alpukat Tanpa Biji

Alpukat tanpa biji, mana mungkin? Sebagian besar masyarakat Indonesia akan terhenyak bila mendengar alpukat yang tak memilik biji di dalam buah. Memang benar adanya soal alpukat yang tak memiliki biji, ialah Alpukat tanpa Biji. Alpukat jenis unggulan dan jensi yang bagus ini memiliki keunggulan berupa daging buah yang jauh lebih tebal karena ketiadaan biji di dalamnya. Selain itu daging buah alpukat jenis ini bertekstur lembut, padat dengan rasa agak manis tapi tetap nikmat. Pabila Anda mendapatkan buah dari jenis ini, silakan belah dan temukan daging buah yang keseluruhannya lembut dan tak berbiji.

Tanaman yang memiliki nama Latin Persea Americana merupakan varietas unggulan dan luar biasa karena karakteristik buah yang tak berbiji. Ciri fisik tanaman ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan tanaman alpukat jenis lainnya, batang berwarna cokelat, bentuk daun lonjong berwarna hijau di bagian permukaan atas dan kuning kecokelatan di permukaan bawah. Perihal bentuk, Alpukat Tanpa Biji sebenarnya tak berbeda dengan alpukat yang berbiji.

Tanaman ini direkomendasikan di dataran yang memiliki ketinggian sekitar 200 meter hingga 1000 meter di atas permukaan laut, beriklim sejuk atau dingin, dan bersuhu sekitar 20 atau 25 derajat celcius.

6. Jenis Alpukat Aligator

jenis alpukat jumbo aligator

Sebelum membahas alpukat jenis unggulan dan jenis yang bagus lainnya, kira-kira apa yang Anda bayangkan kalau berjumpa dengan aligator? Takut, kah? Seram, kah?

Nah, kalau Anda berjumpa dengan Alpukat Aligator bagaimana? Di akhir artikel ini kami akan membahas mengenai Alpukat Aligator yang termasuk di dalam alpukat unggulan dan alpukat yang bagus.

Sesungguhnya bentuk Alpukat Aligator ini sama sekali tak menyeramkan apalagi menakutkan. Alpukat Aligator terkenal akan ukuran buah yang luar biasa besar atau jumbo. Buah ini memiliki bentuk lonjong memanjang dan membesar di bagian bawah laiknya buah pir. Perihal rasa, jangan heran kalau rasa yang dihasilkan amat lezat karena tekstur daging yang lembut serta pulen. Tak hanya ukuran dan rasa yang nikmat, pabila Anda yang sedia membudidayakan buah ini dapat menyehatkan kantong Anda, sebab keuntungan yang dihasilkan tentu tinggi berkat ukuran dan rasa.

Nah, demikianlah uraian kami tentang jenis-jenis alpukat unggulan dan jenis alpukat yang bagus untuk dikonsumsi atau pun dibudidayakan. Bagi Anda yang bersedia mendapatkan benih alpukat unggulan, jangan ragu untuk mendapatkan benih dari Bibitbuahku.com demi benih yang berkualitas. Silakan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi ketersediaan benih.

Sekian dari kami, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

2 review untuk Jenis Alpukat Unggul Sangat Bagus Untuk di Budidayakan

  • Sutarja - Bayung Lencir, Palembang

    Mohon informasi lengkap mengenai harga dan cara pengiriman ke luar jawa. terima kasih

    • Fatkhul

      Untuk harga bisa langsung menghubungi Customer Service kami di 085743852768

      Untuk cara pengiriman ke luar jawa,
      1. bibit kita over sak, tanah dikurangi
      2. Pemberian vitamin agar tanaman tidak stress
      3. packing : a. setiap tanaman, bagian daun kita bungkus plastik agar mnegurangi penguapan, b. packing menggunakan kayu, c. Juga kami sertakan cara penanganan bbit pasca sampai
      4. bibit kami daftarkan di balai karantina tanaman
      5. bibit kami kirim via Lion Parcel

      Pembeli tinggal menunggu kiriman dari kami datang 🙂

Silahkan tulis review Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

12345

Produk Terkait Jenis Alpukat Unggul Sangat Bagus Untuk di Budidayakan

Bibit Buah Tin Hijau
Rp 75.000
Ready Stock
Kode: Tin Hijau (Green Yordan)
bibit srikaya merah
Rp 75.000
Ready Stock
Kode: Bibit Srikaya Merah

Mungkin Anda tertarik dengan produk terbaru kami.

jual benih wortel kuroda
Rp 30.000
Ready Stock
Kode: Benih Wortel
benih rumput golf
Rp 25.000
Ready Stock
Kode: Benih Rumput Golf
mamey sapote havana
Rp 1.900.000
Ready Stock
Kode: Mamey Sapote Havana
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan