Buka jam 07.00 s/d jam 22.00 , Sabtu- Minggu Tetap Buka
Beranda » Bibit Buah » Jenis Durian Unggulan Yang Cocok Untuk Dibudidayakan

Jenis Durian Unggulan Yang Cocok Untuk Dibudidayakan

Ditambahkan pada: 4 September 2017 / Kategori: , ,
Nama : -
Stok : Ready Stock
Dilihat : 5455 kali
Review : Belum ada review
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.

Bagikan informasi tentang Jenis Durian Unggulan Yang Cocok Untuk Dibudidayakan kepada teman atau kerabat Anda.

Deskripsi Jenis Durian Unggulan Yang Cocok Untuk Dibudidayakan

Delapan Jenis Durian Unggulan

Masyarakat mana yang tak kenal oleh buah durian? Durian terkenal sebagai King of Fruit atau Raja dari Segala Buah. Durian merupakan tanaman tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara dan termasuk ke dalam spesies kelompok dari marga Durio. Memiliki ciri khas berupa kulit yang mampu mengoyak kulit tangan serta aroma yang sangat tajam di hidung, menjadikan durian terkenal di kalangan masyarakat dunia dan masyarakat Indonesia. Dalam perjalanan masa ke masa, buah durian selalu menghasilkan kontradikis sebab sebagian orang amat menyukai dan rela mendapatkan buah meski melakukan perjalanan jauh serta sebagian orang tak peduli dan cenderung membenci aroma yang dihasilkan.

Dalam perjumpaan kesekian kali, kami dari Bibitbuahku.com akan bercerita tentang jenis-jenis durian unggulan dan jenis durian yang bagus. Agar lebih santai, siapkan secangkir kopi dan pisang goreng selama membaca cerita dari kami.

1. Jenis Durian Montong

Bibit Tanaman Durian Montong

Buah Durian Montong

Durian unggulan yang akan kami bahas terlebih dahulu adalah Durian Montong yang termasuk dalam jenis durian yang mudah ditemukan di tiap-tiap daerah, meski beberapa kalangan menyepakati kalau Durian Montong berasal dari Thailand. Durian Montong memiliki rasa yang manis dan daging yang tebal dibandingkan durian jenis lainnya. Tentu Anda setuju akan rasa yang dimiliki Durian Montong, ya, kan?

Tak hanya daging tebal dan rasa yang manis, biji Durian Montong terbilang kecil dibandingkan durian biasa. Karena keunggulan durian jenis ini, masyarakat rela merogoh kocek lumayan dalam untuk mendaptkan satu atau berbuah-buah Durian Montong ini. Warna putih dan kekuningan merupakan ciri buah yang disebut-sebut sebagai durian mewah karena harga yang dipatong relatif mahal, berkisar empat puluh ribu rupiah hingga tujuh puluh ribu rupiah per buah.

Bagi Anda yang ingin membudidayakan durian unggulan, ada baiknya menyiapkan bibit yang berkualitas atau berasal dari varietas Durian Montong yang bagus dan unggul. Setelah mendapatkan bibit pilihan, selanjutnya adalah menyiapkan media tanam agar tanaman tubuh sehat. Pemilihan media tanam yang baik adalah adanya unsur hara yang cukup, pH asam, dan bsa tanah, pengairan, hingga masa panen. Kini giliran kondisi lahan yang harus bebas dari gulma (rumput) dan bebatuan. Lebih baik menanam benih durian di lahan pilihan yang tak terdapat saingan dari tanaman lain karena keberadaan tanaman lain dapat menganggu proses pertumbuhan benih Durian Montong.
Langkah selanjutnya adalah membuat bedengan dengan ukuran tiga puluh snetimeter. Silakan mencampur tanah yang gembur dengan pupuk kandang, pupuk kompos, dan menambah pasir atau sekam padi ke dalam campuran media. Ukuran bedengan cocok bagi tanaman yang memiliki lebar satu meter dan panjang dua meter, serta dosisi pupuk sebanyak lima kilogram. Tahap selanjutna tentu urusan jarak antartanaman. Kami menyarankan agar Anda membuat jarak tanam sekitar dua belas hingga sembilan belas meter. Jarak tanam berguna dalam pertumbuhan, apa lagi ketika mulai membesar, berbunga, dan berbuah.

2. Jenis Durian Musang King

bibit durian musang king

buah durian musang king

Tak melulu membicarakan Durian Montong, kini giliran jenis durian unggulan lainnya, yaitu Durian Musang King. Durian jenis ini merupakan pohon durian yang berasal dari negara tetangga, Malaysia. Serupa dengan Durian Montong, Durian Musang King memiliki daging yang besar dan bertekstur lembut. Soal warna, durian jenis ini memiliki warna kuning dengan rasa manis yang legit seolah-olah buah setelah dikonsumsi tak ingin lepas dari lidah Anda. Tak berbeda dengan Durian Montong, harga yang dipatok pun tak kalah karena kualitas Durian Musang King termasuk ek dalam jenis durian unggulan.

Tanaman ini dapat tumbuh ideal bagus ketika menemukan suhu berkisar 30 hingga 35 derajat celcius di dataran rendah karena Durian Musang King dapat bertoleransi terhadap iklim. Masa produktif tanaman mencapai lima tahun dan memiliki ketinggian sekitar lima meter, pun tak dipungkiri ukuran pohon bisa pendek karena pemangkasan.

3. Jenis Durian Bawor

bibit tanaman buah durian bawor

buah durian bawor

Tak hanya Durian Montong dan Durian Musang King yang termasuk ek dalam ejnis durian unggulan dan jenis-jenis durian yang bagus. Masih ada enam jenis yang akan kami bahas. Kini giliran Durian Bawor yang berasal dari daerah ngapak bagian selatan, ialah Banyumas. Di Desa Alasmalang, Kecamatan Kemranjen, Durian bawor menapaki jejak sebagai durian unggulan karena tanaman ini tak peduli terhadap hujan yang mulai turun dan bobot buah durian mencapai dua belas kilogram. Mengerikan, bukan?

Rasa yang dimiliki durian Bawor terbilang nikmat sebab manis sedikit pahit menyelimuti seluruh buah, sebagian besar buahnya bersih dari busuk, dan tak kalah dengan durian jenis lainnya, terlebih durian yang berasal dari Thailand maupun Malaysia. Durian Bawor adalah identitas bangsa karena dibudidayakan untuk pertama kali di Kabupaten Banyumas, Indonesia. Urusan berbuah, Durian Bawor dapat dipanen tak memakan waktu yang lama, kurang lebih tiga tahun pohon sudah berbuah. Masa tersebut lebih singkat dibandingkan pohon durian yang ditanam konvensional yang berbuah setelah usia tanam mencapai delapan tahun. Dan yang menanjubkan lagi dari Durian Bawor adalah hasil dari satu pohon mencapai enam puluh buah. Luar biasa, bukan?

4. Jenis Durian Merah Banyuwangi

bibit durian merah

buah durian merah

Selanjutnya mari bergeser ke ujung sebelah timur provinsi Jawa Timur, tepatnya Banyuwangi. Tak hanya Banyumas atau Air Emas yang memiliki durian unggulan, Air Wangi atau Banyuwangi pun memiliki jenis durian unggulan pula, yaitu Durian Merah. Durian Merah telah populer hingga ke beberapa negara. Sesuai namanya, Dabang akronim dari Duren Abang atau durian Merah, memiliki warna yang memikat serta rasa yang amat lezat. Namun ukuran Durian Merah ini relatif lebih kecil dibandingkan dnegan jenis durian unggulan dan jenis durian yang bagus lainnya, sekitar dua kilogram adalah berat maksimal buah durian ini. Jangan anggap remeh ukuran karena Durian Merah memiliki daging yang berwarna merah, lembut, dan tentunya tebal, serta bijinya jauh lebih kecil daripada durian biasa.

Geografis banyuwangi menjadi tempat ideal bagi pertumbuhan durian jenis ini karena di Banyuwangi sinar matahari lebih rajin jatuh ke bumi dan mendapatkan nutrisi garam dari laut yang dikirim oleh angin, serta kandungan sulfur yang melimpah dari Gunung Ijen dan Gunung Raung yang larut ke aliran sungai atau pun larut ke dalam tanah. Bagi Anda yang berkunjung ke Banyuwangi, jangan tertunduk kalau tak mendapatkan Durian Merah karena tak semua daerah di Banyuwangi mampu menghasilkan durian jenis ini. silakan datang ke daerah Songgon, Glagah, Kalipuro, Licin, dan Giri. Bagi Anda yang tak mau bersusah payah melaksanakan perjalanan jauh, Bibitbuahku.com menyediakan Durian Merah dalam bentuk benih. Silakan kunjungi blog kami agar mendapatkan informasi lebih detail atau menghubungi customer servis yang tertera di sana.

5. Jenis Durian Pelangi

BIBIT DURIAN PELANGI

BIBIT DURIAN PELANGI

Lain Dubang Lain pula Dupel atau Durian Pelangi. Tapi Anda jangan salah sanga terlebih dahulu soal nama pelangi yang nyantol pada durian jenis ini. yang kami maksud pelangi bukan warna pada kulit, melainkan warna yang terdapat pada buahnya, yaitu warna kuning muda, cokelat muda, dan merah. Warna-warna tersebut menimbulkan efek gradasi dan mencipta perpaduan warna laiknya pelangi. Sebelum menikmati rasa buah yang lezat, ada baiknya Anda menyediakan sepuluh menit untuk menikmati warna dan aroma yang dihasilkan dari buah Durian Pelangi nan indah.

Seperti jenis-jenis durian unggulan dan jenis durian yang bagus, Durian Pelangi termasuk ke dalam golongan unggulan dan berasal dari pulang paling timur di Indonesia, Papua. Tanaman ini dapat tumbuh mencapai kletinggian dua puluh meter dan dapat tumbuh ideal di dataran rendah maupun dataran tinggi, khsusunya di daerah yang terbebas dari rumput penganggu. Usia pohon Durian Pelangi relatif panjang, mencapai seratus hingga seratus lima puluh tahun. Durian Pelangi atau Durio Zibethinus L merupakan hasil dari pekawinan silang antara Durian Kuning (fotogensis) dan durian Merah (graveolens), dan durian Putih (zibethius). Berkat perkawinan silang, durian ini berhasl melahirkan warna daging durian nan cantik perpaduan warna kuning dengan corak dan guratan warna jingga agak keputihan dan tak jarang daging buah menghaislkan empat warna, putih, jingga, kuning, dan cokelat susu.

Tak hanya keindahan buah yang tersemat pada Durian Pelangi, kandungan beta caratoni, dan antosianin atau antioksidan memberi kesehatan bagi tubuh Anda. Begitu pula kanudngan senyawa tembaga dan potasium atau kalsium yang bermanfaat menjaga kesehatan tiroid dan baik bagi kesehatan tulang dan persendian.

6. Jenis Durian Petruk

Bibit Tanaman Durian Petruk

Buah Durian Petruk

Setelah membicarakan durian Pelangi, kini giliran durian yang diambil dari nama salah satu tokoh pewayangan, Petruk. Durian Petruk berasal dari daerah yang terkenal akan ukiran, ialah Kabupaten Jepara. Sesungguhnya nama Petruk bukan diambil dari tokoh pewayangan, melainkan sang penemu durian jenis ini, Pak Petruk. Seperti Durian Merah asal Banyuwangi, durian Petruk pun termasuk ke dalam durian lokal yang memiliki kualitas, kuantitas, dan rasa yang tak kalah saing dengan jenis durian unggulan lainnya. Daging buah Durian Petruk dapat dikonsumis bagi Anda atau pun masyarakat yang tak menyukai aroma durian yang tajam karena durian ini baunya dianggap “nyaman” bagi hidung yang tak suka bau yang tajam.

Buah Durian Petruk berbentuk bulat telur atau oval dengan ujung agak runcing, kulit buah lebih tipis sekitar tiga milimeter. Sedangkan berat buah mencapai satu hingga satu setengah kilogram. Meski produk lokal, buah yang dihasilkan tak kalah saing sebab ketebalan daging dapat dibuktikan serta ukuran biji yang kecil. Selain rasa yang nikmat, tanaman ini terkenal akan daya tahan terhadap hama penyakit sehingga dalam membudidayakan jenis durian unggulan ini tak memerlukan obat pengusir hama.

Anda tak perlu resah, selain menemukan kenikmatan dari daging buah, kandungan yang dapat melancarkan kesehatan pencernaaan dengan keberadaan serat, menjaga kulit karena vitamin C tersimpan di dalam buah, terdapat vitamin B1 yang mampu menambah nafsu makan, memiliki potassium dan kalsium untuk merawat tulang dan sendi merupakan kenikmatan lain yang Anda peroleh melalui buah Durian Petruk. Selain menikmati buah, mengapa tidak memberikan dampak positif bagi tubuh. Ya, kan?

Durian Petruk dapat tumbuh di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut, meski hasil yang maksimal sesungguhnya terletak di lahan yang memiliki ketinggian sekitar 400 hingga 600 meter di atas permukaan laut.

7. Jenis Durian Duri Hitam

bibit durian musang king

Durian Duri Hitam adalah jenis durian unggulan lain yang mendapat tempat bagi para petani durian maupun masyarakat umum yang kepincut rasa yang dihasilkan dari buah jenis ini. Seperti Durian Musang King, Durian Duri Hitam berasal dari negera yang sama, yaitu Malaysia. Memiliki tekstur daging yang lembut, legit, manis, dan agak pahit ketika memasuki mulut dan menyentuh lidah menjadi penyebab mengapa masyarakat Indonesia mulai menempatkan Durian Duri Hitam di dalam hati mereka. Buah durian jenis ini termasuk dalam golongan produktif berkat bunga yang dihasilkan kian banyak maka buah yang dihasilkan makin banyak juga.
Durian Duri Hitam memiliki nama lain, ialah Oche. Tanaman ini mampu menghasilkan daging buah berwarna kuning keemasan, beraroma harum dan tekstur daging lembut serta creamy. Tanaman ini mampu hidup di daerah yang kering dan tahan terhadap cuaca kemarau, maka tak salah bila Durian Biji Hitam menjadi unggulan selain rasa, kemampuan hidup dan tingkat produktif buah menjadi pilihan setelahnya.

8. Jenis Durian D24

Bibit Durian d24

Buah Durian d24

Kini di akhir cerita, kami menyuguhkan jenis durian unggulan dan jenis- durian yang bagus bagi Anda pecinta King of Fruits, durian. Durian d24 biasa disebut sebagai Durian Agung atau Durian Sultan. Buah durian jenis ini telah menempatkan diri sebagai durian yang memiliki rasa yang khas serta nikmat, dan tak ingin kalah dengan jenis-jenis durian unggulan lainnya. Ketika Anda menikmati satu buah durian d24 atau Durian Agung, kepuasan akan merebak dan menjalar hingga ke sekujur tubuh Anda. Daging buah tebal, berbentuk bulat, memiliki warna kuning, bertekstur kering dan manis, serta ukuran buah yang tak terlalu besar tentu akan memikat naluri Anda untuk menikmati buah hingga tandas.

Durian Agung (d24) mampu mengatasi sembelit dan mengurangi gangguan poencernaan yang barangkali Anda idap atau keluarga memiliki riayat gangguan tersebut tak hanya pencernaan, kandungan asam float dan vitamin B9 terdapat pada buah ini yang mampu meningkatkan sel darah merah dalam tubuh dan mengatasi anemia.
Demikianlah cerita kami perihal jenis-jenis durian unggulan dan jenis durian yang bagus bagi kantong, lidah, dan tubuh Anda sekeluarga. Perlu diperhatikan dalam mengkonsumis buah durian agar tak berlebihan, karena segala hal yang berlebihan tak baik. Bukan kah begitu? Bagi Anda yang ingin membudidayakan, silakan perhatikan unsure hara yang terdapat pada tanah atau lahan di sekitar rumah Anda, begitu pula penyiraman dan pemberian pupuk NPK jangan sampai lupa demi mendapatkan buah yang unggul. Semisal Anda kesulitan mendapatkan benih jenis durian unggulan, atau tak sanggup menanti, Bibitbuahku.com menjadi pilihan tepat bagi kesulitan yang Anda temukan. Kami menyediakan apa yang menjadi keinginan Anda, asalkan membuka blog Bibitbuahku.com, Anda akan menemukan berbagai piliahan bibit. Silakan hubungi customer service demi memastikan ketersediaan bibit.

Sekian dari kami, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Belum ada review untuk Jenis Durian Unggulan Yang Cocok Untuk Dibudidayakan

Silahkan tulis review Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

12345

Produk Terkait Jenis Durian Unggulan Yang Cocok Untuk Dibudidayakan

Mungkin Anda tertarik dengan produk terbaru kami.

jual benih wortel kuroda
Rp 30.000
Ready Stock
Kode: Benih Wortel
benih rumput golf
Rp 25.000
Ready Stock
Kode: Benih Rumput Golf
mamey sapote havana
Rp 1.900.000
Ready Stock
Kode: Mamey Sapote Havana
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan