Beranda » Bibit Buah » Jual Bibit Jeruk Dekopon – Jeruk Manis Dari Jepang Dengan Ukuran Buah Jumbo
click image to preview activate zoom

Jual Bibit Jeruk Dekopon – Jeruk Manis Dari Jepang Dengan Ukuran Buah Jumbo

Rp 80.000
KodeJeruk Dekopon
Stok Tersedia
Kategori Bibit Buah, Jeruk
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Jual Bibit Jeruk Dekopon – Jeruk Manis Dari Jepang Dengan Ukuran Buah Jumbo

Bibit Jeruk Dekopon, Jeruk Asal Jepang Dengan Warna Cerah, Rasa Manis, Dan Ukuran Buah Jumbo

Jual Bibit Jeruk DekoponJeruk adalah salah satu jenis buah yang banyak dicaro di saat pandemi. Karena kandungan vitamin C nya yang tinggi buah jeruk mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga sistem imun. Beruntung, di Indonesia buah jeruk memiliki berbagai jenis dan bisa menjadi pilihan karena pohon jeruk terbukti dapat tumbuh dan berbuah saat ditanam di wilayah Indonesia.

Beberapa bibit jeruk yang dapat dibudidayakan dan mampu tumbuh serta berbuah di tanah Indonesia yaitu bibit jeruk santang madu, bibit jeruk siem, bibit jeruk sunkist, dan satu lagi tidak ketinggalan yakni bibit jeruk dekopon. Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk mengulas bibit jeruk dekopon, harga jeruk dekopon, dan bagaimana cara budidayanya.

[lwptoc hierarchical=”1″ numeration=”decimalnested” toggle=”1″ float=”left”]

Mengenal Jeruk Dekopon

jual bibit jeruk dekopon jepang unggul

Jual Bibit Jeruk Dekopon

Si unik dari jepang ini sekarang menjadi salah satu buah yang sedang menjadi trend saat ini. Buahnya yang manis segar dan tanpa biji menjadikan jeruk dekopon sebagai salah satu varietas unggulan buah jeruk di Indonesia.

Jeruk dekopon, mungkin masih tidak terlalu familiar di telinga anda namun jeruk ini sebenarnya sudah cukup lama dikembangkan di Indonesia. Tanaman jeruk dekopon berasal dari negara Jepang, dengan ujung pankalnya yang menonjol seperti berleher menjadikan jeruk ini unik. Selain jeruk dekopon, jeruk ini juga dikenal sebagai jeruk sumo karena bentuknya yang mirip tubuh pesumo yang bulat gempal. Meskipun harganya yang tinggi, mencapai Rp 50-70 ribu per kg tidk menyurutkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi buah jeruk dekopon ini.

Jeruk dekopon memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan jeruk lokal, kulitnya lebih tebal dan tidak memiliki biji. Buah jeruk dekopon dapat mencapai berat 350 gram per buah , cukup besar untuk ukuran jeruk di Indonesia. Tanaman jeruk dekopon memiliki daun seperti sendok memanjang. Untuk batangnya mirip seperti pohon jeruk lainnya batang pohon berwarna cokelat keabu-abuan dengan banyak cabang.

Keunggulan Jeruk Dekopon

Jeruk dekopon yang berasal dari jepang ini memang terkenal karena memiliki beberapa keunggulan. Keunggulan jeruk dekopon ini bisa saja memikat perhatian anda, apalagi jika anda memiliki hobi bercocok tanam. Keunggulan jeruk dekopon bisa membuat anda ingin menanamnya, baiklah berikut ini merupakan beberapa keunggulan jeruk dekopon yang bisa menarik minat anda.

Warna Buah yang Cerah

Buah jeruk dekopon memiliki warna buah oranye cerah yang sangat cantik, jika dipadukan dengan warna daun pada pohonnya yang hijau. Maka pohon jambu dekopon sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias untuk mempercantik rumah.

Ukuran Buahnya Besar

Ukuran buah jeruk dekopon yang ditanam pada ketinggian 700 – 1000 mdpl akan memiliki ukuran buah yang besar. Bahkan berat satu buah jeruk dekopon tersebut mampu mencapai 1kg, terbilang besar jika dibandingkan dengan jenis jeruk yang lain

Rasa Buah Manis

Rasa jeruk dekopon manis dan juga sedikit masam sehingga akan sangat menyegarkan saat dikonsumsi pada cuaca yang sedang panas. Walaupun sedikit masam tapi rasa jeruk dekopon ini bisa menjadi sangat manis saat ditanam pada ketinggian di bawah 700 mdpl. Hanya saja ukuran buahnya menjadi lebih kecil, bentuk dan warnanya pun menjadi tidak menarik.

Tidak Memiliki Biji

Keunggulan jeruk dekopon selanjutnya adalah buahnya tidak memiliki biji, berbeda dengan jeruk yang lain. Anda akan merasa puas menikmati buah jeruk yang satu ini karena di dalam buahnya tidak memiliki biji.

Harga Jeruk Dekopon Mahal

Bagi petani yang membudidayakan bibit jeruk dekopon tentu perhitungan ekonomi sangat penting. Harga jeruk dekopon masih cukup mahal berada pada kisaran Rp. 50 – 70 ribu, sehingga mampu mendatangkan keuntungan lebih banyak bagi petani.

Bersifat Genjah

Pohon Jeruk dekopon juga terkenal karena memiliki sifat genjah, dalam waktu 1 – 2 tahun setelah penanaman pohon jeruk yang satu ini sudah bisa menghasilkan buah. Tapi akan lebih baik menunggu batang bawahnya lebih kuat karena batang rawan melengkung karena ukuran jeruk dekopon yang besar.

Produktifitas Tinggi

Keunggulan Jeruk Dekopon yang terakhir adalah produktifitas pohonnya yang terbilang cukup tinggi. Dalam satu kali panen, satu pohon jeruk dekopon mampu menghasilkan buah hingga 12 – 15 kg.

Manfaat Jeruk Dekopon Bagi Kesehatan

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, manfaat jeruk dekopon untuk kesehatan sangat banyak. Karena buah yang satu ini memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya. Berikut adalah beberapa manfaat jeruk dekopon bagi kesehatan:

  1. Mampu menurunkan kolesterol dan membantu menurunkan berat badan karena mengandung serta yang tinggi.
  2. Kandungan serta yang tinggi juga membuat jeruk dekopon mampu mmeperlancar dan menyehatkan saluran pencernaan anda.
  3. Kolesterol yang turun juga mampu menurunkan resiko terkena serangan jantung, apalagi vitamin C juga mampu melancarkan peredaran darah. Maka dari itu kombinasi ini mampu menrunkan resiko terkena serangan jantung.
  4. Mencegah penuaan pada kulit karena vitamin C menjadi antioksidan yang menangkal radikal bebas.
  5. Membuat kulit lebih halus dan kesehatan rambut, karena kandungan vitamin C di dalam jeruk dekopon dapat membantu produksi kolagen yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut.
  6. Meningkatkan sistem imun dan juga mencegah infeksi karena kandungan vitamin C yang tinggi.
  7. Menjaga tekanan darah tetap normal dengan kandungan potasium dalam buahnya.
  8. Meningkatkan fungsi kognitif, dengan kandungan folate, potasium, dan antioksidan dapat bermanfaat bagi otak.

Syarat Tumbuh Bibit Jeruk Dekopon

Bibit jeruk dekopon dapat tumbuh dan berbuah dengan baik apabila syarat tumbuhnya terpenuhi. Selain itu untuk menghasilkan rasa jeruk dekopon yang manis anda juga perlu memperhatikan syarat tumbuh karena jika terpenuhi maka pohon yang anda tanam akan tumbuh serta menghasilkan buah dengan kualitas yang baik dan optimal. Beberapa syarat tumbuh bibit jeruk dekopon yaitu:

  • Jeruk dekopon bisa tumbuh optimal di dataran tinggi berketinggian 1000 mdpl.
  • Dapat ditanam pada wilayah dengan ketinggian di bawah 700 mdpl, rasa jeruk dekopon akan lebih manis tapi ukuran buah yang dihasilkan akan lebih kecil, serta bentuk dan warnanya akan menjadi tidak menarik.
  • Bibit jeruk dekopon harus ditanam pada wilayah dengan iklim sejuk brsuhu 20-25 derajat celcius,
  • Tanah yang cocok untuk menanam bibit jeruk dekopon adalah tanah yang subur, gembur, serta porous.
  • Tingkat keasaman tanah yang baik untuk bibit jeruk dekopon memiliki pH berkisar antara 5 – 6,5

Budidaya Jeruk Dekopon

rasa jeruk dekopon

Bibit Jeruk Dekopon

Sama seperti jenis jeruk lain pada umumnya budidaya jeruk dekopon bisa dilakukan baik pada lahan perkebunan maupun menggunakan tabulampot. Penanaman pada lahan perkebunan biasanya ditujukan untuk komersial sedangkan penanaman pada tabulampot biasanya hanya untuk kebutuhan pribadi. Namun dengan perawatan yang baik penanaman pada tabulampot pun bisa menghasilkan buah seperti penanaman pada lahan perkebunan.

Dalam budidaya jeruk dekopon ada beberapa hal yang perlu anda lakukan mulai dari pemilihan bibit jeruk dekopon yang unggul hingga cara perawatan dan panennya. Berikut adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan dalam budidaya jeruk dekopon.

Pemilihan Bibit Jeruk Dekopon Unggul

Untuk menghasilkan pohon jeruk dekopon yang berbuah banyak dan lebat anda harus memulainya dari pemilihan bibit jeruk dekopon unggul. Biasanya bibit jeruk dekopon yang unggul berasal dari perbanyakan vegetatif dengan menggunakan teknik okulasi. Perbanyakan okulasi adalah proses pembibitan yang dilakukan dengan menggunakan bagian dari pohon induk seperti batang, dahan, ranting, daun, atau pucuk.

Keunggulan bibit yang diperbanyak secara vegetatif adalah pertumbuhan pohonnya dan jangka waktu berbuahnya lebih cepat. Ditambah sifat baik yang dimiliki pohon induk akan diwariskan kepada bibitnya, jadi bibit yang dihasilkan akan sama persis seperti pohon induknya dalam hal sifat.

Tidak sulit untuk menemukan tempat jual bibit jeruk dekopon yang diperbanyak secara vegetatif. Biasanya di toko pertanian pun banyak. Namun jika anda tidak bisa menemukan tempat jual bibit jeruk dekopon yang terpercaya anda bisa menghubungi kami di bibitbuahku. Kami jual bibit jeruk dekopon dengan perbanyakan vegetatif secara okulasi, bibit yang kami miliki pun bergaransi sehingga sangat terpercaya.

Tidak hanya itu harga bibit jeruk dekopon yang kami tawarkan pun terjangkau dan bersaing dengan toko pertanian lain jadi anda tidak perlu ragu. Anda hanya perlu memesan bibit yang anda inginkan dan kami akan memprosesnya dan mengirimkannya ke alamat tujuan anda.

Penanaman Bibit Jeruk Dekopon

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika bibit jeruk dekopon dapat ditanam pada lahan perkebunan maupun tabulampot, berikut adalah cara penanaman dengan kedua media tersebut.

Penanaman Pada Lahan Perkebunan

Siapkan lahan yang akan digunakan untuk penanaman dengan cara membersihkannya dari gulma atau rumput liar yang tumbuh. Gemburkan tanah menggunakan cangkul agar tanah tidak memdat dan memudahkan penyerapan air serta nutrisi, kemudian buatlah lubang tanam.

Untuk lubang tanam bisa menggunakan ukuran 60X60X30 cm dengan jarak antar pohon 4-5 meter dan diberi campuran tanah dan pupuk kandang seberat 8 kg, Za 2ons, SP 1ons serta Kcl 1 ons dan biarkan lubang tanam selama 3 minggu agar campuran menjadi stabil dan lubang mendapat sinar mathari. Setelah didiamkan, baru bibit tanaman jeruk dekopon bisa ditanam dan ditutup dengan tanah.

Penanaman Pada Tabulampot

Gunakan pot dengan diameter berukuran 60cm dan memiliki lubang drainase pada bagian dasarnya. Buat media tanam dari campuran tanah, pupuk kandang, dan juga sekam padi dengan perbandingan yang sama banyak. Masukkan media tanam pada pot hingga setengah pot kemudian masukkan bibit jeruk dekopon dan posisikan agar berada di tengah. Terakhir timbun bibit jeruk dekopon dengan media tanam dan padatkan sedikit dengan tangan. Berikan ajir dan taruh pot ditempat yang terkena sinar matahari.

Perawatan Bibit jeruk Dekopon

Setelah selesai melakukan penanaman bibit jeruk dekopon, hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan perawatan, singkatnya perawatan yang bisa anda lakukan yaitu :

Untuk penyiraman bisa dilakukan satu kali dalam sehari, serta pemupukan dilakukan 30 hari sekali menggunakan pupuk NPK daun. Tanaman jeruk dekopon dapat tumbuh mencapai tinggi sekitar 300 cm dan pada umur 3 tahunan tanaman mulai berbuah.

Informasi Umum Terkait Bibit Jeruk Dekopon:

Manfaat jeruk dekopon

Jeruk Dekopon

  • Nama                : Jeruk Dekopon
  • Nama ilmiah            : Citrus sp
  • Asal                : Jepang
  • Perbanyakan            : Okulasi
  • Tinggi Bibit            : mulai 45 cm sampai 150 cm
  • Usia                : mulai dari 4 bulan dari okulasi
  • Tempat tumbuh optimal    : dataran tinggi dengan suhu 20-25 derajat celcius
  • Penanaman            : optimal ditanam dilahan langsung, namun dapat juga  ditanam dalam pot sampai usia maksmal 5 tahun
  • Kebutuhan sinar matahari    : penyinaran penuh sepanjang hari
  • Masa berbuah            : Mulai berbuah saat tanaman menginjak usia 3 tahunan
  • Cara konsumsi            : bisa dikonsumsi langsung dalam kondisi segar
  • Harga Bibit            :

Dengan tingkat produktivitas tanaman mencapai 15-25 kilogram per pohon, tanaman jeruk dekopon bisa menjadi peluang besar bagi anda untuk mendapatkan keuntungan dari budidaya jeruk dekopon, meskipun harganya lumayan tinggi namun peminatnya tetap banyak.

Tags: , , , , , , , , , , ,

Jual Bibit Jeruk Dekopon – Jeruk Manis Dari Jepang Dengan Ukuran Buah Jumbo

Berat 30 - 55 gram
Kondisi Baru
Dilihat 10.723 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: