Beranda » Bibit Buah » Bibit Srikaya Merah 50cm Up

Bibit Srikaya Merah 50cm Up

Kode: Bibit Srikaya Merah Stok: Tersedia
Berat 35 - 55 gram
Kondisi Baru
Kategori Bibit Buah, Srikaya
Dilihat 3.518 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
Rp 75.000
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bibit Srikaya Merah 50cm Up
bibit srikaya merah Rp 75.000
Tersedia / Bibit Srikaya Merah
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Bibit Srikaya Merah 50cm Up

Bibit Srikaya Merah – Apabila anda mengenal buah srikaya dengan warna hijau kekuningan saja, berarti anda perlu menengok jenis srikaya meah ini. Ya. Srikaya ini memang memiliki buah berwarna merah keunguan dan rasa buahnya manis sekali.

Srikaya merah merupakan salah satu varian unggul tanaman srikaya yang berasal dari Australia. Kelebihan buah srikaya merah ini adalah rasanya yang sangat manis dan harum serta warna buahnya yang menarik hati. Tanaman srikaya merah juga dikenal sangat rajin berbuah. Selain sebagai tanaman kebun, tanaman sirsak merah juga cocok ditanam di dalam pot ungtuk menghias halaman atau taman rumah anda.

Tanaman srikaya merah bisa tumbuh hingga tinggi mencapai 8 meter, dengan batang berwarna cokelat muda. Daunnya tumbuh berselang dengan bentuk lembing membujur sepanjang 7-12 cm dan lebar 3-4 cm. Bunga tanaman srikaya merah muncul dalam tandan sebanyak 3-4 dengan lebar 2-3 cm, berkelopak enam. Buah srikaya merah berbentuk bola atau kerucut seperti jantung dengan diameter 5-10 cm, kulit buahnya terdiri dari tonjolan-tonjolan.

bibit srikaya merah

Buah Srikaya Merah

Rasanya yang nikmat berbanding lurus dengan khasiat yang terkandung dalam buah srikaya merah ini. Tanaman srikaya merah memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, daun, akar dan kulit buahnya bisa digunakan untuk menyembuhkan beragam penyakit seperti batuk, demam, reumatik, diare, disentri dan mengobati luka. Namun pemanfaatanya untuk mengobati penyakit harus ditangani oleh prang yang ahli, karena kulit kayu, dan akarnya mengandung racun.

Buahnya juga memilki berbagai manfaat, diantaranya:

  • Menjaga dan melancarkan saluran pencernaan dengan kandungan seratnya yang tinggi.
  • Kandungan tannin dalam buahnya mampu menyembuhkan sakit diare
  • Buah srikaya merah yang dihaluskan bisa digunakan untuk mengobati luka luar. Buah srikaya merah yang sudah dihaluskan dicampur dengan sedikit garam dan dibalurkan pada luka.
  • Antioksidan yang tingi pada srikaya merah mampu mencegah datangnya kanker dan menangka radikal bebas.

Perawatan tanaman srikaya tergolong mudah, yang terpenting asupan air dan nutrisinya tercukupi. Tanaman srikaya merah bisa tumbuh optimal di daerah dengan ketinggian sampai 800 mdpl bersuhu 21-300C, dengan curah hujan 500-1000 mm. tanaman srikaya merah tumbuh optmal di tanah lempung berpasir dengan drainasi baik dan pH tanah berkisar 5,5-7,5. Penanaman bisa dilakukan di lahan kebun maupun di dalam pot. Untuk penanaman di lahan kebun, bersihkan lahan terlebih dahulu dari gulma dan sisa tanaman lain. Buat lubgna tanam dengan ukuran 50X50X50 cm dan pisahkan tanah bagian atas dan bawahnya. Campurkan tanah galian bagian atas dengan pupuk kandang (1:1), kemudian biarkan lubang tanam dan tanah campuran selama 2-3 minggu. Setelah itu, masukan tanah galian bagian bawah pada lubang diikuti dengan tanah bagian atas yang sudah tercampur dengan pupuk kandang. Buat lubang tanam seukuran polybag bibit srikaya merah sebagai tempat menanam bibit. Sertakan tanah bibit dan lepaskan polybag saat menanam bibit, tutup kembal lubang tanam dan padatkan secukupnya.

Dalam masa pertumbuhan, penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore hari secukupnya, untuk pemupukan diberikan sesuai umur tanaman. Umur 6 bulan diberi NPK 227gram/pohon, umur 6-12 bulan diberi NPK (6-10-8). Umur satu tahun menggunakan 454 gram pupuk NPK per pohon, umur 2 tahun menggunakan 1 kg NPK/pohon, tahun ketiga 2kg NPK/pohon, tahun ke empat 1,5kg NPK/pohon, serta tanaman usia 5 tahun keatas menggunakan 5kg NPK/pohon.

bibit srikaya merah

bibit srikaya merah

Untuk penanaman di dalam pot, sebaiknya menggunakan pot berdiameter 60cm keatas. Media tanam yang digunakan adalah campuran tanah dan pupuk kandang, setelah ditanam, siram tanaman satu kali sehari dan diberi pupuk NPK bunga 1 bulan sekali dan diteruskan dengan diberi NPK buah pada bulan berikutnya.

Informasi umum tanaman srikaya merah:

  • Nama : Srikaya Merah
  • Nama latin            : Annona squamosa
  • Asal                : Australia
  • Perbanyakan : okulasi dan sambung
  • Tinggi Bibit : mulai dari 35 cm samapai 3 m
  • Usia Bibit : mulai dari 4 bulan setelah okulasi
  • Tempat tumbuh optimal    : dataran sampai tinggi 800mdpl bersuhu 21-30oC
  • Kebutuhan sinar matahari    : penyinaran penuh sepanjang hari
  • Waktu berbuah            : 2-3 tahun setelah penanaman
  • Tambahan            : untuk merangsang munculnya bunga dilakukan pemangkasan, tapi 1 minggu sebelumnya tanaman diberi pupuk. Saat bunga sudah mulai muncul, berikan pupuk dengan kandungan K yang lebih tinggi. Ulangi pemberian pupuk secara berkala untuk mendapatkan buah yang besar dan berasa manis.

[table id=53 /]

Bibit Srikaya Merah – Srikaya merah, memang membuat orang penasaran. Buahnya yang merah keunguan memuat siapa saja tertarik untuk mendapakannya, rasanya juga manis dan nikmat. Apakah anda tertarik menanam tanaman srikaya merah ini?

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Ditambahkan pada: 22 Agustus 2016
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. RM Koesbiyono Tjondro Wibowo. Kelurahan Mangunsari. RT.03/ RW.04

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50227

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
Ifti
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Ifti
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja