Beranda » Bibit Buah » Bibit Jambu Air Citra – Jambu Air Manis, Renyah, dan Tak Berbiji
click image to preview activate zoom

Bibit Jambu Air Citra – Jambu Air Manis, Renyah, dan Tak Berbiji

Rp 80.000
KodeJambu Air Citra
Stok Tersedia
Kategori Bibit Buah, Jambu
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Bibit Jambu Air Citra – Jambu Air Manis, Renyah, dan Tak Berbiji

Jual Bibit Jambu Air Citra – Jambu Air Tanpa Biji dengan Ukuran Jumbo dan Rasa Sangat Manis

Bibit Jambu Air Citra Ungul – Jambu air merupakan buah yang sangat digemari di kalangan masyarakat daerah tropis termasuk Indonesia. Rasanya yang manis segar mampu menghilangkan dahaga di saat cuaca panas. Buah jambu air memiliki jenis yang beragam, dan beberapa memiliki bibit yang dapat tumbuh dan berbuah dengan baik serta subur. Sebut saja bibit jambu air dalhari, bibit jambu air madu deli hijau, bibit jambu air cincalo serta masih banyak lagi.

Salah satu jenis jambu air yang menjadi favorite adalah jambu air citra, jambu asli dari Indonesia ini memiliki warna buah merah tua, rasanya manis segar dengan ukuran buah yang cukup besar mencapai berat 200 gram, dan lebih asyiknya lagi jambu air citra ini tidak memiliki biji.

[lwptoc hierarchical=”1″ numeration=”decimalnested” numerationSuffix=”dot” toggle=”1″ labelHide=”sembunyikan” hideItems=”1″ width=”50%” float=”left” wrapNoindex=”0″]

Mengenal Jambu Air Citra

jual bibit jambu air citra unggul

Jual Bibit Jambu Air Citra

Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan jambu air yang satu ini, tapi bagi anda yang belum pernah mendengar namanya tentu tidak akan tahu bagaimana sebenarnya buah jambu air citra itu. Maka dari itu kita akan membahas ciri-ciri jambu air citra untuk anda.

Ciri-Ciri Jambu Air Citra

  • Buah jambu air citra memiliki warna merah merona yang sangat cantik saat dilihat.
  • Daging buahnya tebal, dengan tekstur buah yang renyah.
  • Citarasa buah jambu air citra sangat manis dan juicy karena mengandung air sebanyak 93%.
  • Tidak memiliki biji sehingga di dalam buahnya tidak terdapat rongga.
  • Tanaman jambu air ini memiliki ukuran pohon yang tergolong pendek jika dibandingkan dengan pohon jenis jambu air lain.
  • Batangnya berkayu dengan bentuk bulat berwarna cokelat serta memiliki permukaan batang yang halus.
  • Daun jambu air citra berbentuk seperti tombak dengan perbandingan panjang dan lebar daun 3:2.
  • Saat masih muda, daun jambu air citra berwarna merah kecokelatan dan menjadi hijau saat daun sudah tua.
  • Bunga jambu air citra memiliki mahkta berwarna kuning muda yang terangkai dalam satu tandan, dalam satu tandan terdiri dari 4-15 kuntum bunga.

Keunggulan Jambu Air Citra

Kami juga akan memberikan informasi mengenai apa saja keunggulan jambu air citra untuk anda. Setelah mengetahui apa saja keunggulannya saya yakin anda pasti tertarik untuk menanam buah jambu air satu ini.

  1. Buah jambu air citra memiliki rasa buah yang sangat manis sehingga banyak orang yang menyebutnya dengan nama jambu air citra madu.
  2. Ukuran jambu air citra juga terbilang besar, satu buah jambu air citra mampu mencapai bobot 200 – 250 gram, dengan dibantu perawatan yang baik.
  3. Pohon jambu air citra juga tergolong genjah karena hanya membutuhkan waktu sekita 2 – 3 tahun hingga pohonnya mambu berbuah.
  4. Waktu berbuah pohon jambu air citra juga tidak mengenal musim, pohonnya dapat berbuah sepanjang tahun dan dapat dipanen setiap 2 – 3 kali dalam satu tahun.
  5. Selain rasanya yang nikmat, jambu air citra memiliki beragam manfaat yang terkandung di dalam buahnya. Jambu air citra memiliki kandungan vitamin C dan A yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan mata.
  6. Disamping itu, jambu air citra mengandung kadar air yang tinggi, sehingga bisa mencegah kekurangan cairan tubuh.
  7. Selain itu, jambu air citra juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dengan kandungan air dan seratnya yang tinggi.
  8. Tanaman jambu air citra bisa tumbuh optimal di dataran dengan ketinggian sampai 1000 mdpl dan saat mencapai masa produktifnya yaitu umur 3-5 tahun jambu air citra bisa menghasilkan buah sebanyak 80-100 kg perpohonnya dalam waktu satu tahun.
  9. Tanaman ini juga terkenal akan ketahanannya terhadap hama penggerek batang, hama ulat dan jamur daun.

Budidaya Bibit Jambu Air Citra

Jika anda tertarik dengan berbagai macam keunggulan jambu air citra merah ini dan anda berkeinginan untuk membudidayakannya. Kami akan memberikan beberapa langkah-langkah yang bisa anda lakukan dalam melakukan penanaman bibit jambu air citra.

Syarat Tumbuh Bibit Jambu Air Citra

Sebelum melakukan penanaman, pastikan terlebih dahulu agar anda memenuhi beberapa syarat tumbuh bibit jambu air citra ini. Terpenuhinya semua poin-pon yang ada di dalam syarat tumbuh ini akan memperbesar kemungkinan pohon yang anda tanam dapat tumbuh dan berbuah lebat. Berikut adalah beberapa syarat tumbuh bibit jambu air citra.

  • Bibit jambu air citra dapat tumbuh dengan baik jika ditanam pada wilayah tropis.
  • Pilih daerah dengan tingkat hujan yang sedang agar rasa manis pada buah jambu air citra merah dapat bertahan.
  • Tingkat ketinggian tanah optimal untuk menanam bibit jambu air citra adalah sekitar 500 mdpl.
  • Namun pada ketinggian hingga 1000 mdpl pun pohon jambu air citra tetap dapat tumbuh dan berbuah, walaupun tidak optimal.
  • Jenis tanah yang cocok untuk menanam bibit jambu air citra adalah jenis tanah andosol dan grumosol yang memiliki banyak kandungan organik di dalam tanahnya.
  • Tingkat keasaman tanah untu bibit jambu air citra harusnya memiliki pH antara 6 – 7.

Memilih Bibit Jambu Air Citra Unggul

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda juga harus menggunakan bibit yang terbaik. Maka dari itu untuk menanam bibit jambu air citra jumbo ini anda harus menggunakan bibit yang diperbanyak secara vegetatif dengan menggunakan teknik okulasi atau sambung pucuk.

Harga bibit jambu air citra merah

Bibit Jambu Air CItra

Keunggulan bibit jambu air citra yang diperbanyak secara vegetatif adalah dapat tumbuh lebih cepat jika dibandingkan dengan pohon yang berasal dari biji. Terlebih lagi buah jambu air citra ini tidak memiliki biji, adapun ukuran bijinya sangat kecil. maka dari itu akan jauh lebih baik jika menanam menggunakan bibit hasil okulasi.

Jika menggunakan bibit okulasi, pohon jambu air citra anda akan mewarisi seluruh sifat yang dimiliki oleh pohon induknya. Jadi jika pohon induknya subur dan berbuah cepat,  maka bibitnya pun akan memiliki sifat yang sama. Anda bisa mendapatkan bibit hasil okulati di toko-toko pertanian tempat jual bibit jambu air citra.

Namun jika anda merasa kesulitan menemukan tempat jual bibit jambu air citra anda bisa menghubungi kami di bibitbuahku. Kami menyediakan berbagai macam jenis bibit buah unggul import maupun lokal. kami juga menawarkan harga bibit jambu air citra yang terjangkau serta bersaing dengan toko pertanian lain.

Persiapan Lahan Tanam

Tanaman jambu air bisa ditanam di lahan kebun maupun dijadikan tanaman buah dalam pot. Pada lahan kebun, lubang tanam bisa dibuat dengan ukuran 40X40X40 cm dan jarak 8 meter antar tanaman kemudian diberi pupuk kandang sampai mencapai tinggi 1/3 dari dasar lubang. Perlu dicatat, lubang tanam yang sudah diberi pupuk kandang tersebut harus dibiarkan selama kurang lebih 1 minggu agar pupuk kandang meresap dalam tanah dan kondisi tanah menjadi stabil.

Sedangkan Jika anda menghendaki untuk menanam tanaman jambu air citra dalam pot baiknya menggunakan pot berdiameter lebih dari 60cm dengan media tanam tanah humus. Jangan lupa juga pilih pot yang bagian bawahnya memiliki lubang drainase agar saat disiram air tidak menggenangi bibit. Masalah yang timbul saat bibit tergenang adalah perakarannya akan menjadi busuk dan mudah mendatangkan penyakit. Kalau tidak ditangani bisa-bisa jambu air citra tabulampot akan mati.

Penanaman Bibit Jambu Air Citra

Lakukan penanaman dengan cara seperti biasanya, masukkan bibit pada lubang tanam atau pada tabulampot kemudian timbun dengan media tanam. Berikan ajir yang diikat pada bibit agar tidak mudah roboh saat ada hujan deras atau angin kencang, ikat seperlunya saja jangan terlalu kuat karena akan menyulitkan bibit untuk tumbuh. Untuk tabulampot jangan lupa agar menaruhnya pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Perawatan Pohon Jambu Air Citra

Setelah selesai melakukan penanaman anda juga harus melakukan perawatan agar bibit yang sudah anda tanam dapat tumbuh dan cepat berbuah. Beberapa langkah yang bisa anda lakukan dalam merawat pohon jambu air citra adalah.

  1. Melakukukan penyiraman, Penyiraman dilakukan 2 kali sehari pagi dan sore dengan air secukupnya.
  2. Siangi tanaman jika terdapat rumput liar atau gulma yang sudah tumbuh dan mengganggu bibit.
  3. Gemburkan juga tanah agar nutrisi bisa terserap dengan baik, dan air bisa terserap serta tidak menggenangi pohon.
  4. Pemupukan bisa dilakukan dengan menggunakan pupuk NPK daun satu bulan sekali. Gunakan juga pupuk kandang yang kering dan sudah terfermentasi, berikan secara teratur.
  5. Lakukan pengecekan agar bibit yang terkena hama bisa ditangani secepatnya, gunakan pestisida dengan dosis yang sesuai untuk menagani hama dan penyakit tersebut.
keunggulan jambu air citra tabulampot

Bibit Jambu Air

Informasi Umum Bibit Tanaman Jambu Air Citra :

  • Nama                : Jambu Air Citra
  • Nama latin                    : Syzygium aqueum
  • Asal                            : Indonesia
  • Perbanyakan             : Okulasi
  • Batang Bawah            : Bibit dari biji yang sudah berakar kuat
  • Tinggi Bibit            : mulai 35cm sampai 2m
  • Usia bibit             : mulai dari 3 bulan setelah okulasi
  • Tempat tumbuh optimal        : dataran dengan ketinggian sampai 1000 mdpl
  • Kebutuhan sinar matahar        : penyinaran penuh sepanjang hari
  • Mulai Berbuah                    : mulai berbuah pada usia 1.5 tahun sampai 2 tahun dengan perawatan yang maksimal
  • Jenis Jambu Air Unggula Lain    : Jambu Air Madu Deli Hijau, Jambu Air Kusuma Merah, Jambu Air Dalhari, Jambu Air Bajangleang, Jambu Air Taiwan Super Green dll

[table id=35 /]

Bibit Tanaman Jambu Air Citra – Dengan daging buah yang empuk dan renyah serta rasanya yang manis menyegarkan tidak heran jika jambu ini banyak disuakai masyarakat. Jambu air citra juga mudah dibudidayakan baik di lahan kebun maupun di dalam pot dengan produktifitas buah yang tinggi. Apakah anda tertarik untuk membudidayakan jambu air citra ini?

Jika iya segera dapatkan bibitnya di tempat jual bibit jambu air citra terdekat, atau anda bisa menghubungi kami di bibitbuahku.com untuk mendapatkan harga bibit jambu air citra yang terjangkau dan bersaing dengan toko pertanian lain. Anda juga bisa memilih berbagai jenis tanaman buah lain yang tentunya unggul serta berkualitas untuk kegiatan budidaya anda.

Save

Save

Save

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Bibit Jambu Air Citra – Jambu Air Manis, Renyah, dan Tak Berbiji

Berat 30 - 55 gram
Kondisi Baru
Dilihat 6.577 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: