>>>untuk pemesanan lebih cepat bisa langsung hubungi no CS kami 0812-1136-9090 >>>Barang yang kami jual dijamin kualitas dan keasliannya >>>Garansi UANG KEMBALI jika barang rusak/mati sampai lokasi >>>Kami juga melayani pembukaan perkebunan buah, agrowisata dan pembuatan Taman
Beranda » Bibit Buah » Bibit Kelengkeng Matalada | Kelengkeng Unggul Mudah Berbuah, Biji Kecil, Buah Besar Cocok Untuk Tabulampot Kelengkeng

Bibit Kelengkeng Matalada | Kelengkeng Unggul Mudah Berbuah, Biji Kecil, Buah Besar Cocok Untuk Tabulampot Kelengkeng

Kode : Lengkeng Hawae
Berat : 30 - 55 gram
Stok : Ready Stock
Kondisi : Baru
Kategori : Bibit Buah, Lengkeng
Dilihat : 7.143 kali
Review : Belum ada review
Hubungi kami secara langsung untuk pemesanan yang lebih cepat!
Bibit Kelengkeng Matalada | Kelengkeng Unggul Mudah Berbuah, Biji Kecil, Buah Besar Cocok Untuk Tabulampot Kelengkeng

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

bibit tanaman lengkeng hawae Rp 55.000
Ready Stock / Lengkeng Hawae
Rp 55.000
Cara Pemesanan How to Order?

Bagikan informasi tentang Bibit Kelengkeng Matalada | Kelengkeng Unggul Mudah Berbuah, Biji Kecil, Buah Besar Cocok Untuk Tabulampot Kelengkeng kepada teman atau kerabat Anda.

Deskripsi Bibit Kelengkeng Matalada | Kelengkeng Unggul Mudah Berbuah, Biji Kecil, Buah Besar Cocok Untuk Tabulampot Kelengkeng

Bibit Kelengkeng Matalada  – Ada beberapa jenis kelengkeng yang bagus untuk didbudidayakan di Indonesia. Beberapa jenis kebanyakan cocok untuk ditanam di dataran tinggi, dengan elevasi sekitar 500 mdpl keatas.

Namun bagi anda yang ingin menanam bibit kelangkeng di dataran rendah, tak perlu bersedih hati. Karena kelengkeng yang satu ini sangat cocok dan sangat adaptif untuk ditanam / dibudidayakan di daerah dataran rendah. Ini dia Kelengkeng Matalada.

Kelengkeng Matalada atau juga terkenal dengan sebutan Kelengkeng Hawae merupakan salah satu jenis kelengkeng dataran rendah. Adaptif didaerah dengan ketinggian 5 mdpl – 700 mdpl. Dan pertumbuhan akan lebih optimal di elevasi 10 mdpl – 400 mdpl.

Lengkeng hawae atau juga ada yang yang menyebut matalada, mungkin masih terdengar kurang familiar di telinga anda jika mendengar nama jenis lengkeng ini. Memang tanaman lengkeng hawai belum terlalu lama masuk dan dibudidayakan di Indonesia. Bibit cangkokan lengkeng hawai di bawa dari Malaysia pada tahun 2009 oleh seorang petani buah asal Yogyakarta bernama Ir. Wiik Wijayahadi. Lengkeng hawai ini terkenal dengan rasa dan bijinya yang kecil seukuran lada, hal inilah yang membuat nama lengkeng hawai matalada meroket.

bibit tanaman lengkeng hawae

buah lengkeng hawae

Ada banyak sekali keunggulan dari jenis klengkeng matalada ini, mulai dari karakter pohon, karakter buah dan kecepatan berbuah. Dalam artikel ini akan kami kupas tuntas terkait:

  1. Ciri-Ciri Kelengkeng Matalada
  2. Keuggulan Kelengkeng Matalada
  3. Budidaya Kelengkeng Matalada
  4. Cara Menanam Kelengkeng Matalada
  5. Tabulampot Kelengkeng Matalada
  6. Agar Klengkeng Matalada Cepat Berbuah
  7. Cara Agar Bunga Kelengkeng Tidak Rontok
  8. Perbedaan Kelengkeng Matalada dengan Kelengkeng Jenis Lain
  9. Harga Bibit Kelengkeng Matalada

Namun sebelum itu, bagi anda yang menginginkan bibit kelengkeng matalada, kami menyediakan bibit kelengkeng unggul ini dengan kwalitas terjamin. Buktikan dan saya yakin anda tidak akan kecewa setelah membeli bibit dari kami.

Alasan Anda Akan Puas Membeli Ditempat Kami

1. Bibit kelengkeng yang kami kirim merupakan hasil perbanyakan secara okulasi, dengan pohon induk yang sudah besar, sudah berbuah dan dijamin kwalitas serta kesehatannya. Sehingga selain tanaman akan lebih cepat berbuah, terbuki keaslian jenisnya, kwalitas pohon pun bagus dan tidak akan mudah terserang penyakit.

2. Jika anda pernah membeli bibit secara online terutama dalam jumlah sedikit, saya pastikan kebanyakan bibit dikirim menggunakan bahan kardus. Kelemahannya adalah bila tekena air atau lembab, bahan tersebut akan mudah rusak, meskipun kardus dengan kwalitas bagus, sehingga sangat beresiko terhadap bibit yang anda beli.
Berdasarkan pengalaman kami selama ini dalam mengirim bibit keberbagai daerah di Indonesia, packing menggunakan kayu lebih aman saat pengiriman, aman dari kondisi lingkungan yang basah atau lembab, aman dari benturan/goncangan, serta aman dari tumpukan barang lain. Untuk itu demi kenyamanan anda, Standar packing kami menggunakan kayu meski untuk bibit dalam jumlah sedikit.

3. Kami juga sertakan petunjuk penanganan bibit yang anda beli sebagai SOP kami. Hal ini sangat membantu anda dalam menangani bibit yang baru sampai agar bibit kelengkeng matalada yang anda beli nantinya dapat tumbuh subur dan cepat berbuah.

Tanaman lengkeng hawae/matalada memiliki daun yang cenderung lancip dan memanjang, memiliki tajuk yang bagus, dan rindang sehingga banyak orang yang menanamnya sebagai tanaman buah dalam pot. Buah lengkeng hawai ini memiliki diameter 2,5-3 cm dengan kulit buah berwarna putih hampir mirip seperti kulit buah duku. Tanaman ini juga terkenal karena mudah dalam perawatannya dan sangat genjah. Kelengkeng hawae sudah mulai berbuah saat tanaman menginjak usia 1 tahun dan mulai produktif saat berusia 3 tahun. Daging buah lengkeng hawae rasanya manis, berwarna putih transparan dan tebal, menariknya lengkeng jenis ini hanya memiliki biji seukuran lada.

Merawat lengkeh hawa cukup mudah, yang terpenting tanaman mendapat sinar matahari yang cukup dan nutrisinya terpenuhi. Selain itu, lengkeng hawae sangat genjah, bahkan bisa berbuah tanpa perlu bantuan booster.


Kembali ke atas

Ciri-Ciri Kelengkeng Matalada

Dalam mengidentifikasi tanaman kelengkeng matalada sangatlah mudah ketika tanaman sudah berbuah, yaitu dengan melihat buah yang dihasilkan.

Namun ketika tanaman masih kecil, anda bisa melihat karakteristik pada bagian daunnya. Daun jenis lengkeng matalada ini cenderung kaku, tebal dan berwarna hijau pekat. Bentuknya agak lebar dan tidak terlalu panjang. Bahkan untuk tanaman yang sangat subur, daun bisa berukuran besar.

Selait pada daun anda juga bisa mengamati pada bagian tangkai tangkai. Tangkai daun kelengkeng ini tidak rebah menjuntai seperti layaknya jenis klengkeng new kristal. melainkan sedikit tegak dan telihat kokoh dan kaku. Beberpa jenis kelengkeng dataran rendah umumya memiliki karakteristik sperti ini.

Pohon juga akan tegak lurus, bahkan jiga anda tidak membuat percabangan yang bagus, pohon mampu terus tumbuh tegak lurus dengan satu batang utama tanpa cabang.

Tanaman kelengkeng matalada dapat tumbuh optimal di daerah dataran rendah dengan iklim panas bersuhu 30-35 derajat celcius. Untuk tanah tempat tumbuhnya, lengkeng jenis ini menyukai tanah gembur yang kaya dengan kandungan organik. Untuk mendapatkan nutrisi yang cukup, lubang tanam diisi dengan campuran tanah dan pupuk kandang, kemudian biarkan selama 1-2 minggu agar campuran lebih stabil dan lubang tanam mendapat sinar matahari. Setelah itu, bibit tanaman lengkeng hawai matalada bisa ditanam jangan lupa untuk disiram pagi dan sore secukupnya selama masa pertumbuhan. Untuk pmberian pupuk bisa dilakukan satu bulan sekali dengan NPK daun.

Jika anda hendak menanam tanaman lengkeng hawai matalada bisa menggunakan pot berdiameter 60cm atau lebih dengan media tanam campuran tanah dan kompos. Penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore dengan pemupukan setiap satu bulan sekali dengan NPK daun. Untuk mempertahankan tinggi tanaman agar tidak terlalu tinggi, pemangkasan dilakukan secara rutin.

bibit tanaman lengkeng hawae

bibit tanaman lengkeng hawae

Informasi Umum Bibit Tanaman Lengkeng Hawai Matalada:

  • Nama                    : Lengkeng Hawae
  • Nama lain                : Lengkeng Matalada
  • Nama latin                : Dimocarpus longan
  • Perbanyakan                : Okulasi dan tempel
  • Tinggi bibit                : mulai dari 50cm sampai 2m
  • Usia bibit                : mulai 3 bulan
  • Tempat tumbuh optimal        : dataran rendah beriklim panas bersuhu 30-35 derajat celcius
  • Waktu berbuah                : mampu berbuah mulai umur 1 tahun dengan perawatan yang maksimal dan ideal dibuahkan pada usia 1.5 tahun sampai 2 tahun
  • Jenis lengkeng unggulan lain        : Lengkeng Merah (Ruby), Lengkeng New Kristal, Lengkeng Itoh, Lengkeng Aroma Durian, Lengkeng Pingpong

Tidak salah jika diberi nama matalada karena bijinya yang super kecil seukuran lada. Buahnya tebal berwarna putih jernih dengan rasa yang manis membuat lengkeng hawai matalada ini disukai banyak orang. Lengkeng jenis ini juga menjadi favorite petani buah lengkeng karena tanamannya yang mudah dirawat dan sangat genjah.bagi anda yang menyukai tanaman buah dalam pot pun bisa menanam lengkeng ini sebagai hiasan halaman rumah. Apakah anda tertarik untuk menanam lengkeng hawai matalada?


Kembali ke atas

Keuggulan Kelengkeng Matalada

1. Cepat Berbuah
Tanaman klengkeng matalada ini sangat cepat berbuah, dengan sayarat cukup mendapat sinar matahari. Usia berapakah tanaman ini mampu berbuah? Silahkan anda boleh percaya atau tidak, bibit kelengkeng unggul dari kami ini mampu berbuah bahkan diusia kurang dari 1 tahun setelah anda tanam.

Idealnya kelengkeng hawae berbuah diusia 1.5 tahun. Namun kasus yang kami temui di beberapa pembeli kami, tanaman sudah berbuah saat tanaman baru besuai 7-8 bulan.

2. Ukuran Buah Besar
Jika anda pernah membeli buah kelngkeng yang banyak diimport dari Thailand, maka buah kelngkeng matalada ini ukurannya lebih besar dari itu. Ukuran maksimal bisa mencapai diameter 3 cm, dengan ukuran rata-rata berdiamater 2cm sampai 2.5cm. Tergolong cukup besar untuk ukuran buah kelengkeng.

3. Biji Sangat Kecil
Inilah kenapa disebut jenis lengkeng matalada, karena biji yang ada dalam buahnya sangat kecil, disamakan dengan ukuran biji lada. Sangat kecil bukan?

Meskipun kenyatannya tidak sekecil itu, namun dibandingkan dengan kelngkeng jenis lain, bijinya sangat jauh lebih kecil. Beberpa kali juga kami menemukan buah kelengeng ini hampir tanpa biji.

4. Daging Buah Tebal
Bisa anda bayangkan sendiri, buah kelngkeng dengan ukuran cukup besar namun bijinya kecil, betapa tebal daging buah yang bisa anda konsumsi. Sangat puas setiap kali mengkonsumsi buah klengkeng ini.

5. Rasanya Sangat Manis
Menambah kesempurnaan dan keistimewaan jenis lengkeng hawae ini dengan rasa buahnya yang benar benar manis. Tingkat kemanisannya mencapai 20 brix, padahal buah lengkeng yang biasa anda beli dipasaran umumnya 18 brix.

6. Baunya Sangat Harum
Tanda buah ini sudah matang dan siap dikonsumsi adalah ketika sudah mengeluarkan aroma buah kelengkeng yang sangat harum dan kentara.

7. Kulit Buahnya Tebal
Bila tadi point 4 menjelaskan bahwa daging buahnya tebal, ternyata kulit buahnya pun juga lumayan tebal. Hal ini sangat bagus untuk menjaga keawtan buah tetap segar. Bila umumnya buah kelengkeng 3-4 hari setelah dipetik akan mulai mengkerut serta mulai mengeluarkan rasa masam yang tidak enak, maka dengan kulit yang tebal ini kwalitas buah akan terjaga lebih lama.

8. Warna Buahnya Putih
Sangat unik ketika melihat buah kelngkeng matalada ini, diamana umunya buah lengkeng berwarna coklat atau krem, untuk jenis yang satu ini saat sudah tua akan bewarna putih. Saat muda buah akan berwarna hijau dan berangsur-angsur berubah menjadi putih. Sangat indah bukan?

Garansi Yang Kami Berikan Untuk Anda

Untuk itu bagi anda yang menginginkan bibit kelngkeng matalada ini, segera hubungi kami. Jangan hawatir,! disini kami akan memberikan garansi kepada anda agar anda nyaman dan aman membeli bibit dari kami.

1. Garansi bila bibit mati sampai tujuan

2. Garansi bila tanaman nantinya tidak berbuah

3. Garansi bila nantinya bibit tidak asli

4. Garansi bila ternyata jumlah bibit yang kami kirim tidak sesuai

Kembali ke atas

Budidaya Kelengkeng Matalada

Bagi anda yang menginginkan untuk membudidayakan bibit kelengkeng matalada ini, anda bisa menanam langsung dilahan atau di pot. Untuk mendapatkan buah dengan jumlah banyak, hal utama selain pemupukan dan pengendalian hama adalah pembentukan cabang pohon.

Saat pohon mulai produktif, buah akan muncul disetiap ujung cabang atau ranting. Untuk itu semakin banyak cabang, jumlah buah yang dihasilkan juga akan lebih banyak.

Untuk mendapatkan cabang yang banyak sangatlah mudah, cukup potong batang atau cabang yang sudah agak tua, ditandai dengan warna yang sudah mulai coklat keabu-abuan. Anda potong dan nantinya akan keluar beberapa tunas baru yang nantinya kan menjadi cabang.

Berpakah cabang yang tumbuh nantinya setelah di potong? Itu tergantung sberapa sehat pohon tersebut. minimal 2 cabang baru akan tumbuh. Bahkan bila pohon sangat bagus pertumbuhannya, 4 sampai 5 cabang baru bisa tumbuh.

Idelanya sisakan 3 saja setiap batang yang akan dicabangkan, agar pohon nantinya berbuah maksimal. Berikan jarak 50cm – 70cm dari percabangan untuk batang yang akan anda potong/pangkas.
Laukukan juga pembersihan rumput liar atau gulma minimal disektar kanopi pohon, karena selain menghambat pertumbuhan pohon, gulma atau rumput liar ini juga akan mengundang serangga atau hewan lain untuk datang dan berkembang biak dengan cepat.

Pemupukan

Untuk menghasilkan buah klengkeng organic, maka cukup anda pupuk menggunakan pupuk kotoran hewan (kambing lebih disarankan) setiap 3 bulan sekali. Usahakan pupuk sudah di fermentasi.
Untuk pupuk kandang yang belum difermentasi, jangan sekali-kali dicampur sebagai bahan media tanam. Cukup ditaburkan di atas tanah, dan jangan terlalu dekat dengan pangkal batang.

Bila ingin menggunakan pupuk kimia bisa anda gunakan NPK 16 : 16 : 16. Diberikan setiap 4 bulan sekali, dengan dosis tidak terlalu banyak dan diberikan untuk pertumbuhan tanaman, bukan pembuahan.

Jika ingin pohon segera berbuah, maka saat daun sudah tua keseluruhan, hentikan pemupukan dan kurangi intensitas penyiraman.

Penyiraman

Untuk penanaman dilahan langsung, lakukan penyiraman setiap 1-2 hari sekali saat musim kemarau sampai usia tanaman 2-3 bulan. Saat usia tanaman sudah 6 bulan keatas, penyiraman bisa anda lakukan setiap 4 sehari sekali.

Sedangkan untuk penamaman bibit kelengkeng didalam pot. Penyiraman harus di perhatikan, karena akar hanya mendapatkan nutrisi dari media yang ada di pot itu saja. Lakukan penyirman setiap 2 hari sekali, mualai dari bibit ditanam sampai pohon dewasa.

Kembali ke atas

Cara Menanam Kelengkeng Matalada

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa mengoptimalkan cara penanam yang kami sarankan berikut ini. Meskipun jika anda tidak melakukannya, tanaman tetap akan tumbuh dan berbuah.

Buat lubang tanam terlabih dahulu, dengan ukuran minimal 60cm x 60cm x 60cm. Taburkan sedikit kapur dolomit kapur pertanian di bagian dasar dan dinding lubang. Biarkan lubang terbuka dan terkena sinat matahari semala minimal 7 hari.

Isi lubang tanam dengan campuran tanah subur, misal tanah merah atau humus dengan pupukkandang yang sudah difermentasi. Dengan perbandingan 2:1. Jangan mencampurkan media dengan pupuk kandang yang masih mentah. Karena daun bisa terbakar dan tanaman bisa mati, apalagi dalam jumlah cukup besar.

Labih bagus lagi campur sedikit fungisida dan insectisida. Untuk membunuh jamur dan serangga yang ada didalam media atau lubang tanam.

Kembali ke atas

Tabulampot Kelengkeng Matalada

Jika anda ingin menanam kelengkeng didalam pot, salah satu jenis yang kami sarankan adalah jenis kelngkeng matalada ini. Selain mudah berbuah didalam pot, jenis ini juga tidak harus menunggu pohon besar terlebih dahulu untuk berbuah.

beberapa yang harus di siapkan untuk membuat tabulampot kelengkeng matalada ini adalah:

1. Pot diameter ideal 60cm, bisa pot plastik, pot semen, drum bekas, palnterbag atau selainnya

2. Bibit lengkeng matalada bukan dari perbanyakan biji, usahakan yanng sudah siap tanam (tinggi minimal 40 cm), sehat (tidak stres) dan bebas hama. Untuk lebih mudahnya bisa anda dapatkan ditempat kami.

3. Media tanam yang dibuat dari campuran sekam, tanah subur, dan pupuk kandang. Dengan perbandingan berturut-turut 3 : 4 : 3. Sekam berfungsi untuk membuat media menjadi lebih porous namun mampu menyimpan air lebih lama. Pupuk kandang usahakan sudah di fermentasi, jika tidak bisa anda gunakan kompos atau humus.

4. Pecahan genting, bata atau bisa juga sterofoam. Nanti digunakan untuk cengkeraman akar, sehingga akar akan tumbuh di dalam pot dan tidak keluar dari pot.

5. Bahan tambahan untuk 1 pot ukuran diameter 60 cm, seperti kapur dolomit 1kg – 1.5kg, fungisida 1 sendok teh dan insectisida 1 sendok teh. Ini sifatnya tidak wajib, hanya akan lebih optimal bila di aplikasikan. fungisida dan insectisida bisa anda gunakan segala merk dengan bentuk butiran garnul.

Baca Juga : Agar Tabulampot Kelengkeng Cepat Berbuah

Cara Membuat Tabulampot Kelengkeng Matalada

1. Bahan media yang sudah anda siapkan, dicampur secara merata bersamaan dengan kapur dolomit, insectisida dan fungisida bila ada.

2. Siapkan pot dan masukkan media pecahan genting, bata atau potongan sterofoam kedalam dasar pot. Cukup satu lapis saja dan ditata secara rapi. Usahakan lubang pot tidak tertutupi.

3. Masukan media tanam yang sudah anda campur tadi kedalapam pot. Cukup setengah kedalaman pot terlebih dahulu.

4. Masukkan bibit yang sudah siap kedalam pot yang sudah berisi media tadi.

5. Timbun akar dengan media tanam sampai pot penuh. Lakukan berlahan dan media sedikit ditekan, bisa menggunakan tangan langsung atau alat seperti batang kayu.

6. Siram sampai benar benar basah dan cek, apakah air mudah meresap atau lama menggenang. Jika air terlalau lama menggenang, berarti media kurang porous. Buat lubang lubang kecil pada media untuk peresapan air.

7. Usahakan penanaman dilakukan saat sore hari. Atau bisa juga anda lakukan hal tadi di tempat teduh terlebuh dahulu. Intinya, tunggu hingga tanaman benar benar segar sebelum diletakkan di tepat yang terkea sinar matahari full.

Kembali ke atas

Agar Klengkeng Matalada Cepat Berbuah

Bila anda menginginkan klengkeng matalada anda cepat berbuah baik di pot maupun di lahan. Anda bisa melakukan beberpa cara berikut ini:

Cara pertama yaitu menggunakan obat perangsang buah, salah satu produk yang biasa kita gunakan adalah merk Farmpion, jangan gunakan booster klengkeng karena lebih beresiko. Untuk cara penggunaanya sudah tertera didalam kemasan.

Kunci dalam pengaplikasian obat perangsang buah ini adalah:

1. Jangan lakukan saat musim hujan, karena nutrisi akan cepat larut sebelum tanaman menyerapnya

2. Jangan sampai terlambat menyiram tanaman, karena saat akar menyerap nutrisi dari obat ini, tanaman membutuhkan air yang cukup. Cukup anda siram seperti biasa, 2 hari sekali. Atau bisa anda sesuiakan, intinya jangan terlalu banyak air namun jangan sampai terlalu kering.

3. Jangan berikan pupuk dengan kadar N tinggi, misal pupuk kandang atau pupuk kimia lainnya, selama pemberian obat perangsang buah sampai tanaman mengeluarkan bunga. Karena bila dilakukan, nantinya bukan bunga yang kan keluar justru daun muda akan muncul.

Cara kedua yaitu dengan cara alami. Seperti yang kami katakan sebelumnya, bahwa klengkeng matalada meruoakan jenis klengkeng dengan keunggulan salah satunya yaitu mudah dan cepet berbuah. Untuk itu untuk membuahkan pohon kelengkeng tanpa menggunakan obat perangsapun sangatlah mudah.

Beberapa kiat yang bisa anda lakukan adalah:

1. Rawatlah dulu tanaman lengkeng matalada anda hingga tanaman benar-benar sehat dan pertumbuhannya bagus. Sampai pohon memiliki batang yang kokok dengan ukuran minimal batang utama sebesar jari telunjuk orang dewasa. Kuncinya berikan pupuk dengan N tinggi, atau bisa juga menggunkan pupuk kandang dan penyiraman rutin dilakukan.

2. Buatlah beberapa cabang, karena buah nantinya akan keluar di ujung ujung cabang atau ranting. Sehingga diharapkan buah yang dihasilkan nanti lumayan banyak.

3. Jika tanaman sudah siap dan bagus untuk dibuahkan, dengan daun keseluruhan sudah tua. Hentikan pemberian pupuk dengan N tinggi. Bisa anda hentikan sama sekali atau penggantian pupuk dengan kandungan K (kalium) lebih tinggi.

4. Kurangi intensitas penyiraman. Teknik ini sering disebut dengan Stress Air. Awalnya siram tanaman sampai media jenuh air, dan kemudia biarkan bebrpa hari semampu tanaman tersebut bertahan. Berapa lama jarak penyiraman tergantung kondisi lingkungan sekitar. Bisa 5 hari, minggu bahkan bisa lebih. Penyiraman berikutnya setelah ada tanda-tanda tanaman akan layu, jangan sampai tanaman terlalu layu.

5. Tunggu beberapa minggu dan tanaman lengkeng matalada anda akan segera mengeluarkan bunga.
Jika tanaman sudah mengeluarkan bunga maka tugas kita selanjutnya adalah menjaga agar bunga tidak rontok. Sehingga nantinya buah yang dihasilkan juga akan banyak.

Kembali ke atas

Cara Agar Bunga Kelengkeng Tidak Rontok

Untuk menjaga bunga kelengkeng tidak rontok, hal yang paling mudah adalah dengan bantuan obat pertanian. Biasanya kami gunakan pupuk MKP dan KNO3 putih untuk kocor dan Gandasil B untuk spray autau semprot.

Ingat, pupuk KNO3 ini ada 2 jenis, yaitu KNO3 putih dan KNO3 merah. Dalam upaya menjaga bunga tidak rontok, anda gunakan pupuk KNO3 warna putih. Untuk KNO3 merah bisa anda gunakan setelah bunga sudah habis dan menjadi bakal buah.

Selain itu pupuk gandasil juga ada 2 macam, Gandasil B untuk bunga dan gandasil D untuk daun. Dalam tahapan ini, yang anda gunakan adalah pupuk Gandasil B.

Berapa harga dari masing-masing pupuk tersebut? Bisa anda beli di toko pertanian didaerah anda atau membeli secara online. Untuk harga KNO3 putih dan MKP kisaran harga Rp. 50.000/kg, sedangkan gandasil B kisaran harga Rp 12.000/250gr. Pupuk tersebut bisa anda gunakan untuk pengaplikasian banyak pohon, tidak hanya 1 pohon.

Cara menggunakannya sebagai berikut:

1. Hari pertama, larutkan pupuk KNO3 putih sebanyak satu sendok makan dengan 5-10 liter air. Siramkan secara perlahan.

2. Dua hari setelah itu, larutkan pupuk MKP satu sendok makan dengan 5-10 liter air. Siramkan secara perlahan.

3. Dihari yang sama semprot tanaman dengan larutan pupuk Gandasil B sebanyak satu sendok teh dengan 5 liter air. Usahakan mengenai bagian bunga namun dalam bentuk spray yang paling lembut seperti embun, untuk bagian daun bisa anda buat spray lebih besar. Jangan terlalu dekat saat menyemprot bagian bunga, karena jika tekakan telalu kuat bunga bisa rontok.

4. Lakukan hal yang sama dari pont 1 – 3 tadi sampai bunga habis dan sudah berubah menjadi bakal buah. Perlakukan masing-masing point dilakukan setiap 2 minggu sekali.
Kunci utama dari kesemua tahapan ini adalah bibit yang berkwalitas bagus. Akan percuma bila anda merawat dengan sungguh-sungguh namun ternyata tanaman yang anda rawat kwalitasnya kurang bagus.

Untuk itu kami membantu anda mewujudkan impian dan hobi anda lebih indah dan asyik, Segera hubungi kami di 0812 1136 9090 untuk mendapatkan bibit kelengkeng matalada atau kelengkeng hawae ini.

Sebagai bahan pertimbangan anda dalam membeli bibit lengkeng matalada ini, anda bisa melihat beberapa karakteristik dari tanaman tersebut.

Kembali ke atas

Perbedaan Kelengkeng Matalada dengan Kelengkeng Jenis Lain

Sebagai pembanding dan membantu anda memilih bibit kelengkeng dengan jenis yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda, kali ini kita akan membandingkan kelengkeng matalada ini dengan jenis lengkeng lainya.

Beberapa jenis kelengkeng unggul memiliki keunggulan dan juga kelemahan tentunya. Untuk itu perlu anda ketahui agar apa yang anda harapkan bisa terwujud.

Kelengkeng Matalada VS Kelengkeng New Kristal

Bila anda hendak menanam kelengkeng di pot, atau di teras rumah dengan perawatan yang tidak begitu rumit namun cepat berbuah maka kami sarankan bibit kelengkeng jenis matalada atau ahawae ini. Bukan berarati untuk penanaman dilahan langsung, jenis kelengkeng matalada tidak bagus, melainkan jika anda menanam bibit kelengkeng jenis New Kristal di pot kurang kami sarankan.

Namun bila tujuan dari penanaman bibit kelengkeng untuk skala perkebunan dengan harapan bisa menjual buah dari hasil produksi pohon, maka jenis kelengkeng New Kristal akan lebih unggul. Selain kwalitas buahnya yang bagus untuk dipasarkan, tingkat produktivitas pohonnya pun juga lebih tinggi. Sehingga akan lebih menguntungkan bagi yang menanamnya.

Kelengkeng Matalada VS kelengkeng Merah (ruby)

Dua jenis kelengkeng unggul ini karakteristiknya hampir sama, mulai dari mudahnya berbuah meskipun didalam pot, vigour pohon serta rasa buah.

Hanya saja bila anda menginginkan tampilan yang lebih unik dan eksotis, maka klengkeng merah bisa menjadi pilihan yang lebih bagus. Karena secara tampilan baik daun mapun buahnya, kelengkeng merah jauh lebih indah dan cantik.

Namun bila anda menginginkan kwalitas daging buahnya, dimana anda akan merasa puas bila mengkonsumsi buahnya. Maka jenis matalada lebih unggul, karena selain dagingnya yang lebih tebal karakteristik dari daging buahnya kering dan tidak banyak mengandung air.

Kelengkeng Matalada VS Kelengkeng Pingpong

Untuk penanaman didataran rendah keduanya sama-sama bisa di andalkan. Untuk tabulampot pun keduanya juga mudah berbuah meski tanpa perawatan yang rumit.

Hanya saja bila anda menghendaki buah kelengkeng dengan ukuran yang jumbo, maka jenis kelengkeng pingpong bisa menjadi pilihan yang lebih baik meski terkadang bijinya juga lumayan besar.

Namun bila anda menginginkan vigour pohon yang lebih bagus, maka jenis kelengkeng hawae lebih bagus, karena untuk membentuk percabangan, jenis ini lebih mudah. Sedangkan jenis lengkeng pingpong cenderung susudah untuk dibentuk percabangannya, dan vigour pohon memanjang pada batang utama.

Bagaimana, apakah anda tertarik dengan bibit kelengkeng matalada ini? Segera dapatkan bibit kelengkeng matalada sekarang juga. Selain melayani pembelian eceran, kami juga siap melayani pembelian dalan jumlah besar.

Tentunya untuk pembelian bibit dalam jumlah besar harga akan jauh berbeda. Untuk memenuhi kebutuhan bibit lengkeng matalada dalam jumlah banyak, kami siap untuk memberikan Surat Penawaran kerjasama. Segera hubungi kami di 0812 1136 90909

Kembali ke atas

Harga Bibit Kelengkeng Matalada

Sekali lagi bagi anda yang menginginkan bibit klengkneg matalada., jangan ragu membeli ditempat kami. Kami akan memberikan harga special untuk anda:

Harga Bibit Kelengkeng Matalada Daerah Jawa

Harga bibit kelengkeng matalada untuk wilayah Jawa harga sesuai harga umum antara Rp 50.000 – Rp 100.000 tambahan dengan biaya pengiriman. Untuk pengiriman wilayah jawa bisa menggunakan beberapa ekpedisi, baik jalur darat maupun udara. Selain itu kita juga bisa kirim via kargo kereta, ketika barang banyak dan almat tujuan tidak terlalu dengan stasiun.

Wilayah ini meliputi wilayah Cilacap, Banyumas, Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Magelang, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Grobogan, Purwodadi, Blora, Rembang, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Semarang, Ungaran, Temanggung, Kendal, Batang, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Slawi, Brebes, Magelang,

Surakarta, Salatiga, Pandegelang, Lebak, Rangkasbitung, Tangerang, Tigaraksa, Serang, CiruasKota Cilegon, Kulon Progo, Wates, Bantul, Gunungkidul, Wonosari, Sleman, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bogor, Cibinong, Sukabumi,

Pelabuhanratu, Cianjur, Bandung, Soreang, Garut, Tarogong Kidul, Tasikmalaya, Singaparna, Ciamis, Kuningan, Cirebon, Sumber, Majalengka, Sumedang, Indramayu, Subang, Purwakarta, Karawang, Bekasi, Cikarang, Bandung Barat, Ngamprah, Pangandaran, Kota Depok, Kota Cimahi, Kota Banjar, Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Kanigoro,

Kediri, Ngasem, Malang, Kepanjen, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, Probolinggo, Kraksaan, Pasuruan, Bangil, Sidoarjo, Mojokerto, Mojosari, Jombang, Nganjuk, Madiun, Caruban, Magetan, Ngawi, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Kota Surabaya, Kota Batu

Harga Bibit Kelengkeng Matalada Daerah Sumatera

Sedangkan untuk harga bibit kelengkeng matalada untuk wilayah sumatera, harga sesuai standart yaitu antara Rp 50.000 – Rp 100.000. Untuk wilayah sumatera kita bisa menggunakan jasa ekpedisi JNE, Tiki, POS Indonesia. Untuk jasa tersebut ada tambahan biaya karantina sekitar Rp 20.000 tergantung kebijakan masing-masing perusahaan jasa.

Selain itu kita juga bisa menggunakan jasa titipan Bus Jawa – Sumatera. Disini tidak ada tambahan biaya karantina, hanya saja anda harus mengambil sendiri dimana barang diturunkan sesuai kesepakatan supir dan pembeli.

Untuk pembelian jumlah banyak biasanya kita menggunakan jasa Kargo, seperti Indah kargo atau Tam. Keunggulannya biaya perkilo lebih murah, dan tidak ada biaya karantina. hanya saja waktu pengiriman sedikit lebih lama.

Untuk pengirman dalam jumlah banyak dan cepat bisa menggunakan Jasa Kargo bandara. Namun harus mengambil langsung di bandara, tidak diantar ke alamat anda. Beberapa bandara yang dekat dengan alamat anda mungkin Bandar Udara Internasional Kuala Namu (Medan),Bandar Udara Internasional Hang Nadim (Batam), Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh), Bandar Udara Internasional Polonia (Medan), Bandar Udara Internasional Minangkabau (Kota Padang), Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

Wilayah Ini meliputi Aceh Selatan, Tapak Tuan, Aceh Tenggara, Kutacane, Aceh Timur, Idi Rayeuk, Aceh Tengah, Takengon, Aceh Barat, Meulaboh, Aceh Besar, Kota Jantho, Pidie,Sigli, Aceh Utara, Lhoksukon, Simeulue, Sinabang, Aceh Singkil, Bireuen, Aceh Barat Daya, Blangpidie, Gayo Lues,

Blang Kejeren, Aceh Jaya, Calang, Nagan Raya, Suka Makmue, Aceh Tamiang, Karang Baru, Bener Meriah, Simpang Tiga Redelong, Pidie Jaya, Meureudu, Kota Banda Aceh, Kota Sabang, Kota Lhokseumawe, Kota Langsa, Kota Subulussalam, Bengkulu Selatan, Kota Manna, Rejang Lebong, Curup, Bengkulu Utara, Arga Makmur, Kaur, Bintuhan, Seluma, Tais, Mukomuko, Lebong,

Muara Aman, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Karang Tinggi, Kerinci, Siulak, Merangin, Bangko, Sarolangun, Batanghari, Muara Bulian, Muaro Jambi, Sengeti, Tanjung Jabung Barat, Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Timur, Muara Sabak, Bungo, Muara Bungo, Tebo, Muara Tebo, Kota Jambi, Kota Sungai Penuh, Lampung Selatan, Kalianda, Lampung Tengah, Gunung Sugih,

Lampung Utara, Kotabumi, Lampung Barat, Liwa, Tulang Bawang, Menggala, Tanggamus, Kota Agung, Lampung Timur, Sukadana, Way Kanan, Blambangan Umpu, Pesawaran, Gedong Tataan, Pringsewu, Mesuji, Wiralaga Mulya, Tulang Bawang Barat, Pesisir Barat, Krui, Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Bintan, Bandar Seri Bentan, Karimun, Tanjung Balai Karimun, Natuna, Ranai, Lingga, Daik,

Kepulauan Anambas, Tarempa, Kota Batam, Kota Tanjung Pinang, Kampar, Bangkinang, Indragiri Hulu, Rengat, Bengkalis, Indragiri Hilir, Tembilahan, Pelalawan, Pangkalan Kerinci, Rokan Hulu, Pasir Pengaraian, Rokan Hilir, Bagansiapiapi, Siak, Siak Sri Indrapura, Kuantan Singingi, Taluk Kuantan, Kepulauan Meranti, Selatpanjang, Kota Pekanbaru, Kota Dumai

Harga Bibit Kelengkeng Matalada Daerah Bali

Untuk harga bibit kelengkeng didaerah bali, harga sesuai standart yaitu sekitar Rp 50.000 – Rp 100.000 dengan tambhan biaya pengiriman. biaya pengiriman disesuaikan dengan kecamatan alamat tujuan. Bisa menggunkan jasa ekspedisi JNE, POS Indonesia atau Tiki dengan tambhan biaya karantina sekitar 20ribu.

Bisa juga menggunkan jasa kargo tanpa biaya karantina, harga per kilo lebih murah namun waktu pengiriman sedikit lebih lama. Bisa juga menggunkan jasa Kargo bandara, dan bisa di ambil di beberapa bandara di bali seperti Bandar Udara Internasional Kota Jembrana,Bandar Udara Internasional Ngurah Rai dan Bandar Udara Tuban.

Daerah ini meliputi Jembrana, Tabanan, Badung, Mangupura, Gianyar, Klungkung, Semarapura, Bangli, Karangasem, Amlapura, Buleleng, Singaraja, Denpasar

 

Belum ada ulasan untuk produk Bibit Kelengkeng Matalada | Kelengkeng Unggul Mudah Berbuah, Biji Kecil, Buah Besar Cocok Untuk Tabulampot Kelengkeng

Silahkan tulis ulasan Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*







Produk Terkait Bibit Kelengkeng Matalada | Kelengkeng Unggul Mudah Berbuah, Biji Kecil, Buah Besar Cocok Untuk Tabulampot Kelengkeng

QUICK ORDER
Jual Bibit Sawo Varigata – Jenis Sawo Unggul Dengan Rasa Manis Serta Warna Daun Belang Indah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

bibit sawo varigata Rp 70.000
Ready Stock / Sawo Varigata
QUICK ORDER
Jual Bibit Merica atau Lada Perdu

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Lada Perdu Rp 65.000
Ready Stock / Lada Perdu
Rp 65.000
Ready Stock / Lada Perdu
QUICK ORDER
Bibit Durian Bawor, Hasil Rekayasa Genetika Masyarakat Banyumas

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

gambar buah durian bawor Rp 65.000
Ready Stock / Durian bawor

Mungkin Anda tertarik dengan produk terbaru kami

QUICK ORDER
Bibit Durian Raja Udang, Durian Asal Pontianak Yang Lezat Luar Biasa

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

JUAL BIBIT DURIAN RAJA UDANG Rp 150.000
Ready Stock / 50 cm - 70 cm
Limited Edition
QUICK ORDER
Bibit Durian Menoreh Kuning – Durian Lokal Yang Terkenal Manis Pahit dari Bukit Menoreh

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

JUAL BIBIT DURIAN MENOREH KUNING Rp 150.000
Ready Stock / 50 cm - 70 cm
Limited Edition
QUICK ORDER
Bibit Durian Malika Semarang – Penyedia Bibit Durian Malika Terbaik

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

JUAL BIBIT DURIAN MALIKA Rp 135.000
Ready Stock / 50 cm - 70 cm
SIDEBAR

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. RM Koesbiyono Tjondro Wibowo. Kelurahan Mangunsari. RT.03/ RW.04

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50227

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)