Beranda » Blog » 10 Jenis Tanaman Buah Yang Cocok Ditanam Dalam Pot

10 Jenis Tanaman Buah Yang Cocok Ditanam Dalam Pot

Diposting pada 21 April 2022 oleh bibit buah / Dilihat: 4.463 kali

10 Jenis Tanaman Buah Tabulampot – Di daerah perkotaan ketersediaan lahan yang sedikit atau lahan yang sempit merupakan masalah utama yang menjadi penghalang bagi seseorang dalam berbudidaya tanaman buah. Namun dengan adanya penghalang tersebut orang-orang menjadi semakin kreatif dan juga inovatif. Sekarang permasalahan lahan sempit bukan lagi menjadi alasan untuk tidak membudidayakan tanaman buah, karena sudah ada cara penanaman dengan tabulampot.

Tabulampot adalah singkatan dari tanaman buah dalam pot, yang dalam artian luasnya yaitu tumbuhan yang dibudidayakan di dalam pot. Untuk tujuan pembuatan tabulampot sendiri selain karena dapat menghemat ruang adalah dapat menjadikannya sebagai hiasan untuk mempercantik halaman rumah serta untuk memproduksi buahnya.

Dalam dunia akademisi tabulampot merupakan teknologi budidaya tanaman dengan memanfaatkan tempat yang terbatas di dalam pot untuk membuat tanaman buah dapat menghasilkan buah yang produktif. Pengembangan tabulampot ini sebenarnya sudah dilakukan sejak lama dan juga sudah dimanfaatkan oleh orang-orang perkotaan sebagai tanaman pekarangan yang berfungsi untuk menyejukan halaman dan juga diproduksi buahnya untuk memenuhi kebutuhan rumah.

10 jenis tanaman buah tabulampot

Keunggulan Tabulampot

Seperti yang sudah disampaikan di atas jika salah satu keunggulan dari tabulampot adalah dapat memanfaatkan lahan yang sempit untuk membudidayakan tanaman. Namun bukan hanya itu, cara menanam dengan menggunakan pot juga memiliki banyak keungulan lain, beberapa diantaranya yaitu:

  1. Pohon dapat dipindahkan dengan mudah tanpa adanya resiko mengalami kematian pohon.
  2. Perawatan tabulampot jauh lebih mudah, apalagi yang berkaitan dengan penanggulangan hama & penyakit, sehingga kesehatan dari pohon dapat dijamin.
  3. Pemenuhan unsur hara dan air dapat dipenuhi dnegan lebih optimal dan juga efisien.
  4. Dapat meminimalisir pemborosan saat pemberian pupuk, karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan seluruhnya bias dimanfaatkan oleh tanaman.
  5. Masa panen atau waktu pembungaan serta pembuahan dapat diatur dengan mudah, sehingga memungkinkan untuk dapat berbuah sepanjang tahun.
  6. Pertumbuhan pohon tidak akan merusak area yang ada di sekitarnya.
  7. Penerapan system drainase untuk mengalirkan air agar tidak menggenangi pohon lebih mudah diterapkan.
  8. Dapat dijadikan sebagai tanaman hias terutama jenis tanamna buah yang memiliki warna yang bagus dan juga sedikit rimbun.

Inilah 10 Jenis Tanaman Buah Tabulampot

Jika anda merasa memiliki kemampuan lebih untuk membuat tabulampot, maka anda hanya perlu membeli bibit buah yang siap tanam saja. Namun jika ternyata anda memiliki kesulitan atau kendala tersendiri anda bias membeli tanaman buah dalam pot yang sudah jadi.

Untuk menemukan tabulampot sangat mudah, anda bias mencari toko pertanian yang menjual bibit di sekitar tempat anda tinggal. Anda juga bisa memesan secara online ke website bibitbuahku.com untuk mendapatkan harga tabulampot yang sesuai di kantong.

Pada dasarnya semua tanaman buah dapat dibudidayakan dengan metode tabulampot, bahkan beberapa jenis sayur juga bisa dibuat tabulampot. Namun ada beberapa jenis tanaman buah yang sering dijadikan tabulampot karena kemampuannya untuk berbuah jauh lebih cepat dan mudah. Kami merekomendasikan anda untuk menanam beberapa jenis tanaman buah ini jika anda masih pemula dan belum pernah membudidayakan tabulampot.

1. Anggur

Anggur merupakan tanaman perdu merambat yang banyak dijadikan sebagai tabulampot, karena bentuk pertumbuhan serta buah yang dihasilkan sangat cantik. Pohon anggur sangat cocok untuk dijadikan sebgaai tanaman hias untuk mempercantik halaman rumah. Perpaduan antara warna buah dan juga daunnnya yang kontras, serta bentuk buahnya bisa membuat halaman rumah anda menjadi lebih berbeda.

Selain itu masa berbuah anggur juga cukup cepat, hanya membutuhkan waktu paling lama satu tahun hingga pohonya dapat berbuah. Untuk membuat tabulampot anggur anda harus memberikan area perambatan untuk pertumbuhan pohonnya. jenis anggur yang kami rekomendasikan untuk anda tanam adalah anggur ninel, transfiguration, jupiter, everest, dan juga anggur moondrop.

2. Jeruk

Sama seperti anggur, jeruk juga memiliki waktu berbuah yang tergolong cepat jika dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya. Jeruk dapat bebruah dalam kurun waktu sekitar 1-2 tahun setelah ditanam. Warna buah jeruk yang kontras dengan daunnya juga menjadi daya tarik tersendiri serta mampu dijadikan sebgaai tanaman hias untuk mempercantik halaamn rumah anda. Beberapa jenis jeruk yang cocok untuk dibuat menjadi tabulampot adalah jeruk nagami, jeruk tongheng, jeruk santang madu, jeruk mandarin, dan jeruk kimkit.

3. Sawo

Jika anda perhatikan, sawo adalah salah satu jenis tanaman yang banyak dibudidayakan di halaman rumah. Selain cara perawatannya yang mudah, tanaman sawo juga bisa difungsikan sebagai peneduh untuk halaman rumah. Jenis sawo yang banyak dijadikan tabulampot adalah sawo jumbo, sawo manila, sawo mentimun, sawo kecik, sawo abiu, dan juga sawo raksasa alias mamey sapote.

4. Strawberry

Buah berry-berryan juga sangat cocok untuk dijadikan tabulampot, slaah satunya adalah strawberry. Bagi anda yang tinggal di wilayah dataran tinggi, membudidayakan strawberry bukan hanya dapat mempercantik halaman rumah anda. Namun anda juga bias menikmati buahnya karena perawatan strawberry tabulampot tidak begitu susah.

5. Belimbing

Untuk anda yang menyukai buah yang juicy atau memiliki kandungan air yang tinggi, maka belimbing adalah buah yang cocok untuk anda tanam. Bentuk buah belimbing yang seperti bintang dan memanjang pun cukup cantik untuk dijadikan tanamna hias di halaman rumah. Kecepatan berbuah belimbing pun cepat hanya butuh waktu sekitar 1-2 tahun hingga pohonnya berbuah. Jenis belimbing yang cocok untuk ditanam dalam tabulampot adalah belimbing dewi, belimbing madu, dan juga belimbing Bangkok.

6. Jambu Air

Jenis tanamna yang memiliki kandungan air lainnya yang cocok untuk ditanam dalam tabulampot adalah jambu air. Jenis jambu yang cocok untuk dirujak ini dapat dengan mudah bebruah saat ditanam dalam tabulampot. Sementara untuk hiasan rumah anda bias memilih jenis jambu air yang memiliki warna cantik seperti jambu air citra dan jambu air dalhari. Tapi jika anda menginginkan jenis jambu air yang rasanya snagat manis anda bias menanam jambu air madu deli hijau.

7. Jambu Biji

Selain jambu air, jambu biji juga sangat cocok untuk tabulampot, karena pertumbuhan dan waktu berbuahnya yang cepat. Beberapa jenis jambu biji yang kami sarankan untuk anda tanam di dalam pot yakni jambu kristal, jambu red diamond, dan juga jambu siumik pala. Jambu biji yang kami sarankan tersebut hanya memiliki sedikit biji dalam buahnya bahkan ada yang tak berbiji sama sekali.

8. Srikaya

Selanjutnya adalah srikaya, buah yang memiliki rasa manis dengan buah yang berbiji ini memiliki banyak keunggulan saat ditanam di dalam pot. Pohonnya dapat tumbuh lebih cepat dan juga wkatu pertumbuhan buahnya bias diatur dengan baik. Kalau anda menginginkan tanaman srikaya untuk tabulampot, jenis srikaya yang cocok adalah srikaya jumbo dan srikaya merah yang cocok untuk hiasan.

9. Mangga

Mungkin banyak yang mengira jika buah manga sulit jika tidak ditanam di dalam tanah, namun nyatanya manga juga dapat di tanam dalam pot. Tentunya membutuhkan perhatian juga karena akar manga memang cepat tumbuh. Namun pohon manga dapat menghasilkan buah lebih cepat apabila ditanam di dalam pot. Jenis amngga yang biasa dijadikan tabulampot adalah manga kiojay, manga red ivory, manga namdokmai, manga red emperor dan masih banyak lagi.

10. Delima

Buah terakhir yang cocok untuk ditanam di dalm pot adlaah delima, system perakaran delima sangat pendek shingga sangat cocok untuk ditanam dalam pot jika dibandingkan dengan buah yang lain. Perawatan pohon delima pun tidak sulit cukup disiram 2-3 kali seminggu maka pohon delima pun bisa bertahan. Bahkan pohonnya mampu berbuah dalam waktu kurang dari satu tahun sehingga tidak perlu menunggu lama untuk menikmati buahnya.

Demikianlah 10 jenis tanaman buah yang cocok ditanam dalam pot menurut versi kami, seperti yang kami bilang di awal jika semua jenis pohon dapat ditanam dalam pot. Hanya saja tingkat kesulitan dalam perawatannnya yang berbeda. Jadi bagi anda yang maish pemula dalam tabulampot, anda bisa mencoba 10 jenis buah yang kami bahas di atas terlebih dahulu sebelum beralih ke jenis buah yang lain.

Tags: , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

10 Jenis Tanaman Buah Yang Cocok Ditanam Dalam Pot

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Membuat Tabulampot Mangga, Tabulampot Anggur, Tabulampot Kelengkeng, Tabulampot Jambu
2 Oktober 2018

Cara Membuat Tabulampot sangatlah mudah yang terpenting anda mengetahui dasar-dasar dari teknik dalam menanam tanaman buah dalam pot. Metode tabulampot... selengkapnya

4 Jenis Kurma Yang Cocok Ditanam di Indonesia – Kurma Yang Manis dan Cepat Berbuah
1 Agustus 2018

Pada artikel kali ini kami akan membahas jenis kurma yang cocok ditanam di Indonesia atau banyak orang menyebutnya Kurma Tropis.... selengkapnya

Cara Membedakan Kurma Jantan dan Betina Begini Caranya
7 Juli 2018

Cara membedakan kurma jantan dan betina menjadi topik kali ini karena banyak kawan-kawan yang sering menanyakan hal itu. Semenjak banyak... selengkapnya

Melon Unggulan Pemenang Lomba
6 Maret 2017

Lomba Buah Unggul yang dilombakan tahun 2016 sudah selesai, salah satu yang menjadi sorotan kami adalah Jenis Melon, karena jenis... selengkapnya

Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah
15 Desember 2016

Alasan Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah – Memiliki pohon buah dihalaman rumah menjadi impian banyak orang, karena saat ini budidaya dengan... selengkapnya

Alpukat Sikat Sakit Gigi
23 Maret 2017

Daun alpukat atasi keluhan nyeri akibat gigi berlubang Daun alpukat mengurangi nyeri akibat gigi berlubang. Bertahun-tahun sakit gigi Betty nyaris... selengkapnya

Keunggulan Alpukat Kendil yang Harus Anda Ketahui
1 Mei 2019

Keunggulan Alpukat Kendil yang Harus Anda Ketahui – Beberapa Keunggulan Alpukat Kendil dan Manfaatnya untuk Tubuh! Alpukat Kendil adalah salah... selengkapnya

5 Langkah Bercocok Tanam Kelengkeng New Kristal Dalam Pot
4 Maret 2020

Berjumpa lagi bersama kami Bibitbuahku.com, kali ini kami akan membahas tentang Langkah Menanam Kelengkeng New Kristal Dalam Pot, berikut pembahasanya.... selengkapnya

6 TIPS BUDIDAYA KELAPA PANDAN WANGI 
7 April 2020

Kesempatan kali ini kita akan mengulas perihal tips budidaya Kelapa Pandan Wangi. Seperti yang kita tahu, pohon kelapa sering disebut-sebut... selengkapnya

Cara Jitu Menjaga Kualitas Buah Saat Pengiriman
9 Maret 2017

Cara Jitu Menjaga Kualitas Buah Saat Pengiriman – Dalam pemanenan tanaman buah, kualitas buah sangat mempengaruhi harga jual dan nilai buah... selengkapnya

10 Jenis Tanaman Buah Yang Cocok Ditanam Dalam Pot

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: