Beranda » Blog » 13 HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN BUAH KELAPA GENJAH ENTOK

13 HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN BUAH KELAPA GENJAH ENTOK

Diposting pada 15 Mei 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 1.593 kali

Tanaman Buah Kelapa Genjah Entok merupakan salah satu tanaman buah kelapa unggulan yang memiliki buah lebat, bersifat genjah atau mudah berbuah, dan berpostur tubuh pendek. Posturnya yang hanya mencapai tinggi 3-4 meter saja, dengan batang lurus, dan ukuran sama dari pangkal sampai ujung ini menjadikannya cocok untuk dibudidayakan di lahan yang sempit. Keunggulan lain adalah produktivtasnya yang tinggi. Setiap pohon kelapa genjah entok , umumnya dapat menghasilkan 10 – 15 tandan per pohon dalam satu tahun. Yang masing-masing tandan biasanya berisi 7 – 10 butir buah kelapa. Coba saja kamu kalkulasikan sendiri dengan jumlah pohon yang kamu punya, sungguh menyenangkan serta menguntungkan, bukan?

Dalam perawatan tanaman buah kelapa genjah entok, kamu juga harus mempertimbangkang banyak hal. Termasuk pada serangan hama dan penyakit agar tidak mengganggu dan menurunkan hasil prduksi. Berkut ini hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman buah kelapa genjah entok.

Hama dan Penyakit Pada Tanaman Buah Kelapa Genjah Entok

 

HAMA DAN PENYAKIT KELAPA GENJAH ENTOK A

HAMA DAN PENYAKIT KELAPA GENJAH ENTOK A

HAMA DAN PENYAKIT KELAPA GENJAH ENTOK A

HAMA DAN PENYAKIT KELAPA GENJAH ENTOK A

HAMA DAN PENYAKIT KELAPA GENJAH ENTOK B

HAMA DAN PENYAKIT KELAPA GENJAH ENTOK B

1. Hama Perusak Pucuk

Hama dan penyakit pada tanaman buah kelapa genjah entok yang pertama adalah hama perusak pucuk. Hama perusak pucuk berupa kumbang. Jenis kumbangnya berupa kumpang nyiur serta kumbang sagu. Kumbang nyiur memiliki postur tubuh kecil, berukuran kisaran 20 – 40 mm dengan warna hitam serta terdapat cula pada kepalanya. Hama ini biasnya menyerang pada pohon pada usia tahun-tahun awal hingga pohon dewasa. Hama ini dapat menyebabkan lubang pada pelepah organ pucuk daun, ciri khasnya adalah janur pada pucuk pohon seperti diguntung segi tiga. Hama ini biasanya muncul pada sisa-sisa batang kelapa, maka pengendalian dengan sanitasi kebun terhadap sisa-sisa batang kelapa tersebut.

Sedangkan hama berupa kumbang sagu dengan nama ilmiyah Rhynchophorus Ferrugius dapat merusak pucuk hingga akar tanaman muda, batang, hingga tajuk tanaman. Gerekan hama ini pada pucuk, menyebabkan patah pucuk, kemudian liang gerekan kan mengeluarkan lendir berwarna merah kecoklatan.

2. Hama kumbang badak

Hama dan penyakit pada tanaman buah kelapa genjah entok yang selanjutnya adalah hama kumbang badak. Hama ini memilki ciri fisik memiliki tanduk kecil dengan ukuran tubuh 40 – 50 mm yang memlki warna cklat kehitaman. Pada bagian perut terdapat bulu bulu haus bagi yang berkelamin betina, sedangkan yang jantan tidak memiliki. Hama ini dapat menggerek pucuk kelapa. Akibatnya, pertumbuhan jadi terhambat dan rusaknya titik tumbuh menjadi rusak, hingga tanaman mudah mati.

Masalahnya, kerusakan tanaman baru akan terlhat pasca 1- bulan berupa guntingan segtga yang membentuk huru “V” pada pelepah daun yang belum terbuka, dan menyebabkan patahnya pelepah. Menurut Peneltian yang dilakukan oleh pusat peneltian kelapa, serangan hama ini dapat menyebabka 25 %- 60 % kematian tanaman. Ngeri, bukan?

Hama ini depat dikendalikan dengan cara rganik yakni dengan rebusan daun sirsan. Semprotkan air hasil rebusan tersebut pada tanaman yang terinfeksi hama.

3. Sexava

Hama dan penyakit pada tanaman buah kelapa genjah entok yang selanjutnya adalah Sexava atau belalang hijau atau coklat dengan ukuran tubuh 70 – 90 mm. Belalang ini dapat merusak organ daun pada tanaman buah kelapa genjah entok. Pada umunya, belalang ini akan menyerang pada saat musim kemarau tiba.

Hama sexava dapat mengekibatkan rusak daun muda, kulit buah, hingga organ bunga pada tanaman buah kelapa genjah entok. Pada serangan yang serius, hama belalang hijau atau coklat ini dapat menyebabkan daun kelapa tinggal tulang-tulang daun yang berupa lidi-lidinya saja.

Biasanya, pengendalian pada hama ini berupa kultur teknis, dengan menanam tanaman penutup pada tanah, atau menangkap belalang dengan perekat yang dicampur dengan Agrocide, HCL, yang dipasang di sekeliling organ batang tanaman.

4. Ulat Artona

Hama dan penyakit pada tanaman buah kelapa genjah entok kemudian adalah ulat artona atau dengan nama ilmiyah Artona Catoxantha. Hama ini dapat menyebabkan tajuk tanaman kelapa menjadi nampak layu seperti terbakar. Ulat ini juga merusak daun kelapa dengan adanya lubang-lubang nampak seperti jendela kecil.

5. Ngengat Bunga Kelapa

Hama dan penyakit pada tanaman buah kelapa genjah entok yang selanjutnya adalah ngengat bunga kelapa. Hama jenis ini dapat merusak bunga, atau bakal buah dari kelapa genjah entok. Ngengat ini dengan mudah dapat membuat lubang pada seludang bunga yang belum membuka, akibatnya, bunga akan mengeluakan getah yang akhirnya akan mudah rontok, bahkan sebelum proses pembuahan.

6. Ulat Tirathaba

Hama dan penyakit pada tanaman buah kelapa genjah entok yang selanjutnya adalah ulat tirathaba. Hama ini juga dapat merusak bunga, dengan ciri fisik berwarna coklat kotor bergaris-garis memanjang pada bagian punggung. Ulat ini memiliki ukuran tubuh 22 mm. Ulart ini dapat menyebabka lubang pada bunga, bahkan pembusukan pada bunga.
Segera lakukan pemangkasan pada organ bunga yang terkena hama agar tidak menular ke bagian organ tanaman yang lain. Selain itu, hama ini juga dapat dibersihkan dengan kultur teknis yang sehat, yakni dengan membersihkan pangkal daun kelapa genjah entok dari pupa juga larva.

7. Busuk Tunas

Hama dan penyakit pada tanaman buah kelapa genjah entok yang adalah busuk tunas. Penyakit ini disebebkan oleh cendawan Phytophthora Palmivora Buttler. Biasanya, penyakit ini memiliki gejala daun-daun muda yang berada di tengah-tengah tajuk mengering, berubah warna menjadi coklat dan akan mudah patah pangkalnya. Pada keadaan darurat, pangkal tunas dapat membusuk sehingga menyebabkan terhentinya pertumbuhan pada titik tumbuh, sehingga menimbulkan kematian.

8. Sarang Laba-Laba

Hama dan penyakit pada tanaman buah kelapa genjah entok yang adalah sarang laba-laba. Sarang laba-laba merupakan julukan penyakit yang disebabkan oleh cendawan Corticium Panicillatum, yang mengakibatkan bercak-bercak kecil basah, umumnya berada di permukaan bawah daun tanaman kelapa muda. Bercak-bercak tersebut bisa berbentuk bulat-bulat sangat kecil, dengan diamter kurang dari 3mm dan bewarna coklat muda.
Bercak-bercak kecil tersebut dapat menyebar dengan cepat, kemudian menyatu berwarna coklat tua sehingga dapat menyebabkan nekrosis besar yang tidak beraturan. Penyakit ini dapat disegah dengan menjaga kelembapan tanaman serta drainase yang sehat.

9. Layu Natuna

Hama dan penyakit pada tanaman buah kelapa genjah entok yang kemudian adalah layu natuna. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh jamur yang menyebabkan kelayuan secara tiba-tiba pada seluruh organ daun mahkota. Pada tahap selanjutnya, warna akan berubah menjadi kusam, lalu pelan-pelan kan berguguran. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian, bahkan dengan cepat. Pada seuatu penelitian, penyakit ini dapat menyebabkan kematian 1-3 bulan sejak gejala awal mulai muncul.

Pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan pengolahan tanah yang baik, pemeliharaan, pola pemupukan yang tepat, serta kultur tanam yang sehat.

10. Bercak Daun

Hama dan penyakit pada tanaman buah kelapa genjah entok yang kemudian adalah bercak daun. Penyakit ini disebabkan oleh cendawan ataupun jamur tertentu. Penyebaran penyakit ini melalui penyebaran spora lewat udara, air ataupun serangga.

Penyakit ini menyebabkan bercak-bercak pada organ daun tanaman berbagai bentuk rupa. Pada beberapa bagian, biasanya akan berubah bentuk warna, dari berwarna kuning bintik-bintik, hijau, atupun hitam dan coklat. Bagian yang bercak-bercak tersebut kemudian akan mudah kering dan layu karena jaringan tumbuhan yang mati.
Pada serangan yang hebat, daun-daun tanaman akan menutup, dan hampir seluruh mahkota akan terlihat kering dan layu. Akibatnya, buah-buah yang muda akan mudah gugur sebelum waktunya.

11. Rontok Buah

Hama dan penyakit pada tanaman buah kelapa genjah entok yang selanjutnya adalah rontok buah. Penyakit rontok buah disebebakan oleh cendawan Phythophthora Palmivora ini dapat mengakibatkan bagian pangkal buah membusuk, sehingga buah akan mudah rontok.
Pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan pemupukan yang teratur dan bertahap, penyiraman yang rajin, terutama pada musim kemarau.

12. Busuk Akar

Hama dan penyakit pada tanaman buah kelapa genjah entok yang selanjutnya adalah busuk akar. Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Ganoderma Lucidum, yang dapat membuat akar menjadi busuk. Biasanya, penyakit ini disebabkan pula oleh permukaan air tanah yang dangkal, drainase yang buruk, atau tata udaranya yang jelek, sehingga mengundang banyak jamur ataupun cendawan yang menyebabkan penyakit.

13. Patogen

Hama dan penyakit pada tanaman buah kelapa genjah entok yang selanjutnya adalah patogen. Penyakit ini disebabkan oleh cendawan yang dapat merusak organ batang tanaman buah kelapa genjah entok serta mengakibatkan keluarnya cairan karat. Penyakit patogen dapat mengganggu fisiologis tanaman kelapa sehingga pertumbuhan tanaman menjadi terganggu. Pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan memangkas bagian yang sudah terinfeksi dan memusnahkannya.

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

13 HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN BUAH KELAPA GENJAH ENTOK

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Budidaya Buah Naga Dalam Pot Agar Cepat Berbuah
9 Oktober 2017

Cara budidaya buah naga menjadi topik kami kali ini. Buah naga tergolong mudah dalam membudidayakannya karena tak memerlukan teknik maupun... selengkapnya

Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah
15 Desember 2016

Alasan Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah – Memiliki pohon buah dihalaman rumah menjadi impian banyak orang, karena saat ini budidaya dengan... selengkapnya

Cara Perbanyakan Sambung Susu Mamey Sapote
10 Desember 2017

Sambung Susu Mamey Sapote – Sawo raksasa, yang sering dikenal dengan sebutan Mamey Sapote, kini menjadi tanaman buah yang sering dibudidayakan... selengkapnya

Cara Merawat Jambu Madu Deli Hijau Agar Berkualitas Super : Manis, Renyah, Tanpa Hama dan Penyakit.
6 Maret 2017

Cara Merawat Jambu Madu Deli Hijau Agar Berkualitas Super – Tentu saja dengan perawatan yang baik dan maksimal akan menghasilkan jambu... selengkapnya

Tabulampot Jambu Air Mudah Berbuah dan Lebih Manis
9 Oktober 2017

Tabulampot jambu air dalam budidaya jambu air merupakan alternatif yang tepat. Selain menghemat lahan, tanaman di dalam pot pun dapat... selengkapnya

5 HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN BUAH ALPUKAT PLUWANG
25 Maret 2020

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas perihal tentang hama dan penyakit buah Alpukat Pluwang. Salah satu jenis alpukat yang... selengkapnya

Prospek Budidaya Kurma di Indonesia
7 Juli 2018

Prospek Budidaya Kurma di Indonesia  – Pohon kurma mempunyai daya adaptabilitas yang tinggi. Pohon betina kurma mudah kawinan dengan ‘siapa... selengkapnya

Cara Merawat Durian Agar Cepat Berbuah
22 Februari 2018

Cara Merawat Durian Agar Cepat Berbuah – Sebagai salah satu buah-buahan asli negara tropis, buah durian memang salah satu buah yang... selengkapnya

5 PERAWATAN IDEAL PADA KELAPA PANDAN WANGI
7 April 2020

Kembali lagi di Bibit Buahku. Pada pembahasan ini kita akan mengulas tentang perawatan ideal pada Kelapa Pandan Wangi. Kelapa pandan... selengkapnya

7 KEUNGGULAN TANAMAN KELAPA PANDAN WANGI
6 April 2020

Masih bersama kami, Bibit buahku. Pada kesempatan ini kita akan mengulik tentang keunggulan tanaman Kelapa Pandan Wangi.  Kelapa pandan wangi... selengkapnya

13 HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN BUAH KELAPA GENJAH ENTOK

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: