Beranda » Blog » 5 Jenis Alpukat Terbaik di Indonesia yang Terbukti Dapat Tumbuh dan Berbuah

5 Jenis Alpukat Terbaik di Indonesia yang Terbukti Dapat Tumbuh dan Berbuah

Diposting pada 12 Agustus 2021 oleh bibit buah / Dilihat: 4.640 kali

5 Jenis Alpukat Terbaik di Indonesia yang Cocok Untuk Anda Budidayakan

5 Jenis Alpukat Terbaik di Indonesia

5 Jenis Alpukat Terbaik di Indonesia

Alpukat merupakan tanaman buah yang berasal dari Meksiko Amerika Tengah dan saat ini sudah banyak dibudidayakan hampir di seluruh dunia termasuk Indonesia. Banyak jenis alpukat unggul baik lokal maupun import dapat tumbuh dan berbuah saat di tanam di Indonesia. Bagi anda yang belum tahu kami akan memberikan ulasan mengenai 5 jenis alpukat terbaik di Indonesia.

Tanaman alpukat memang banyak disukai apalagi jika ada embel-embel alpukat mentega. Karena rasa gurih dan lezat buah yang satu ini bukan hanya dapat dimakan secara langsung tapi juga dapat dibuat menjadi berbagai macam olahan makanan dan minuman yang memiliki rasa tak kalah lezat

Dalam tulisan kali ini kami akan Mengulas mengenai 5 jenis alpukat terbaik di indonesia menurut kami, dan ke 5 bibit alpukat tersebut telah terbukti dapat tumbuh dan menghasilkan buah dengan baik. Berikut adalah 5 Jenis alpukat terbaik di Indonesia.

[lwptoc toggle=”1″ float=”left”]

1. Alpukat Miki

jual bibit alpukat miki

Buah Alpukat MIki

Jenis alpukat terbaik di indonesia yang pertama adalah alpukat miki. Alpukat yang satu ini merupakan jenis alpukat unggulan karena bukan hanya dapat ditanam pada daerah dataran tinggi tetapi bibit alpukat miki juga dapat ditanam pada wilayah dataran rendah. Keunggulan lainnya dari buah alpukat yang satu ini adalah rasa buahnya yang pulen, dengan tekstur buah yang lembut sehingga tidak aneh jika buah alpukat miki juga disebut sebagai alpukat mentega.

Ukuran buah alpukat miki pun tergolong cukup besar dengan bobot buah mampu mencapai 400 – 600 gram per satu buahnya. Bentuk buahnya membulat dengan kulit buah yang kuat sehingga tidak mudah untuk ditembus oleh hama ulat. Sehingga buahnya tahan terhadap hama tersebut.

Tanaman alpukat miki diketahui memiliki sifat yang genjah dimana pohonnya dapat berbuah lebih cepat dibandingkan dengan jenis tanaman alpukat yang lain. Dalam kurun waktu 2-3 tahun pohon alpukat miki sudah mulai berbuah dan periode berbuahnya tidak mengenal musim alias dapat berbuah sepanjang tahun.

Manfaat Alpukat Miki

Bukan hanya memiliki buah yang besar dan lezat, alpukat miki pun diketahui memiliki berbagai manfaat untuk kesehehatan. Berikut adalah beberapa manfaat alpukat miki :

  • Mampu melancarkan peredaran darah
  • Menjaga kesehatan jantung dan kolesterol
  • Baik untuk kesehatan ibu yang sedang hamil beserta janinnya
  • Dapat mencegah stroke dan juga stress
  • Mampu mencegah penuaan dini

2. Alpukat Aligator

harga alpukat bibit alpukat aligator

Buah Alpukat Aligator

Apakah anda tahu aligator? Bayangkan hewan aligator yang memiliki mulut panjang dengan bagian ujung yang kecil dan akan membesar dibagain pangkal. Seperti itulah bentuk buah alpukat aligator. Buah alpukat aligator memiliki bentuk pangkal yang kecil dan membesar pada bagian ujungnya.

Buah alpukat yang sat ini menjadi salah satu jenis alpukat terbaik di Indonesia karena memiliki ukuran buah yang sangat besar alias jumbo. Panjang buah alpukat aligator mampu mencapai 70-80 cm. Dengan ukuran buah sepanjang itu bobot alpukat aligator mampu mencapai 1,8 kg/buah. Anda tentu akan puas menikmati buah alpukat sebesar ini sendirian.

Bibit alpukat aligator pertama kali ditemukan di Mexico kemudian berhasil dibawa ke Indonesia oleh seorang petani yang berasal dari Jawa Timur dan kemudian bibitnya berhasil diperbanyak menggunakan teknik okulasi. Saat ini bibit alpukat aligator sudah diketahui dapat tumbuh dan berbuah saat ditanam di wilayah Indonesia.

Bukan hanya memiliki ukuran buah besar, kelebihan lain dari alpukat aligator adalah dari segi rasanya yang unik. Rasa alpukat aligator sangat gurih dengan daging buah yang bertekstur lembut dan creamy serta aroma buahnya yang kental akan memanjakan mulut anda. Daging buah alpukat aligator juga pulen saat digigit meski begitu tingkat kepulenan alpukat aligator masih kalah dengan alpukat miki.

Manfaat Alpukat Aligator

Buah alpukat aligator ini juga memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk kesehatan. Anda baru bisa merasakan manfaatnya alpukat aligator ini jika rutin mengkonsumsi buahnya.

  • Mampu menurunkan berat badan berlebih.
  • Bisa mempertahankan kardiovaskular karena memiliki komposisi omega 6 yang sangat baik.
  • Mencegah radikal bebas karena memiliki fungsi antioksidan yang tinggi

3. Alpukat Markus

jual bibit alpukat markus

Buah Alpukat Markus

Alpukat Markus menjadi salah salah satu jenis alpukat terbaik di Indonesia karena memiliki ukuran buah yang jumbo dan juga rasa buah yang lezat. Mungkin anda belum terlalu mengenal alpukat yang satu ini. Alpukat markus merupakan salah satu varian tanaman alpukat mentega.

Ukuran buah alpukat markus mampu mencapai bobot 1 hingga 2 kg, dengan ukuran yang sebesar itu alpukat markus juga memiliki rasa buah yang istimewa. Karena termasuk varian alpukat mentega maka rasa alpukat markus sudah pasti lezat dengan tekstur buah yang juga lembut seperti mentega.

Tidak sampai disitu pohon alpukat markus juga dikenal karena memiliki sifat yang genjah alias dapat berbuah dengan cepat. Dengan perawatan yang baik pohon alpukat markus sudah dapat belajar berbuah dalam usia 2 – 3 tahun setelah penanaman. Tingkat produktifitas pohon alpukat markus juga sangat tinggi. Jika dirawat dengan baik tanaman alpukat yang satu ini dapat menghasilkan buah sepanjang tahun tanpa mengenal musim.

Manfaat Alpukat Markus

Sama seperti yang lain buah alpukat markus juga memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Beberapa diantaranya yaitu :

  • Dapat Menjaga kadar gula darah
  • Mampu mengurangi resiko terjadinya penyakit kanker.
  • Menurunkan kolesterol jahat
  • Menyehatkan sistem pencernaan sehingga lancar
  • Mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan

4. Alpukat Pluwang

Harga bibit alpukat pluwang

Buah Alpukat Pluwang

Mungkin belum lama sejak kepopulerannya muncul, namun alpukat pluwang sudah bisa menjadi salah satu dari beberapa jenis alpukat terbaik di Indonesia. Nama tanaman alpukat pluwang mulai meroket sejak awal tahun 2018, pada saat itu muncul salah satu buah alpukat yang memiliki berbagai macam keunggulan dan menarik para pembudidaya serta petani buah alpukat.

Buah alpukat yang satu ini memang sangat istimewa dimana banyak tanaman alpukat yang menghasilkan buah besar namun rasanya biasa-biasa saja, atau tanaman alpukat yang memiliki rasa lezat namun ukuran buahnya kecil. Saat itu buah alpukat pluwang menawarkan keduanya, yakni ukuran buah yang jumbo dan rasa buah yang lezat.

Satu buah alpukat pluwang mampu mencapai bobot sekitar 1 kg dengan rasa buah yang gurih, lezat, sedikit manis dan mleket. Daging buahnya tebal dan memiliki kulit buah yang halus serta mengkilap inilah yang membuat buahnya mudah matang alias grade A. Karena merupakan grade A maka harga alpukat pluwang ini satu kilonya bisa mencapai Rp.25.000 – Rp.30.000.

Selain itu pohon alpukat pluwang pun diketahui memiliki sifat yang genjah alias dapat berbuah lebih cepat jika dibandingkan dengan jenis alpukat biasa. Dalam rantang waktu 2,5 tahun pohon alpukat pluwang yang memiliki tinggi kurang dari 2 meter sudah mampu menghasilkan buah.

Kemudian tingkat produktifitas pohon alpukat pluwang juga cukup tinggi, terbukti dengan waktu bebruahnya yang tidak mengenal musim sehingga mampu berbuah sepanjang tahun. Bahkan dikatakan jika pohon alpukat pluwang dapat mengalami masa panen setidaknya 2 kali dalam satu tahun.

Manfaat Alpukat Pluwang

Alpukat pluwang pun memiliki berbagai macam manfaat, manfaatnya alpukat pluwang ini bisa anda rasakan jika rutin mengkonsumsi buahnya. Berikut adalah beberapa manfaat alpukat pluwang untuk kesehatan.

  • Mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang memiliki fungsi meningkatkan kolesterol baik sehingga mampu menjaga kesehatan jantung karena dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembulu darah dan dapat meningkatkan sensitivitas insulin.
  • Mampu memperbaiki jaringan sel kulit dan mengurangi penyakit pilek.
  • Kaya akan serat sehingga mampu menyehatkan sistem pencernaan.

5. Alpukat Wina

Jual bibit alpukat wina

Buah Alpukat Wina

Jenis alpukat terbaik di Indonesia yang terakhir menurut kami adalah alpukat wina, bibit alpukat wina berasal dari Bandungan, Kabupaten Semarang dan merupakan ikon dari daerah tersebut. Bukan menjadi hal aneh jika pohon alpukat wina menjadi jenis alpukat terbaik di Indonesia karena dari segi keunggulan sangatlah banyak.

Keunggulan alpukat wina yang pertama bisa dilihat dari ukuran buahnya yang besar alias jumbo. Satu buah alpukat wina mampu mencapai bobot rata-rata sekitar 1,3 – 1,8 kg, rasa alpukat wina pun sangatlah lezat karena merupakan alpukat mentega. Buahnya memiliki citarasa yang manis dan gurih, dengan daging buah yang lembut saat memasuki mulut.

Yang paling membedakan buah alpukat wina dengan jenis alpuakt lainnya adalah durasi matangnya yang mampu mencapai 15 hari setelah dipetik, berbeda dengan jenis alpukat lain yang hanya butuh waktu 3 hari. Dengan durasi yang panjang tersebut buah alpukat wina menjadi lebih aman untuk dikirim ke daerah lain atau bahkan di ekspor ke luar negeri.

Pembudidaya bibit alpukat wina juga mendapatkan keuntungan lain karena harga alpukat wina yang lumayan tinggi dan juga tingkat produktifitas pohonnya yang stabil dan dapat berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim.

Maka sudah tidak diragukanlagi jika tanaman alpukat wina merupakan jenis alpukat terbaik di Indonesia yang patut untuk diperhitungkan.

Manfaat Alpukat Wina

Sama seperti jenis alpukat terbaik di Indonesia yang lain, buah alpukat wina pun memiliki berbagai macam manfaat. Dimana manfaatnya buah alpukat ini bisa dirasakan jika rutin dikonsumsi. Berikut adalah beberapa manfaat alpukat wina.

  • Mampu mengurangi resiko terjadinya kanker
  • Menjaga kesehatan mata
  • Dapat menurunkan kolesterol
  • Mencegah terserang penyakit stroke
  • Mengontrol tekanan darah menjadi lebih stabil
  • Menyehatkan jantung, dsb.

Semua jenis alpukat yang ada di atas sudah terbukti dapat tumbuh dan berbuah di Indonesia. Jadi jika anda tertarik untuk membudidayakan tanaman alpukat anda bisa menghubungi bibitbuahku.com, untuk mendapatkan bibit alpukat keinginan anda. Anda tidak perlu khawatir karena harga bibit alpukat yang kami tawarkan bersaing dengan toko pertanian lain. Kami juga bisa melakukan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dengan Packingan yang aman, kuat, dan kokoh.

Demikian ulasan 5 jenis alpukat terbaik di indonesia versi kami. Tentunya masih ada berbagai jenis tanaman alpukat unggulan lain yang tidak kalah menarik. Jadi silahkan kunjungi website kami dan pilih jenis alpukat mana yang anda sukai.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

5 Jenis Alpukat Terbaik di Indonesia yang Terbukti Dapat Tumbuh dan Berbuah

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

7 Perawatan Dan Pengendalian Hama dan Penyakit Alpukat Booth 7
25 Mei 2020

Alpukat Booth 7 merupakan salah satu jenis alpukat unggulan premium yang popularitasnya belum semaenstream jenis- jenis alpukat lain di Indonesia.... selengkapnya

Cara Membuat Embung untuk Sumber Air Perkebunan
17 September 2017

Saat musim hujan tiba, air yang jatu sebenarnya dapat dimanfaatkan saat kemarau mulai dan telah datang. Air hujan sekadar air... selengkapnya

Maniskan Buah Saat Penghujan
15 Maret 2017

Jambu madu deli hijau tetap manis saat musim hujan. – Menurut seorang pengunjung kebun Kastawi di Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa... selengkapnya

4 Keunggulan Anggur Preco Dibanding Jenis Sabara
7 Desember 2020

Keunggulan Anggur Preco adalah salah satu buah anggur yang berasal dari negara Brazil. Dengan memiliki cita rasa yang sangat unik... selengkapnya

Ciri Ciri Bibit Alpukat Mentega Miki Unggul Asli Depok
8 Januari 2019

ciri bibit alpukat miki, ciri alpukat miki, daun alpukat miki, alpukat miki asli, alpukat miki depok, bibit alpukat miki asli,... selengkapnya

5 PERAWATAN IDEAL PADA KELAPA PANDAN WANGI
7 April 2020

Kembali lagi di Bibit Buahku. Pada pembahasan ini kita akan mengulas tentang perawatan ideal pada Kelapa Pandan Wangi. Kelapa pandan... selengkapnya

Mangga Setahun Tiga Kali Panen
15 Maret 2017

Mangga Setahun Tiga Kali Panen –  Mangga Agrimania, merupakan mangga juara Lomba Buah Unggul Nasional 2014, siap menyaingi R2E2, mangga... selengkapnya

Cara Mengatasi Hama Pohon Tin Yg Selalu Mengintai : Penggerek Batang & Siput
7 Maret 2017

Cara Mengatasi Hama Pohon Tin Yg Selalu Mengintai : Penggerek Batang & Siput – Cara paling efektif untk mencegah serangan... selengkapnya

2 Jenis Anggur Pohon Yang Bisa Anda Miliki
13 September 2020

Katakunci : jenis anggur pohon Anggur adalah tanaman buah yang banyak digemari oleh masyarakat dunia. Rasanya yang manis dan asam... selengkapnya

Cara Pemupukan Jambu Air Madu Dheli Hijau
13 September 2020

Baca Juga : Cara Cepat Berbuah Jambu Air Madu Dheli Jambu air madu dheli hijau menjadi primadona bagi pencinta buah... selengkapnya

5 Jenis Alpukat Terbaik di Indonesia yang Terbukti Dapat Tumbuh dan Berbuah

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: