Beranda » Blog » 6 TAHAP-TAHAP PENANAMAN KELAPA PANDAN WANGI

6 TAHAP-TAHAP PENANAMAN KELAPA PANDAN WANGI

Diposting pada 6 April 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 1.047 kali

Kembali lagi bersama kami, kali ini kita akan membahas tentang tahap penanaman Kelapa Pandan Wangi.

Sudah menjadi rahasia umum, jika pohon kelapa memiliki seribu manfaat. Bukan hanya daging buahnya dan air buah kelapa saja. Melainkan pula hampir seluruh organ tubuh tanaman, dapat dimanfaatkan serta dapat digunakan menjadi hal-hal yang lebih berguna. Kandungan vitamin B kompleks pada buah kelapa, terutama pada air buah kelapanya, dapat menjadi obat herbal menurunkan demam, juga efektif mengembalikan ion-ion yang hilang karena telah beraktivitas. Salah satu jenis, kelapa yang unggulan serta masih hangat dibicarakan adalah kelapa pandan wangi.

Kelapa pandan wangi, merupakan salah satu jenis kelapa unggulan yang sedang banyak dibicarakan. Kelapa yang berasal dari negara Thailand ini, memiliki aroma yang khas dan unik. Berbeda dengan jenis kelapa pada umumnya, kelapa pandan wangi memiliki aroma yang wanngi mirip aroma wangi pandan. Aromanya, bahkan bisa mulai kamu rasakan sejak kulit serabut kamu kupas sedikit.

Keunggulan lain dari tanaman kelapa pandan wangi, adalah postur tubuhnya yang cenderung pendek. Apabila umunya pohon kelapa memiliki postur tubuh yang tinggi hingga mencapai 15 meter, tinggi pohon kelapa pandan wangi rata-rata hanya kisaran sampai 3-6 meter saja. Tentu ini sangat menguntungkan bagi para petani, mapun pembudidaya pohon kelapa pandan wangi dalam pemanenan. Dalam sebuah keterangan, bahkan ada yang sampai pohon kelapa pandan wangi menyentuh tanah saat berbuah. Wah, pastinya kita tidak dibikin repot jika ingin menikmati air kelapa kapan pun yang kita mau, bukan?

Budidaya kelapa pandan wangi juga terbilah mudah dan tidak membutuhkan banyak hal khusus. Sama halnya dengan budidaya tanaman kelapa pada umumnya, kelapa pandan wangi juga membutuhkan paparan sinar matahari yang cukup. Untuk tanaman kelapa pandan wangi yang menyukai sinar matahari, ia membutuhkan paparan sinar matahari minum 120 jam per bulan, atau 2000 jam per tahun. Dengan penanaman yang baik serta perawatan yang optimal, kelapa pandan wangi efektif untuk dibudidaya, baik dalam tingkat skala rumahan yang kecil, maupun skala komersil yang lumayan menguntungkan.

Berikut ini, tahap-tahap menanam kelapa pandan wangi yang punya segudang manfaat itu. Seperti halnya dalam penanaman-penanaman tanaman buah yang lain, pemilihan bibit yang unggul serta berkualitas menjadi syarat utama yang meskinya kamu penuhi.

Tahap – Tahap Penanaman Kelapa Pandan Wangi

TAHAP PENANAMAN KELAPA PANDAN WANGI

TAHAP PENANAMAN KELAPA PANDAN WANGI

1. Tahap Pemilihan Bibit

Tahap Pertama dalam penanaman kelapa pandan wangi adalah memilih bibit. Seperti halnya dalam penanaman-penanaman tanaman buah yang lain, pemilihan bibit yang unggul serta berkualitas menjadi syarat utama yang meskinya kamu penuhi. Biasakan untuk memilih bibit yang unggul dengan memastikan bahwa bibit yang kamu pilih benar-benar sehat dan bugar, bebas dari hama serta penyakit tanaman . Pada umumnya dicirikan dengan, daun berwarna hijau segar, batang pohon yang kuat, tunas yang sehat, serta perakaranya yang basah.
Untuk hasil yang lebih optimal, diamkan dulu bibit dan taruh ditempat yang sejuk sebelum ditanam di lahan tanam. Biasanya, memakan waktu 5 – 7 hari untuk membantu bibit siap tanam dan bugar saat ditanam.

2. Menyiapkan Lahan Tanam

Tahap selanjutnya dalam penanaman kelapa pandan wangi adalah menyiapkan lahan tanam. Karena tanaman kelapa pandan wangi menyukai sinar matahari, maka pilih lahan tanam yang terbuka, denganpaparan sinar matahari minumum 120 jam per bulan atau 2000 jam per tahunnya.
Meski tanaman kelapa pandan wangi mudah adaptif dan dapat tumbuh dengan baik dengan berbagai jenis tanah, namun akan lebih baik jika kamu menggunakan lahan tanam yang memiliki jenis tanah endapan aluvial dengan pH tanam optimum pada pH 5,5 – 6,5 dengan suhu paling baik 20-270C.

3. Membuat Lubang Tanam Yang Ideal

Tahapan selanjutnya dalam penanaman kelapa pandan wangi adalah membuat lubang tanam. Galih tanah pada lahan tanam, lalu buat lubang dengan ukuran kira-kira 20cm x20 cm, atau sesuaikan dengan ukuran bibit tanaman.

Pisahkan dahulu tanah hasil galian tadi, lalu bila perlu campukan dengan pupuk organik yang ramah lingkungan yang sudah kering. Buat lubang tanam dengan jarak tanam 6 x 6 m. Diamkan dahulu lubang tanam selama beberapa hari. Tujuannya, untuk menghilangkan racun pada tanaman. Jika dirasa perlu, siram sedikit dengan air untuk meggemburkan tanah.

4. Menanam Bibit

Tahapan selanjutnya dalam penanaman kelapa pandan wangi adalah menanam bibit. Menanam bibit kelapa pandan wangi harus dilakukan dengan hati-hati. Tanam bibit pada lubang tanam, lalu timbun dengan tanah galian yang tadi sudah dicampur dengan pupuk.

Tekan sedikit demi sedikit hingga tanaman bisa tegak. Bila perlu, kamu bisa menggunakan ajir atau kayu penyangga untuk menjaga kesembingan tanaman agar tidak mudah miring atau bahkan roboh ketika tertip angin atau terkena deras hujan lebat. Jika kamu sudah yaki, tanamanmu tegak tanpa ajir penyangga, maka tidak usah.

Perlu kita ketahui bersama, waktu terbaik dalam menanam bibit kelapa pandan wangi adalah pada awal musim penghujan, pada waktu sore hari.

5. Menyirami Dan Memberi Pupuk Pada Tanaman

Tahapan selanjutnya dalam penanaman kelapa pandan wangi adalah rajin memberikan asupan nutrisi pada tanaman, yakni air juga nutrisi lain seperti pupuk. Jika curah hujan cukup tinggi, pastikan kamu mempunyai irigasi atau drainase tanam yang baik. Siram tanaman kelapa pandan wangi secukupnya lalu beri pupuk secara bertahap.

Pada tanaman kelapa pandan wangi, berikan pupuk urea atau pupuk kompos pada saat tanaman berumur satu bulan, idealnya 100 gram per pohon, menyebar 15 cm dari pangkal batang. Kemudian, beri pupuk tiap setengah tahun sekali. Biasanya pada bulan April, yakni pada akhir musim hujan serta pada bulan oktober atau november pada awal musim hujan.

6. Memelihara Tanaman Dengan Baik.

Tahap penanaman kelapa pandan wangi selanjutnya adalah memberikan perawatan serta pemeliharaan yang baik juga ideal. Pemeliharaan dan perawatan ini, pada umumnya melingkupi kombinasi antara penyiraman yang teratur, pemberian pupuk yang bertahap, pemangkasan bila perlu, penjarangan atau penyulaman, penyiangan, serta pembubunan pada tanaman.

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

6 TAHAP-TAHAP PENANAMAN KELAPA PANDAN WANGI

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Penanaman Kurma Usia 0 bulan – 6 bulan | Pupuk Tanaman Kurma dan Penyakit Pohon Kurma
11 Juli 2019

Patikan sebelum anda membaca cara penanaman baby kurma, silahkan baca terlebih dahulu cara menyemai biji kurma sampai 100% berkecambah dengan... selengkapnya

Cara Membuat Embung untuk Sumber Air Perkebunan
17 September 2017

Saat musim hujan tiba, air yang jatu sebenarnya dapat dimanfaatkan saat kemarau mulai dan telah datang. Air hujan sekadar air... selengkapnya

7 KUNCI BUDIDAYA TANAMAN BUAH KELENGKENG MATALADA
17 April 2020

Bersama kami di artikel Bibitbuahku, pada kesempatan ini kami akan mengajak anda untuk membahas tentang kunci budidaya tanaman buah Kelengkeng... selengkapnya

5 Langkah Bercocok Tanam Kelengkeng New Kristal Dalam Pot
4 Maret 2020

Berjumpa lagi bersama kami Bibitbuahku.com, kali ini kami akan membahas tentang Langkah Menanam Kelengkeng New Kristal Dalam Pot, berikut pembahasanya.... selengkapnya

5 Jenis Alpukat Mentega Yang Cocok Untuk Dibudidayakan
13 Januari 2022

Alpukat merupakan tanaman buah yang saat ini sedang ramai diburu oleh pekebun, pengkoleksi, maupun pencinta tanaman buah. banyak dari mereka... selengkapnya

8 LANGKAH PENANAMAN KELENGKENG MERAH
29 April 2020

Pada kesempata ini, artikel kami akan membahas tentang langkah penanaman kelengkeng merah. Kelengkeng merah, atau biasa juga disebut dengan sebutan... selengkapnya

Langsing Karena Delima
21 Maret 2017

Agatha Surakso mencapai bobot ideal setelah meminum rebusan kulit buah delima Agatha Surakso rutin mengonsumsi kulit delima 2—3 kali sepekan... selengkapnya

Cara Mengonsumsi Buah Bit
3 Desember 2017

Cara Mengonsumsi Buah Bit – Buah bit merupakan bagian dari keluarga umbi, meski di Indonesia tanaman ini sering disebut buah. Di... selengkapnya

5 Keunggulan Nangka Mini Yang Perlu Anda Tahu
15 Desember 2020

Ketika kita memakan es campur, tentu saja kita akan menghirup salah satu aroma wangi yang sangat khas yang bisa kita... selengkapnya

Avokad Aligator Istimewa Berukuran Jumbo Hingga 1 kg dan Berasa Manis.
11 Maret 2017

Avokad Aligator Istimewa Berukuran Jumbo Hingga 1 kg dan Berasa Manis.- Eko Tri Sulistyo takjub ketika memetik avokad dari pohon... selengkapnya

6 TAHAP-TAHAP PENANAMAN KELAPA PANDAN WANGI

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: