Beranda » Blog » 8 HAL PENANAMAN PADA TANAMAN BUAH DURIAN BAWOR

8 HAL PENANAMAN PADA TANAMAN BUAH DURIAN BAWOR

Diposting pada 5 Mei 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 639 kali

Varietas durian bawor merupakan salah satu jenis buah lokal unggulan yang memiliki banyak peminat akhir-akhir ini. Bukan hanya ukurannya yang terbilang jumbo, dan banyak disukai leh para kolektor tanaman buah unik, rasanya yang khas juga menjadi incaran bagi khlayak umum.

Sifat adaptif Durian bawor menjadikannya mudah dan dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Idealnya, durian bawor dapat dibudidayakan dan tumbuh dengan subur pada ketinggian elvensi 600 meter di atas permukaan laut. Selain bersifat adaptif, keunggulan lain dari durian jenis bawor ini juga cukup produktif. Jika kamu mempunyai lahan tanam seluas 1 Ha, kamu dapat menanamnya 150 – 160 tanaman buah durian bawor dengan jarak tanam 7 x 7 m, (atau sesuaikan dengan bentuk lahan dan area tanam anda) tanaman buah durian bawor juga dapat dipanen 3 kali sepanjang tahun, dan tidak mengenal musim, tentunya dengan penanaman dan perawatan yang intensif.

Dalam penanaman pada tanaman buah durian bawor, sangkin istimewanya, sebenarnya sebagian basar sama dengan cara penanaman pada tanaman buah durian jenis pada umumnya. Tidak ada perlakuan khusus apapun. Lalu, apa saja sih hal-hal yang perlu kamu persiapkan dan ketahui dalam penanaman tanaman buah duran bawor? Berikut ini ulasannya. ..

Hal Penanaman Pada Tanaman Buah Durian Bawor

PENANAMAN PADA TANAMAN BUAH DURIAN BAWOR

PENANAMAN PADA TANAMAN BUAH DURIAN BAWOR

1. Memilih Bibit Dan Area Tanam

Hal Penanaman Pada Tanaman Buah Durian Bawor yang pertama adalah memlih bibit yang unggul dan mempersiapkan area atau lahan tanam. Pastikan benih yang dipilih merupakan benih atau bibit yang unggul, yakni dengan memiliki sedikitnya ciri-ciri-ceri seperti; tumbuh lurus dan perakarannya banyak. Ini merupakan poin dasar dan modal awal untuk mendapatkan hasil penanaman yang maksimal.

Kemudian pilih area tanam dengan elevensi ketinggian optimum, yakni 600 meter di atas permukaan laut, dengan pH tanah antara 6,0 sampai 7,0. Jika pH tanah yang kamu gunakan sekiranya lebih kecil atau lebih besar, kamu bisa menggunkan campuran sedikit kapur dolomit untuk menentralkannya.

2. Membuat Lubang Tanam

Hal Penanaman Pada Tanaman Buah Durian Bawor yang selanjutnya adalah membuat lubang tanam. Buat lubang tanam dengan optimumnya 50 cm – 100 cm atau dsesuaikan dengan ukuran bibit. Buat lubang tana, dengan jarak antar tanaman kira-kira sekitar 8×8 meter sampai 10×10 meter supaya jaraknya tidak terlalu berhimpitan dan agar tanaman tidak mudah berebut nutrisi. Selain itu juga agar tanaman tidak saling menghalangi datangnya sinar matahari.

Diamkan lubang selama 1 – 2 minggu agar lubang tanam dapat terkena sinar matahari untuk menetralisir racun. Pisahkan tanah galian bagian atas, lalu campur dengan pupuk kandang yang sudah difermentaskan atau sudah dikeringkan untuk menambah nutris tambahan.

3. Menanam Bibit

Hal Penanaman Pada Tanaman Buah Durian Bawor yang selanjutnya adalah menanam bibit. Bibit yang sudah dipisahkan dari plastik polibag, kemudian diletakan dengan tegak dan lurus ke arah datangnya angin. Tujuannnya, agar tanamannya tahan lama dan tidak mudah patah.

Bila bibitnya berupa sambung pucuk atau sering disebut okulasi, arahkan pula sambungan tersebut dengan lurus dan tegak pada arah mata angin .Jangan lupa, tanam bibit dengan ukuran kurang lebih 5-10 cm di atas pangkal batang.
Setelah tanaman sudah diletakan dengan baik, tutup bibit dengan tanah galian yang tadi sudah dicampur dengan pupuk kandang. Gunakan skala campuran tersebut 1:1. Kamu juga bisa menambahkan sedikit saja sekam dan sedikt kapur dlmit untuk membantu prsoses penyerapan air dan menetralisir pH tanah.

Urutkan mulai dari bagian bawah dulu, ya. Setelah itu, siram sedikit dengan air untuk memenuhi kebutuhan air pada tanaman, kemudian tekan sedikit pada bagian atas, di samping tanah bekas polybag, supaya bisa menyatu utuh dengan tanah.

4. Membuat Ajir

Hal Penanaman Pada Tanaman Buah Durian Bawor yang selanjutnya adalah membuat ajir atau kayu penyangga. Gunanya, selain supaya tidak mudah tumbang ketika terkena angin, juga agar tanaman dapat tumbuh dengan tegak dan lurus ke atas. Setelah menancapkan batang kayu, ikat batang tanaman dengan tiang penyangga berupa batang kayu atau bambu dengan tali. Tapi, jangan terlalu kencang apalagi terlalu kendor. Sedang-sedang saja.

5. Melakukan Penyiraman

Hal Penanaman Pada Tanaman Buah Durian Bawor yang selanjutnya adalah melakukan penyiraman. Lakukan penyiraman dua sampai tiga kali sehari dengan kadar air yang cukup. Untuk hasil yang optimal, perhatikan pula drainase dengan kultur penanaman yang baik. Usahakan, jaga tanah agar tidak terlalu basah, tapi tidak terlalu kering juga. Ini dapat mempengaruhi hasil tanaman, karena tanah yang terlalu basah dan kultur penanaman yang tidak sehat juga akan mengundang Penyakit pada tanamanbuah durian bawor.

Pada saat musim penghujan, dan curah hujan yang lumayan tinggi, hindari terlalu sering melakukan penyiraman agar tanah tidak terlalu basah. Tujuannya, supaya tidak menyebabkan jamur yang dapat merusak batang dan akar tanaman.

6. Pemupukan Yang Rutin

Hal Penanaman Pada Tanaman Buah Durian Bawor yang selanjutnya adalah memberikan pupuk secara rutin. Lakukan pemupukan sebelum berbuah dua kali dalam setahun. Untuk hasil yang lebih optimal, pupuk diberikan pertama kali pada saat tanaman masih berumur tiga bulan. Selanjutnya, pemupukan dilakukan secara rutin tiap empat bulan sekali.

7. Pemangkasan Pada Tanaman

Hal Penanaman Pada Tanaman Buah Durian Bawor yang selanjutnya adalah melakukan pemangkasan pada tanaman. Pada dasarnya, pemangkasan memang dilakukan hanya untuk membuang ranting atau cabang pohon yang tidak berguna, sekaligus mengendalikan pertumbuhan tanaman yang berlebihan sehingga menunjang kontiunitas produksi. Namun, pemangkasan juga dapat dilakukan untuk mencegah dan membunuh hama dan penyakit dalam tanaman.

Selain itu, pemangkasan juga dapat membantu mempermudah pemeliharaan, penyerapan tanaman, dan mempercepat pertumbuhan tanaman buah durian bawor.

Pemangkasan pada pemeliharaan bisa dilakukan kapan saja, namun jangan terlalu sering. Idealnya tiga sampai empat bulan sekali. Pemangkasan ini ditujukan agar pohon tidak terlalu rindang, sehingga menyebabkan batang dan tunas kurus dan kurang sehat karena terhalang paparan sinar matahari.

8. Tahap Panen

Hal Penanaman Pada Tanaman Buah Durian Bawor yang selanjutnya adalah memperhatikan pada masa panen. Kamu bisa memasang jaring pada buah-buah atau calon bakal buah. Hal ini dilakukan guna mengatur kematangan buah durian bawor. Apabila durian sudah matang, buah tidak akan jatuh langsung ke tanah. Sehingga buah tidak akan mudah busuk, dan kematangannya juga optimal. Gunakan jaring dengan mata jaring yang lebar agar tidak menghalangi paparan sinar matahari.

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

8 HAL PENANAMAN PADA TANAMAN BUAH DURIAN BAWOR

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Demi Nangkadak Sempurna
21 Maret 2017

Hasil silangan antara nangka dan cempedak ini perlu bantuan ketika melakukan perkawinan lagi agar buahnya banyak. Telepon genggam itu berbunyi.... selengkapnya

6 TAHAP-TAHAP PENANAMAN KELAPA PANDAN WANGI
6 April 2020

Kembali lagi bersama kami, kali ini kita akan membahas tentang tahap penanaman Kelapa Pandan Wangi. Sudah menjadi rahasia umum, jika... selengkapnya

Cara Booster Kelengkeng Lengkap Dari A Sampai Z Sesuai Pekebun Kelengkeng Thailand
3 Desember 2017

Cara Booster Kelengkeng – Wah, pertemuan seolah tak ingin meninggalkan Anda dan Bibitbuahku.com. Di setiap pertemuan kami berkeinginan untuk membagi segala... selengkapnya

Panduan Budidaya Anggur Cepat Berbuah Meski di Dalam Pot
20 Mei 2021

Anggur merupakan tanaman buah perdu yang sangat disukai oleh banyak orang. Budidaya anggur sudah dilakukan sejak 4000 tahun sebelum masehi... selengkapnya

7 KEUNGGULAN MANGGA HARUM MANIS
29 April 2020

Lagi-lagi bersama kami Bibitbuahku, kali ini kita akan mengulas tentang keunggulan mangga harum manis. Siapa yang tidak mengenal buah mangga?... selengkapnya

6 Langkah Sederhana Menanam Pohon Buah Kelengkeng New Kristal
4 Maret 2020

Dalam kesempatan ini, kami akan membahas tentang langkah menanam Kelengkeng New Kristal.  Bagaimana caranya? mari simak artikel dibawah ini. Buah... selengkapnya

6 TIPS BUDIDAYA KELAPA PANDAN WANGI 
7 April 2020

Kesempatan kali ini kita akan mengulas perihal tips budidaya Kelapa Pandan Wangi. Seperti yang kita tahu, pohon kelapa sering disebut-sebut... selengkapnya

6 KEUNGGULAN TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI, TANAMAN BUAH LOKAL YANG BISA BIKIN NAGIH
5 Mei 2020

Dalam kitab weda, kitab suci umat hindu, mangga dijelaskan sebagai “hidangan para dewa” yang memiliki rasa yang manis, banyak manfaat,... selengkapnya

7 LANGKAH MENANAM DURIAN DURI HITAM
7 April 2020

Masih bersama kami, di artikel terbaik tentang buah di Bibit Buahku. Yak… kali ini kita akan membahas tentang langkah menanam... selengkapnya

5 TIPS BUDIDAYA TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI
5 Mei 2020

Buah mangga manalag merupakan salah satu varetas buah lokal unggulan dengan rasa manis sempurna, perpaduan antara rasa manis jenis mangga... selengkapnya

8 HAL PENANAMAN PADA TANAMAN BUAH DURIAN BAWOR

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: