Beranda » Blog » Cara Budidaya Tanaman Black Sapote Agar Cepat Berbuah

Cara Budidaya Tanaman Black Sapote Agar Cepat Berbuah

Diposting pada 1 Desember 2021 oleh bibit buah / Dilihat: 4.955 kali

Cara Membudidayakan Tanaman Black Sapote Agar Cepat Berbuah & Menghasilkan Buah Yang Berkualitas

budidaya tanaman black Sapote

Budidaya Tanaman Black Sapote

Budidaya Tanaman Black Sapote – Kira-kira apa yang anda bayangkan jika mendengar nama sawo? Pasti yang ada dipikiran anda adalah buah dengan daging berwarna cokelat dengan citarasa buah yang sangat manis. Ya pada umumnya buah sawo memang seperti itu, namun berbeda dengan sawo yang satu ini. Memiliki kulit buah berwarna hijau dan daging buah berwarna cokelat pekat mendekati hitam, dia adalah black sapote alias si sawo hitam.

Tanaman black sapote sebenarnya lebih cocok masuk ke dalam keluarga kesemek, dan tidak ada hubungannya dengan white sapote ataupun mamey sapote. Tanaman yang satu ini berasal dari Amerika Latin dan saat ini sudah menyebar ke seluruh dunia. Banyak yang menyukai rasa buah sapote yang manis dengan tekstur buah yang lembut dan sedikit lengket. Bahkan banyak yang bilang jika rasa buah black sapote mirip dengan puding cokelat.

Memang banyak orang yang jatuh hati pada buah black sapote karena rasa buahnya yang lezat. Tapi dibandingkan orang yang tahu, masih banyak orang yang tidak mengetahui buah yang satu ini. Padahal jika anda mau mengebunkan tanaman black sapote, peluang usaha terhadap buah yang satu ini masih terbuka sangat lebar.

[lwptoc toggle=”1″ float=”left”]

Syarat Tumbuh Tanaman Black Sapote

Tanaman black sapote dapat tumbuh dan berbuah pada iklim tropis maupun sub tropis. Oleh karena itu tanaman buah yang satu ini dapat beradaptasi dengan baik saat ditanam di wilayah Indonesia. Bahkan bibit black sapote dapat ditanam pada wilayah dataran rendah hingga dataran tinggi. Anda bisa menanam pohon black sapote pada wilayah dengan ketinggian antara 200 – 1800 mdpl.

Selain itu tanaman black sapote juga diketahui dapat beradaptasi dengan segala jenis tanah. Dengan syarat tanah yang digunakan tersebut cukup lembap, memiliki kandungan air yang banyak, namun berdrainase baik sehingga tidak akan menggenang. Tanah yang digunakan juga harus memiliki kandungan mineral yang banyak dan kaya akan unsur hara.

Selanjutnya tanaman black sapote juga membutuhkan penyinaran dari matahari sepanjang waktu. Namun tanaman yang satu ini juga harus dilindungi dari cuaca berangin dan udara dingin. Tingkat keasaman tanah untuk menanam tanaman black sapote berkisar antara 5,6 – 6,5. Jika tanah terlalu asam anda bisa memberikan pupuk dolomit untuk menormalkan pH tanah.

Jika anda tertarik untuk membudidayakan tanaman black sapote ini anda harus memahami terlebih dahulu syarat tumbuhnya. Agar kegiatan budidaya anda bisa berlangsung baik dan mendpaatkan hasil yang optimal.

Budidaya Tanaman Black Sapote

Dalam membudidayakan black sapote, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Setelah mengetahui syarat tumbuhnya, langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah memilih bibit unggul, melakukan penanaman, serta melakukan perawatan hingga pohonnya menghasilkan buah.

Pemilihan Bibit Tanaman Black Sapote Unggul

harga bibit black sapote

Bibit Black Sapote

Memilih bibit unggul adalah langkah awal untuk menentukan keberhasilan budidaya anda. kenapa demikian? Karena jika anda salah memilih bibit maka akan membuat pohon yang anda tanam mengalami permasalahan dalam pertumbuhan atau sulit untuk berbuah.

Pilihlah bibit black sapote yang berasal dari perbanyakan vegetatif menggunakan teknik okulasi, cangkok, maupun sambung pucuk. Kelebihan dari pohon black sapote yang ditanam menggunakan perbanyakan vegetatif adalah dapat tumbuh dan berbuah lebih cepat. Dari pada bibit yang diperbanyak menggunakan biji. Selain itu bibit black sapote yang dihasilkan dari perbanyakan vegetatif akan memiliki sifat-sifat baik dari pohon induk.

Jadi kami menyarankan anda memilih bibit black sapote yang diperbanyak secara vegetatif. Kalau sulit untuk menemukan bibit black sapote di dekat tempat tinggal anda. Anda bisa memesannya di bibitbuahku.com, kami jual bibit black sapote secara online dan dapat mengirimkannya ke seluruh wilayah Indonesia. Jangan khawatir harga bibit black sapote yang kami tawarkan sangat bersahabat, anda juga bisa menghubungi cs kami untuk mendapatkan harga dan penawaran spesial.

Persiapan Lahan Tanam

Setelah anda mendapatkan bibit black sapote dari bibitbuahku tahap selanjutnya adalah melakukan persiapan lahan. Ada baiknya tanaman black sapote yang baru datang tersebut tidak langsung ditanam. Taruh ditempat teduh dan diamkan selama kurang lebih satu minggu dengan diberikan penyiraman secukupnya. Tujuannya adalah agar pohon beradaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan yang baru.

Bersihkan lahan yang akan anda gunakan, cabuti rumput dan buang sampah-sampah yang ada di sekitar area penanaman. Jika sudah bersih anda bisa membuat lubang tanam dengan ukuran yang menyesuaikan tanaman black sapote yang anda miliki. Berikan pupuk dolomit untuk menetralkan keasaman tanah dan biarkan tanah terkena sinar matahari secara penuh agar bibit penyakit di dalamya mati. Setelah satu minggu berikan pupuk kandang ke dalam lubang tanam, tutupi dengan tanah galian dan biarkan selama satu minggu. Baru setelah itu proses penanaman bisa dilakukan.

Penanaman Bibit Black Sapote Unggul

Setelah satu minggu lubang tanam diberikan pupuk kandang anda bisa melakukan penanaman. Gali lagi tanah yang kemarin digunakan untuk menutupi lubang, setelah itu masukkan bibit ke dalam lubang tanam. Jangan lupa untuk melepaskan polybag dan usahakan agar media tanam tidak hancur saat polybag dilepas.

Posisikan agar bibit black sapote berada di tengah dan timbun dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang yang terfermentasi. Padatkan tanah menggunakan tangan agar saat terjadi hujan deras dan angin kencang pohon black sapote anda tetap kuat dan tidak roboh.

Jika anda menanam lebih dari satu pohon anda juga harus memberikan jarak tanam antar pohon black sapote agar tidak saling berebut nutrisi. Jarak tanam black sapote yang ideal adalah sekitar 2-4 meter. Dengan jarak tersebut saat pohon black sapote tumbuh juga tidak akan menghalangi sinar matahari yang masuk.

Perawatan Bibit Black Sapote

Selanjutnya yang harus anda lakukan setelah selesai menanam bibit black sapote adalah melakukan perawatan rutin. Sirami bibit black spaote secara konsisten setidaknya satu hari sekali hingga tanah atau media tanam menjadi lembab. Jangan memberikan penyiraman terlalu berlebihan apalagi sampai menggenangi perakaran bibit karena dapat mengundnag penyakit.

Kemudian lakukan pemupukan secara rutin, pupuk untuk black sapote bisa diberikan setiap satu bulan sekali jika menggunakan pupuk kimia atau NPK. Berikan dengan dosis kira-kira 1 sendok teh atau satu sendok makan setiap bulan. Jika menggunakan pupuk kandang gunakan yang sudah terfermentasi. Pupuk kandang bisa diaplikasikan setiap 6 bulan sekali dengan takaran satu karung atau sekitar 10 kg untuk satu pohon.

Lakukan juga penyiangan dengan mencabuti rumput-rumput liar dan gulma. Serta gemburkan tanah agar pupuk cepat meresap dan bisa diserap oleh akar. Penggemburan tanah juga berfungsi sebagai drainase agar air tidak menggenang di perakaran.

Peluang Usaha Black Sapote

manfaat buah black sapote

Buah Black Sapote

Seperti yang sudah dikatakan di atas sebenarnya peluang usaha dalam membudidayakan black sapote masih sangat terbuka lebar dan cukup menjanjikan. Buah yang satu ini masih jarang di dalam neegri, tapi peminatnya sudah sangat banyak. Bahkan permintaan black sapote di luar negeri juga sangat besar karena sudah banyak orang yang menyukai buah unik satu ini.

Di Indonesia harga black sapote per kilo masih tergolong mahal dengan kisaran Rp. 100.000- Rp. 150.000. Buah black sapote biasanya dipetik dalam keadaan masih sedikit mentah sehingga dapat dikirim dalam waktu yang lama. Maka dari itu buah yang satu ini merupakan buah yang cocok untuk diekspor ke luar negeri. Setelah sampai ditangan anda buah black sapote masih harus diperam sekitar 1-2 minggu. Itulah mengapa buah black sapote memiliki daya tahan yang cukup kuat dan lama.

Demikian ulasan kami mengenai cara budidaya tanaman black sapote yang dapat anda terapkan sendiri. Jika anda tertarik untuk menanam buah dengan kulitas ekspor ini anda bisa mendpaatkannya di website bibitbuahku.com atau hubungi cs kami untuk mendapatkan penawaran menarik, sampai jumpa di artikel-artikel lainnya.

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

Cara Budidaya Tanaman Black Sapote Agar Cepat Berbuah

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

9 HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN BUAH KELENGKENG MATALADA
29 April 2020

Hello, berjumpa dengan kita di artikel Bibitbuahku, langsung saja kita bahas apa saja hama dan penyakit pada tanaman buah kelengkeng... selengkapnya

5 Keunggulan Rambutan Binjai Dibanding Rambutan Rapiah
29 Desember 2020

Siapa sih yang tidak tahu dengan buah berwarna merah dengan bulu yang lebat ini? Memang sudah bukan menjadi buah yang... selengkapnya

Duo Jumbo: Tebal, Lebat
23 Maret 2017

Pohon mangga gajah umur tiga tahun sarat buah Mangga jumbo baru dan berbuah lebat: gajah dan watubuncul. Penampilan pohon setinggi... selengkapnya

Cara Agar Rasa Durian Manis Legit dengan Pupuk Organik Durian Buatan Sendiri
19 September 2017

Buah durain terkenal akan rasa manis dan legit. Namun, ketika lidah Anda menempel dan mulai menikmati buah durian yang tak... selengkapnya

6 KEUNGGULAN DURIAN BAWOR, DURIAN LOKAL YANG BERUKURAN JUMBO
5 Mei 2020

Buah Durian merupakan buah yang paling populer di Indonesia setelah buah mangga. Jenis buah yang tumbuh di daerah tropis dalam... selengkapnya

4 Kebun Anggur Terbesar di Indonesia
31 Mei 2021

Anggur merupakan tanaman buah perdu dari keluarga vitaceae yang saat ini disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Buah yang... selengkapnya

Cara Tepat dan Mudah Memanen Kurma Tropis
20 Maret 2017

Cara Tepat dan Mudah Memanen Kurma Tropis – Dalam membudiayakan kurma tropis, hal yang perlu diperhatikan adalah kapan baiknya buah... selengkapnya

Jarak Tanam Alpukat Yang Ideal Pohon Cepat Berbuah
7 Januari 2019

Apakah anda sedang berencana mengebunkan tanaman Alpukat? Salah satu hal yang harus diperhatikan saat berencana menanam atau mengebunkan Alpukat adalah... selengkapnya

10 HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS
29 April 2020

Kali ini artikel kami akan membahas tentang hama dan penyakit pada tanaman buah mangga harum manis Mangga harum manis merupakan... selengkapnya

7 KEUNGGULAN TANAMAN KELAPA PANDAN WANGI
6 April 2020

Masih bersama kami, Bibit buahku. Pada kesempatan ini kita akan mengulik tentang keunggulan tanaman Kelapa Pandan Wangi.  Kelapa pandan wangi... selengkapnya

Cara Budidaya Tanaman Black Sapote Agar Cepat Berbuah

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: