Beranda » Blog » 4 Langkah Jitu Agar Pohon Jambu Air Berbuah Lebat

4 Langkah Jitu Agar Pohon Jambu Air Berbuah Lebat

Diposting pada 14 Juli 2021 oleh bibit buah / Dilihat: 21.894 kali

Cara Agar Pohon Jambu Air Berbuah Lebat Menikmati buah jambu air saat cuaca sedang panas-panasnya merupakan pilihan paling tepat. Seperti yang kita ketahui, jambu air merupakan tanaman buah yang memiliki kandungan air sangat banyak sesuai dengan namanya. Banyak orang yang membudidayakan tanaman buah jambu air karena perawatannya sangat mudah. Selain itu pohon jambu air juga dikenal genjah alias cepat berbuah sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk dapat menikmati buahnya.

cara agar pohon jambu air berbuah lebat

Indonesia dengan iklim tropisnya telah terbukti mampu menjadi tempat tumbuh berbagai jenis jambu air. Banyak jenis jambu air baik lokal maupun import yang telah tumbuh dan berbuah dengan baik saat ditanam di sini, seperti jambu air madu deli hijau, jambu air cincalo, jambu air thongsamsie, dan masih banyak lagi.

Jika anda tertarik untuk menanam pohon jambu air anda bisa mendapatkan bibitnya dengan menghubungi website bibitbuahku. Harga bibit jambu air yang ditawarkan beragam dan tentu saja sesuai dengan kantong. Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum anda memulai untuk membudidayakan buah yang satu ini. Seperti bagaimana cara agar pohon jambu air berbuah lebat dan juga berbuah cepat.

Untuk mendapatkan informasi mengenai cara merawat pohon jambu air, pada artikel kali ini akan kami ulas untuk membantu anda dalam budidaya jambu air dan menghasilkan buah yang maksimal seperti yang anda inginkan.

Cara Agar Jambu Air Cepat Berbuah Lebat

Walaupun tergolong mudah namun merawat pohon jambu air tetap membutuhkan ketelitian serta ketelatenan, karena itu merupakan kunci agar budidaya berhasil. Ada dua faktor yang mempengaruhi pohon jambu air untuk menghasilkan buah yang manis, segar, lebat, dan berwarna bagus.

cara agar jambu air cepat berbuah

Dua faktor tersebut merupakan faktor internal dan eksternal, faktor eksternal biasanya berasal dari iklim, kondisi geografis, curah hujan, angin, dan sebagainya yang mungkin sulit untuk kita hindari. Sedangkan faktor internal yang mempengaruhi pohon jambu air berbuah cepat dan lebat berkaitan dengan penanganan kita pada pohon jambu air tersebut. Termasuk di dalamnya penyiraman, pemberian pupuk, perontokkan, pengendalian hama, dan lain sebagainya.

Sebelum jauh melangkah ke cara merawat pohon jambu air. Seharusnya sebelum memulai budidaya anda sudah mempelajari terlebih dahulu karakteristik pohon jambu air yang akan anda tanam. Karena walaupun dari keluarga yang sama, entah itu jambu air MDH, jambu air cincalo, jambu air citra memiliki karakteristik yang berbeda sehingga membuat penanganannya pun sedikit tidak sama. Baiklah mari langsung saja kita ulas cara agar pohon jambu air cepat berbuah serta berbuah lebat.

1. Pemberian Pupuk

Untuk membuat pohon jambu air berbuah lebat, setelah ditanam anda harus memberikan pupuk setelah usia penanaman kurang lebih 3 bulan. Kemudian berikan pupuk lagi setelah 3 bulan selanjutnya. Untuk pemupukan kedua anda bisa menggunakan pupuk kandang yang terbuat dari kotoran kambing sebanyak 15 kg, ditambah dengan TS sekitar 100-150 gram. Setelah 3-4 bulan kemudian anda bisa memberikan pupuk dengan dosis yang sama agar pohon jambu air cepat berbuah lebat. Pemberian pupuk dengan dosis tersebut hanya untuk satu pohon saja.

Cara Pemberian Pupuk Pada Pohon Jambu Air

  • Siapkan pupuk kandang yang akan digunakan, kemudian benamkan ke dalam tanah secara merata.
  • Pastikan agar pupuk kandang yang digunakan merupakan pupuk yang sudah terfermentasi dan kering.
  • Kemudian benamkan juga pupuk TS di sekitaran pohon jambu air.
  • Setelah itu sirami pohon jambu air hingga basah, dan berikan penyiraman secara rutin setelahnya.

Walaupun anda menggunakan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang saat penanaman, pupuk organik masih diperlukan dalam merawat jambu air. Berikan juga pupuk NPK (15:15:15) sebanyak 25 gram setiap 4 bulan sekali hingga pohon jambu air berusia 2 tahun. Setelah berusia 3 tahun ke atas anda bisa memberikan pupuk NPK(15:15:15) dengan dosis sebanyak 100 gram. Cara pemberian pupuknya pun sama cukup dibenamkan di tanah dan sirami hingga basah.

2. Penyiraman dan Penggemburan Media Tanam

Saat merawat tanaman jambu air apalagi yang menanamya menggunakan media pot ada beberapa hal perlu diperhatikan. Pertama penyiraman saat musim kemarau harus rutin dilakukan setidaknya setiap satu kali sehari agar pohon jambu air tidak dehidrasi. Jika menggunakan air yang mengandung kaporit ada baiknya di diamkan selama semalam agar kaporitnya mengendap kemudian baru disiram.

Pastikan juga agar pohon jambu air tidak tergenang selama lebih dari 12 jam. Karena air yang menggenang dapat membuat perakaran menjadi busuk dan membuat perakaran mudah terkena penyakit. Lakukan penyiraman setiap dua kali sehari atau setidaknya sekali sehari pada pagi dan sore hari.

Kedua usahakan agar media tanam tidak memadat, jika media tanam memadat akan membuat air sulit diserap dan akhirnya menggenangi pohon. Gemburkan tanah menggunakan sekop kecil dan pastika agar tidak melukai perakaran pohon jambu air. Anda juga harus rutin mengganti media tanam agar pohon jambu air berbuah lebat, lakukan setiap dua kali dlaam setahun. Terutama saat perakaran jambu sudah menjulur keluar dan harus segera mengganti pot.

3. Penyemprotan ZPT

merawat pohon jambu air

Penyemprotan ZPT

Penyemprotan ZPT bisa dilakukan saat pohon jambu air sudah kuat dan sehat, penyemprotan perdana bisa dilakukan setelah pohon jambu air sudah diberikan pupuk lanjutan pertama. Kemudian lakukan saat cuaca sedang tidak panas misalnya sore hari, karena cuaca panas dapat mempecepat penguapan.

ZPT adalah zat pengatur tumbuh yang diberikan agar pohon jambu air berbuah cepat dan lebat. Berikan ZPT setiap 2 minggu sekali jika udara dan kesehatan pohon memungkinkan. Takaran pemberian ZPT ini yaitu 1 cc atonik dicampur dengan air sebanyak 1 – 2 liter. Setelah itu anda bisa menyirami pohon jambu air.

Selain atonik pohon jambu air juga bisa disemprot dengan insektisida pembasmi serangga, dengan takaran untuk 2 cc insektisida dicampur dengan satu liter air. Saat berusia satu tahun setelah masa penanaman biasanya pohon jambu air sudah mulai belajar berbuah.

4. Mengurangi Daun jambu Air

Perontokan daun atau prunning dilakukan agar pohon jambu air cepat berbuah. Perontokan dilakukan saat usia pohon sekitar 6 – 8 bulan, atau berusia 3 – 4 bulan setelah awal pemupukan awal. Cara perontokan daun jambu air ini dilakukan dengan membuang daun pada setiap ranting pohon. Sisakan hanya sekitar 4 lembar daun saja yang berada di ujung ranting.

Perontokan daun harus dilakukan saat pohon sedang dalam kondisi yang sehat dan juga subur. Maka dari itu anda perlu memperhatikan bahwa perontokan daun dilakukan setelah selesai melakukan pemupukan. Kondisi cuaca dan lingkungan juga harus dijadikan pertimbangan untuk melakukan prunning. Perontokan ini memiliki fungsi untuk merangsang pohon jambu agar cepat berbuah.

Selain merontokkan daun, pohon jambu air juga harus dipangkas untuk membentuk kanopi dan membuat pohon tetap pendek, serta menyeimbangkan percabangan pohon. Pemangkasan pertama dilakukan ketika pohon jambu air berusia kurang dari satu tahun saat tinggi batang sudah mencapai 75 – 100 cm dari permukaan drum.

Pemangkasan pertama bisa dilakukan dengan memilih 3 cabang primer, saat cabang primer sudah memiliki panjang sekitar 50 cm. pangkas ujungnya hingga cabang primer menghasilkan cabang sekunder. Kemudian pilih 3 cabang sekunder dari tiap cabang primer. Kemudian pangkas ujung cabang sekunder hingga menumbuhkan cabang-cabang tersier. Kemudian pilih hanya 3 cabang tersier. Biasanya dari cabang tersier inilah buah jambu air akan tumbuh.

Itulah ulasan mengenai cara agar pohon jambu air berbuah lebat dan cepat, serta mampu menghasilkan buah jambu air yang bagus. Demikian apa yang bisa kami sampaikan jika anda penasaran untuk membudidayakan pohon jambu air ini anda bisa menghubungi kami di bibitbuahku. Kami menyediakan bibit buah unggul dan juga berkualitas untuk kegiatan berkebun anda.

Tags: , , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

4 Langkah Jitu Agar Pohon Jambu Air Berbuah Lebat

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Menanam Di Halaman Rumah – Sayuran, Buah-Buahan, Toga Sangat Menguntungkan
15 Desember 2017

Menanam Di Halaman Rumah – Bila Anda rutin mengamati perkembangan budidaya tanaman Di Indonesia, tentu tak meninggalkan ingatan pada tahun 1998... selengkapnya

Manfaat Buah, Biji dan Daun Buah Avokad (Persea)
16 Maret 2017

Manfaat Buah, Biji dan Daun Buah Avokad (Persea) – Daging buah avokad yang lembut itu berpadu dengan daging kelapa muda,... selengkapnya

Beberapa Jenis Mangga Raksasa
22 Maret 2017

Beberapa Jenis Mangga Raksasa – Sebelumnya sempat menjadi primadona mangga yang memiliki ukuran sangat besar yang berasal dari Malaysia, siapa lagi... selengkapnya

8 HAL PENANAMAN PADA TANAMAN BUAH DURIAN BAWOR
5 Mei 2020

Varietas durian bawor merupakan salah satu jenis buah lokal unggulan yang memiliki banyak peminat akhir-akhir ini. Bukan hanya ukurannya yang... selengkapnya

Cara Merawat Jambu Madu Deli Hijau Agar Berkualitas Super : Manis, Renyah, Tanpa Hama dan Penyakit.
6 Maret 2017

Cara Merawat Jambu Madu Deli Hijau Agar Berkualitas Super – Tentu saja dengan perawatan yang baik dan maksimal akan menghasilkan jambu... selengkapnya

4 Cara Budidaya Anggur Ninel Anggur Import dari Ukraina
30 Agustus 2020

Anggur ninel adalah anggur import yang berasal dari Ukraina. Saat ini keberadaan anggur ninel sudah mudah ditemukan di pasar-pasar dan... selengkapnya

Data Pohon Kurma Yang Sudah Berbuah di Indonesia
9 Agustus 2017

Indonesian Date Palm Association merupakan perkumpulan masyarakat Indonesia yang mempunyai visi memajukan perkurmaan di Indonesia. Sampai saat ini sudah banyak... selengkapnya

Manfaat Kulit Jeruk Bali Untuk Tulang
21 Maret 2017

Manfaat Kulit Jeruk Bali Untuk Tulang – Kulit jeruk bali dapat tingkatkan kepadatan tulang, Lawan Sepadan Tulang Rapuh. Berjongkok aktivitas yang... selengkapnya

11 HAMA DAN PENYAKIT PADA POHON KELAPA PANDAN WANGI
21 April 2020

Masih di artikel tentang bibit buah terbaik, Bibitbuahku. Kali kita akan membahas tentang hama dan penyakit pada pohon kelapa pandan... selengkapnya

6 KEUNGGULAN TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI, TANAMAN BUAH LOKAL YANG BISA BIKIN NAGIH
5 Mei 2020

Dalam kitab weda, kitab suci umat hindu, mangga dijelaskan sebagai “hidangan para dewa” yang memiliki rasa yang manis, banyak manfaat,... selengkapnya

4 Langkah Jitu Agar Pohon Jambu Air Berbuah Lebat

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: