Beranda » Artikel Blog » Cara Menanam Mangga Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Mangga Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Diposting pada 6 Oktober 2017 oleh bibit buah | Dilihat: 3.993 kali | Kategori:

Cara menanam mangga dalam pot harus anda ketahui agar tidak salah dalam membudidayakan tanaman yang satu ini. Budidaya buah mangga di halaman rumah telah menjadi alternatif tepat bagi Anda yang tak memiliki lahan yang luas. Namun, berkat budidaya di dalam pot, Anda pun perlu memiliki kemampuan untuk memanfaatkan lahan perkarangan yang amat terbatas. Budidaya di dala pot bisa jadi pilihan tepat karena hasil budidaya akan mendapatkan kualitas buah yang bagus asal perawatan yang dilakukan secara intensif.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi terkait cara menanam mangga dalam pot. Perkembangan zaman telah menyediakan berbagai alternatif budidaya tanaman, salah satunya budidaya tanaman menggunakan media pot sebagai pilihan bila lahan tanaman sangat terbatas

cara menanam mangga dalam pot

Tabulamot Mangga

Media Tanam & Penanaman

Langkah-langkah budidaya tabulampot buah mangga perlu memperhatikan media tanam, berupa tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang. Selanjutnya meletakkan serutan katy atau pecahan batu bata di bagian bawah pot sebelum media tanah campuran pupuk kandang diletakkan di dalam pot. Bila tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang, Anda perlu mengambil bibit yang telah disediakan sejak awal. Masukkan bibit ke dalam pot dan timbun bibit sampai akarnya tertutup keseluruhan. Bagian terakhir ialah menyiram tanaman menggunakan air dan Anda jangan sampai lupa bahwa pupuk NPK perlu diberikan kepada tanaman.

Perawatan

Tak hanya cara menanam mangga dalam pot yang akan kami jelaskan karena budidaya tanaman tak berhenti pada penanaman saja. Proses yang tak kalah penting setelah memperhatikan cara menanam adalah proses merawat tanaman. Perawatan tanaman di dalam pot terbilang mudah; hanya membutuhkan pemupukan dan pemangkasan saja. Pemberian upuk bertujuan untuk meningkatkan unsur hara, sedangkan pemangkasan bertujuan untuk merangsang bunga tumbuh dan membuang ranting yang tak lagi produktif. Selain pemupukan dan pemangkasan, pengendalian hama dan penyakit, penyiraman tanah, pembungkusan, dan penjarangan buah merupakan hal penting yang patut Anda lakukan dalam budidaya buah mangga di dalam pot.

Dalam pemangkasan yang perlu diperhatikan antara lain; pemangkasan yang dilakukan pada awal musim hujan, tepatnya pada satu bulan setelah pemupukan. Pemangkasan Anda lakukan di bagian ruas atau buku tanaman, sekitar 50-60 sentimeter di atas permukaan tanah atau media tanam. Silakan memilih tiga sampai empat cabang yang tumbuh setelah pemangkasan. Pemeliharaan tunas kurang lebih selama satu tahun. Anda perlu memperhatikan tunas yang tumbuh kembali, karena perlu dilakukan pemangkasan kedua dengan meninggalkan dua sampai tiga tunas. Pemangkasan ketiga dilakukan satu tahun kemudian, dengan cara yang sama seperti pemangkasan kedua.

Pemangkasan pada tabulampot mangga fungsinya tak jauh berbeda dengan budidaya konvensional. Pemangkasan dilakukan untuk membuang bagian tanaman yang tak lagi bermanfaat, seperti tunas air, daun, dan ranting kering atau pun batang-batang yang dijadikan tempat hidup benalu. Begitu juga dengan mencegah daun yang bertumpuk dan terlalu rindang. Bila pemangkasan pada daun tak dilakukan, sinar matahari tak akan terhalang dan mengurangi keefektifan proses fotosintesis.

Penyilangan tanaman dilakukan saat penggemburan dan pemupukan. Rumput atau gulma yang telah dicabut dapat dibenamkan atau dibuang ke tempat yang lain agar rumput atau gulma tak tumbuh lagi di sekitar tanaman. Tanah yang padat dan tak ditumbuhi rumput di sekitar pangkal batang perlu Anda gemburkan kembali. Biasanya pada di musim hujan mulai tiba. Penggemburan tanah di kebun mangga cangkokan jangan dilakukan terlalu dalam.

Penjarangan Buah

Selanjutnya adalah penjarangan buah. Penjarangan buah dilakukan pada buah pertama. Hal ini tak lain agar buah dapat tumbuh secara maksimal. Anda pun akan mengalami rasa sayang saat gerombolan buah yang bergelantungan harus dibuang. Buah pertama yang tumbuh memiliki ukuran kecil dan rasa yang tak manis karena unsur hara yang diserap dibagi dengan jumlah buah yang banyak. Fungsi penjarangan pada buah adalah memperbaiki kualitas buah agar ukuran dan rasa akan maksimal; besar dan manis, bebas dari serangan penyakit. Bila rangkaian buah terlalu banyak akan menyebabkan buah menjadi cacat dan mudah diserang penyakit.

Yang terakhir adalah pembungkusan atau pembrongkosan b uah. Pembungkusan buah dapat Anda lakukan untuk mencegah serangan hama pada buah yang diimpikan. Biasanya kantong semen dan plastik digunakan sebagai pembungkus buah. Pembungkusan buah di usia muda akan memberikan harapan kepada Anda perihal hasil panen yang memuaskan; bebas dari penyakit, berukuran besar, dan memiliki rasa yang manis. Anda tak perlu khawatir perihal kandungan gula akan berkurang di dalam buah karena tergerus oleh “kunjungan” hujan. Media tabulapot menjadi pilihan tepat karena pembungkusan biasanya dilakukan pada buah yang terjangkau oleh tangan atau tanaman yang tidak terlalu tinggi.

Cukup sekian perjumpaan kita. Kami berharap bila artikel terkait cara menanam mangga dalam pot yang Anda baca mampu memberikan informasi yang sepadan dengan tanya yang menggantung di kepala. Semoga pertemuan Anda dengan Bibitbuahku.com selalu memberikan dampak positif. Sekian dari kami, tetap setia mengunjungi Bibitbuahku.com, dan terima kasih.

Bagikan

Cara Menanam Mangga Dalam Pot Agar Cepat Berbuah | Bibit Buahku

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

Komentar (4)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. RM Koesbiyono Tjondro Wibowo. Kelurahan Mangunsari. RT.03/ RW.04

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50227

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
Ifti
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Ifti
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja