Beranda » Artikel Blog » Cara Tepat dan Mudah Memanen Kurma Tropis

Cara Tepat dan Mudah Memanen Kurma Tropis

Diposting pada 20 Maret 2017 oleh bibit buah | Dilihat: 1.209 kali | Kategori:

Cara Tepat dan Mudah Memanen Kurma Tropis – Dalam membudiayakan kurma tropis, hal yang perlu diperhatikan adalah kapan baiknya buah dipanen. Hal itu dikarenakan tiap jenis kurma memiliki karakteristik yang berbeda, selain itu kondisi lingkungan juga mempengaruhi waktu pemanenn kurma. Oleh karena itu penulis menjoba menguraikan seperti apa pemanenan yang sudah dilakukan Pekebun Kurma di Thailand berdasrkan kunjungan tim Trubus. Silkan dibaca dengan seksama.

Aktivitas Pratin Apichatsanee bertambah disaat Mei—Agustus. waktu itulah beberapa ratus tanaman kurma di kebunnya sedang menggendong tandan berisi buah ranum. dikala itu masa panen tiba. penanam kurma di propinsi Nakhonratchasima, Thailand, itu mengomandoi semua karyawan yg memetik tandan berisi rata rata 20 kg. sejumlah karyawan hilir-mudik bermodal gunting dan kayu panjang.

Mereka bertugas memanen tandan buah segar yg unjuk di tiap-tiap pohon. beberapa pemanen tidak perlu repot memanfaatkan eskalator guna memotong tandan kurma. Kurma kultivar KL-1 (kolak one) yg ditanam masih muda berumur ….. bersosok pendek dan bertajuk solid. Tinggi batang utama 40 senti meter dari permukaan tanah. Bandingkan dgn kurma di Asia barat yg menjangkau belasan meter dikarenakan berumur tua. Di sana pemanen butuh tangga.

Khalal

Para pemanen selanjutnya menggantung tiap-tiap potongan tandan Phoenix dactyliefra itu di kayu panjang. “Tandan mesti digantung guna menghindari gesekan antarbuah,” tutur Pratin. karyawan lantas mengambil tandan buah siap jual ke suatu bangunan di pintu masuk taman. Di sana seluruh kastemer telah menuntut untuk membawa tandan. karyawan sigap menimbang tiap-tiap tandan lalu menyerahkannya kepada sang pemilik selesai membayar 500 baht setara Rp200.000 per kilogram buah.

Kesibukan semacam itu bisa dijumpai di kebun Pratin sejak mulai pengujung Mei sampai Agustus. sewaktu 3 bln itu taman Pratin senantiasa ramai visitor. Pratin menjelaskan pembeli lebih senang buah kurma segar. Itu sebabnya mereka rela memesan buah jauh hri sebelum waktu panen tiba. Buah segar KL-1 bertekstur renyah dan bercita rasa manis agak sepat.

kl1

Kulit buahnya kuning, meskipun dagingnya putih dan padat. visitor mencuci steril buah kurma dan menikmatinya. Pratin menjelaskan hampir seluruh pekebun kurma di Thailand memanen kurma pada fase khalal alias buah segar, rata-rata 25 minggu pascapenyerbukan. sebenarnya petani sanggup memanen kurma berdasarkan 3 fase buah yaitu khalal segar( ruthab (matang penuh), dan tamar semi( garing atau kering).

Pekebun sanggup memilih untuk karakteristik kultivar, keadaan agroklimat, dan permintaan pasar. Di Asia barat seperti seperti Arab Saudi dan Israel, peladang memanen kurma dikala fase ruthab dan tamar. Kurma kering paling banyak dimakan dikarenakan bertekstur lembut dan bisa jadi teramat manis. Anurak Boonlue menjelaskan kurma yg dibudidayakan di zona beriklim tropis tak memungkinkan guna dipanen pada fase tamar.

“Panen sebaiknya dilakukan sebelum masa hujan tiba, tutur orang tani kurma di Kanchanaburi, Thailand, itu. Tujuannya menghindari busuk buah dan rontok. penanam terancam gagal panen bila membiarkan buah mengering alamiah di pohon. menurut Anurak kultivar KL-1 amat tepat dikebunkan di tempat beriklim tropis karena buah sudah indah walaupun dipanen terhadap fase khalal.

Olahan kurma

Anurak menanam kurma kultivar lain seperti barhee, khalas, dan khunaizi. beliau memanen ke-3 kultivar itu pada fase khalal. Barhee mempunyai rasa buah segar paling enak. Kurma berwarna kuning lemon itu telah manis walau dalam bentuk khalal. Barhee yaitu kultivar kurma yg terkenal dimakan pada bentuk khalal. Kultivar berasal Irak itu banyak dipasarkan pada bentuk segar di Israel, Iran, Suriah, dan Palestina.

Sementara khalas dan khunaizi kurang pas kalau dipanen pada fase khalal. Buah segar ke-2 kultivar itu pun mempunyai rasa dominan sepat. Itu sebabnya Anurak tak jual buah segar khalaz dan khunaizi. menurut Anurak KL-1 dan barhee yaitu kultivar andalan yg pas dijual dalam bentuk segar. Keduanya manis dan bertekstur renyah.

Pria berumur 38 thn itu jual hasil panennya berupa buah segar dan kering, masing-masing dibanderol Rp240.000 dan Rp160.000 per kilogram. beliau jual hasil panen serta-merta di kebun atau gerai pribadi. guna menjaga mutu buah, Anurak menaruh kurma di dalam lokasi kusus bersuhu seputar 7° C. Tujuannya untuk menghindari serangan cendawan dan serangga. (Andari Titisari – TRUBUS)

incoming search:
Panen buah kurma, panen kurma tropis, cara panen kurma tropis, cara panen kurma di thailand, sistem pemanenan pohon kurma, budidaya kurma tropis, pekebun krma tropis di thailand, harga jual buah kurma tropis, rasa kurma tropis, tekstur buah kurma tropis

Bagikan

Cara Tepat dan Mudah Memanen Kurma Tropis | Bibit Buahku

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

Komentar (2)
  • ignatius dibas

    saya sedang mulai mencoba sekaligus menansm di desa merbang kec.belitang hilir.kab sekadau kalbar mudahan berhasil yang akan menjdai kurma west borneo.mohon dukungan dan doa ya.tk

    Balas
    • Fatkhul Admin

      Amin pak, semoga berhasil dan menjadi kebun percontohan di Indonesia. Silahkan shearing bersma biar kita semua tahu apa saja pengalaman yang dilalui untuk para calon pekebun kurma ini.

      Terimakasih atas kunjungannnya

      Balas

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. Gebyok Raya, Dusun Mengger, Kelurahan Patemon RT.03/RW.03

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50228

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yaniz
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja