Beranda » Blog » 4 Jenis Alpukat Import Unggul Cocok Untuk Dibudidayakan

4 Jenis Alpukat Import Unggul Cocok Untuk Dibudidayakan

Diposting pada 2 Desember 2021 oleh bibit buah / Dilihat: 2.672 kali

4 Jenis Alpulat Import Yang Cocok Untuk di Budidayakan Di Indonesia

Jual Bibit Alpukat Import Unggul

Alpukat Import Yang Layak Dibudidayakan di Indonesia

Anda tentu mengenal buah alpukat, buah yang berasal dari mexico Amerika Tengah ini memang saat ini sedang ramai diburu. Bukan hanya oleh penikmat buah alpukat, namun pekebun, pengkoleksi, serta masih banyak lagi yang lainnya. Walupun berasal dari Mexico tapi pohon alpukat sudah lama menyebar ke seluruh penjuru dunia tak terkecuali ke Indonesia. Bahkan Indonesia memiliki jenis alpukat lokalnya sendiri yang mampu bersaing dengan alpukat import yang berasal dari luar negeri.

Alpukat sendiri sebenarnya merupakan buah meja, alias buah yang dikonsumsi secara langsung. Tapi kebanyakan orang Indonesia mengkonsumsinya dengan cara mengolahnya kembali. Ada yang dibuat menjadi jus, ada yang dibuat menjadi dodol, dan lain sebagainya. Kebanyakan alpukat lokal dari Indonesia memang memiliki rasa yang manias jadi lebih cocok untuk diolah demikian.

Sedangkan alpukat import yang berasal dari luar negeri biasanya memiliki rasa buah yang cenderung gurih dan sedikit asin. Sehingga kebanyakan mengolahnya menjadi salad dan juga campuran sushi.

Karena dapat diolah menjadi berbagai makanan, pangsa pasar alpukat import sebenarnya lebih luas. Ditambah lagi kandungan gizi yang terdapat dalam alpukat sangatlah tinggi, sehingga dengan mengkonsumsi alpukat secara rutin tubuh anda akan menjadi lebih sehat. Berikut adalah beberapa kandungan gizi yang terdapat dalam buah alpukat.

[lwptoc toggle=”1″ float=”left”]

Kandungan Gizi & Manfaat Buah Alpukat

Tidak hanya memiliki tekstur buah yang lembut dan rasa buah yang lezat. Namun buah alpukat telah terbukti memiliki kandungan nutrisi yang cukup kaya. Di dalam buah alpukat terdapat kandungan vitamin dan juga nutrisi yang dapat memberikan manfaat kesehatan apabila rutin dikonsumsi. Bahkan beberapa ahli mengatakan jika buah alpukat merupakan buah yang paling bergizi diantara jenis buah yang lain.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah alpukat yakni protein, karbohidrat, mineral, vitamin, dan juga lemak. Mengutip data yang dumiliki oleh Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram buah alpukat terkandung Lemak: 6,5 g, Besi (Fe): 0,9 mg, Karbohidrat: 7,7 g, Air: 84,3, Abu: 0,6g, Kalium (K): 278,0 mg, Energi: 85 Kalori (Kal), Tembaga (Cu): 0,20 mg, Kalsium (Ca): 10 miligram (mg), Natrium (Na): 2 mg, Niasin (Niacin): 1,0 mg, Karoten Total (Re): 180 mcg, Thiamin (Vit. B1): 0,05 mg, Riboflavin (Vit. B2): 0,08 mg, Vitamin C: 13 mg. Kemudian di dalam buah alpukat juga terdapat kandungan folat yang baik untuk kesehatan. Alpukat juga memiliki kandungan anti oksidan yang berupa lutein, sekitar 271 mcg lutein.

Banyaknya kandungan gizi di dalam 100 gram buah alpukat dapat memberikan manfaat yang banyak pula untuk kesehatan. Dengan rutin mengkonsumsi buah alpukat anda akan mendapatkan manfaat kesehatan berupa:

  1. Terjaganya kesehatan jantung
  2. Resiko gangguan metabolik menjadi turun
  3. Melancarkan sistem pencernaan
  4. Membuat kulit menjadi lebih sehat
  5. Terjaganya kesehatan mata
  6. Mencegah penyakit kanker dan membantu proses pengobatan
  7. Menjaga kesehatan kulit agar tetap cantik

Jenis Alpukat Import Unggul

Karena sejak tadi kita membahas alpukat import, tidak lengkap rasanya jika kami tidak memeberikan rekomendasi kepada anda mengenaui jenis alpukat import yang layak untuk dibudidayakan. Bukan hanya layak, namun jenis alpukat import tersebut telah terbukti dapat berbuah dnegan baik dalam kondisi iklim di Indonesia. Jika anda tertarik untuk membudidayakan alpukat import beberapa jenis alpukat dibawah ini cocok untuk anda coba.

1. Alpukat Import Hass

Bibit Alpukat Hass

Buah Alpukat Hass

Jika kita membicarakan alpukat import, tentu saja alpukat hass harus masuk ke dalam pembahasan. Alpukat unggul asal Australia ini pertama kali ditemukan oleh Rudolph Hass, makanya tidak aneh kenapa dinamai hass. Dan menurut bebeapa pendapat, alpukat hass adalah alpukat yang memiliki rasa paling lezat di Dunia.

Bentuk buah alpukat hass memang tergolong kecil, bulat, dengan bagian pangkal buah yang sedikit lonjong. Kulit buah alpukat hass bertekstur kasar, dengan warnanya yang hijau saat muda dan akan berubah menjadi ungu kehitaman. Perubahan warna tersebut menandakan jika alpukat hass sudah matang dan siap dinikmati. Daging buah alpukat hass memiliki saat sudah matang akan berubah menjadi kuning cerah, dengan garis hijau yang sedikit menempel pada kulit buahnya.

Rasa alpukat hass cenderung gurih, dan sedikit asin, serta memiliki kandungan minyak yang sangat banyak. Tekstur daging buahnya lembut tak berserat, rasa alpukat hass dinilai sangat lezat sehingga menjadikannya buah alpukat premium dan berkualitas internasional. Harga alpukat hass juga tergolong cukup mahal, harga alpukat hass per kg dapat mencapai sekitar Rp. 120.000.

Harga buah alpukat hass yang cukup mahal ini sangat cocok bagi and ayang ingin membudidayakannya. Karena bagi pekebun tentu harga pasar yang tinggi dapat mendatangkan keuntungan yang berlimpah pula. Tidak perlu takut harga bibit alpukat hass cukup terjangkau jika anda menghubungi kami, jadi segera dapatkan bibit alpukat unggul yang satu ini.

2. Alpukat Import Reed

harga bibit alpukat reed

Buah Alpukat Reed

Alpukat import yang layak dibudidayakan nomer 2 adalah alpukat reed. Nama alpukat reed saat ini tentunya sudah sangat terkenal. Karena beberapa tahun lalu bibit alpukat reed berhasil dibuahkan oleh seorang petani Indonesia. Padahal sebenarnya keberadaan alpukat yang satu ini sudah sejak lama ada, dan pertama kali dipatenkan di California.

Bibit alpukat reed sudah masuk ke Indonesia sejak lama, hanya saja belum ada orang yang mengebunkannya dalam skala besar. Itulah kenapa kepopuleran alpukat reed tidak sebesar alpukat hass. Selain itu alpukat reed juga memiliki asal-usul yang tidak jelas pada awalnya. Karena banyak petani Indonesia yang menanam alpukat reed mengatakan jika bibitnya didapatkan dari Vietnam.

Jadi asal-usul alpukat reed yang benar menurut berbagai sumber yang kami dapatkan adalah merupakan alpukat dari California. Hanya saja di Vietnam sudah banyak petani yang mengebunkan alpukat jenis reed ini dan juga menjual bibitnya. Maka dari itu mau anda beli bibit dari California ataupun dari Vietnam, kami yakin bibit alpukat reed yang anda dapatkan besar kemungkinan validnya.

Ukuran buah alpukat reed ini biasanya berbobot sekitar 350-700 gram, jadi dalam 1 kg anda bisa mendapatkan 2 – 3 buah. Bentuk buahnya bulat seperti miki dan memiliki kulit berwarna hijau baik mentah maupun saat matang. Yang membedakanya dengan miki adalah tektur kulitnya cenderung kasar dan tidak mulu apalagi licin. Tapi kulit buahnya tebal, jadi lebih tahan terhadap serangan hama.

Harga bibit alpukat reed di indonesia masih tergolong standar atau berada di tengah-tengahm tidak terlalu murah juga tidak begitu mahal. Hal tersebut karena belum banyak pekebun Indonesia yang mengebunkan alpukat reed. Padahal bibit alpukat reed ini sangat cocok untuk dibudidayakan di wilayah tropis seperti Indonesia.

3. Alpukat Cuba

Bibit Alpukat Cuba

Buah Alpukat Cuba

Cuba merupakan sebuah negara dan pulau, serta kepulauan yang terletak di karibia utara. Namun kita tidak akan membahas itu, kita akan membahas alpukat cuba. Jenis alpukat import unggul yang berasal dari Vietnam walaupun sebenarnya tidak seutuhnya dari vietnam. Makdsud kami adalah, memang benar bibit alpukat cuba terkenal di Vietnam. Tapi sebenarnya alpukat import yang satu ini merupakan alpukat yang dibawa dari Prancis.

Pada awalnya bibit alpukat cuba dibawa oleh salah satu perusahaan Prancis pada tahun 2012, dan diperkenalkan di Vietnam dalam sebuah seminar. Kemudian alpukat ini di uji di Vietnam pertama kali oleh pak Hien. Pada tahun 2018 alpukat ini mendapatkan juara 1 dalam ajang kontes alpukat lezat di musim alpukat Dak Nong.

Memiliki ukuran buah yang cukup besar, alpukat cuba memiliki bobot buah dengan kisaran 500-1000 gr. Dengan bentuk yang bulat dan oval memanjang, bentuk buah dan ukuran yang besar tentunya menjadi kelebihan utama. Mengingat warga Indonesia lebih tertarik dengan buah yang berukuran besar atau dapoat berbuah banyak.

Kulit alpukat cuba memiliki warna hijau saat buahnya masih belum matang, tapi saat diperam buah ini akan berubah warna menjadi ungu kehitaman. Perubahan warna tersebut menandakan alpukat cuba matang. Jadi anda bisa mengetahi kematangan alpukat cuba saat diperam dengan melihat warna kulitnya. Kulit buahnya cukup tebal sehingga cukup tahan terhadap serangan hama lalat buah, dan kulitnya mudah untuk dikupas.

Daging buah alpukat cuba juga sangat tebal, memiliki warna kuning mentega dengan biji buah yang kecil. Kira-kira presentase daging buah alpukat cuba ini mampu mencapai 80%. Rasa alpukat cuba juga tidak perlu diragukan, cukup lezat dengan kandungan air yang juga rendah. Maka tidak heran jika alpukat import ini menjadi pemenang dalam kontes alpyukat unggul di Vietnam.

Saat ini mungkin harga bibit alpukat cuba masih cukup mahal, mengingat bibit alpukat import ini baru masuk belum lama. Namun bagi anda yang suka mengoleksi alpukat import untuk pribadi anda bisa membeli bibit alpukat cuba ini. Kemudian jika anda pekebun yang ingin mendahului pekebun lainnya untuk membudidayakn alpukat ini anda juga bisa menghubugi kami dengan segera.

4. Alpukat Pinkerton

Jual Bibit Alpukat Pinkerton

Buah Alpukat Pinkerton

Kemudian jenis alpukat import rekomendasi dari kami yang terakhir adalah alpukat pinkerton. Jika anda update tentang buah alpukat, pinkerton beberapa tahun belakangan sangat populer di pasar Internasional. Buah alpukat yang berasal dari California inidiketahui dapat ditanam pada tingkat ketinggian berapapun. Baik pada daerah dataran rendah hingga daerah dataran tinggi, kualitas buah dan produktifitas pohonnya tidak jauh berbeda.

Keunggulan alpukat pinkerton adalah produktifitas pohonnya yang sangat bagus. Dengan perawatan yang baik pohon alpukat pinkerton dapat berbuah 2 kali dalam satu tahun sehingga mengalami dua kali masa panen. Untuk bobot buahnya alpukat pinkerton memiliki berat rata-rata sekitar 220 – 240 gram. Dengan pohon yang bersifat genjah alias dapat berbuah dengan mudah dan cepat.

Warna daging buah alpukat pinkerton kuning cerah saat sudah matang, bertekstur lembut, dan memiliki kandungan minyak cukup banyak. Kulit buahnya mudah dilepas, dan rasa alpukat pinkerton cenderung gurih, sedikit asin, mirip seperti alpukat hass.

Alpukat pinkerton ini cocok untuk dikebunkan dalam skala yang besar, apalagi harga buah alpukat ini mencapai Rp. 30.000 – Rp. 45.000 per kg. Bayangkan jika dalam satu tahun anda bisa mendapatkan buah sebanyak 100 kg dalalm satu pohon. Tentu akan mendatangkan keuntungan yang sangat banyak. Jadi jangan ragu untuk membudidayakan alpukat import pinkerton, dapatkan bibitnya di website bibitbuahku.com.

Kira-kira itulah 4 jenis alpukat import yang cocok untuk dibudidayakan, walaupun masih ada lagi jenis-jenis lain yang juga cocok untuk dibudidayakan di Indonesia. Seperti misalnya beberapa jenis alpukat import yang berasal dari vietnam. Yakni alpukat hong ngoc, alpukat thanh bich, dan alpukat sab 034 yang namanya sedang naik akhir-akhir ini bersama alpukat cuba. Anda juga bisa melihat jenis alpukat lain di website kami.

Demikianlah ulasan kami mengenai bibit alpukat import yang cocok untuk dibudidayakan di Indonesia. Bagi anda yang ingin memesan bibit alpukat import tersebut segera hubungi kami, karena kami jual bibit alpukat import dengan kulitas yang baik dan juga bergaransi. Hubungi CS kami jika anda ingin mendapatkan penawaran dan harga spesial.

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

4 Jenis Alpukat Import Unggul Cocok Untuk Dibudidayakan

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Agar Nangkadak Berbuah Cepat dan Maksimal Meski Didalam Pot
6 Agustus 2017

Pernah kah anda mendengar buah yang satu ini? Ya dari namanya pasti anda tahu bahwa nangkadak merupakan jenis buah nangka,... selengkapnya

Hama Uret Pohon Kurma Bisa Di Atasai Dengan Beberapa Cara
14 Oktober 2017

Hama Uret Pohon Kurma perlu anda waspadai jika pohon kurma pertumbuhannya tampak kurang optimal padahal pupuk dan perawatan secara maksimal... selengkapnya

3 Jenis Jambu Air Warna Merah
7 September 2020

Jambu air adalah tanaman buah yang dapat tumbuh dengan baik jika ditanam di daerah beriklim tropis seperti di negara-negara Asia... selengkapnya

7 KEUNGGULAN MANGGA HARUM MANIS
29 April 2020

Lagi-lagi bersama kami Bibitbuahku, kali ini kita akan mengulas tentang keunggulan mangga harum manis. Siapa yang tidak mengenal buah mangga?... selengkapnya

6 KEUNGGULAN DURIAN BAWOR, DURIAN LOKAL YANG BERUKURAN JUMBO
5 Mei 2020

Buah Durian merupakan buah yang paling populer di Indonesia setelah buah mangga. Jenis buah yang tumbuh di daerah tropis dalam... selengkapnya

Jambu Air Bajang Leang – Simanis Jumbo Dengan Warna Menawan
8 Maret 2017

Takaran buah bajang leang super gede, berona merah, dan manis. nama jambu air itu pa cang lien wu berarti tapak... selengkapnya

5 Keunggulan Nangka Mini Yang Perlu Anda Tahu
15 Desember 2020

Ketika kita memakan es campur, tentu saja kita akan menghirup salah satu aroma wangi yang sangat khas yang bisa kita... selengkapnya

6 Keunggulan Kelengkeng New Kristal Yang Punya Banyak Manfaat
4 Maret 2020

Pada artikel kali ini, kita akan membahas terkait Keunggulan Kelengkeng New Kristal. Langsung saja cekidot. Kelengkeng merupakan jenis buah yang... selengkapnya

5 HAL PERAWATAN IDEAL TANAMAN DURIAN DURI HITAM
31 Maret 2020

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulik perihal perawatan ideal tanaman Durian Duri Hitam. Durian duri hitam merupakan salah satu... selengkapnya

10 Jenis Tanaman Buah Yang Cocok Ditanam Dalam Pot
21 April 2022

10 Jenis Tanaman Buah Tabulampot – Di daerah perkotaan ketersediaan lahan yang sedikit atau lahan yang sempit merupakan masalah utama... selengkapnya

4 Jenis Alpukat Import Unggul Cocok Untuk Dibudidayakan

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: