Beranda » Blog » 4 Kebun Anggur Terbesar di Indonesia

4 Kebun Anggur Terbesar di Indonesia

Diposting pada 31 Mei 2021 oleh bibit buah / Dilihat: 3.646 kali

Anggur merupakan tanaman buah perdu dari keluarga vitaceae yang saat ini disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Buah yang memiliki bentuk bulat, kecil, dan memiliki rasa manis ini biasanya dijadikan camilan di meja makan. Bisa juga diolah menjadi berbagai macam minuman dan makanan yang menyegarkan. Saking banyaknya orang yang menyukai buah anggur, banyak juga orang yang membudidayakannya. Maka dari itu saat ini tidak sulit untuk menemukan kebun anggur di Indonesia. Baik yang digunakan untuk pertanian maupun dijadikan tempat wisata.

kebun anggur di Indonesia

Buah Anggur

Menurut sejarahnya buah anggur sudah dibudidayakan sejak 4000 tahun sebelum masehi di daerah Timur Tengah. Berarti sejak 4000 tahun sebelum masehi, kebun anggur sudah pernah ada. Setelah itu pada tahun 2500 sebelum masehi mulai ada pengolahan anggur yang dijadikan minuman di Mesir. Saking banyaknya orang yang menyukai olahan anggur ini. Buah anggur pun menyebar ke seluruh dunia, dan saat ini, pengembangan anggur sudah sering dilakukan hingga menghasilkan jenis anggur baru dan memiliki keistimewaan masing-masing.

Di Indonesia sendiri banyak jenis anggur yang dapat tumbuh dan berbuah dengan baik. Mulai dari anggur lokal hingga anggur yang berasal dari luar negeri. Dengan penanganan dan perawatan yang tepat, walaupun ditanam pada wilayah tropis pohon anggur dapat berbuah dengan maksimal. jika anda tidak percaya, anda bisa mendatangi kebun anggur di Indonesia. Beberapa kebun anggur di Indonesia memiliki lahan yang sangat luas dengan jenis anggur yang beragam, dan inilah beberapa kebun anggur terbesar yang ada di Indonesia.

[lwptoc]

Kebun Anggur Kota Palu

Kebun anggur terbesar yang pertama berasal dari Sulawesi tengah, kebun anggur ini awalnya merupakan kebun anggur biasa yang kemudian difungsikan sebagai tempat wisata. Jika anda merupakan warga daerah Sulawesi Tengah atau sedang berkunjung di daerah tersebut. Jangan lupa untuk menyempatkan diri datang ke kebun anggur yang terletak di Kelurahan Duyu, Kecamatan Tatanga, Kota palu, Sulawesi Selatan. Kebun anggur yang dijadikan tempat agrowisata ini sedang populer karena banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, maupun yang berasal dari luar pulau.

kebun anggur Indonesia

Kebun Anggur

Pua Mbaso merupakan nama yang diberikan untuk kebun anggur ini. Walaupun telah didirikan sejak sekitaran tahun 2016. Namun kebun anggur kota palu ini baru dibuka untuk umum pada sekitaran tahun 2020. Kebun anggur di Indonesia kebanyakan menawarkan wisata anggur dimana pembeli bisa memetik sendiri dan membeli langsung buah anggur yang sudah matang dari pohonnya, kebun anggur Pua Mbaso pun memiliki sistem dan cara yang sama seperti itu.

Kebun anggur kota Palu ini dibangun pada lahan seluas sekitar 8 hektar. Anda akan disambut oleh banyaknya buah anggur segar saat memasuki kebun anggur Pua Mbaso ini. Dari pihak pengelola memang sengaja untuk memanfaatkan lahan yang sangat luas ini untuk ditanami dengan anggur, dengan begitu kebun anggur Pua Mbaso tercatat sebagai salah satu kebun anggur terluas di Indonesia.

Kebanyakan jenis anggur yang ditanam di kebun anggur Pua Mbaso adalah jenis anggur hitam dan anggur merah. Karena dibuka saat sedang mengalami pandemi Covid-19, pihak pengelola menerapkan protokol kesehatan bagi para pengunjung yang ingin berwisata.

Setiap hari kebun anggur Pua Mbaso selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Wisatawan yang datang pun beragam. Ada warga Palu dan warga luar Palu yang mengunjungi tempat agrowisata ini. Selain untuk melihat-lihat kebun anggur yang besar para wisatawan juga bisa pulang dengan membawa oleh-oleh buah anggur hasil memetik sendiri. Biasanya dalam satu hari kebun anggur Pua Mbaso dapat menjual buah anggur sebanyak 80 kg. Ke depan kebun anggur Pua Mbaso ini akan terus ditingkatkan agar menjadi salah satu tempat agrowisata yang besar di Kota Palu.

Kebun Anggur di Yogyakarta

Kebun anggur terbesar yang kedua terletak di Bantul, Yogyakarta. Perkebunan Jogja Anggur menampilkan tempat wisata unik dengan buah-buah anggur yang bergelantungan. Kebun anggur yang berada di Yogyakarta ini dibuka untuk umum belum lama, baru sekitar tahun 2020 lalu. Jika anda ingin mengunjungi kebun anggur ini anda tidak perlu khawatir, karena tempatnya sangat strategis.

kebun anggur terbesar

Perawatan Anggur

Kebun anggur milik Arief Wahyudianto dan Agustinus Danang yang ternyata bersaudara ini, berlokasi persis di pinggir jalan Bakulan Imogiri. Jaraknya kurang lebih sekitaran 6 km dari Kampus ISI Jogja. Kebun Jogja anggur juga cocok bagi anda yang ingin berwisata bersama keluarga. Bagi anda yang suka berfoto, kebun anggur Jogja juga menjadi destinasi yang direkomendasikan untuk dikunjungi.

Kebun anggur yang dibangun pada lahan seluas 800 meter persegi tersebut menawarkan pemandangan yang cantik untuk dijadikan sebagai latar foto. Terdapat setidaknya 500 jenis pohon anggur yang ditanam pada kebun anggur Jogja. Akan lebih cantik lagi ketika semua jenis anggur yang ditanam berbuah berbarengan.

Bagi anda yang ingin berkunjung untuk memetik buah anggur dan mendapatkan latar foto dengan berbagai jenis buah anggur. Sebaiknya datang pada bulan Desember, karena pohon anggur biasanya berbuah pada bulan-bulan tersebut.

Tarif memasuki perkebunan anggur Jogja sangat terjangkau. Untuk hari-hari biasa, orang dewasa akan dikenakan tarif Rp. 15.000 dan untuk anak-anak Rp. 10.000. kemudian untuk akhir pekan atau hari-hari libur, orang dewasa akan dikenakan tarif Rp.20.000 dan untuk anak-anak Rp. 15.000.

Bagi anda yang ingin menikmati buah anggur hasil petik sendiri anda harus menyiapkan kocek sekitar Rp. 100.000 untuk satu kilogram anggur. Anda juga bisa memetik sendiri buah anggur yang anda inginkan. Kemudian akan ditimbang jika sudah selesai.

Sedangkan untuk anda yang ingin mencoba untuk membudidayakan anggur sendiri. Perkebunan jogja anggur juga menawarkan bibit anggur varietas import dengan harga mulai dari Rp. 150.000. Harga bibit dapat berbeda bergantung dengan ukurannya.

Kebun Anggur di Bantul

Masih di daerah Yogyakarta, anda juga bisa mengunjungi kebun anggur terbesar ketiga. Selain perkebunan Jogja anggur, ada satu lagi tempat pembudidayaan sekaligus objek wisata anggur yang terletak di daerah Bantul, Yogyakarta. Nama dari tempat wisata tersebut adalah kampung anggur.

Kampung yang terletak di Jl. Plumbungan, Gedogan, Sumbermulyo, Kec. Bambanglipuro, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini saat ini sedang sangat terkenal. Karena hampir setiap rumah yang ada di daerah tersebut semuanya menanam buah anggur. Dan jenis anggur yang ditanam juga seragam, yakni anggur ninel yang merupakan anggur import dari Ukraina.

Jika anda sudah mampir di Jogja anggur dan ingin berkunjung ke kampung anggur. Anda hanya perlu menempuh perjalanan sepanjang 5 kilometer, dan sudah sampai di kampung anggur. Kampung ini awalnya hanya merupakan perkampungan biasa dimana warganya banyak menanam pohon-pohon pisang, sayuran, dan juga pohon perindang.

Setelah itu muncul usulan untuk menanam anggur di depan rumah. Pada awalnya hanya sedikit warga yang menanam anggur di halaman rumahnya. Tetapi seiring berjalannya waktu warga sekitar mulai tertarik dan akhirnya mulai banyak yang menanam anggur di depan rumah. Saat ini kampung anggur sedang mendapat sorotan oleh publik.

Walaupun pohon anggur yang ada di kampung anggur ini tidak mencapai ratusan dan jauh dari kesan kebun komersial. Tetapi warganya memanfaatkan momentum dengan baik, banyak warga yang membuat kafe sederhana yang menyajikan berbagai macam minuman tradisional di rumahnya. Warga juga mulai membuat kerajinan batik dari bahan alami dengan tema-tema dedaunan yang dipajang di halaman rumah.

Anda juga bisa membeli anggur ninel dari warga dengan harga anggur per kilogramnya sekitar Rp. 100.000. anda juga bisa membeli bibit anggur di rumah-rumah warga yang menjual bibitnya. Bagi anda yang suka berswafoto. Kampung anggur bukan pilihan yang buruk untuk mendapatkan latar foto yang menarik.

Kebun anggur di Banyumas

Kebun anggur terbesar selanjutnya merupakan kebun anggur terbesar terakhir yang berada di daerah banyumas. Berbeda dengan yang lain kebun anggur yang berada di banyumas ini memang fokus pada penanaman dan pengembangan buah anggur. Bukan dibuka untuk tempat wisata. Sehingga bagi anda yang ingin berkunjung ke kebun anggur ini anda tidak perlu membayar tiket masuk.

kebun anggur yogya

Bibit Anggur

Sama seperti di kebun anggur yang lain, bagi anda yang ingin membeli anggur dari kebun anggur ini anda bisa memetik sendiri anggur yang anda inginkan. Untuk harga anggur per kilogram di kebun anggur ini berada pada kisaran Rp. 100.000 untuk semua jenis anggur. Anda juga bisa membeli bibit anggur jika anda ingin membudidayakannya.

Kebun anggur yang berada di Banyumas ini memiliki jenis buah yang banyak. Tercatat ada 150 jenis buah anggur yang berhasil dikembangkan dan dibuahkan di kebun anggur ini. Kebanyakan pohon anggur yang dibudidayakan di kebun anggur banyumas merupakan anggur berwarna hijau, merah, dan hitam.

Dari sekian banyak jenis anggur yang ada, varietas jupiter seedless atau anggur jupiter tanpa biji adalah jenis yang paling banyak dicari oleh pencinta anggur. Selain itu kebun anggur banyumas juga menanam beberapa jenis anggur wine, anggur yang biasa diolah menjadi olahan minuman. Anggur wine merupakan anggur biasa yang jarang dijadikan sebagai table grape, atau anggur yang dihidangkan di meja makan. Karena buah anggur wine kebanyakan hanya mengandung air, berbeda dengan table grape yang buahnya juga mengandung daging buah.

Walaupun tidak dibuka sebagai tempat wisata, anda tetap bisa berswafoto di perkebunan anggur banyumas ini. Apa lagi jika saat musim berbuah, anda bisa mendapatkan latar buah anggur yang cantik dengan warna-warna yang menarik.

Jika anda berkunjung pada waktu berbuah anda harus siap-siap karena biasanya banyak orang yang berebut untuk mendapatkan buah anggur dari kebun anggur banyumas ini. Dengan banyaknya jenis anggur yang ditanam, anda bisa memilih sendiri ingin mengambil dan membawa pulang anggur jenis apa.

Itulah empat kebun anggur terbesar di Indonesia. jika anda sedang berkunjung ke empat daerah tersebut, jangan lupa untuk mengunjungi kebun anggur dan mendapatkan oleh-oleh buah anggur untuk keluarga anda.

Jika anda ingin membudidayakan buah anggur, namun tidak bisa datang ke kebun anggur langsung anda bisa mengunjunngi website bibitbuahku. Kami menyediakan berbagai bibit anggur unggul yang bisa anda tanam dan budidayakan. Harga bibit anggur yang kami tawarkan pun juga bersaing dengan toko pertanian lain sehingga anda tidak perlu ragu untuk memesan bibit anggur kepada kami.

Tags: , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

4 Kebun Anggur Terbesar di Indonesia

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

7 TAHAP PENANAMAN TANAMAN BUAH ALPUKAT BOOTH 7
25 Mei 2020

Varietas Alpukat booth 7 merupakan varietas tanaman buah yang baru dan aktual. Keberadaannya yang jarang ditemui meski dapat tumbuh dengan... selengkapnya

Keunggulan Alpukat Kendil yang Harus Anda Ketahui
1 Mei 2019

Keunggulan Alpukat Kendil yang Harus Anda Ketahui – Beberapa Keunggulan Alpukat Kendil dan Manfaatnya untuk Tubuh! Alpukat Kendil adalah salah... selengkapnya

Cara Mudah Merawat Pohon Kurma Tropis
11 Maret 2017

Cara Mudah Merawat Pohon Kurma Tropis – Di Indonesia Kurma tropis memang masih sangat sedikit yang membudidayakan, sehingga kebanyakan masyarakat Indonesaia... selengkapnya

6 TIPS BUDIDAYA KELAPA PANDAN WANGI 
7 April 2020

Kesempatan kali ini kita akan mengulas perihal tips budidaya Kelapa Pandan Wangi. Seperti yang kita tahu, pohon kelapa sering disebut-sebut... selengkapnya

Cara Jitu Mengatasi Masalah Busuk Buah pepaya
8 Maret 2017

Pohon buah pepaya mudah terkena serangan penyakit layu akibat Erwinia papayae. Wabah itu bermula dr sebuah noktah kecil berwarna hitam... selengkapnya

Avokad Aligator Istimewa Berukuran Jumbo Hingga 1 kg dan Berasa Manis.
11 Maret 2017

Avokad Aligator Istimewa Berukuran Jumbo Hingga 1 kg dan Berasa Manis.- Eko Tri Sulistyo takjub ketika memetik avokad dari pohon... selengkapnya

Cara Mudah Stek Tanaman Tin
10 Agustus 2016

Cara Mudah Stek Tanaman Tin – Saat ini buah tin gempar kembali di Indonesia, sekitar 5 tahun silam tin pernah... selengkapnya

Keunggulan Tanaman Alpukat Kendil, Cocok Untuk Budidaya Dengan Keuntungan Besar
17 September 2020

Nama alpukat mentega memang sudah tidak asing di kalangan pecinta alpukat, bahkan bisa dikatakan menjadi jenis yang paling banyak difavoritkan... selengkapnya

Zaitun Berbuah di Bogor
17 Maret 2017

Tanaman gurun itu terbukti dapat berbuah di kebun Teddy Soelistyo – para kolektor buah itu—2 pohon zaitun berbuah. Mereka pantas takjub... selengkapnya

Raja Buah Beradu Lezat
15 Maret 2017

Harga sebuah durian di pasar lelang Rp1.350.000. – Warna kunimg dari daging buah durian si rouf milik Sutarko dari Kecamatan Sigaloh,... selengkapnya

4 Kebun Anggur Terbesar di Indonesia

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: