>>>untuk pemesanan lebih cepat bisa langsung hubungi no CS kami 0812-1136-9090 >>>Barang yang kami jual dijamin kualitas dan keasliannya >>>Garansi UANG KEMBALI jika barang rusak/mati sampai lokasi >>>Kami juga melayani pembukaan perkebunan buah, agrowisata dan pembuatan Taman
Beranda » Informasi Tanaman Buah » Cara Jitu Booster Untuk Merangsang Pembuahan

Cara Jitu Booster Untuk Merangsang Pembuahan

Diposting pada 22 Desember 2016 oleh bibit buah | Dilihat: 4.189 kali

Mungkin sering kita jumpai tumbuhan kelengkeng yang telah berumur bertahun-tahun namun tidak ingin berbunga. Telah berbagai formula kita lakukan akan tetapi tumbuhan kelengkeng tersebut konsisten saja tak mau berbunga. Untuk Lelengkeng yang tak mau bertbuah itu seharusnya mampu diatasi tetapi memerlukan sedikit perlakuan husus guna membungakan kelengkeng. Salah satunya dengan resep booster, kita sanggup mengaplikasikan lengkeng booster yg sekarang sudah sangat banyak sekali kita jumpai di toko-toko pertanian. Pupuk booster adalah semacam pupuk yang mengandung komponen N, P, K, asam amino, dan mengandung potasium chlorat (yang dikenal juga bebagai bahan bom salah satu bahan produsen kembang api).

Perangsang buah

Paket Booster Lengkeng terdiri atas 3 unsur yaitu :
1. Seperempat (1/4) ltr Asam Amino ekstra atau yg dikenal dgn Profesor Ajaib.
2. Satu kg NPK dengan perbandingan 15:10:32 yg berarti isi N 15%, P 10% dan K 32%) masih sekian banyak komponen mikro termasuk MgO, TE dll.
3. Satu liter Booster yg merupakan pupuk cair mikro dan makro dengan dosis NPK : 4% : 6% : 8% ; pun unsur mikro EDTA. Booster inilah yg mengandung potasium chlorat, yg dikenal juga sebagai bahan peledak (salah tunggal bahan produsen bunga api).

Kegunaan ke 3 item tersebut :
1. Asam amino – secara strip besarnya asam amino berfungsi memacu pertumbuhan akar. dengan pertumbuhan akar yg baik penyerapan komponen hara dalam tanah oleh tumbuhan bakal lebih optimal, sehingga tumbuhan mampu tumbuh dengan subur.
2. Pupuk NPK dgn perbandingan husus – yaitu makanan yang digunakan tanaman lengkeng dalam rangka pertumbuhan seperti penataan tajuk dan pucuk baru. bersama bobot elemen mikro yang lumayan kumplit gizi pohon tersedia dalam pupuk ini.
3. Formula Booster _ inilah bagian terakhir yg penting dalam menentukan pembuahan lengkeng. Boster pd prinsipnya berfungsi untuk memindah / memati surikan pertumbuhan lengkeng yg telah subur asal vase Vegetatif (penataan cabang pucuk dan daun baru) ke dalam vase Generatif (pembungaan sebagai calon buah). Sehingga sesudah tumbuhan dibooster akan mendapat asupan zat makanan yang memadai, sehingga akan “digiring” oleh Booster ini proses pembungaan sebagai bakal buah.

Dipasaran banyak sekali beragam macam pupuk booster kelengkeng ¡ni dan terdapat sekian banyak merk yg sangat mudah kita temukan diantarany yaitu merk dagang : NASA, Nutnieng, Amazing Grow, Nongfeng, Farmpion, Vitalongan dll. Cara pengaplikasian booster keleng keng sudah ada petunjuknya dalam kemasan produk, namun ada hal-hal yang perlu kita cermati dalam membooster kelengkeng, yaitu waktu untuk melakukan pembosteran.

Waktu cocok untuk melakukan pembosteran:

Pemilihan waktu pemboosteran harus kita perhatikan. sebagai representasi, kalau kita menginginkan hri ini kita petik lengkeng, sehingga kira-kira hitung mundur sekitar 5-6 bulan dari hri ini, itulah waktu pemboosetran yang tepat. Sehingga musim panen mampu kita atur.

Hal yg perlu diperhatikan dalam mengaplikasikan booster :

Waktu mengaplikasikan perlu perhatikan kondisi pohon. pohon dengan kondisi ujung daun muda yang dominan belum waktunya diaplikasikan, tunggu sampai pupus daun menua. sesudah pupus daun tak ada sudah menuju daun tua baru aplikasi bungkusan booster. ingat periode hujan. Sekitar 40 hri sesudah pembosteran calon bunga dapat muncul dan sekitar 1 bln sesudah calon bunga muncul,bunga baru kan mekar. Sehingga jika bunga mekar bersamaan saat musim hujan, maka dapat dipastikan buka akan rontok atau gugur sehingga proses pemboosteran akan sia-sia.

Bagikan informasi tentang Cara Jitu Booster Untuk Merangsang Pembuahan kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Jitu Booster Untuk Merangsang Pembuahan | Bibit Buahku

36 komentar untuk Cara Jitu Booster Untuk Merangsang Pembuahan

  • Ros berkata:

    mau nanya kalau pohon lengkeng nya umur 9 tahun berapa takaran booster cair per pohon?
    mohon bantuannya.
    makasih

    • Fatkhul berkata:

      berbeda-beda tergantung merk booster yang pakai pak, karena tiap produk memiliki konsentrasi kandungan ang berbeda pula.

      Terimkasih.
      Salam Customer Service BibitBuahku.com
      085743852768

  • Haryanto berkata:

    Klu umur pohon 6 bln bisa di kasih boster ga pak

  • arifin berkata:

    pupuk apa??agar pohon bunga kelengkeng tidak rontok pada waktu musim hujan.??

  • Yakobus berkata:

    Untuk Kelapa sawit bisa ya?

  • regia ginting berkata:

    kalau untuk tanaman mangga bisa ya?

  • sigit berkata:

    Permisi pak…
    Saya ada pohon kelengkeng new crystal,saya pupuk booster bahan kembang api.(potassium clorat).
    Pohonnya malah mau mati pak.
    Umur pohon skitar 2.5thun.
    Boosterny bahan kembang api 2ons campur air 10liter.
    Apakah kurang tepat boosternya atau gimana pak..
    Dulu saya pernah mencoba sukses pak.berbuah lebat.namun kali ini gagal.
    Mohon pencerahannya pak…
    Trimakasih…

    • Fatkhul berkata:

      pengaruh booster memang mestreskan tanaman, sehingga memacu tanaman untuk berbuah. faktor suksesnya booster adalah pada dosis, jarak penyiraman, cuaca, dan pemupukan setelah di booster. Dosis bapak sudah sesuai, kemungkinan setelah diberikan booster tanaman tidak dipupuk, sehingga stresny tanaman bisa kevlabasan yang bisa mengakibatkan mati

      • Artha berkata:

        Pak misal cuacanya itu pengaruhnya bagaimana ya? Kalau hujan apakah cairan pemboosternya bisa hanyut?

        Nah untuk jarak penyiraman, apakah di akar pangkal atau akar yang paling ujung(dibawah ranting yg paling ujung)
        Terimakasih

        • Fatkhul berkata:

          Untuk pengaplikasiannya bisa musim hujan maupun kemarau, yang perlu diperhatikan adalah pohon sedang berdaun tua atau tidak sedang mupus.
          Agar larutan tidak hanyut, buat parit kecil melingkar, selain itu juga setelah pengaplikasian segera beri pupuk kandang sekitar 5-7 hari setelag diaplikasikan.
          disiramkan di akar pangkal sampai bawah tajuk (atau dari pangkal sampai sekitar 2 jengkal melingkar dr pangkal)

  • Sahariman berkata:

    Pak ,saya baru pertama kali menanam kelengkeng merah didalam pot ,gimana cara perawatannya dan pupuk yang cocok untuk tanaman tersebut apa jenisnya ? Terima Kasih.

  • Ahmad berkata:

    Apakah ada Rekomendasi booster merk apa yang cocok untuk pohon klengkeng yang usia +10 th, agar boosternya berhasil..?

    Trimakasih.

    • Fatkhul berkata:

      insyaAllah dengan booster kami pohon lengkeng bapak bisa berbuah
      yang terpenting pemberian booster saat daun pohon tidak bertunas atau mupus, melainkan semua daun sudah tua

  • Susie berkata:

    Pak saya punya pohon kelengkeng tukulan dari biji. udah besar udah 2 tahunan. tp belum berbuah, kata orng2 kalau tukulan dari biji itu sulit berbuah. lalu apakah kalau saya coba pakai booster kelengkeng kemungkinan bisa berbuah pak. Mhn penjelasannya

    • Fatkhul berkata:

      bisa dicoba pak, karena temen temen saya pernah juga pakai untuk pohon dari biji atau seedling, alhasil pohon juga berbuah, usia pohon padahal baru 1.5 tahun

  • Dewanti lestari berkata:

    Pak booster itu apa ya? Maaf masih bngung booster sma pupuk NPK samakah fungsinya?

    • Fatkhul berkata:

      Beda fungsinya bu, Kalau NPK adalah unsur yang dibutuhkan tanaman untuk pertumbuhan baik batang, daun maupun akar teragntung konsentrasi/perbandingannya. Jadi biar tanaman subur dibutuhkan unsur NPK (Nitrogen Fosfor Kalium) salah satunya dengan pupuk NPK yang beredar dipasaran,

      Sedangkan booster bukanlah pupuk, kandungan dari booster ditujuan agar menghambat pertumbuhan daun sehingga yang tumbuh nantinya adalah buah bukan tunas daun. Untuk itu booster diberikan saat daun sudah tua.

      Semoga membantu

      • Fatkhul berkata:

        Jaman dulu masyarakat kita juga sudah mengetahui konsep ini, agar tanaman mau berbuah maka perlu dihambat pertumbuhannya, namun jaman dulu masih menggunakan cara manual yaitu ada yang bagian batang di ikat erat erat dengan kawat ada juga yang dengan cara menggerat bagian batang. Tujuannya sama dengan booster. Yaitu menghambat pertumbuhan daun.

  • Muh hayyun berkata:

    Pak apakah setelah dibooster pohon klengkeng besoknya gak boleh disiram air selama seminggu itu benar?

    • Fatkhul berkata:

      secara teori, tujuan dari pengurangan intensitas penyiraman itu agar larutan booster yang kita siramkan tidak banyak larut kedlam tanah, sehingga tidak terserap oleh akar.

      Benar tidaknya tergantung kondisi tanah, bila tanah cepat kering atau terlalu porous dalam waktu 1 minggu tidak disiram bisa jadi tanaman malah nanti mati. Namun bila dalam waktu 1 minggu tanah masih tetap lembab atau adem, pernyataan tersebut bisa dibenarkan.

      semoga membantu

  • ERIK berkata:

    Saya beli potasium klorat 1 kg .lalu saya uji coba pada lengkeng itoh di sekolah,lengkeng hasil okulasi,tetapi saya memakai bubuk tsb hanya 1/2 kg…saya siramkan dengan melarutkan pada air

  • Sinta berkata:

    Aq punya pohon klengkeng phonnya lumyn daunnya rimbun bgt tp g brbuah pdhl sdh tek semprot pke merk jimi hantu ktnya untk mrgsg buah tp knp kok mlh kluar kuncup daun trus ya bukn kluar bunga n buahnya

  • toni berkata:

    Assalamu’alaikum.wr.wb
    Saya mempunyai 2 pohon klengkeng bibit dari biji (gak tahu jenisnya apa), sudah 15 tahun tapi gak berbuah hanya daunnya aja yang lebat. Daerah saya termasuk dataran rendah. Apakah tanaman saya tadi bisa dibooster?

    • Tomi - Fatkhul berkata:

      beberapa kali kami berhasil membuahkan pohon klengkeng di dataran rendah dari perbanyakan biji dengan mengguunakan booster

  • Giyanto berkata:

    Maaf saya mau tanya ..saya punya poho leci batang udah sebesar paha orang dewasa,dan tumbuh subur daun lebat,umur kira” 10 th ..tapi belum pernah bunga sama sekali…mohon petunjuk..boster mereck apa yg cocok untuk membuahkanya..trimakasih

  • Eddy Prayogo berkata:

    Sy rencana akan berkebun mangga,
    Lahan sy didaerah pantura seluas 1,5ha, sy jg memiliki bangunan yg dihuni lbh dr 10 jt kelelawar.Sy ingin manfaatkan kotorannya sbgi pupuk Guano,bgmn cara membuat pupuk Guano yg baik utk pohon mangga. Apa ohn mangga perlu diberi boster utk bisa memicu tumbuh bunga & jd buah.Thanks

    • Tomi - Fatkhul berkata:

      kami juga sering menggunakan pupuk kelelawar untuk tanaman kami, sangat bgus untuk pembuahan. namun untuk cara pembuatannya kami belum tahu,
      untuk pembuahan mangga tidak perlu booster pak, dirawat dengan baik bisa berbuah cepat. booster biasnya dipakai untuk pohon yang ingin dibuahkan sedangkan usia masih dibawah umur

  • Pagar sibarani berkata:

    Kalau untuk kelapa sawit usia 10 tahun booster apa yg diberikan pak?

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Jual Bibit Dewandaru – Manfaat Menanam Pohon Dewandaru

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

jual bibit dewandaru Rp 50.000
Ready Stock / Dewandaru
QUICK ORDER
Jual Bibit Belimbing Wuluh – Jenis Belimbing Yang Kaya Akan Manfaat

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Bibit belimbing wuluh Rp 50.000
Ready Stock / Belimbing Wuluh
OFF 13%
QUICK ORDER
Bibit Mangga Mahatir – Si Mangga Raksasa dari Malaysia

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Bibit Tanaman Mangga Mahatir Rp 65.000 Rp 75.000
Ready Stock / Mangga Mahatir
Rp 65.000 Rp 75.000
Ready Stock / Mangga Mahatir
SIDEBAR

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. RM Koesbiyono Tjondro Wibowo. Kelurahan Mangunsari. RT.03/ RW.04

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50227

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)