Beranda » Blog » Kenapa Pohon Alpukat Diserang Ulat ?

Kenapa Pohon Alpukat Diserang Ulat ?

Diposting pada 4 April 2022 oleh bibit buah / Dilihat: 10.148 kali

Bagi anda yang merupakan seorang pembudidaya atau pekebun alpukat tentu sudah tidak asing dengan kejadian pohon alpukat diserang ulat. Saking lumrahnya tanaman alpukat yang pasti akan diserang ulat sampai-sampai ada beberapa mitos yang terbentuk dari fenomena ini.

Beberapa orang mempercayai jika pohon alpukat tidak akan berbuah jika pohonnya belum dimakan ulat. Serta banyak sekali pertanyaan yang mengatakan Apakah pohon alpukat baru dapat berbuah setelah daunnya dimakan oleh ulat.

Mitos tersebut dapat terbentuk karena kebanyakan pohon alpukat memang mudah diserang oleh ulat. Untuk mengetahui awal mula dari permasalahan ini kita harus terlebih dahulu membahas mengenai siklus hidup hama ulat.

Terutama jenis ulat bulu atau ulat kipat, karena jenis ulat inilah yang paling terlihat efek samping dari serangannya tersebut dibandingkan dengan ulat kupu gajah atau jenis hama ulat lainnya.

[lwptoc toggle=”1″ float=”left”]

pohon alpukat diserang ulat

Siklus Hidup Hama Ulat

Beberapa jenis ulat memangsa daun alpukat karena tekstur daunnya yang lunak, tidak seperti jenis tanaman buah lain seperti daun manga, daun kelengkeng, atau daun durian yang teksturnya lebih keras.
Lepidoptera Marginata nama latin dari ulat bulu ini memiliki siklus hidup yang ssebenarnya sangat singkat. Hanyas ekitar 40-60 hari, paling lama adalah dua bulan namun kupu-kupu betina yang sudah dewasa mampu menelurkan sebanyak 150 butir telur dalam satu hari dengan rentang waktu sekitar 6-7 hari.

Jadi satu kupu-kupu betina mampu menelurkan sekitar 3000 butir telur hinga akhirnya mati, bisa dibayangkan jika satu kupu-kupu bertelur dalam daun alpukat yang anda miliki. Maka sekitar 3000 ulat akan menetas dan menyerang pohon alpukat anda.

Katakanlah banyak yang mati dari ulat-ulat tersebut karena factor lingkungan, burung pemangsa ulat, dll, hingga hanya tersisa 100 ekor saja yang menjadi kupu-kupu dewasa. Presentase kupu-kupu betina dari sekian banyak telur yang menetas adalah 60% maka akan ada skitar 60 kupu-kupu betina yang dalam kurun waktu kurang dari 2 bulan masing-masing akan menelurkan 3000 ekor ulat lagi pada pohon alpukat yang anda miliki.

Tentu saja hal ini dapat terjadi tanpa kita sadari sehingga hama ulat tersebut akan menyerang daun di pohon alpukat yang kita miliki hingga habis. Bahkan jika tidak diberikan penanganan yang serius hama ulat ini akan merambat ke tanaman alpukat yang lain sehingga akhirnya mewabah dan menghancurkan perkebunan yang anda miliki.

Pohon Alpukat Setelah Diserang Ulat Berbuah?

Lalu jika ternyataan ulat ini sangat berbahaya bagi tanaman, kenapa bisa sampai ada mitos jika pohon alpukat baru bisa berbuah setelah dimakan oleh ulat? Tanaman dapat berbunga setelah dimakan ulat karena pohon kehilangan stabilitas daya hidup. Artinya pohon alpukat yang terserang oleh hama ulat mengalami masa stress.

Pohon alpukat yang terserang dan daunnya mulai hilang tidak akan bisa melakukan fotosintesis. Karena tidak ada daun yang mengolah nitrat, sehingga cadangan makanan yang berupa karbo yang terdapat di dalam pembuluh batang dislaurkan untuk mempertahankan hidup sehingga tanaman berbunga karena mendapatkan asupan karbo yang lebih banyak daripada asupan nitrat.

Walaupun begitu serangan hama ulat terhadap pohon alpukat tetaplah membahayakan karena dibeberapa kasus yang lah akmi kumpulkan. Serangan hama ulat ini justru malah lebih menurunkan produktifitas pohon dari pada membuat pohonnya menjadi lebih mudah untuk berbuah.

Jadi kalau ada pernyataaan pohon alpukat baru bisa berbuah setelah dimakan ulat maka itu hanayalah sebuah mitos. Saat ini sudah banyak terdapat jenis alpukat yang pohonnnya dapat bebruah bahkan sebelum berusia 4 tahun. Tentunya hal ini juga perlu dibarengi dengan prawatan yang optimal sehingga pohon alpukat tetap dapat berbuah dengan baik.

Pengendalian Hama Ulat Pada Alpukat

Setelah menegtahui siklus hidup dari ulat bulu yang biasa menyerang pohon alpukat. Maka sekarang kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengendalikan hama yang satu ini. Salah satu cara untuk mengendalikan ulat bulu yang menyerang hama alpukat bisa dilakukan secara biologis.

Untuk menangkal ulat secara biologis sudah diterapkan beberapa cara salah satunya dengan menggunakan jamur atau Metharizium Anisopliae. Selain iyu tanaman ini juga memiliki musush yang potensial seperti telenomus, agiomathus, mesocomys, xantopimpla, exorista dll.

Darimanakah Datangnya Hama Ulat Ini?

Hama ulat pada pohon alpukat tentu saja datang dari Kupu-kupu, walaupun siklus hidupnya sangatlah cepat, namun kupu-kupu jenis ini memiliki kemampuan bermigrasi yang sangat tinggi. Hingga mampu menmpuh jarak ribuan kilo meter, ketempat yang tentunya memberikan kenyamanan hidup.

Kupu-kupu tersebut mampu terbang hingga kecepoatan 100km/jam dengan ketinggian ratusan meter dari permukaan tanah. Cara terbangnya adalah dengan mengikuti hembusan angin sehingga memperoleh dorongan dan tidak terhalang.

Kenapa Sekarang Ulat Jarang Menyerang Alpukat

Ada beberapa factor kenapa saat ini pohon alpukat sudah jarang dimakan oleh ulat, berikut adalah beberapa factor yang mempengaruhinya.

1. Faktor Cuaca

Cuaca yang mempengaruhi lingkungan sekitar tempat kupu-kupu tersebut berkembang biak menjadi tidak lagi nyaman untuk mereka. Sehingga banyak kupu-kupu yang mati sebelum dapat bertelur atau banyak telur yang tidak bisa menetas menjadi larva.

2. Predator Alami

Terdapat berbagai jenis makhluk kecil lainnya yang merupakan musuh alami dari si ulat bulu ini. Seperti bakteri, virus, jamur, dan juga cacing tanah yang merupakan predator alami bagi ulat bulu.

3. Predator Ulat

Selain hewan-hewan kecil, pemangsa ulat berukuran besar juga bisa menjadi penyebab ham aini sudah tidak terlihat lagi. Beberapa jenis predator ulat tersebut antara lain kelelawar, jalak, kutilang, perenjak, capung, laba-laba, lipan, kadal, amphibi serta masih banyak yang lainnya.

4. Hewan Parasit

Banyaknya hewan parasite yang terdapat di dlaam tubuh ulat sehingga menghancurkan tubuhnya dari dalam, beberpaa parasite tersebut antara lain tawon, lebah, kumbang kepik, lalat, kroto, dan juga semut.

Adakah Jenis Alpukat Yang Tidak Dimakan Ulat?

Kemudian banyak juga yang menanyakan mengenai adakah jenis tanaman alpukat yang tidak dimakan ulat? Beberapa tahun yang lalu pernah ada penelitian mengenai slah satu ejnis pohon alpukat yang dipercaya tidak disukai oleh ulat.

Dikatakan jika di dalam alpukat tersebut memiliki kandungan enzim protease dimana enzim tersenbut dapat mengurai protein sehingga membuat ulat tidak akan mendekatinya. Nyatanya bukan Cuma satu jneis alpukat itu sjaa yang memiliki enzim protease. Semua jenis alpukat ternyata juga memiliki enzim tersebut.

Bahkan buakn Cuma alpukat beberapa jenis tanaman buah juga memiliki kandungahn enzim protease di dalm tubuhnya. Seperti manga, nanas, jambu dan banyak lagi lainnya, namun enzim ini tidak bisa menangkal hama ulat yang akan menyerang. Hanya 4 faktor di ataslah yang dapat mengurangi jumlah ulat shingga pohon tidak dapat diserang.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan hama ulat bulu yang banyak meresahkan para pekebun alpukat. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi and ayang mengalami kesulitan saat menghadapi serangan ulat, dan sampai jumpa di infromasi-informasi yang lainnya.

Sumber : Youtube bibit buahku dot com

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

Kenapa Pohon Alpukat Diserang Ulat ?

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Jitu Booster Untuk Merangsang Pembuahan
22 Desember 2016

Mungkin sering kita jumpai tumbuhan kelengkeng yang telah berumur bertahun-tahun namun tidak ingin berbunga. Telah berbagai formula kita lakukan akan... selengkapnya

5 Jenis Alpukat Terbaik di Indonesia yang Terbukti Dapat Tumbuh dan Berbuah
12 Agustus 2021

5 Jenis Alpukat Terbaik di Indonesia yang Cocok Untuk Anda Budidayakan Alpukat merupakan tanaman buah yang berasal dari Meksiko Amerika... selengkapnya

6 PERAWATAN POKOK PADA TANAMAN BUAH KELENGKENG MERAH
21 April 2020

Yakk kali ini kita akan mengulas tentang keunggulan kelengkeng merah. Cekidot… Kelengkeng merah merupakan salah satu tanaman buah yang sedang... selengkapnya

7 Jenis Mamey Sapote Paling Enak
28 November 2019

Mamey sapote atau yang memiliki nama latin Pouteria Sapota, merupakan spesies tanaman sawo yang berasal dari Amerika Tengah. Pertumbuhannya menyebar... selengkapnya

5 Keunggulan Rambutan Binjai Dibanding Rambutan Rapiah
29 Desember 2020

Siapa sih yang tidak tahu dengan buah berwarna merah dengan bulu yang lebat ini? Memang sudah bukan menjadi buah yang... selengkapnya

8 LANGKAH PENANAMAN KELENGKENG MERAH
29 April 2020

Pada kesempata ini, artikel kami akan membahas tentang langkah penanaman kelengkeng merah. Kelengkeng merah, atau biasa juga disebut dengan sebutan... selengkapnya

Rahasia Memeperbanyak Tanaman Buah – Mengenal Beberapa Cara Perbanyakan Tanaman ala Petani Pembibit Buah
29 Juli 2016

Rahasia Memeperbanyak Tanaman Buah – Kali ini kami akan mengungkap  yang selama ini kami jalankan sehingga dapat  anda kerjakan dirumah... selengkapnya

Budidaya Pamelo Merah Sangat Menjanjikan di Indonesia
8 November 2017

Budidaya Pamelo Merah merupakan bahasan kita kali ini. Pamelo Merah merupakan salah satu jenis pamelo terbaru saat ini. Bahkan buahnyapun... selengkapnya

Budidaya Jambu Citra di Thailand Sangat Menguntungkan
22 Maret 2017

Budidaya Jambu Citra  Panen 400 kg jambu citra dari sepohon di Thailand. Produksi di Indonesia per pohon 100—200 kg. Wajah... selengkapnya

Cara Mengendalikan Hama Kurma si Perongrong
7 Maret 2017

Cara Mengendalikan Hama Kurma si Perongrong – Dengan kondisi kebun yang bersih dapat menekan serangan hama dan penyakit kurma. Pelepah daun... selengkapnya

Kenapa Pohon Alpukat Diserang Ulat ?

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: