Beranda » Artikel Blog » Tabulampot Alpukat Agar Cepat Berbuah

Tabulampot Alpukat Agar Cepat Berbuah

Diposting pada 6 Oktober 2017 oleh bibit buah | Dilihat: 3.760 kali | Kategori:

Apa yang akan Anda lakukan bila keinginan budidaya alpukat telah memenuhi kepala Anda, sedangkan lahan tanam tak dapat menampung keinginan tersebut? yups benar sekali, Tabulampot Alpukat. Pada kesempatan kali ini, Bibitbuahku.com mencoba memberikan alternatif yang tepat bagi keinginan Anda. Cara budidaya alpukat agar berbuah di dalam pot. Menarik untuk Anda baca, ya, kan?

tabulampot alpukat

Pohon Alpukat Yang Tadinya di Pot Sudah dipindahkan dilahan, sehingga pendek namun berbuah lebat

Tabulapot alpukat sesungguhnya telah dijumpai di beberapa daerah yang memiliki iklim atau suhu dingin hingga suhu sedang atau lembab. Alasan tabulapot alpukat harus dilakukan pada daerah yang memiliki suhu dingin hingga suhu sedang karena di daerah yang memiliki suhu panas tabulapot akan rentan dan terancam gagal.

Pemilihan Bibit Alpukat

Bagi Anda yang akan menanam alpukat di pot, sebaiknya memperhatikan bibit yang memiliki kualitas baik dan bagus. Kami menyarankan agar Anda tak memilih bibit biji buah alpukat karena hasil dan pertumbuhan tanaman tidaklah bagus. Selain itu pilihlah jenis bibit alpukat yang coco untuk dijadikan tabulampot alpukat, karena tidak semua jenis alpukat bagus ditanam didalam pot. Biasanya jenis alpukat yang ukuran buahnya tidak terlalu besar bagus untuk ditanam dalam pot, seperti alpukat miki, alpukat hass dan lapukat mentega. Seperti apakah alpukat miki? bisa anda baca selangkapnya disini: Alpukat mentega miki kecil namun rasa luar biasa.

Pot

Menanam alpukat pada tabulampot, Anda perlu menyediakan pot yang berukuran besar karena tanaman alpukat akan tumbuh besar dan membutuhkan ruang pertumbuhan akar. Diameter 60 sentimeter dan ketinggian 45 sentimeter adalah ukuran pot yang kami sarankan demi proses pertumbuhan tanaman yang bagus.

Media Tanam

Kalau pot telah disediakan, langkah selanjutnya adalah isi media tanam menggunakan tanah bakar yang telah tercampur dengan pasir dan pupuk kandang, serta pupuk jenis kimia yang takarannya lebih sedikit. Perbandingan yang disarankan yaitu berbandingan yang sama rata dengan takaran tanah. Pilih tanah yang memiliki pH yang rendah karena alpukat akan tubuh maksimal bila ditanam di tanah yang memiliki pH rendah atau tanah yang bersifat asam bukan basa. Silakan tanam alpukat di tanah yang memiliki pH lima sampai tujuh. Bila tingkat pH yang tinggi, kemampuan tanaman alpukat menyerap nutrisi; zat besi dan seng akan turun secara signifikan dan menghambat pertumbuhan tanaman. Bila Anda memilih atau mendapatkan tanah yang memiliki pH tinggi, silakan pertimbangkan untuk menggunakan teknik untuk menurunkan pH, seperti menambahkan bahan organik atau menanam tanaman toleran sebelum menanam alpukat. Hal ini memang memerlukan waktu yang lama, akan tetapi menjadi alternatif bila Anda kesulitan menemukan tanah yang memiliki pH rendah.

Penanaman Tabulampot Alpukat

Proses penanaman alpukat dianjurkan pada malam hari yang suhu udaranya dingin sehingga tanaman mampu tumbuh subur. Alasan alpukat ditanam pada malam hari ialah suhu malam yang dingin dan tanaman alpukat cenderung menyukai suhu dingin. Silakan tempatkan tanaman alpukat yang mendapatkan sinar matahari langsung.
Kalau Anda telah menyelesaikan membaca di bagian penanaman alpukat, marilah berpindah ke tahap selanjutnya. Penyiraman dan pemupukan secara teratur merupakan tahapan yang paling penting dalam budidaya tanaman alpukat—begitu juga tanaman lainnya—yang dilakukan sesuai dosisi atau takaran yang dianjurkan.

Perawatan Tabulampot

Tidak hanya penyiraman dan pemupukan, pemangkasan saban tiga bulan satu kali pun penting agar tanaman tidak mudah terserang hama dan penyakit. Oh iya, jangan sampai lupa menyemprotkan cairan pestisida secara teratur-dan menggunakan dosis yang tak berlebihan.

Silakan mengganti pot setiap dua tahun satu kali agar tanaman alpukat lekas tumbuh besar dan tentunya pertumbuhan tanaman memicu ruang pot yang lebih besar daripada pot sebelumnya.

Sekian dari Bibitbuahku.com. semoga artikel terkait tabulampot alpukat ini memberikan informasi yang tepat serta menjawab segala pertanyaan Anda tentang cara alpukat berbuah di dalam pot. Jangan lupa untuk setia mengunjungi Bibitbuahku.com, barangkali Anda membutuhkan cara budidaya, bibit tanaman, serta benih tanaman.
Sampai jumpa di lain kesempatan dan terima kasih.

Bagikan

Tabulampot Alpukat Agar Cepat Berbuah | Bibit Buahku

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

Komentar (5)
    • Tomi - Fatkhul Admin

      diketinggian tsb merupakan tempat optimal pohon alpukat, diketinggian tsb anda bebas memilih jenis alpukatnya pak. tinggal mau yang besar, genjah atau enak

      Balas
    • Fatkhul Admin

      Kalau untu dataran tinggi, semua jenis alpukat cocok. Kalau rendah hanya da beberapa yang optimal.
      Kalau untuk dataran tinggi tinggal kita pilih bibit alpukat dengan jenis keunggulan dominannya, apakah ukurannya, rasanya, atau tingkat produktivitasnya.

      Balas

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. RM Koesbiyono Tjondro Wibowo. Kelurahan Mangunsari. RT.03/ RW.04

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50227

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
Ifti
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Ifti
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja