Beranda » Blog » 5 TRIK PENANAMAN DURIAN MUSANG KING

5 TRIK PENANAMAN DURIAN MUSANG KING

Diposting pada 14 Maret 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 924 kali

Kali ini kita akan membahas tentang trik penanaman durian Musang King, oke kita langsung bahas.

Durian Musang King merupakan salah satu durian yang paling digemari. Durian ini sering disebut-sebut sebagai raja buah sekaligus raja durian. Tahukah kamu, kalau Durian yang menjadi primadona bagi para penikmat dan pekebun ini, bukan hanya digemari di Malaysia, tempat awal ditemukannya saja, tetapi gaungnya juga sampai di Indonesia. Bahkan.kini terdengar di Asia dan Eropa.

Di Indonesia sendiri merupakan negara terbesar produksi nomer tiga penghasil buah durian setelah Thailand dan Malaysia. Cuaca yang mendukung, paparan sinar matahari yang cukup, dan curah hujan yang memadai merupakan faktor alami yang sangat menguntungkan.

Selainitu, Keunggulan Durian Musang King menjadi daya tarik sendiri untuk membudidayakannya , terutama di Indonesia. Selain karena rasanya yang super dan mudah beradaptasi di iklim Indonesia, Hama dan Penyakit Durian Musang King juga cenderun dapat diatasi jika kamu bisa mengatu perawatannya dengan baik.

Oh ya, untuk hasil yang lebih maksima ldan optimal, kamu juga harus memperhatikan cara dan trik penanaman Durian Musang King. Pasti kita semua tidak ingin jika hasil penanamannya jelek kan? Pengin tahu, apa saja yang perlu dipersiapkan dalam penanaman? yuk, kita belajar bareng. Cekidot….

Trik Penanaman Durian Musang King

TRIK PENANAMAN DURIAN MUSANG KING

TRIK PENANAMAN DURIAN MUSANG KING

Penanaman merupakan proses dimana kita dapat meletakkan benih ke dalam lubang tanam pada lahan yang telah dipersiapkan. Atau, kita juga bisa menyebutnya sebagai alur yang sudah disediakan yang berkesesuaian dengan jarak tanam sampai tanaman dapat berdiri tegak dan siap tumbuh di lapangan. Berikut ini Trik Penanaman Durian Musang King yang perlu kamu ketahui;

1. Melakukan Penanaman PadaAwal Musim Hujan

Trik Penanaman Durian Musang King yang pertama adalah dengan melakukan penaman pada awal musim hujan di sore hari. Hal ini dilakukan agar benih atau bibit Pohon Durian Musang King dapat memperoleh udara yang sejuk pada malam hari dan tidak serta merta langsung mendapat cahaya matahari. Selain itu, kandungan air yang cukup pada tanah, dapat menggemburkan tanah supaya dapat mempercepat penyerapan unsur hara pada tanaman. Trik penanaman ini dapat membantu mempersehat benih tanaman dan memperoleh hasil yang lebih maksimal.

2. Memilih dan Memeriksa Benih

Trik selanjutnya adalah memilih dan memeriksa benih. Pastikan benih yang dipilih merupakan benih atau bibit yang unggul, yakni dengan memiliki sedikitnya ciri-ciri-ceri seperti; tumbuh lurus dan perakarannya banyak. Ini merupakan poin dasar dan modal awal untuk mendapatkan hasil penanaman yang maksimal. Jika kamu ingin mendapatkan benih terpercaya, dapatkan bibit unggul di sini. Kepuasan kamu dijamin dan bergaransi, lo.

3. Meletakan Tanaman

Trik Penanaman Durian Musang King selanjutnya adalah cara meletakan tanamannya dari media tanam seperti polibag ke lahan tanam. Benih yang sudah dipisahkan dari plastik polibag, kemudian diletakan dengan tegak dan lurus ke arah datangnya angin. Tujuannnya, agar tanamannya tahan lama dan tidak mudah patah.
Bila benihnya berupa sambung pucuk atau sering disebut okulasi, arahkan pula sambungan tersebut dengan lurus dan tegak pada arah mata angin .Jangan lupa, tanam benih dengan ukuran kurang lebih 5-10 cm di atas pangkal batang.
Setelah tanaman sudah diletakan dengan baik, tutup benih Durian Musang King dengan tanah galian. Urutkan mulaid ari bagian bawah dulu, ya. Setelah itu, siram sedikit dengan air untuk memenuhi kebutuhan air pada tanaman, kemudian tekan sedikit pada bagian atas, di samping tanah bekas polybag, supaya bisa menyatu utuh dengan tanah.
Sebelum itu, ada baiknya jika kita mencampurkan tanah dengan pupuk kandang yang sudah kering terlebih dahulu, untuk membantu menyuburkan tanah.
Jangan lupa, buang plastik polybag di tempat sampah, agar tidak mengganggu tumbuhnya tanaman Durian Musang King. Bila perlu, pisahkan sampah organik dan anorganik agar kita dapat mudah mengulahnya kembali.

4. Menancapkan Batang

Untuk hasil yang lebih optimal, kita bisa juga menancapkan batang kayu atau bambu pada sisi kanan atau sisi kiri tanaman sebagai cagak penahan. Gunanya, selain supaya tidak mudah tumbang ketika terkena angin, juga agar tanaman dapat tumbuh dengan tegak dan lurus ke atas.
Jangan lupa buat jarak antar tanaman kira-kira sekitar 8×8 meter sampai 10×10 meter supaya jaraknya tidak terlalu berhimpitan dan agar tanaman tidak mudah berebut nutrisi. Selain itu juga agar tanaman tidak saling menghalangi datangnya sinar matahari.
Setelah menancapkan batang kayu, ikat batang tanaman dengan tiang penyangga berupa batang kayu atau bambu dengan tali. Tapi, jangan terlalu kencang apalagi terlalu kendor. Sedang-sedang saja.

5. Melakukan Penyiraman

Trik Penanaman Durian Musang King Selanjutnya adalah melakukan penyiraman yang rutin. Lakukan penyiraman dua sampai tiga kali sehari dengan kadar air yang cukup. Untuk hasil yang optimal, perhatikan pula drainase dengan kultur penanaman yang baik. Usahakan, jaga tanah agar tidak terlalu basah, tapi tidak terlalu kering juga. Ini dapat mempengaruhi hasil tanaman, karena tanah yang terlalu basah dan kultur penanaman yang tidak sehat juga akan mengundang Penyakit pada tanaman Durian Musang King.
Pada saat musim penghujan, dan curah hujan yang lumayan tinggi, hindari terlalu sering melakukan penyiraman agar tanah tidak terlalu. Tujuannya, supaya tidak menyebabkan jamur yang dapat merusak batang dan akar tanaman Durian Musang King.

Oh ya, perlu diketahui, kalau setelah panen, pohon Durian Musang King perlu banyak air untuk memulihkan kondisi tanaman durian dari keadaan stres menuju keadaan normal. Jadi, penuhi kebutuhan dan jaga tanaman dari kekeringan, ya.

 

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

5 TRIK PENANAMAN DURIAN MUSANG KING

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

3 Jenis Kurma Tropis Yang Bagus Ditanam di Indonesia
14 Januari 2022

Masih banyak orang yang beranggapan jika buah kurma hanya dapat ditanam di daerah timur tengah yang memiliki iklim kering. Padahal... selengkapnya

Zaitun Berbuah di Bogor
17 Maret 2017

Tanaman gurun itu terbukti dapat berbuah di kebun Teddy Soelistyo – para kolektor buah itu—2 pohon zaitun berbuah. Mereka pantas takjub... selengkapnya

Cara Menanam Kelapa Pandan Wangi yang Baik Dan Benar
28 Maret 2022

Menanam Kelapa Pandan Wangi – Kelapa pandan wangi adalah salah satu jenis kelapa yang berasal dari Thailand, buah kelapa yang... selengkapnya

Manfaat Buah Anggur Untuk Diet
17 September 2020

Baca Juga : 5 Anggur Rasanya Manis Salah satu permasalahan yang menjangkit tubuh millenial saat ini adalah berat badan yang... selengkapnya

Tiga Cara Menyemai Biji Kurma Tropis KL1 dan H1 Agar 100% Berkecambah
9 Juli 2019

Cara Menyemai Biji Kurma Di dalam artikel ini kami memberikan 3 tahapan dalam menyemai biji kurma. Baik untuk menyemai biji... selengkapnya

Budidaya Cabai Untung Besar – Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Budidaya Cabai Agar Tidak Rugi
6 Agustus 2017

Budidaya cabai merupakan salah satu pilihan yang tepat, karena jika harga cabai tinggi saat panen maka omzet yang didapat sunggul... selengkapnya

Cara Mudah Membuahkan Anggur
22 Agustus 2020

Anggur adalah tanaman buah merambat yang termasuk dalam keluarga vitaceae. Memiliki bentuk bulat, berukuran kecil, dan warna yang menarik. Buahnya... selengkapnya

7 LANGKAH-LANGKAH PENANAMAN TANAMAN BUAH KELAPA GENJAH ENTOK
15 Mei 2020

Tanaman Buah Kelapa Genjah Entok merupakan salah satu tanaman buah kelapa unggulan yang memiliki buah lebat, bersifat genjah atau mudah... selengkapnya

Cara Mengatasi Hama Pohon Tin Yg Selalu Mengintai : Penggerek Batang & Siput
7 Maret 2017

Cara Mengatasi Hama Pohon Tin Yg Selalu Mengintai : Penggerek Batang & Siput – Cara paling efektif untk mencegah serangan... selengkapnya

3 Keunggulan Anggur Manicure Finger – Jenis Anggur Unggul Cocok Untuk Dikebunkan
2 Desember 2020

Keunggulan Anggur Manicure Finger adalah salah satu jenis anggur impor yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia karena memiliki beberapa... selengkapnya

5 TRIK PENANAMAN DURIAN MUSANG KING

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: