Beranda » Bibit Buah » Jual Bibit Durian Montong yang Buahnya Tetap Manis Meski Saat Musim Hujan
click image to preview activate zoom

Jual Bibit Durian Montong yang Buahnya Tetap Manis Meski Saat Musim Hujan

Rp 75.000
KodeDurian Montong
Stok Tersedia
Kategori Bibit Buah, Bibit Durian
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Jual Bibit Durian Montong yang Buahnya Tetap Manis Meski Saat Musim Hujan

Jual Bibit Durian Montong – Apakah anda tahu jenis durian montong? Ya, Jenis durian yang satu ini memang tersohor keseantero nusantara. Durian yang satu merupakan buah unggul yang berasal darti negeri gajah putih Thailand. Budidaya durian montong sudah banyak dilakukan di Indonesia, karena bibitnya terbukti dapat tumbuh dan berbuah dengan baik. tapi bukan hanya bibit durian montong, bibit durian musangking, bibit durian duri hitam, bibit durian bawor, dan banyak lagi jenis durian unggul lainnya juga diketahui dapat tumbuh dan berbuah di indonesia.

Bibit Tanaman Durian Montong

Buah Durian Montong

Andai di hadapan Anda tersaji buah durian montong yang terbelah dan mengeluarkan aroma khas serta daging buah yang kuning mengilap. Sangat menggairahkan, bukan? Durian montong akan memanjakan lidah siapa pun yang mengonsumsinya karena daging buah yang lembut, manis, creamy, dan beraroma harum. Serat durian montong pun lebih lembut dan tidak benyek. Coba bandingkan dengan durian jenis lainnya yang rasanya kerap hambar dan tanpa aroma akibat panen pada kematangan 70%. Jika anda penasaran dengan budidaya durian montong, kami akan memberikan beberapa ulasan mengenai bibit durian montong agar anda lebih yakin untuk membudidayakannya.

[lwptoc]

Ciri-Ciri Durian Montong

Durian montong merupakan jenis durian unggul yang berasal dari Thailand, banyak yang menyukai jenis durian yang satu ini. Untuk meyakinkan anda agar membudiayakan durian montong berikut kami jabarkan ciri-ciri durian montong untuk anda.

Bentuk Durian Montong

Ciri-ciri durian montong yang pertama adalah memiliki ukuran buah yang cukup besar, satu buah durian montong mampu mencapai bobot rata-rata sekitar 4 – 6 kg perbuah bahkan mampu mencapai 10 kg perbuahnya. Sama seperti jenis durian lain buah durian montong juga memiliki kulit buah yang berduri berwarna hijau kekuningan.

Daging Buah Durian Montong

budidaya durian montong

Buah Durian Montong

Ciri-ciri durian montong yang kedua adalah memiliki daging buah yang tebal dengan biji yang kecil dan gepeng atau kempis. Warna daging buah durian duri hitam kuning keemasan, dengan tekstur buah yang lembut. Biasanya durian montong ini dipanen saat buahnya masih mengkal atau sekitar 70% matang, jadi daya simpan buahnya jauh lebih lama dibandingkan dengan jenis durian lain.

Rasa Durian Montong

Ciri-ciri durian montong selanjutnya adalah memiliki rasa yang dominan manis. Jika buah durian biasanya memiliki rasa manis, legit, dan sedikit pahit berbeda dengan durian montong. Durian montong memiliki rasa manis dan creamy serta tidak terlalu berlemak. Rasa durian montong lebih bisa diterima oleh orang-orang barat karena menurut mereka buah dengan rasa pahit bisa menyebabkan kanker karena zat karsinogenik. Padahal rasa pahit pada buah durian dihasilkan dari kandungan alkohhol yang terkandung dalam daging buahnya. Jadi bagi anda yang tidak terlalu suka rasa durian yang terlalu pahit anda bisa mencoba durian montong.

Aroma Durian Montong

Ciri-ciri durian montong terakhir adalaha aroma buahnya yang tidak terlalu kuat. Buah durian biasanya memiliki rasa dan aroma yang kuat, tetapi berbeda dengan durian montong. Durian montong memiliki aroma yang lebih lembut sehingga lebih dapat diterima oleh orang yang tidak menyukai aroma yang kuat. Buah durian montong ini juga cocok bagi yang tidak begitu bisa menikmati buah durian karena aromanya yang menyengat.

Keunggulan Durian Montong

Setelah mengetahui cir-ciri durian montong selanjutnya mari kita bahas keunggulan durian montong. Bibit durian montong diketahui memiliki berbagai macam keunggulan oleh karena itu kami sangat merekomendasikan anda untuk menanam durian montong jika ingin mencoba belajar budiaya durian. Budidaya durian montong memang terkenal mudah karena beberapa keunggulan berikut:

Bibit Durian Montong Memiliki TIngkat Adaptasi Tinggi

Bibit durian montong terkenal memiliki tingkat adapatasi yang tinggi, keunggulan durian montong tersebut membuatnya dapat ditanam pada wilayah dataran rendah maupun dataran tinggi. Itu memudahkan anda saat akan menanamnya. Ketinggian maksimal untuk menanam bibit durian montong adalah sekitar 1000 mdpl.

Bibit Durian Montong Bersifat Genjah

Keunggulan durian montong selanjutnya adalah bibitnya bersifat genjah. Bibit durian montong memang terkenal dapat berbuah lebih cepat jika dibandingkan dengan jenis durian lain. dalam waktu penanaman sekitar 3 – 4 tahun bibit durian montong sudah dapat berbuah, berbeda dengan jenis durian lain yang harus menunggu hingga 5 – 6 tahun dulu baru bibitnya dapat berbuah.

Bibit Durian Montong Tidak Terlalu Tinggi

Keunggulan durian montong selanjutnya adalah pohonnya memiliki ukuran yang tidak terlalu tinggi. Jika pohon durian biasanya memiliki ukuran pohon dengan tinggi hingga mencapai 8 meter, pohon durian montong hanya memiliki tinggi sekitar 4 – 5 meter saja. Keunggulan durian montong ini dapat memudahkan petani dalam pemanenan. Karena biasanya pada kasus durian lokal petani harus menunggu buah durian jatuh terlebih dahulu, sedangkan durian montong bisa dipetik bahkan sebelum buahnya matang sempurna.

Nilai Ekonomisnya Tinggi

Keunggulan durian montong selanjutnya adalah buah memiliki bilai ekonomis yang tinggi. Buah durian montong terkenal lebih mahal dari pada jenis durian lokal, rantang harga per kilogram buah durian ini sekitar Rp. 50.000 – Rp. 75.000. Tetapi jika dibandingkan dengan harga buah durian import lain seperti musangking, durian montong memiliki harga yang jauh lebih murah. Jadi harga durian montong berada di tengah-tengah durian lokal dan durian import.

Syarat Tumbuh Bibit Durian Montong

Sebelum memulai budidaya durian montong ada beberapa hal yang perlu anda penuhi, berkaitan dengan penanaman bibitnya. Dengan memenuhi syarat tumbuhnya, bibit durian montong yang anda tanam dapat tummbuh dan berbuah dengan baik dan optimal. Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda penuhi.

1. Bibit durian montong memang diketahui memiliki tingkat adaptasi yang tinggi, tapi agar dapat menghasilkan buah dengan kualitas yang optimal, lebih baik bibitnya ditanam pada daerah dengan ketinggian sekitar 100 – 500 mdpl.

2. Walaupun begitu bibit durian montong dapat tumbuh dan berbuah hingga ketinggian di bawah 100 mdpl, tetapi hasil buah yang dihasilkan kurang maksimal.

3. Tanah yang cocok untuk menanam bibit durian montong adalah tanah yang subur, gembur serta mengandung banyak unsur-unsur organik.

4. Jenis tanah yang cocok untuk menanam bibit durian montong biasanya adalah tanah grumosol dan tanah andosol.

5. Tingkat keasaman tanah untuk menanam bibit durian montong juga harus memiliki pH sekitar 5 – 7 untuk menunjang keunggulan durian montong.

6. Suhu udara yang cocok bagi bibit durian montong tumbuh berada pada kisaran 22 – 30 derajat Celcius.

7. Curah hujan yang pas untuk tumbuhnya bibit durian montong yaitu sekitar 2000 mm per tahun.

8. Tanam bibit durian montong di bawah sinar matahari dengan intensitas penyinaran sekitar 40 – 50 persen.

Budidaya Durian Montong

Membudidayakan bibit durian montong ini sebenarnya bisa dilakukan pada lahan terbuka maupun pada tabulampot. Tapi akan lebih baik jika ditanam langsung di tanah, karena pohonnya dapat tumbuh lebih besar. Beberapa hal yang harus anda lakukan dalam budidaya durian montong akan kami jabarkan dibawah ini.

Memilih Bibit Durian Montong Unggul

jual bibit durian montong unggul

Bibit Durian Montong

Agar penanaman bibit durian montong dapat berhasil anda harus memilih bibit unggul untuk ditanam. Bibit durian montong yang baik biasanya berasal dari perbanyakan bibit secara vegetatif, bisa menggunakan teknik okulasi, sambung pucuk, maupun cangkok. Keunggulan bibit hasil perbanyakan vegetatif adalah pohonnya dapat tumbuh dan berbuah lebih cepat jika dibandingkan dengan penanaman menggunakan biji.

Bahkan jika menanam menggunakan biji belum ada jaminan pohon yang dihasilkan akan menjadi pohon durian montong. Penanaman menggunakan biji juga memiliki waktu tumbuh dan berbuah yang sangat lama serta memiliki perawatan yang lebih sulit. Jadi lebih baik mencari bibit durian montong yang diperbanyak secara vegetatif. Anda bisa mencari tempat jual bibit durian montong di dekat tempat tinggal anda.

Jika tidak bisa menemukan tempat jual bibit durian montong di sekitar tempat anda tinggal anda juga bisa menghubungi bibitbuahku di halaman websitenya. Harga bibit durian montong yang ditawarkan juga terjangkau serta bersaing dengan toko pertanian lain.

Membuat Lubang Tanam

Tahap selanjutnya adalah membuat lubang tanam untuk bibit durian montong. Pertama terlebih dahulu bersihkan area penanaman dari sampah serta gulma dan juga rumput liar. Jika sudah dibersihkan gemburkan tanah menggunakan cangkul dan buat lubang tanam dengan ukuran sekitar 60 x 60 x 60 cm. Kemudian berikan pupuk kandang pada bagian dasar lubang tanam agar tanahnya ternutrisis dengan baik, setelah itu diamkan selama sekitar 2 minggu sebelum mulai penanaman.

Jika anda menanam lebih dari satu pohon, berikan jarak antar lubang tanam agar saat pohon tumbuh tidak saling berebut nutrisi dan mengganggu pertumbuhan satu sama lain. Jarak tanam yang aman untuk bibit durian montong adalah sekitar 7 – 10 meter.

Penanaman Bibit Durian Montong

Setelah selesai didiamkan dengan pupuk kandang anda bisa mulai menanam bibit durian montong yang anda miliki. Masukkan bibit durian montong ke dalam lubang tanam setelah itu timbun dengan menggunakan media tanam. Agar tanah yang digunakan memiliki nutrisi yang baik, usahakan agar tanah tersebut sudah dicampur dengan pupuk kandang yang sudah terfermentasi. Timbun hingga leher bibit durian montong. Setelah itu berikan ajir bibit durian montong tidak mudah jatu atau roboh saat ada angin kencang atau saat hujan deras.

Perawatan Bibit Durian Montong

jual bibit durian montong unggul

Merawat Pohon Durian Montong

Dalam budidaya durian montong perawatan tanaman merupakan hal yang harus dilakukan demi mendapatkan hasil yang optimal. Beberapa treatment perwatan pohon dalam budidaya durian montong yaitu.

Penyiraman Bibit Durian Montong

Penyiraman sangat mempengaruhi budidaya durian montong. Bibit durian montong tidak terlalu menyukai air tetapi pohonnya tidak boleh kering dan harus tetap lembab. Oleh karena itu bibit durian montong harus terus diawasi, biasanya penyiraman dilakukan seklai sehari untuk membuat bibit durian montong tetap lembab.

Melakukan Penyiangan & Penggemburan Tanah

Lakukan penyiangan saat rumput-rumput liar yang ada di sekitaran pohon sudah tumbuh besar. Budidaya durian montong dapat terhambat karena rumput liar menyerap nutrisi yang seharusnya diserap oleh pohon druian. Oleh karena itu pencabutan gulma ini harus segera dilakukan saat sudah tumbuh besar.

Penggemburan tanah juga harus dilakukan saat budidaya durian montong. Jika tanah padat maka penyerapan air oleh tanah akan terhambat dan dapat membuat perakaran pohon durian montong tergenang. Perakaran tidak boleh tergenang karena dapat menyebabkan pembusukan serta mampu membuat pohon durian mudah terserang penyakit dan mati.

Pemupukan Bibit Durian Montong

Bila Anda berkeinginan membudidayakan durian montong, jangan gunakan pupuk kimia secara terus-menerus karena akan menurunkan kualitas buah. Rasa yang dihasilkan kurang manis dan bagian tengah buah basah. Gunakan pupuk organic dan tebar lima sampai enam kilogram per pohon tiga kali dalam satu tahun. Untuk mencukupi nutrisi, Anda perlu menyemprotkan pupuk daun setiap dua pekan.

Efek pemulihan tampak dari banyaknya kotoran cacing di bawah pohon, tanda tanah mulai subur. Duan-duan dan bunga baru pun lekas bermunculan, meski buah belum panen. Agar lebih produktif, Bibitbuahku.com memberi saran agar Anda membuang cabang-cabang yang posisinya miring dan bertumpuk. Kedua cabang itu kurang produktif dan memanfaatkan nutrisi. Sebab bunga durian mucul di cabang yang mendatar. Soal produksi per pohon menghasilkan lima puluh sampai seratus buah sejak berusia empat tahun.

Pengendalian Hama Pada Bibit Durian Montong

Meski durian montong berbuah dan panen di musim hujan, rasa yang dimiliki tetap enak, manis, dan beraroma. Bobot durian montong mencapai empai hingga lima kilogram. Agar tanaman durian tidak terserang cendawan Phytophthora palmivora yang mengakibatkan buah rontok, Anda perlu melumuri pangkal batang menggunakan bubur bordo atau menyemprotkan pestisida menggunakan bahan aktif metalaxil. Biasanya cendawan itu muncul di saat musim hujan.

Nah, demikianlah informasi yang Bibitbuahku.com berikan kepada Anda. Jika anda mencari tempat jual bibit durian montong yang unggul dan terpercaya jangan lupa mengunjungi kami di website bibitbuahku. Harga bibit durian montong yang kami tawarkan juga terjangkau serta bersaing dengan toko pertanian lain. Tetap rawat tanaman Anda agar hasil yang diperoleh sesuai cita-cita. Sekian dari kami, tetap setia berkunjung di Bibitbuahku.com, dan terima kasih. Sampai jumpa di lain kesempatan.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Jual Bibit Durian Montong yang Buahnya Tetap Manis Meski Saat Musim Hujan

Berat 60 gram
Kondisi Baru
Dilihat 10.685 kali
Diskusi 1 komentar
  • Taswanto - Brebes

    Di kampung saya durian si montong belum semuanya rasanya manis.melainkan rasanya hambar semua rata rata.

    Rating: 4 / 5
    Balas 19 Desember 2019 | 8:00 pm

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: