Beranda » Benih Sayuran » Bibit Sawo Mentimun 50cm Up
click image to preview activate zoom

Bibit Sawo Mentimun 50cm Up

Rp 80.000
KodeSawo Mentimun
Stok Tersedia
Kategori Benih Sayuran
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Bibit Sawo Mentimun 50cm Up

Bibit Sawo Mentimun – Sawo mentimun bukanlah hasil persilangan dari buah sawo dengan mentimun, bentuk buah sawonya yang memanjang menyerupai mentimun lah yang menjadi alasannya. Daging buah sawo mentimun ini tekenal denan kemanisannya yang lezat serta daging buahnya yang tebal.

Sawo mentimun adalah buah sawo yang bentuk buahnya lonjong memanjang seperti mentimun sehingga disebut dengan nama sawo mentimun. Buah sawo mentimun memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh buah sawo dengan bentuk bulat pada umumnya. Ukuran buahnya lebih besar dan daging buahnya lebih tebal, untuk urusan rasa sawo mentimun ini memiliki rasa yng tidak kalah nikmatnya dengan sawo lain, manis segar dan nikmat. Kulit buah sawo mentimun memiliki warna pada buah sawo umumnya yang berwarna cokelat.

Batang tanaman sawo mentimun berwarna cokelat, memiliki permukaan kasar dengan kandungan getah lateks yang tinggi. Daunnya merupakan daun tunggal, permukaannya sedikit berbulu berwarna hijau tua mengkilap bentuknya oval. Bunga sawo mentimun menyerepuai bunga sawo biasanya, bunganya terletak di ketiak daun dekat ujung ranting bertangkai 1-2 cm dan diameter 1,5 cm. Warna bunga kecokelatan dengan kelopak bunga tersusun dalam dua lingkaran.

Bibit Sawo Mentimun

Bibit Sawo Mentimun

Selain bentuknya yang unik dan rasanya yang nikmat, buah sawo mentimun juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat buah sawo mentimun bagi kesehatan:

  • Kandungan vitamin A pada buahnya sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata
  • Kandungan kalsium, kalium dan fosfor yang terkandung dalam buahnya sangat baik untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis
  • Kandungan vitamin E dalam buah sawo mentimun sangat bak untuk menjaga kesehatan kulit
  • Buah sawo mentimun juga bisa mengobati diare tanpa diolah, langsung saja dengan memakan buahnya.

Tanaman sawo mentimun bisa tumbuh optimal di dataran rendah sampai dataran tinggi dngan ketinggian 1200 mdpl. Tanah yang baik untuk tanaman sawo mentimun adalah tanah lempung berpasir dengan kandungan organic yang banyak. Tingkat pH tanah yang baik adalah 5,7-7 dan suhu lingkungannya berkisar 220-330C dengan curah hujan sedang.

Tanaman sawo mentimun bisa ditanam di lahan kebun maupun di dalam pot. Untuk penanaman di lahan kebun, lubangtanam dibuat dengan ukuran 60X60X60 cm untuk Janis tanah yang gembur, ukran 100X100X100 cm dibuat untuk tanah yang berjenis keras. Jarak antar lubang baiknya diatur dengan jarak 7x8m sampai 10x10m. Galian tanah lubang tanam dipisahkan antara tanah bagian atas dan bagian bawahnya. Biarkan lubang tanam terbuka untuk mendapat sinar matahari dan diangin-anginkan selama 2 minggu. Setelah itu, masukan tanah bagian atas dicampur dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1, begitu juga dngan tanah bagian bawahnya. Masukan tanah bagian atas kedalam lubang tanam diikuti tanah bagian bawah diatasnya. Biarkan selama 1-2 minggu sebelum ditanami agar campuran stabil dan pupuk kandang meresap dengan baik. Setelah siap, buat lubang seukuran polybag bibit sebagai tempat tanam bibit pada lubang tanam. Buka polybag bibit dan tanam bibit sawo mentimun dengan menyertakan tanah bibitnya. Tutup dengan tanah dan adatkan secukupnya.

Penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore hari sampai tanaman beumur 1 bulan, penyiraman dikurangi menjadi satu kali per hari saat berumur 2-3 bulan. Saat tanaman sudah kuat, penyiraman disesuaikan dengan kondisi tanah dan cuaca. Untuk pemupukan dilakukan sesuai dengan masa perkembangan tanaman, intuk umur 2 minggu – 1 bulan diberi pupuk urea 25 gram per pohon, umur 2 buan diberi 30 gram Urea ditambah SP 10 gram per pohon, umur 4 bulan diberi urea 50 gram dan sp 20 gram. Untuk pemupukan pada tanaman berusia 1 tahun keatas menggunakan pupuk ZA 250 gram dan bokashi 30-40 kg per pohon. Masa berbuah sawo mentimun bisa dicapai saat tanaman berumur 1-2 tahun.

Untuk penanaman di dalam pot baiknya menggunakan pot berdiameter lebih dari 60cm. media tanam yang bisa digunakan adalah tanah dan pupuk kandang (1:1) atau tanah, sekam dan pupuk kandang (1:1:2). Setelah ditanam, siram tanaman setiap hari satu kali secukupnya dan diberipupuk NPK daun setiap satu bulan sekali.

Informasi Umum Bibit Sawo Mentimun :

  • Nama : Sawo Mentimun
  • Nama latin : Manilkara zapota
  • Perbanyakan : Okulasi dan sambung
  • Tinggi bibit mulai dari 35cm – 2m up
  • Usia Bibit : mulai dari 3 bulan setelah okulasi atau sambung
  • Tempat tumbuh optimal : dataram rendah sampai tinggi (1200 mdpl)
  • Kebutuhan sinar matahari : penyinaran penuh sepanjang hari
  • Masa berbuah : umur 1-2 tahun mulai berbuah

[table id=59 /]

Bibit Sawo Mentimun – Sawo mentimun, sawo super berasa nikmat ini bisa menjadi pilihan anda untuk ditanam di kebun atau ditanam di dalam pot sebagai hiasan rumah. Daging buah tebal dan rasanya yang manis segar dan nikmat membuat buah sawo mentimun menjadi buah favorit. Apakah anda tertarik untuk menanam tanaman sawo mentimun?

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Bibit Sawo Mentimun 50cm Up

Berat 30 - 55 gram
Kondisi Baru
Dilihat 4.783 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: