Beranda » Bibit Buah » Bibit Tanaman Jambu Air Dalhari 45cm Up

Bibit Tanaman Jambu Air Dalhari 45cm Up

Kode: Jambu Air Dalhari Stok: Tersedia
Berat 30 - 55 gram
Kondisi Baru
Kategori Bibit Buah, Jambu
Dilihat 7.363 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
Rp 55.000
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bibit Tanaman Jambu Air Dalhari 45cm Up
Bibit Tanaman Jambu Air Dalhari Rp 55.000
Tersedia / Jambu Air Dalhari
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Bibit Tanaman Jambu Air Dalhari 45cm Up

Bibit Tanaman Jambu Air Dalhari – Jambu air yang berasal dari daerah Jogjakarta ini terkenal dengan tekstur buahnya yang kenyal dan memiliki rasa manis yang segar ditengorokan. Tidak heran jika jambu air dalhari ini masuk kedalam jajaran jambu varietas unggul di Indoneisa

Bibit Tanaman Jambu Air Dalhari – Jambu air Dalhari, nama yang cukup membuat orang bertanya-tanya, apa arti Dalhari itu? Dalhari ternyata adalah orang yang pertama kali mengembangkan jenis jambu ini, jambu ini pertamakali dikembangkan di kota Jogjakarta dan dengan singkat menjadi buah bibir karena kelezatan rasanya. Rasa jambu air dalhari memiliki warna merah yang menarik dengan gradasi merah kehijauan bergaris-garis. Daging buah jambu air dalhari juga tebal bertekstur renyah dan jumlah bijinya sangat sedikit.

Jambu air dalhari bisa ditanam dilahan maupun di dalam pot. Karakteristik pohonya seperti jambu air lain, memiliki batang bulat berwarna cokelat kehitaman dengan daun berwarna hijau dan terdiri dari banyak cabang. Tanaman jambu air alhari terkenal akan sifatnya yang mudah berbuah. Jambu air dalhari dapat tumbuh optimal di dataran dengan ketinggian sampai 700 mdpl. Setiap pohon jambu dalhari mampu memrproduksi 100-200 kg buah setiap musimnya ketika berusia 3-4 tahun. Pada saat menginjak usia 6 tahun, setiap pohon mampu memproduksi 500-600 kg setiap musimnya. Biasanya masa panen jambu air alhari adalah bulan juli sampai September dan puncaknya pada bulan Agustus. Jambu air dalhari dapat tumbuh optimal dengan suplai air yang cukup namun jangan sampai berlebihan, saat musim hujan perlu diantisipasi agar tidak tergenang karena kalau kualitas buah akan menurun baik dari segi rasa maupun ketahanannya.

Bibit Tanaman Jambu Air Dalhari

Buah Jambu Air Dalhari

Penanaman tanaman jambu air dalhari bisa dilakukan di lahan kebun maupun pot. Untuk penanaman di lahan kebun, tanah yang baik adalah tanah gembur dan mengandung banyak bahan organic dengan ph 5,5 -7,5. Agar hasil optimal, lahan harus mendapat penyinaran sinar matahari minimal 80%. Bersihkan dahulu lahan dari gulma dan sisa tanaman lain. Lubang tanam bisa dibuat dengan ukuran 60X60X60 cm dengan memisahkan tanah bagian atas dan bawah, biarkan lubang terbuka selama dua minggu. Jarak antar lubang satu dengan lain berjarak 6X6 meter agar tanaman tidak saling mengganggu saat tumbuh tinggi nanti. Tanah bagian atas yang sudah dipisahkan tadi dicampur dengan 10-20 kg pupuk kandang atau kompos dan ditambahkan kapur (250 gram), setelah 2 minggu lubang tanam dan campuran sudah siap sebagai media tanam. Masukan campuran tanah tersebut kedalam lubang tanam kira-kira sampai 3/2 dari kedalaman lubang kemudian anam bibit jambu air dalhari dan ditutup dengan sisa campuran tanah yang belum dimasukan, padatkan seperlunya agar tanaman tidak mudah robh. Pengairan dilakukan 1-2 kali sehari selama 2 minggu pertama. Pada musim kemarau penyiraman dilakukan pada sore hari dengan interval 4-5 hari. Pemupukan dimulai setelah 4 bulan dengan 10-20 kg pupuk kandang, saat tanaman berusia 1-3 tahun menggunakan 20-30 kg pupuk kandand dicampur dengan pupuk NPK 0,25-0,5 kg. saat usia diatas 3 tahun, pupuk kandang ditingkatkan menjadi 40-60 kg dan 0,5 kg pupuk NPK. Pupuk NPK ditambahkan dosisnya sebanyak 50 gram tiap umur tanaman bertambah 1 tahun.

Jika anda ingin menanam tanaman jambu air dalhari dalam pot, gunakanlah pot berdiameter 60cm atau lebih dengan media tanam campuran tanah, kompos, dan kotoran kambing dengan perbandingan 1:2:1. Setelah siap, bibit tanaman jambu air dalhari bisa ditanam. Penyiraman cukup dilakukan 1-2 hari sekali dan diberi pupuk NPK daun setiap bulannya.

Bibit Tanaman Jambu Air Dalhari

Bibit Tanaman Jambu Air Dalhari

Informasi Seputar Bibit Tanaman Jambu Air Dalhari :

  • Nama : Jambu Air Dalhari
  • Nama ilmiah : Syzygium aqueum
  • Asal : Jogjakarta
  • Perbanyakan : Okulasi
  • Tinggi Bibit : mulai 35cm sampai 2 m
  • Usia bibit : mulai dari usia 3 bulan dari okulasi
  • Tempat Tumbuh : mampu tumbuh didatran rendah maupun dataran tinggi
  • Tempat tumbuh Optimal : Dataran rendah dengan suhu 30-35 derajat celcius.
  • Janis tanah ideal : Tanah remah
  • Masa berbuah : Mulai umur 1 tahun setelah masa tanam
  • Musim berbuah : Sepanjang tahun
  • Pemberian pupuk : Satu bulan sekali dengan pupuk organic untuk rasa buah yang lebih manis dan tahan lama
  • Jenis Jambu unggulan lainnya : Jambu Air Madu Deli hijau, Jambu Air Bajang Leang, Jambu Air Kusuma Merah, Jambu Air Citra

[table id=40 /]

Bibit Tanaman Jambu Air Dalhari – Jambu air khas Jogjakarta ini merupakan salah satu jenis jambu air unggulan yang banyak digemari masyarakat, rasa manis menyegarkan, daging buahnya yang kenyal namun renyah mampu membuat orang ketagihan. Tidak heran jika banyak orang yang mencarinya dan merupakan peluang besar bagi anda untuk mendapat untung dari budidaya jambu air dalhari ini. Apakah anda tertarik menanam jambu air dalhari?

Save

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Ditambahkan pada: 12 Agustus 2016
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. Gebyok Raya, Dusun Mengger, Kelurahan Patemon RT.03/RW.03

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50228

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yaniz
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja