Beranda » Bibit Buah » Bibit Alpukat » Bibit Alpukat Hong Ngoc – Alpukat Vietnam Dengan Daging Buah Berwarna Merah

Bibit Alpukat Hong Ngoc – Alpukat Vietnam Dengan Daging Buah Berwarna Merah

Stok: Tersedia
Berat 300 gram
Kondisi Baru
Kategori Bibit Alpukat, Bibit Buah
Dilihat 237 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
*Mulai Rp 200.000
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bibit Alpukat Hong Ngoc – Alpukat Vietnam Dengan Daging Buah Berwarna Merah
jual bibit alpukat hong ngoc *Mulai Rp 200.000
Tersedia
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Bibit Alpukat Hong Ngoc – Alpukat Vietnam Dengan Daging Buah Berwarna Merah

Jual Bibit Alpukat Hong NgocAlpukat merupakan tanaman buah meja yang berasal dari Mexico dan Amerika Tengah, buah yang satu ini biasanya dijadikan berbagai macam olahan produk makanan maupun minuman. Saat ini di Indonesia, terdapat berbagai macam jenis buah alpukat baik lokal maupun import yang bibitnya dapat tumbuh dan berbuah dengan baik. Salah satu varietas buah alpukat import yang dapat tumbuh dan berbuah dengan baik di Indonesia adalah buah alpukat Hong Ngoc.

jual bibit alpukat hong ngoc

Alpukat Hong Ngoc

Alpukat Hong Ngoc merupakan salah satu jenis bibit alpukat unggul yang berasal dari Vietnam. Perlu anda ketahui jika Vietnam memang memiliki beberapa jenis alpukat unggul yang sudah terkenal di beberapa negara, sebut saja alpukat thanh bich, alpukat cuba, dan alpukat booth 7, dan tentu saja alpukat Hong Ngoc. Bagi anda yang penasaran seperti apa sebenarnya alpukat hong ngoc ini mari kita bahas ciri-cirinya.

Ciri-ciri Alpukat Hong Ngoc

Alpukat hong ngoc atau juga dikenal dengan nama alpukat ruot do adalah tanaman buah yang memiliki keunikan pada warna daging buahnya sehingga banyak yang mencari buah alpukat yang satu ini karena saking penasarannya. Baiklah berikut ulasan mengenai ciri-ciri alpukat hong ngoc.

Buah Berwarna Merah

Ciri-ciri alpukat hong ngoc yang pertama bisa anda lihat dari warna daging buahnya yang merah. Warna merah pada daging buah alpukat hong ngoc ini berada di sekitaran biji kemudian semakin ke tepi warna buahnya akan semakin kuning. Nama Ruot Do sendiri sebenarnya memiliki arti usus merah, kami tidak paham apakah nama itu diambil karena buahnya yang memiliki warna merah seperti usus atau bagaimana. Yang jelas warna daging buah alpukat yang satu ini cukup menarik dan memanjakan mata karena gradasi warnanya yang cantik. Anda bisa melihat warna daging buah yang merah ini saat kematangan buahnya sudah hampir sempurna, jika masih muda warna merah buahnya belum terlalu terlihat yang ada hanya warna kuning.

Ukuran Buah yang Besar

Selain warna buahnya yang cantik ciri-ciri alpukat hong ngoc adalah memiliki ukuran buah yang terbilang cukup besar, dengan rata-rata berat buah mencapai 800 gram hingga 1,5 kg, dengan bentuk buah yang cukup panjang sedikit melonjong sama seperti alpukat aligator.

Daging Buah Tebal

Dengan ukuran buah yang besar dan warna buah yang cantik buah alpukat hong ngoc semakin memantapkan keunggulan buahnya karena memiliki daging buah yang sangat tebal. Dengan kuantitas buah sekitar 70 – 75% dari keseluruhan buah, jadi 25% nya adalah merupakan biji buah.

Daun Buah Sedikit Lebar

Selanjutnya adalah penampakan pohonnya, sama seperti buah alpukat lain ciri-ciri pohon alpukat hong ngoc memiliki batang kayu dengan bentuk daun yang sedikit melebar dan urat daunnya tegas. Warna daunnya merah kecokelatan saat masih muda dan hijau saat sudah tua.

Budidaya Alpukat Hong Ngoc

Jika anda tertarik untuk membudidayakan bibit alpukat hong ngoc, ada beberapa hal yang perlu anda siapkan, mulai dari penanaman hingga perawatan pohonnya. Anda dapat menanam bibit alpukat hong ngoc ini pada area lahan perkebunan maupun menggunakan tabulampot jika tidak memiliki lahan yang terlalu luas. Untuk melakukan penanaman pada area perkebunan, yang perlu anda lakukan yaitu:

Memilih Bibit Alpukat Hong Ngoc Unggul

Ciri-ciri alpukat hong ngoc

Bibit Alpukat Hong Ngoc

Agar budidaya alpukat hong ngoc yang anda lakukan dapat menghasilkan buah yang banyak dan lebat, anda harus memilih bibit alpukat hong ngoc yang unggul. Biasanya bibit alpukat unggul berasal dari perbanyakan bibit secara vegetatif. Perbanyakn vegetatif ini bisa menggunakan beberapa teknik seperti cangkok, okulasi, maupun sambung pucuk.

Keunggulan menggunakan bibit yang diperbanyak secara vegetatif adalah dapat tumbuh dan berbuah lebih cepat jika dibandingkan menggunakan pohon yang berasal dari biji. Selain itu sifat-sifat dari pohon induk akan diturunkan 99% kepada bibit, jadi jika pohon induk dapat berbuah banyak dan lebat maka bibitnya pun akan demikian.

Walaupun belum terlalu terkenal di Indonesia tetapi anda bisa menemukan tempat jual bibit alpukat hong ngoc hasil perbanyakan vegetatif di toko-toko pertanian yang menjual bibit tanaman. Tapi jika anda merasa sulit menemukan tempat jual bibit alpukat hong ngoc, anda bisa menghubungi kami di bibitbuahku.

Kami menyediakan berbagai macam jenis bibit alpukat dan bibit buah unggul lain yang diperbanyak secara vegetatif. Selain itu harga bibit alpukat hong ngoc yang kami tawarkan pun bersaing dengan toko pertanian lain. Jadi anda tidak perlu ragu dan bisa langsung memesan bibit buah yang anda inginkan kepada kami.

Membuat Lubang Tanam

Jika anda sudah mendapatkan bibit alpukat hong ngoc unggul, tahap selanjutnya adalah membuat lahan tanam untuk penanamannya. Bersihkan terlebih dahulu tanah yang akan anda gunakan dari sampah, rumput liar, dan juga gulma. Setelah bersih gemburkan tanah menggunakan cangkul, dan buat lubang tanam dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm. setelah itu berikan pupuk kandang yang sudah terfermentasi pada bagian dasar lubang tanam untuk membuat tanahnya lebih ternutrisi, kemudian diamkan selama dua minggu sebelum penanaman.

Berikan Jarak Tanam

Jika anda akan menanam lebih dari satu bibit anda harus memberikan jarak tanam antar lubang agar tidak saling berebut nutrisi dan mengganggu pertumbuhan. Jarak tanam yang paling aman untuk menanam bibit alpukat hong ngoc adalah sekitar 7 – 10 meter. Jika anda membudidayakannya demi tujuan komersial lebih baik menggunakan jarak tanam 7 meter agar lahan bisa menerima bibit lebih banyak.

Penanaman Bibit Alpukat Hong Ngoc

Setelah lahan siap ditanam dan bibit juga siap anda bisa melakukan penanaman. Cara menanam bibit alpukat hong ngoc sama seperti cara menanam pohon buah yang lain, cukup masukkan bibitnya ke dalam lubang tanam kemudian timbun dengan tanah. Ada baiknya anda menggunakan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang saat menimbun bibit, tapi menggunakan tanah biasa pun tidak masalah. Cukup timbun sampai leher bibit dan berikan ajir agar pohon tidak mudah roboh saat terkena hujan deras.

Perawatan Bibit Alpukat Hong Ngoc

harga bibit alpukat hong ngoc unggul

Bibit Alpukat Hong Ngoc

Setelah melakukan penanaman tahap selanjutnya dalam melakukan budidaya alpukat hong ngoc adalah merawat bibitnya agar dapat tumbuh dan bebruah dengan lebat. Beberapa langkah yang harus anda lakukan dalam merawat bibit alpukat hong ngoc yaitu.

Melakukan Penyiraman

Lakukan penyiraman secara rutin setiap dua hari sekali pada waktu pagi dan juga sore hari, jangan sampai berlebihan untuk melakukan penyiraman. Usahakan agar tidak ada air yang menggenangi perakaran bibit. Karena jika ada genangan air perakaran bibit bisa membusuk dan membuatnya mudah terkena penyakit.

Penggemburan Tanah

Jadi rutin juga penggemburan tanah agar tidak terjadi pemadatan tanah dan membuat air tidak dapat terserap dengan baik. Gemburkan tanah menggunakan cangkul atau alat lainnya, tetapi anda perlu hati-hati jangan sampai melukai perakaran bibit.

Pemupukan Bibit Alpukat Hong Ngoc

Berikan pupuk kandang setiap 3 bulan sekali untuk menutrisi tanah, untuk membantu bibit tumbuh dan bebruah dengan baik. Gunakan pupuk kandang yang sudah kering dan terfermentasi dengan baik. Jika menggunakan pupuk yang belum terfermentasi anda bisa mengaplikasikannya dengan cara menyiraminya di sekitar pangkal batang. Jangan mencampurkannya dengan tanah, cukup ditaburkan disekeliling batang dengan jarak sekitar 30 cm. karena jika terlalu dekat takutnya pupuk kandang akan menumbuhkan jamur.

Demikianlah ulasan kami mengenai bibit alpukat hong ngoc yang berasal dari Vietnam. Jika anda mencari tempat jual bibit alpukat hong ngoc anda bisa mendatangi kebun bibitbuahku atau bisa menghubungi kontak yang tertera. Tidak usah ragu, harga bibit alpukat hong ngoc yang kami tawarkan bersaing dengan toko pertanian lain selain itu kami juga memberikan garansi pada bibit buah yang kami jual.

Tags: , , , , , ,

Ditambahkan pada: 1 Juli 2021
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. Gebyok Raya, Dusun Mengger, Kelurahan Patemon RT.03/RW.03

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50228

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yaniz
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja