Beranda » Bibit Buah » Bibit Durian » Bibit Durian Masmuar, Salah Satu Varietas Durian Dari Malaysia

Bibit Durian Masmuar, Salah Satu Varietas Durian Dari Malaysia

Kode: 50 cm -70 cm Stok: Tersedia
Berat 1200 gram
Kondisi Baru
Kategori Bibit Durian
Dilihat 177 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
Rp 150.000
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bibit Durian Masmuar, Salah Satu Varietas Durian Dari Malaysia
Rp 150.000
Tersedia / 50 cm -70 cm
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Bibit Durian Masmuar, Salah Satu Varietas Durian Dari Malaysia

Durian adalah salah satu tumbuhan yang yang memiliki habitat di daerah tropis. Durian merupakan salah satu tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara. Terdapat beberapa negara di Asia Tenggara yang menjadi tempat tumbuhnya durian, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Pohon durian memiliki habitat pertumbuhan di dataran rendah hingga dataran tinggi. Namun, tempat penanaman yang ideal bagi pohon durian adalah di ketinggian 400 – 600 meter diatas permukaan laut. Buah durian memiliki julukan sebagai raja dari segala buah. Durian memiliki banyak jenisnya.

Durian memiliki banyak penggemarnya karena memiliki rasa yang nikmat dan aroma yang kuat. Namun, aroma kuat yang menjadi ciri khas buah durian membuat sebagian orang tidak menyukainya. Di negara Malaysia, durian memiliki lebih dari 200 jenis yang terdaftar. Namun, hanya 10 jenis yang dianjurkan oleh pemerintah Malaysia untuk di budidaya dan dikomersilkan.

Salah satu jenis durian yang berasal dari Malaysia adalah durian Masmuar. Durian masmuar dari Malaysia memiliki beberapa nama, yakni durian ioi, D168, dan durian Hajah Hasmah.

Durian Masmuar dari Negeri Jiran

Durian masmuar merupakan salah satu jenis durian yang beras dari Negeri Jiran, Malaysia. Durian masmuar merupakan salah satu varietas unggul yang berasal dari Malaysia. Di Malaysia, durian masmuar memiliki banyak nama, yakni durian ioi, D168, dan durian Hajah Hasmah.

rasa durian masmuar

rasa durian masmuar

Pada awalnya, di Malaysia hanya ada 1 pohon durian masmuar yang hanya ditanam oleh Hajah Hamsah. Beliau tidak menjual buah duriannya meskipun banyak peminatnya. Tetapi, beliau hanya memberikan buah dan cabang pohonnya ke tetangga-tetangganya.

Sejak saat itu, durian Hajah Hasmah mulai dikomersilkan untuk umum. Hingga pada tahun 1989, durian yang ditanam oleh Hajah Hasmah terdaftar sebagai varietas durian superior dari Malaysia, yang diberi nama durian masmuar dengan kode regristrasi D-168.

Durian masmuar memiliki ukuran buah yang tidak terlalu besar. Ukuran untuk 1 buahnya hanya berkisar antara 1,5 kg – 3 kg. Daging buah durian masmuar berwarna kuning pekat dengan daging yang tebal. Durian masmuar memiliki rasa yang manis dan sedikit ada rasa pahit. Paduan rasa yang unik ini, membuat durian masmuar banyak diburu oleh para pecinta durian.

Di Indonesia, terdapat beberapa perkebunan yang membudidayakan durian masmuar. Salah satunya ada di perkebunan durian Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Ciri-Ciri Durian Masmuar

Durian masmuar memiliki bentuk buah yang bulat dan berukuran sedikit kecil dari durian lainnya dengan berat rata-rata 1,5 kg – 3 kg per buahnya. Durian masmuar memiliki duri yang rapat di seluruh kulitnya dengan bentuk duri yang panjang dan lunak. Kulit durian masmuar memiliki warna hijau muda.

buah durian masmuar

buah durian masmuar

Durian masmuar memiliki daging buah berwarna kuning pekat sedikit jingga. Daging buah memiliki tekstur yang lembut dan padat. Durian masmuar memiliki daging yang sedikit berair dibandingkan dengan durian lainnya dan berlemak. Durian masmuar memiliki rasa manis dengan kombinasi rasa pahit. Perpaduan kedua rasa tersebut yang membuat durian masmuar banyak dicari oleh pecinta durian.

Durian masmuar memiliki aroma yang tidak terlalu menyengat. Selain itu, durian masmuar mudah dibuka meski tidak menggunakan alat. Hal tersebut merupakan salah satu ciri dari durian masmuar. Durian masmuar memiliki bentuk biji pipih dan kecil.

Jika ditinjau dari pohonnya, durian masmuar memiliki bentuk pohon yang relatif kecil dan pendek. Pohon durian masmuar memiliki tinggi pohon sekitar 5-10 meter. Selain itu, setiap phon masmuar dapat menghasilkan 20-30 biji setiap kali panen.

Keunggulan Durian Masmuar

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh durian masmuar adalah rasa dagingnya yang memiliki paduan rasa antara manis dan pahit. Hal tersebut membuat para penikmat durian masmuar tidak merasa eneg ketika memakannya dalam jumlah banyak. Selain itu, durian masmuar gampang dibuka meski tanpa menggunakan alat.

Keunggulan lain adalah tinggi pohon masmuar relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis pohon durian lainnya. Tinggi pohon durian masmuar hanya mencapai 5-10 meter. Persentase kematangan yang mencapai 95-98% membuat durian masmuar nikmat untuk dinikmati.

Bagi para pecinta durian yang ingin membeli bibit durian masmuar untuk ditanam sendiri, kini tidak perlu repot dan pergi jauh ke Malaysia untuk mendapatkannya. Anda hanya cukup melakukan pembelian dari website kami, karena kami menjual bibit durian masmuar dan jenis bibit lainnya.

Bibit durian masmuar yang kami jual, kami jamin keasliannya karena kami datangkan langsung dari Malaysia. Kami juga memastikan bibit yang kami jual adalah bibit unggulan yang telah melalui proses pencangkokan dan okulasi. Perawatan bibit selalu kami lakukan dengan baik untuk menjaga kesehatan bibit durian di tempat kami.

Pemberian nutrisi pada setiap bibit tumbuhan di tempat kami selalu kami lakukan dengan rutin untuk menjaga pertumbuhan bibit. Proses pemberian nutrisi dilakukan oleh tenaga profesional d bidangnya.
Kami juga menyediakan jasa pengiriman ke berbagai tempat tujuan. Anda hanya perlu menghubungi kami di nomor yang tertera di website kami, dan kami langsung mengirimkan pesanan Anda.

Untuk pengiriman bibit, kami memberikan asuransi apabila bibit yang yang diterima tidak sesuai atau rusak. Anda dapat melakukan klaim asuransi kepada kami, maka kami akan mengganti dengan bibit yang baru atau mengembalikan uang Anda sepenuhnya.

Cara Menanam Bibit Durian Masmuar

bibit durian masmuar

bibit durian masmuar

Penanaman bibit durian masmuar sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara penanaman jenis bibit durian lainnya. Penanaman dilakukan di tempat yang memiliki sinar matahari yang cukup dan terkena hujan. Tanah sebagai media tanam harus dalam kondisi gembur dan subur.

Setelah menentukan tempat, kemudian buat lubang dengan lebar kurang lebih 1 meter dengan kedalaman 50 cm. Kemudian masukkan pupuk kandang yang sudah difermentasi kedalam lubang dan tutup lubang selama 1 minggu. Setelah 1 minggu, masukkan bibit durian kedalam lubag dan tutup bibit dengan tanah hingga pangkal batang bibit.

Cara Pemupukan Bibit Durian Masmuar

Pemupukan pada bibit durian masmuar sebaiknya dilakukan menggunakan pupuk alami seperti pupuk kandang yang sudah di fermentasi. Namun, pemupukan dapat juga dilakukan menggunakan pupuk buatan seperti MPK yang banyak dijual di toko-toko pertanian.

pohon durian masmuar

pohon durian masmuar

Untuk pemupukan bibit durian masmuar, lakukan dengan menyiramkan pupuk di sekitar bibit durian secara merata. Pemupukan dilakukan sebanyak 1 kali dalam 1 bulan. Namun, jika pohon sudah mulai besar, pemupukan dapat dilakukan 2 bulan sekali atau bahkan pemupukan dilakukan 1 tahun sekali ketika pohon sudah mulai besar.

Selain memberikan pupuk secara teratur, penyiraman bibit secara rutin harus dilakukan, agar bibit pohon tidak kekurangan air untuk pertumbuhannya. Penyiraman bibit durian masmuar yang masih kecil dapat dilakukan 2 kali sehari, yakni pada pagi hari dan sore hari.

Cara Agar Durian Masmuar Cepat Berbuah

Agar durian masmuar cepat berbuah, pastikan bibit yang ditanam merupakan bibit unggulan dan telah melalui proses pencangkokan atau okulasi. Selain itu, pastikan tidak ada tumbuhan liar dan gulma yang mengganggu perkembangan pohon durian masmuar.

Pemberian pupuk dan nutrisi yang teratur dapat mempercepat pertumbuhan pohon durian. Yang paling penting, pastikan pohon durian yang ditanam terkena sinar matahari yang cukup dan terkena air hujan secara langsung.

Demikian tadi ulasan kami terkait durian masmuar, semoga bermanfaat

Tags: , , , , , ,

Ditambahkan pada: 11 Februari 2020
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. RM Koesbiyono Tjondro Wibowo. Kelurahan Mangunsari. RT.03/ RW.04

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50227

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
Ifti
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Ifti
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja