Beranda » Bibit Buah » Jual Bibit Kelengkeng Merah Super Cepat Berbuah

Jual Bibit Kelengkeng Merah Super Cepat Berbuah

Kode: Lengkeng Merah Stok: Tersedia
Berat 25 - 35 gram
Kondisi Baru
Kategori Bibit Buah, Lengkeng
Dilihat 18.830 kali
Diskusi 3 komentar
Bagikan
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Jual Bibit Kelengkeng Merah Super Cepat Berbuah
kelengkeng merah mudah berbuah*Harga Hubungi CS
Tersedia / Lengkeng Merah
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Jual Bibit Kelengkeng Merah Super Cepat Berbuah

Jual Bibit Kelengkeng Merah – Kelengkeng merupakan tanaman buah sejenis lerak-lerakan yang berasal dari Asia Tenggara. Buah kelengkeng biasanya memiliki bentuk bulat-bulat kecil dengan kulit berwarna cokelat. Banyak jenis kelengkeng yang dapat tumbuh di Indonesia mulai dari bibit kelengkeng new kristal, bibit kelengkeng matalada, dan satu lagi jenis kelengkeng yang sangat unik yakni bibit lengkeng merah.

kelengkeng merah mudah berbuah

Kelengkeng Merah

Mungkin selama ini apa yang ada di dalam benak anda buah lengkeng adalah buah berbentuk bulat dengan kulit warna kecokelatan saja, namun apakah anda pernah mendengar kelengkeng merah? Ya, kelengkeng ini memang memiliki kulit buah berwarna merah solid eksotik yang terlihat sangat unik dan mencolok.

Untuk urusan rasa dijamin anda akan puas, kelengkeng merah ini terkenal dengan rasa manisnya yang lezat. Dibalik itu semua ada hal yang belum banyak diketahui banyak orang terkait kelengkeng merah ini salah satunya adalah bibit kelengkeng merah cepat berbuah alias memiliki sifat genjah, lebih lanjut silahkan baca artikel ini sebagai referensi anda Rahasia Kelengkeng Merah

Sebelum lebih jauh kita membahas tentang lengkeng merah, mungkin anda penasaran seperti apa buah dan seperti apa pohon lengkeng merah itu. Simak video yang sudah kami upload di youtube channel kami,

✯✯ Untuk Mendapatkan Bibitnya, Segera Hubungi Kami ✯✯
☎ ✉ 0857 4385 2768 ✉ ☎ 
SMS/WA/Telpon

Identifikasi Tanaman

Kelengkeng merah atau yang dikenal juga dengan nama ruby longan memang istimewa dari jenis kelengkeng lain. Bibit kelengkeng merah bukanlah hasil persilangan, melainkan hasil dari mutasi gen. Gen kelengkeng biasa yang berwarna cokelat mengalamai mutasi karena pengaruh radiasi sinar kosmik berupa electron, proton dan energy atom yang menyebabkan perubahan pada tanaman kelengkeng.

Tidak hanya buahnya yang berwarna merah tapi seluruh bagian bibit kelengkeng merah juga mengalami perubahan warna, seperti daun, tangkai daun, dan bunga menjadi kemerahan. Untuk lebih mengenal bibit kelengkeng merah mari kita pelajari satu-persatu ciri-ciri bibitnya.

Buah Kelengkeng Merah

Kelengkeng merah memiliki ukuran buah yang sedang, sama seperti ukuran buah kelengkeng kebanyakan. Dengan bentuk buah bulat seperti bola, berwana kulit merah dan daging buah yang putih. Selain itu ketebalan daging buahnya tergolong sedang.

Bibit kelengkeng merah

Buah Kelengkeng Merah

Rasa buah kelengkeng merah juga tidak perlu diragukan. Bukan hanya memiliki warna buah yang cantik tingkat kemanisan buah yang satu ini juga sangat tinggi karena mampu mencapai kemanisan hingga 21 briks. Bahkan rasa manis kelengkeng yang satu ini dinilai lebih tinggi dibandingkan dengan kelengkeng kingkong.

Tekstur buah kelengkeng merah juga renyah, tidak terlalu berair, sehingga saat dimakan kelezatan buahnya lebih terasa. Aroma dari kelengkeng merah juga sangat harum khas aroma kelengkeng.

Daun Bibit Kelengkeng Merah

Daun tanaman kelengkeng merah mengalami perubahan warna pada masa pertumbuhannya, saat daunnya masih muda berwarna cokelat kemerahan, kemudian menjadi hijau saat dewasa dan kembali berwarna cokelat kemerahan saat daun sudah tua.

Pohon Kelengkeng Merah

Secara fisik sebenarnya pohon kelengkeng merah sangat mudah dikenali. Karena hampir keseluruhan bagian pohonnya cenderung berwarna merah. Bibit kelengkeng merah mampu mencapai tinggi pohon hingga 3 meter. Saat di tanam di dalam pot, pohon kelengkeng ini akan memiliki percabangan rendah menyamping sehingga membuatnya terlihat sangat rimbun.

Keunggulan Bibit Kelengkeng Merah

Bibit lelengkeng merah juga memiliki beberapa keunggulan. Bagi anda yang ingin membudidayakan kelengkeng yang satu ini, anda harus tau apa saja keunggulan bibitnya :

Tingkat Adaptasi Tinggi

Terkenal sangat adaptif bibit kelengkeng merah dapat ditanam pada berbagai kondisi wilayah. Anda dapat menanam bibit kelengkeng merah baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Jadi anda tidak perlu khawatir untuk menanam bibit kelengkeng merah di sekitar rumah anda.

Sifat Genjah

Selain memiliki tingkat adaptasi yang tinggi, keunggulan lainnya yaitu bibit kelengkeng merah cepat berbuah. Anda tidak perlu memberikan perlakuan khusus karena bibit lengkeng merah sangat mudah berbunga tanpa perlu diberikan bantuan zat perangsang. Dengan perawatan yang baik anda sudah bisa mendapatkan pohon kelengkeng merah cepat berbuah.

Kaya Manfaat

Buah kelengkeng merah juga diketahui memiliki berbagaoi macam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa nutrisi tersebut diantaranya vitamin dan mineral. kalori kalori, karbohidrat, mineral, riboflavin, serat, protein, thiamine, kalsium, mangan, niasin, vitamin A, kalium, fosfor, magnesium, dan juga zat besi.

Dengan mengkonsumsi buah kelengkeng merah secara teratur diyakini dapat membantu memperlancar aliran darah, mencegah radikal bebas, dan meningkatkan nafsu makan. Selain itu buah kelengkeng merah juga dapat menjadi sumber energi, dapat mengobati peradangan, dan juga mampu memperlancar aliran darah.

Berapa tahun Kelengkeng Merah Mulai Berbuah?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau pohon kelengkeng merah cepat berbuah. Hanya membutuhkan waktu sekitar 1 – 3 tahun sampai bibit kelengkengmerah mulai berbuah. Jangka waktu tersebut diketahui jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan jenis kelengkeng yang lain. Asalkan anda menanamnya menggunakan bibit yang diperbanyak secara vegetatif maka sudah pasti pohon kelengkeng merah cepat berbuah.

Budidaya Bibit Kelengkeng Merah

Kelengekeng merah ini juga terkenal dengan kemampuanya beradaptasi di berbagai kondisi alam, kelengkeng merah mampu tumbuh subur di dataran tinggi maupun dataran rendah dengan tingkat keasaman tanah berkisar 5,5 – 5,6. Sedangkan iklim yang cocok untuk budidaya kelengkeng yakni tipe iklim B atau basah, iklim D atau sedang, dan tipe C atau agak basah. Tanaman kelengkeng bisa tumbuh dengan baik di area yang terbuka. Dalam melakukan budidaya bibit kelengkeng merah, beberapa hal yang perlu anda lakukan yaitu.

Pemilihan Bibit Kelengkeng Merah

Pilih bibit kelengkeng merah yang diperbanyak secara vegetatif dengan menggunakan teknik okulasi atau sambung pucuk. Bibit yang diperbanyak secara vegetatif dapat tumbuh lebih cepat dan juga memiliki sifat yang sama seperti pohon induknya, sehingga bibit kelengkeng merah cepat berbuah.

bibit lengkeng merah

Bibit Kelengkeng Merah

Ciri bibit lengkeng merah yang baik yaitu memiliki penampakan fisik yang segar dan daun pada bibitnya rimbun. Lalu pilihlah yang bibitnya memiliki akar yang banyak dan basah, kemudian batang bibitnya kuat, dengan sambungan yang bagus, dan daun yang segar.

Anda bisa mendapatkan bibitnya di toko-toko pertanian tempat jual bibit kelengkeng merah. Jika anda tidak bisa menemukan tempat jual bibit kelengkeng merah di sekitar tempat anda tinggal. Anda bisa menghubungi bibitbuahku. Harga bibit kelengkeng merah yang kami tawarkan terjangkau dan bersaing dengan toko pertanian lain.

Penanaman Bibit Kelengkeng Merah

Bibit Lengkeng Merah dapat ditanam di lahan maupun di dalam pot. Untuk penanaman kelengkeng merah di lahan hal yang perlu disiapkan adalah lubang tanam berukuran 60X60X60 cm dengan jarak antar lubang tanam 10X10 m. setelah membuat lubang tanam, isilah dengan campuran tanah dengan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1, 3 bagian untuk tanah dan 1 bagian untuk pupuk kandang.

Kemudian bibit tanaman lengkeng merah bisa ditanam. jangan lupa untuk memberikan ajir dan mengikatnya pada bibit kelengkeng yang baru saja ditanam, agar bibit tidak mudah roboh saat terkena hujan deras maupun saat diterpa angin kencang. terakhir sirami bibit dan lakukan seterusnya secara rutin setiap 2 kali sehari setiap pagi dan sore hari atau selepas waktu maghrib.

Perawatan Bibit Kelengkeng Merah

Jangan lupa untuk disiram dengan air satu hari sekali pada awal pertumbuhan, selanjutnya lakukan penyiraman setiap dua kali sehari setiap pagi dan sore atau pada waktu selepas maghrib. Perhatikan agar bibit kelengkeng merah yang anda tanam tidak tergenang oleh air karena dapat membuat perakarannya mengalami pembusukan.

Setelah penyiraman lakukan pemangkasan apabila ukuran pohon sudah mulai membesar dan siap berbuah. Tujuan dilakukannya pemangkasan adalah agar dapat mempercepat proses pembuahan. Untuk masa berbuah, tanaman kelengkeng merah ini sudah mulai berbunga dan berbuah dalam waktu enam bulan.

Lakukan juga penyiangan atau mencabuti gulma dan juga rumput liar yang ada di sekitar bibit. Lakukan sebanyak 2 – 4 kali saat masa tanam, kemudian jangan lupa juga untuk melakukan penggemburan tanah, dan melakukan pemupukan pada bibit, agar bibit kelengkeng merah cepat berbuah.

Pemupukan Tabulampot Kelengkeng Merah

Pemupukan menjadi bagian yang penting dalam budidaya bibit kelengkeng merah. Karena pemupukan bertujuan untuk memenuhi asupan nutrisi yang akan diterima oleh bibit. Proses pemupukan bibit kelengkeng merah dilakukan dengan bbeerapa tahap seperti menyiramkan vitamin sebanyak 1 mili liter setiap satu minggu satu kali selama 3 minggu berturut-turut. Setelah itu untuk pemupukan selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan NPK bunga sebulan sekali dan diteruskan dengan NPK buah pada bulan berikutnya.

Anda juga bisa menambahkan pupuk kandang yang sudah terfermentasi untuk memupuk bibit lengkeng merah. Pengaplikasian pupuk kandang ini bisa dilakukan dengan menggali sedikit media tanam disekitaran bibit secara melingkar dengan jarak sekitar 30 cm dari pangkal bibit. kemudian tutupi kembali dengan media tanam untuk memperlambat proses penguapan pupuk kandang.

Tabulampot Kelengkeng Merah

bibit kelengkeng merah

Kelengkeng Merah Tabulampot

Untuk penanaman di dalam pot menggunakan pot berdiameter 60cm atau lebih dengan media tanam campuran tanah dan kompos, selanjutnya pemupukan dan penyiraman sama dengan cara perawatan di lahan. Untuk diketahui, penyiraman untuk tanaman di dalam pot harus dilakukan satu hari sekali untuk menjaga suplai air tanaman terjaga. tambahkan juga air cucian beras untuk menambah unsur hara pada media tanam sehingga bibit kelengkeng merah mendapat nutrisi yang baik.

Informasi Umum Terkait Bibit Lengkeng Merah

o Nama : Ruby Longan

o Nama Daerah : Lengkeng Merah

o Nama Latin : Dimocarpus longan

o Asal : Vietnam namun di Indonesia pertama didatangkan dari Amerika

o Perbanyakan : okulasi, temple, sambung pucuk

o Jenis : Lengkeng dataran rendah

o Tempat tumbuh optimal : dataran rendah dengan ketinggian 700mdpl dengan suhu 30-35 derajt celcius

o Kebutuhan sinar matahari : penyinaran sepanjang hari,semakin banyak mendapatkan sinar matahai daun akan semakin tampak merah tajam (tua)

o Mulai berbuah : dimulai saat tanaman menginjak usia 1.5 tahun sampai 2 tahun.

✯✯ Untuk Mendapatkan Bibitnya, Segera Hubungi Kami ✯✯
☎ ✉ 0857 4385 2768 ✉ ☎ 
SMS/WA/Telpon

Dengan segala keunggulannya baik dari segi rasa maupun penampilannya tidak heran jika kelengkeh merah atau ruby longan ini menjadi primadona bagi pecinta lengkeng, meskipun hargnya tinggi tidak menyurutkan bagi pecintanya. Tentunya hal ini menjadi peluang besar bagi anda yang ingin membudidayakan dan mengembangkan tanaman kelengkeng merah. Apakah anda tertarik untuk memelihara ruby merah ini? Segera hubungi customer service kami., kami siap melayani pembelian berapapun dan kemanapun.

Save

Save

Save

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Ditambahkan pada: 8 Juni 2021
Produk Terkait
Diskusi Produk (3)

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan admin atau pengguna lainnya.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. Gebyok Raya, Dusun Mengger, Kelurahan Patemon RT.03/RW.03

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50228

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yaniz
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja