Beranda » Bibit Buah » Jual Bibit Mangga Chokanan – Rasa Manis Legit dan Berbuah Sepanjang Waktu

Jual Bibit Mangga Chokanan – Rasa Manis Legit dan Berbuah Sepanjang Waktu

Kode: Mangga Chokanan Stok: Tersedia
Berat 60 gram
Kondisi Baru
Kategori Bibit Buah, Bibit Mangga
Dilihat 9.743 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
Rp 85.000
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Jual Bibit Mangga Chokanan – Rasa Manis Legit dan Berbuah Sepanjang Waktu
jual bibit mangga chokanan Rp 85.000
Tersedia / Mangga Chokanan
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Jual Bibit Mangga Chokanan – Rasa Manis Legit dan Berbuah Sepanjang Waktu

Jual Bibit Mangga Chokanan – Mangga merupakan salah satu jenis buah yang sangat melimpah produksinya di daerah Asia, terutama Asia Tenggara. Thailand misalnya, sebagai salah satu negara yang cukup serius mengembangkan berbagai bibit unggulan mangga yang rasa dan tampilannya juara.

jual bibit mangga chokanan

Buah Mangga Chokanan

Salah satu jenis mangga asal Thailand yang kini juga mulai dicoba ditumbuhkan di Indonesia adalah jenis mangga Chokanan. Mangga ini memiliki ciri utama kulitnya yang berubah menjadi kuning cerah sepenuhnya ketika sudah matang. Mangga Chokanan sering disebut juga dengan nama lain Mangga Chauk Anan atau Mangga Chooke Anan.

Ciri-ciri Mangga Chokanan

Mangga yang rasanya sangat legit dan manis ini memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dari mangga jenis lainnya, seperti misalnya :

  • Kulit mangga yang sudah matang sama warnanya dengan daging mangga. Sehingga jika dilihat dari jauh, mangga seperti sudah dikupas padahal warna kuning segar yang terlihat adalah masih warna kulitnya.
  • Sering dijuluki dengan mangga madu karena rasa manisnya dan warna keseluruhannya yang kuning segar.
  • Bentuk buah lonjong dengan salah satu sisi lebih besar, seperti ukuran mangga pada umumnya.
  • Satu buah mangga yang sudah masak memiliki berat kira-kira 400-600 gram.
  • Buahnya memiliki daging yang tebal dengan ukuran biji sedang. Banyak dimakan ketika sudah masak, namun ketika masih setengah masak pun rasa kecutnya cukup segar.
  • Berbuah sepanjang waktu tanpa mengenal musim

Keunggulan Mangga Chokanan

Setelah mengetahui ciri-ciri mangga chokanan, selanjutnya kami akan bahas mengenai keunggulan mangga chokanan. Barang kali setelah anda mengetahui keunggulan dari mangga chokanan ini, anda bisa tertarik dan mencoba untuk menanamnya. Berikut adalah keunggulan mangga chokanan :

Tampilan Buah Cantik

harga bibit mangga chokanan

Buah Mangga Chokanan

Mangga chokanan diketahui memiliki warna buah yang cantik, yakni berwarna kuning cerah saat buahnya sudah matang. Jika anda mencoba melihatnya dari jarak yang agak jauh anda akan mengirajika buah mangga yang satu ini sudah dikupas. Bukan hanya kulitnya, daging buah mangga chokanan juga berwarna kuning cerah, disertai daging buah yang tebal dan biji berukuran sedang.

Citarasa Buah yang Manis

Sama seperti buah mangga lainnya mangga chokanan juga memiliki buah yang berasa manis menyegarkan. Hanya saja mangga chokanan memiliki rasa manis yang diatas rata-rata atau lebih manis jika dibandingkan dengan jenis mangga yang lain. maka dari itu banyak yang menyebut mangga chokanan sebagai mangga madu. Mangga chokanan sangat nikmat dimakan saat buahnya sudah matang. Tapi saat buahnya masih muda pun rasa mangga chokanan tidak masam sedikitpun.

Tingkat Adaptasi Tinggi

Bibit mangga chokanan diketahui dapat tumbuh dan berbuah baik saat ditanam di wilayah tropis seperti Indonesia. Selain itu pohon mangga chokanan juga memiliki tingkat adaptasi yang sangat baik, sehingga anda dapat menanamnya pada daerah dataran rendah maupun pada daerah dataran tinggi.

Perawatan Yang Mudah

Salah satu keunggulan mangga chokanan yang paling disukai oleh banyak orang adalah kemudahan saat merawat bibitnya. Pohon mangga chokanan tidak memiliki perawatan yang sulit bahkan tergolong mudah. anda hanya perlu memberikan penyiraman secara rutin setiap dua kali dalam satu hari. Kemudian pohon harus berada pada area yang terkena sinar matahari full sepanjang hari.

Sifat Super Genjah

Memiliki pohon yang mudah dan cepat berbuah tentu menjadi prioritas, apalagi bagi orang yang menanam tanaman buah. Mangga chokanan sepertinya menjadi jawaban bagi anda yang menginginkan tanaman yang mampu menghasilkan buah dengan cepat. Hanya butuh waktu 2 – 3 tahun sampai pohon mangga chokanan mulai belajar berbuah. Tentu saja hal itu harus dibarengi dengan perawatan yang baik dan pemilihan bibit unggul berkualitas hasil perbanyakan vegetatif.

Produktifitas Tinggi

Selain genjah keunggulan mangga chokanan selanjutnya adalah memiliki tingkat produktifitas yang tinggi. Coba anda bayangkan 1 pohon mangga chokanan mampu menghasilkan buah sebanyak 60-120 kg dalam kurun waktu satu tahun.

Berbuah Sepanjang Tahun

Dengan kemampuan bibit mangga mahatir yang mampu berbuah dengan cepat dan memiliki tingkat produktifitas yang tinggi. Keunggulan mangga mahatir ini dilengkapi dengan kemampuan pohonnya yang dapat berbuah sepanjang tahun. Jika anda merawatnya dengan baik dan benar, pohon mangga mahatir akan mampu mengalamai 2 – 3 kali masa panen. Benar-benar sangat lengkap bukan keunggulan dari mangga chokanan ini?

Syarat Tumbuh Mangga Chokanan

Jika anda tertarik untuk menanam bibit mangga chokanan ada beberapa syarat tumbuh yang harus anda penuhi agar pohon mangga chokanan menghasilkan buah dengan optimal. Berikut adalah beberapa syarat tumbuh bibit mangga chokanan :

  • Bibit mangga chokanan akan dapat tumbuh dan berbuah dengan optimal apabila ditanam pada wilayah daerah dataran rendah dengan tingkat ketinggian maksimal 500 mdpl.
  • Suhu udara pada wilayah penanaman bibit mangga chokanan harus berada pada kisaran 24 – 30 derajat celcius.
  • Curah hujan untuk pertumbuhan bibitnya sekitar 750 – 2000 mm per tahun.
  • Jenis tanah yang cocok untuk menananm bibit mangga chokanan adalah tanah yang subur, gembur, dan memiliki banyak unsur hara dala tanahnya.
  • Kemudian pH tanah yang cocok untuk menananm bibit mangga chokanan berada pada kisaran 5,5 – 8.

Cara Menanam Mangga Chokanan

Mangga jenis ini juga merupakan salah satu jenis pohon yang mudah sekali tumbuh baik di daratan rendah maupun dataran tinggi. Walaupun begitu, biasanya untuk yang ditumbuhkan di dataran rendah lebih banyak menghasilkan buah, karena bunga pohon jarang terjatuh karena hujan dan badai.

Untuk menanam mangga Chokanan, tidak diperlukan perawatan khusus yang rumit. Bisa dibilang pohon mangga jenis ini bukan pohon yang ‘manja’. Mudah saja menanamnya apalagi jika bibit yang digunakan untuk menumbuhkan pohon mangga ini adalah bibit unggul seperti yang kami jual.

Pemilihan Bibit Mangga Chokanan

keunggulan mangga chokanan

Bibit Mangga Chokanan

Secara generatif, bibit mangga bisa didapatkan dari biji buah pohon unggul, sementara secara vegetatif, mangga chokanan dapat dibudidaya dengan teknik penyambungan atau okulasi. kami akan merekomendasikan agar anda dapat menanam bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif bisa menggunakan teknik cangkok, okulasi maupun sambung pucuk.

Alasannya karena bibit yang diperbanyak secara vegetatif memiliki keunggulan dibandingkan dengan penanaman menggunakan biji. Jika anda menanam bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif pohon mangga yang anda tanam akan dapat tumbuh lebih cepat. Selain itu, sifat dari pohon induk akan diwariskan ke bibitnya, dengan demikian jika anda memilih pohon induk dengan buah yang lebat dcepat maka bibitnya pun akan memiliki sifat yang seperti itu.

Persiapan Lahan Tanam

Untuk mempersiapkan lahan tanam yang harus anda lakukan adalah membersihkan area yang akan ditanami. Singkirkan gulma dan rumput liar yang dapat mengganggu pertumbuhan bibit, gemburkan juga tanah setelah area penanaman sudah terlihat bersih.

Buat lubang tanam dengan ukuran sekitar 60x60x60 cm atau anda bisa menyesuaikannya dengan ukuran bibit mangga chokanan yang anda miliki. Berikan pupuk kandang pada bagian dasar lubang tanam dan kemudian biarkan selama kira-kira 2 minggu agar tanah dapat ternutrisi.

Membuat Jarak Tanam

Berikan jarak sekitar 5-6 meter antar pohon jika ingin menanam lebih dari satu pohon. Ketika tubuh besar, pohon mangga ini daunnya cukup rimbun sehingga membutuhkan tempat yang optimal agar sinar matahari tetap terjaga.

Jika ditanam secara tambulampot, pilih pot dengan diameter lebih dari 60 cm.  Baca selengkapnya terkait Cara Membuat Tabulampot Mangga

Menanam Bibit Mangga Chokanan

Jika lubang tanam dan bibit sudah siap maka penanaman bisa dilaksanakan. Masukkan bibit mangga chokanan ke dalam lubang tanam, usahakan agar posisi pohon tegak lurus. Kemudian timbun bibit yang anda masukkan tadi menggunakan tanah, akan lebih baik jika tanah untuk menimbun bibit ini sudah dicampur dengan pupuk kandang yang sudah terfermentasi, tapi jika tidak pun tak apa. Timbun perakaran bibit hingga lehet batang, Setelah itu sirami secara rutin setiap dua kali dalam sehari.

Pemupukan Bibit Mangga Chokanan

Pemberian pupuk dilakukan cukup dalam frekuensi tiga bulan sekali berupa pupuk kandang. Jika ingin pohon rajin berbuah, tambahkan pula pupuk yang mengandung fosfor dan asam amino. Dalam pengaplikasian pupuk tersebut anda harus menggali sedikit tanah yang ada di sekitar batang bawah pohon kemudian menaburkan pupuk dan menimbunnya kembali. Hal ini bertujuan agar pupuk yang ditaruh di dalam tanah tidak cepat mengalami penguapan akibat cuaca panas.

Pohon mangga chokanan yang sudah berumur dua tahun akan mulai berbuah dan saat panen pertama dapat menghasilkan hingga 20 kilogram buah mangga. Jumlah panen akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia pohon.

Tertarik untuk menanam mangga yang warnanya cantik nan menggiurkan ini? Kami siap menyediakan bibit mangga chokanan terbaik yang dapat dikirim langsung ke rumah Anda. Silakan pesan melalui website ini atau hubungi customer service kami di 0857 4385 2768 jika ada pertanyaan atau untuk info lebih lanjut.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Ditambahkan pada: 28 Juli 2021
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. Gebyok Raya, Dusun Mengger, Kelurahan Patemon RT.03/RW.03

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50228

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yaniz
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja