Beranda » Bibit Buah » Bibit Rambutan Binjai 45 cm Up
click image to preview activate zoom

Bibit Rambutan Binjai 45 cm Up

Rp 50.000
KodeRambutan Binjai
Stok Tersedia
Kategori Bibit Buah, Rambutan
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Bibit Rambutan Binjai 45 cm Up

Bibit Rambutan Binjai – Siapa yang tidak mengenal buah dengan banyak rambut ini? Buah yang memiliki daging putih bersih berasa manis ini memang salah satu jeni buah yang menjadi primadona masyarakat. Salah satu jenis unggulnya adalah rambutan binjai, sesuai namanya rambutan ini berasak dari Binjai Sumatra Utara

Rambutan binjai tidak kalah nikmat dengan rambutan jenis lainnya. Rambutan binjai memiliki daging buah yang tebal, buahnya “nglotok” dan rasanya yang manis segar membuat rambutan binjai dijadikan salah satu jenis rambutan unggulan. Perbebedaan rambutan binjai dengan jenis lainnya bisa dilihat dari penampakan buahnya. Kulit buah rambutan binjai tebal dan agak keras dengan rambut panjang yang jarang, kasar dan berwarna merah dan berwarna hijau pada ujung rabutnya. Daging buah rambutan hijau dikenal dengan daging buah rambutan yang tebal, berwarna putih, kenyal danyang terpenting adalah buahnya yang mudah lepas dari bijinya atau istilahnya nglotok. Daging buahnya bertekstur renyah dengan kadar air yang sedikit, sehingga nikmat saat dimakan.

Pohon rambutan binjai memiliki cirri-ciri yang sama dengan pohon rambutan lain. Batang tanaman rambutan binjai berwarna cokelat keras, daunnya berbentuk majemuk tersusun berselang seling. Bentuk daunnya lonjong dengan panjang mencapai 7-20 cm dan lebar 3-8 cm. bunga tanaman rambutan binjai berukuran kecil kecil dengan diameter 5mm, setiap pohonnya memiliki bunga jantan dan bunga betina. Pertumbuhan tajuk tanaman rambutan binjai cenderung tumbuh tegak dengan kanopi yang rapat dan melebar.

Bibit Rambutan Binjai

Buah Rambutan Binjai

Rambutan binjai seperti rambutan lainnya juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Berikut beberapa manfaat buah rambutan binjai bagi kesehatan:

  • Dapat membantu tubuh melawan radikal bebas dengan kandungan vitamin C ynag tinggi sebagai antioksidan dalam tubuh
  • Membantu menyembuhkan anemia dengan kandungan zat besi dalam buahnya. Zat besi merupakan senyawa yang mampu merangsang tubuh untuk membentuk sel darah merah
  • Membantu menjaga an melancarkan pencernaan dengan kandungan seratnya yang tinggi.
  • Kandungan flavonoid dalam setiap bagian buahnya mampu mencegah datangnya kanker

Tanaman rambutan binjai bisa tumbuh optimal di daerah dengan ketinggian sampai 500 mdpl beriklim basah dengan suhu 25-35 derajat celcius. Tanaman ini menyukai tanah yang gembur dan subur dengan pH 4-6,5. Tanaman rambutan binjai membutuhkan curah hujan 1500-3000 mm pertahunnya, musim kemarau yang terlalu panjang bisa mengurangi kualitas buah yang dihasilkan.

Tanaman rambutan binjai bisa ditanam di lahan kebun maupun di dalam pot. Untuk penanaman di lahan kebun, yang pertama disiapkan adalah menyediaka lahan yang bebas dari gulma dan tanahnya subur serta gembur. Lubang tanamnya dibuat dengan ukuran 60X60X50 cm, lubang tanam dibiarkan selama satu minggu untuk diangin-anginkan. Tanah galian dicampurkan dengan pupuk kandang sebanyak 40 kg per lubang, biarkan tanah campuran selama satu minggu agar campuran stabil. Sebagai catatan, jarak tanam dibuat dengan ukuran 10X12m atau 12X12 agar tanaman tidak saling menganggu sat tumbuh besar nanti. Setelah satu minggu bibit rambutan binjai bisa ditanam, sertakan juga tanah bibit dan jangan lupa untuk melepas polybag.

Penyiraman dilakukan secukupnya, jangan sampai tanaman tergenang air. Untuk pemupukan, setiap 2 bulan diberikan 200 gram NPK pertanaman. Saat sudah mencapai usia 6 bulan, dosis dikurangi menjadi 150 gram per pohon. Saat tanaman berusia 2 tahun berikan 450-500 gram NPK 2 kali dalam satu tahun. Saat tanaman mencapai usia 3 tahun, diberi pupuk dengan dsis 750 gram NPK tiap tahunnya. Pemupukan ditingkatkan dosisnya sesuai umur tanaman hingga mencapai dosis 4-6 kg dengan durasi dua kali dalam setahun. Jangan lupa secara berkala memberikan pupuk kandang pada tanaman agar hasilnya lebih bagus. Dengan perawatan yang baik, rambutan binjai bisa berbuah saat berusia 2-3 tahun.

Rambutan binjai juga bisa ditanam di dalam pot, baiknya menggunakan pot berdiameter lebih dari 60 cm. media tanam menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang, setelah ditanam siram tanaman satu kalis sehari secukupnya dan diberi pupuk setiap satu bulan sekali dengan NPK daun.

Bibit Rambutan Binjai

Bibit Rambutan Binjai

Informasi Bibit Rambutan Binjai :

 

  • Nama : Rambutan Binjai
  • Nama latin : Nepheluium lappaceum
  • Asal : Binjai, Sumatra Utara
  • Tinggi Bibit : mulai dari 30 cm sampai 2 m
  • Usia Bibit : mulai dari 3 bulan setelah okulasi
  • Perbanyakan : Okulasi dan Tempel
  • Tempat tumbuh optimal : dataran sampai 500 mdpl bersuhu 25-35 derajat celcius
  • Kebutuhan sinar matahari : penyinaran penuh sepanjng hari
  • Waktu berbuah : 2-3 tahun setelah ditanam mulai berbuah
  • Jenis rambutan unggulan lain : Rambutan Rapiah

[table id=57 /]

Bibit Rambutan Binjai – Dengan rambut panjang berwarna merah berpadu dengan warna hijau pada ujung rambutnya membuat si manis yang segar ini menjadi favorite para pecinta buah rambutan di Indonesia. Daging buah tebal, rasa renyah dan tidak terlalu berair serta yang terpenting adalah sifat daging buahnya yang “nglotok” membuat rambutan binjai semakin digilai penggemarnya. Tanaman ini juga relatife kuat dan mudah dalam perawatan, cocok untuk dibudidayakan. Apakah anda tertarik untuk menanam tanaman rambutan binjai ini?

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Bibit Rambutan Binjai 45 cm Up

Berat 30 - 55 gram
Kondisi Baru
Dilihat 6.630 kali
Diskusi 2 komentar
  • Herman Trautmann - Alas Barat Sumbawa Besar

    Saya sangat tertarik menanam buah Rambutan dan Klengkeng mohon share ke saya terkait ini.
    Saya bermukim di Sumbawa NTB apa kami bisa dibantu?

    Balas 29 Agustus 2017 | 4:29 am

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: