Beranda » Bibit Buah » Jual Bibit Rambutan – Jenis dan Cara Budidaya
click image to preview activate zoom

Jual Bibit Rambutan – Jenis dan Cara Budidaya

Stok Tersedia
Kategori Bibit Buah, Rambutan
Tentukan pilihan yang tersedia!
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Jual Bibit Rambutan – Jenis dan Cara Budidaya

Rambutan atau Nephelium lappaceum merupakan buah yang berasal dari suku lerak-lerakan atau sapindaceae. Buah yang banyak tumbuh di Asia Tenggara ini, dinamai rambutan karena bentuk buahnya yang seperti rambut. Di Indonesia tidak sulit untuk menemukan buah yang satu ini. Hampir di setiap desa setidaknya memiliki 1 pohon rambutan. Bibit rambutan pun mudah di jumpai di toko-toko pertanian yang menjual bibit dan peralatan pertanian.

Jual bibit rambutan unggul

Bibit Rambutan

Budidaya bibit rambutan memang susah-susah gampang, membutuhkan ketelatenan agar pohon yang ditanam dapat tumbuh dan berbuah dengan baik. Bagi anda yang tertarik untuk menanam pohon rambutan, berikut adalah ulasan yang kami siapkan untuk membantu anda dalam membudidayakan buah yang satu ini.

Syarat Tumbuh Bibit Rambutan

• Bibit rambutan dapat tumbuh dengan subur jika ditanam pada tanah yang gembur dan mengandung sedikit pasir dengan pH 6,5-7.
• Bibit rambutan dapat ditanam pada jenis tanah apapun dengan syarat tanah tersebut mengandung banyak bahan organic.
• Bibit rambutan lebih baik jika ditanam pada daerah dataran rendah dengan tingkat ketinggian 30 – 500 mdpl.
• Bibit rambutan tidak tahan terhadap genangan air, jadi hindarkan memilih tanah yang padat karena tidak dapat menyerap air dengan baik
• Saat bunga pada pohon rambutan tumbuh pohonnya membutuh kan waktu 3 bulan kering.

Perbanyakan Bibit Rambutan

Perbanyakan tanaman pada pohon rambutan dapat dilakukan dengan cara generatif (biji) atau vegetatif (cangkok, okulasi, penyusuan). Jika anda membudidayakannya menggunakan cara generatif akan memakan waktu setidaknya 8 tahun sampai pohonnya bisa berbuah. Tapi jika anda menggunakan cara vegetatif paling lama bibit rambutan yang anda miliki akan berbuah dalam kurun waktu 4 tahun.

Jadi sebaiknya anda memilih perbanyakan secara vegatif karena selain lebih cepat, tingkat keberhasilannya juga jauh lebih tinggi sehingga dapat lebih menguntungkan anda. Jika anda tidak menemukan tempat jual bibit rambutan di sekitar rumah, anda dapat menghubungi bibitbuahku. Anda tinggal pesan bibit yang anda inginkan dan kami akan meyiapkannya untuk anda. Kami menawarkan harga bibit rambutan yang terjangkau untuk anda.

Persiapan Lahan Tanam

Bibit rambutan biasanya ditanam di pekarangan rumah atau di perkebunan. Jika anda ingin menanam di perkebunan buatlah jarak tanam sekitar 10 – 14 meter. Pertama-tama buat lubang tanam dengan ukuran 60x60x60 cm. Diamkan dan pisahkan tanah bagian atas dan tanah galian lubang selama 2 – 4 minggu.

Penanaman Bibit Rambutan

Lubang tanam yang sudah didiamkan selama 2 – 4 minggu tersebut kemudian ditutup kembali dengan tanah bagian atas kemudian campurkan dengan pupuk kendang. Bibit rambutan yang sudah siap, ditanam pada galian bagian atas dan ditutup dengan tanah sampai leher akar. Jika diperlukan beri naungan atau penegak agar bibit tidak jatuh atau rusak karena angin.

Penyiangan Gulma

Jika di sekitar bibit rambutan sudah tumbuh gulma dan tanaman liar lainnya segera lakukan penyiangan. Buang gulma dan tanaman liar tersebut menggunakan cangkul. Cangkul juga berfungsi untuk menggemburkan tanah agar tanah tidak padat dan membuat air menggenang, udahakan agar saat mencangkul akar rambutan tidak ikut kena atau rusak.

Pemupukan Pohon

Pemupukan pada bibit rambutan dilakukan dengan cara membenamkan semua dosis pupuk kendang, urea, TSP, dan KCl ke dalam lorak yang dibuat disekeliling rambutan. Dosis masing masing pupuk pada tahun pertama yaitu pupuk kandang 4 blek, Urea 100g, TSP 50g, KCl 20g. saat memasuki tahun kedua dosisnya ditambah menjadi pupuk kendang 5 blek, urea 150g, TSP 60g, KCl 250g.
Pembentukan Bentuk Pohon
Setelah bibit rambutan berumur 2 Tahun potong bagian ujung setiap cabangnya. Pemotongan tersebut bertujuan untuk menguatkan cabang yang menjadi batang pokok. Kemudian tunas yang tumbuh tidak beraturan atau tumbuh ke dalam juga harus dipotong. Pemangkasan juga dilakukan sesudah buah dipanen.

Pemetikan Buah

Saat buah sudah matang pohon, rambutan sudah bisa dipetik. Jika dipetik saat belum matang buah tersebut tidak akan bertambah matang setelah pemetikan. Berbeda dengan buah lainnya. Biasanya buah rambutan yang sudah matang berwarna merah.

Setelah mengetahui cara budidaya bibit rambutan, kami akan memberikan ulasan tentang jenis rambutan yang cocok untuk anda budidayakan dua diantaranya yaitu :

Rambutan Rapiah

Rambutan rapiah memang sudah sangat populer dan terkenal di Indonesia, hampir semua orang pernah merasakan nikmatnya buah rambutan ini. Keunikan dari rambutan rapiah yaitu rambut pada kulitnya tumbuh dengan pendek dan jarang, memiliki rasa yang manis, daging buahnya tebal, serta buahnya “ngelotok”.

jual bibit rambutan rapiah

Rambutan Rapiah

Rambutan rapiah sudah dikenal sejal lama karena rasanya yang manis, daging buahnya tebal, dan kenyal.kelebihan yang ada pada buah ini menjadikannya sebagai salah satu buah unggulan. Warna buah rambutan rapiah hijau kekuningan an karakteristik yang paling menonjol adalah rambutnya yang pendek-pendek dan jarang. Walaupun ukuran rambutan rapiah lebih kecil dari jenis rambutan yang lain, rasa buahnya yang manis dan segar membuat rambutan ini selalu diminati banyak orang. Selain itu buah dari rambutan rapiah memiliki ketahanan yang cukup kuat. Setalah dipetik rambutan rapiah dapat bertahan selama 6 hari.

Pohon rambutan rapiah memiliki batang bulat dan berwana cokelat. Cabangnya cenderung tumbuh secara horizontal sehingga membentuk kanopi seperti paying. Tanamn ini bisa mencapai tinggi 6 – 7 meter dan tajuknya dapat mencapai ukuran 5 – 7 meter. Rambutan rapiah memiliki daun berbentuk bulat Panjang dengan ujung tumpul berwarna hijau tua. Buanganya tumbuh dalam tandan berbentuk bulat-bulat kecil kekuningan.

Rambutan Binjai

Sesuai dengan namanya, rambutan binjai merupakan varietas yang berasal dari Binjai, Sumatera Utara. Rambutan ini sangat populer dan rasanya tidak kalah manis dengan rambutan jenis lain.

jual bibit rambutan binjai

Rambutan binjai

Rambutan binjai memiliki daging buah yang tebal dan “ngelotok”. Buah ini memiliki rasa manis yang menyegarkan. Sehingga rambutan ini menjadi salah satu jenis rambutan unggul. Perbedaan yang kentara antara rambutan binjai dengan jenis lainnya yaitu terletak pada bagian kulitnya yang tebal dan agak keras. Serta memiliki rambut panjang yang kasar dan jarang berwarna hijau pada ujungnya. Rambutan binjai memiliki daging buah yang bertekstur renyah. Berwarna putih, tebal, kenyal dan “nglotok”.

Ciri-ciri pohon rambutan binjai hamper sama seperti pohon rambutan yang lain. Batang pohonnya berwarna cokelat. Daunnya berbentuk mlonjong dengan Panjang sekitar 7 – 20 cm dan lebar 3 – 8 cm. bunga rambutan binjai berukuran kecil-kecil dengan diameter 5 mm. setiap pohonnya memiliki bunga jabtan dan betina. Tajuk rambutan binjai cenderung tumbuh secara tegak dengan kanopi yang rapat dan melebar.

Demikian ulasan kami tentang cara budidaya bibit rambutan. Jika anda merasa sulit menemukan tempat jual bibit rambutan di sekitar rumah, anda dapat menghubungi bibitbuahku untuk mendapatkan bibit buah pilihan anda. Anda tinggal memesan dan kami akan menyiapkan bibit pesanan anda. jangan khawatir karena bibit rambutan yang kami sediakan merupakan bibit berkualitas dengan harga terjangkau yang cocok untuk kegiatan budidaya anda.

Tags: , , , ,

Jual Bibit Rambutan – Jenis dan Cara Budidaya

Berat 300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 785 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: