Beranda » Bibit Buah » Jual Bibit Kelapa – Cara Menanam dan Jenis Kelapa Unggul

Jual Bibit Kelapa – Cara Menanam dan Jenis Kelapa Unggul

DISKON 29% Stok: Tersedia
Berat 300 gram
Kondisi Baru
Kategori Bibit Buah, Kelapa
Dilihat 75 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
Rp 50.000 Rp 70.000
Hemat Rp 20.000
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Jual Bibit Kelapa – Cara Menanam dan Jenis Kelapa Unggul
harga bibit kelapa unggul Rp 50.000 Rp 70.000
Tersedia
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Jual Bibit Kelapa – Cara Menanam dan Jenis Kelapa Unggul

Kelapa atau Cocos nucifera adalah satu-satunya keluarga dari marga cocos dari suku aren-arenan. Tanaman yang seluruh bagian tubuhnya bisa dimanfatkan ini banyak ditemui di daerah sekitaran pantai. Bibit kelapa dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja, walaupun ditanam pada tanah berpasir seperti kawasan pantai.

harga bibit kelapa unggul

bibit kelapa unggul

Tentunya kondisi tanah sangat menentukan perkembangan bibit kelapa, tetapi bukan hanya itu. Ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan agar pohon kelapa dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang banyak. Bagi anda yang tertarik untuk membudidayakan pohon kelapa, silakan simak baik-baik pembahasan artikel ini. Kami akan menjelaskan tentang cara menanam bibit kelapa dan jenis kelapa unggul apa saja yang dapat tumbuh dengan baik di Indonesia.

A. Cara menanam bibit kelapa

Menanam bibit kelapa sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menanam bibit tanaman yang lain, berikut langkah-langkah dalam menanam bibit kelapa.

jual bibit kelapa unggul

bibit kelapa unggul

1. Memilih bibit kelapa

Pilihlah bibit kelapa yang berasal dari indukan dengan usia 20-40 tahunan. Dengan tingkat produktifitas antara 80 sampai 120 buah per pohon setiap tahun, atau gunakan perkiraan yang lain seperti menghasilkan buah sebanyak 25kg per pohon setiap tahun. Memiliki batang yang lurus dan kuat serta terhindar dari serangan hama dan penyakit. untuk bibit kelapanya pilihlah pohon berusia kurang lebih 12 bulan. Gunakan kelapa dengan ciri-ciri 4/5 bagian dari kulit kelapanya telah berwana cokelat, bulat, dan agak lonjong. Memiliki Panjang buah sekitar 22-25 cm dan lebar 17-22cm.

Jika anda kesulitan untuk mencari tempat jual bibit kelapa anda dapat menghubungi website bibitbuahku. Anda bisa langsung melihat berbagai jenis serta harga bibit kelapa yang anda minati. Kami menyediakan bibit kelapa dengan kualitas terbaik yang berasal dari indukan yang berkualitas. Anda tinggal pesan dan kami akan langsung memproses pesanan anda.

2. Menyiapkan Media Tanam

Bibit kelapa memang dikenal dapat tumbuh dalam kondisi tanah apapun seperti tanah berbatu, berpasir, tanah laterit, maupun tanah aluvian. Tapi akan lebih baik jika ditanam dengan tanah alluvial agar tingkat produktivitasnya bisa maksimal. Selain itu tanah dengan ketersediaan air tanah yang cukup juga sangat penting untuk pertumbuhannya. Selain itu usahakan agar tanah yang akan dipakai untuk menanam bibit kelapa merupakan tanah yang datar, jika memiliki kemiringan sebaiknya ratakan terlebih dahulu tanahnya agar tidak terjadi erosi serta mempertahankan kesuburan tanahnya.

Untuk membuat media tanam lakukan pengapuran terlebih dahulu jika tanah yang akan digunakan memiliki tingkat .keasaman yang tinggi. Lakukan sampai PH tanah mencapai 6-8. Berikan pupuk TSP sebanyak 300 gram untuk setiap lubang tanam.

3. Teknik Menanam Bibit Kelapa

Untuk menanam bibit kelapa hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuat lubang tanam 1-2 bulan sebelum penanaman dilakukan. hal ini dimaksudkan agar saat masa pengapuran tingkat keasaaman tanah sudah turun. Buat lubang dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm. Lalu buat jarak antar pohon sebanyak 9 meter agar terkena sinar matahari secara maksimal. Tanamlah bibit kelapa pada bulan berikutnya saat musim hujan mencapai tingkat 200mm.

4. Perawatan Bibit Kelapa

Setelah bibit kelapa selesai ditanam selanjutnya adalah proses perawatan. Perawatan pohon kelapa meliputi kegiatan penyiangan, penjarangan, perampalan, dan pemupukan.

• Lakukan penyiangan dengan jarak 1 meter pada tahun pertama, lau 1,5 meter pada tahun kedua, dan 2 meter pada tahun ketiga. Cabuti gulma atau gunakan parang agar akar-akar parasite itu mati. Lakukan penyiangan tiap 1 bulan sekali.
• Penjarangan adalah mencabut atau menukar bibit yang cacat dengan bibit yang baru yang baru agar dapat tumbuh dengan normal.
• Perampalan yaitu mencabuti daun-daun yang berwarna hijau dari pohon kelapa.
• Pemupukan dilakukan saat kondisi tanah sudah terlihat kekurangan nutrisi. Berikan 100 gram pupuk

urea pada bulan pertama, berikan pada jarak 15 cm dari pangkal batang. Selanjutnya pemupukan dilakukan 2 kali dalam satu tahun yaitu pada awal musim penghujan dan akhir musim penghujan. Kisaran waktunya antara bulan April-mei dan oktober-november. Untuk penyiraman dapat dilakukan setiap 3 hari sekali, kecuali saat musim hujan.

B. Jenis-Jenis Bibit Kelapa Unggul

Beberapa jenis kelapa unggul yang cocok untuk anda budidayakan antara lain.

1. Kelapa wulung

Kelapa wulung terkenal akan penampakan buahnya yang tidak biasa. Jika dilihat buahnya kelapa wulung tidak jauh berbeda dengan jenis kelapa yang lain. Tapi jika kulit kelapanya dipotong akan nampak kecantikan dari kelapa wulung. Serabut kelapanya memiliki warna unik perpaduan antara warna ungu dan merah muda, tidak putih polos seperti jenis kelapa yang lain.

Selain itu kelapa wulung juga terkenal akan manfaatnya untuk bidang kesehatan. Seperti dapat menyembuhkan demam pada anak-anak, merawat fungsi otak dan sel saraf, mencegah osteoporosis, asma, diabetes, dan masih banyak lagi. Cita rasa air kelapa wulung sedikit pahit ini dikarenakan kandungan zat tannin yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelapa lain. Zat tanin inilah yang membuat bibit kelapa wulung memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kelapa wulung sudah dapat dipanen saat pohonnya mencapai usia 3 sampai 4 tahun. Dengan kisaran sebanyak 20-30 buah dapat diambil dalam satu kali panen setiap tahun.

2. Kelapa Pandan Wangi

Bibit kelapa pandan wangi pertama kali ramai di Thailand pada tahun 1971. Buah kelapa yang memiliki aroma wangi pandan ini memiliki citarasa yang menyegarkan. Air dan daging buahnya yang beraroma pandan menambah citarasa pada buah kelapa ini.

Di Indonesia bibit kelapa pandan wangi dapat tumbuh mencapai ketinggian 6 meter. Ukuran buahnya tidak terlalu besar dengan bentuk bulat dan persegi tiga di bagian bawahnya. Tandan dan buahnya memiliki warna hijau. Selain itu air kelapa pandan wangi juga memiliki manfaat sebagai minuman isotonik alami yang dapat menggantikan cairan tubuh anda yang hilang.

Satu pohon kelapa pandan wangi dapat menghasilkan 12 sampai 18 tandan setiap tahun dengan jumlah buah tiap tandan mencapai 10-15 buah kelapa. Perhitungan tersebut disesuaikan dengan jumlah buah yang dapat dipanen sekitar 125 sampai 175 buah kelapa per pohon setiap tahun.

3. Kelapa Entok

Kelapa entok adalah jenis kelapa yang sangat disukai petani. Bibit kelapa entok dikenal juga dengan nama genjah entok. Ya benar, kelapa yang satu ini dapat cepat berbuah dan dapat menghasilkan buah yang banyak. Hanya butuh waktu sekitar 3-4 tahun untuk dapat memanen buah kelapa ini. Selain itu ukuran pohon kelapa entok terbilang cukup pendek. Kebanyakan kelapa genjah entok tumbuh tidak lebih dari 4 meter, sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan bagi para petani.

Keunggulan lain dari bibit kelapa genjah entok adalah dapat ditanam dimana saja, pada kondisi tanah bagaimana saja. Bahkan dapat tumbuh pada daerah dataran tinggi. Tapi untuk memaksimalkan produktifitas bibit kelapa entok, tanamlah pada ketinggian sekitar 500 mdpl.

Tidak sulit untuk menemukan tempat jual bibit kelapa. Anda dapat datang ke toko pertanian atau jika anda tidak ingin ribet anda dapat menghubungi bibitbuahku untuk mendapatkan bibit kelapa berkualitas dan dijamin tidak akan mengecewakan. Tentu saja harga bibit kelapa yang dijual bersaing.

Demikian penjelasan tentang cara menanam dan beberapa jenis bibit kelapa unggul yang banyak ditanam di Indonesia. Jika anda tertarik untuk memulai budidaya kelapa jangan lupa memesan bibit kelapa di bibitbuahku.

Tags: , , , ,

Ditambahkan pada: 16 Januari 2021
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. RM Koesbiyono Tjondro Wibowo. Kelurahan Mangunsari. RT.03/ RW.04

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50227

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yaniz
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja