Beranda » Blog » 7 Resep Budidaya Hasil Maksimal Kelengkeng New Kristal

7 Resep Budidaya Hasil Maksimal Kelengkeng New Kristal

Diposting pada 4 Maret 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 1.223 kali

Pembahasan kali ini adalah terkait Resep Budidaya Kelengkeng New Kristal. Kelanjutanya simak dalam artikel berikut.

Kelengkeng New Kristal merupakan salah satu jenis tanaman tropika. Harga jual yang tinggi, dan rasanya yang terbukti sangat manis, membuat kelengkeng ini unggul dan banyak diminati oleh khlalayak. Buah yang dapat berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim ini, ternyata memiliki sifat yang mudah jika kamu pengin membudidayaknnya lo. Apalagi, buah ini juga cenderung tidak sulit jika dibudidayakan dalam pot, sungguh menjadi primadona.

Bagi kamu yang ingin membudidayakan tanaman yang hampir setara dengan tanaman high seperti leci ini, kami punya beberapa resep agar hasil budidaya kamu tidak hanya optimal, namun juga menembus ke hasil yang maksmial. Sebelum mengetahui resepnya, pastikan kamu sudah memilih bibit tanaman yang unggul, karena ini adalah modal awal agar hasil budidaya kamu nantinya dapat fantastis. Pilih bibit yang perakarannya banyak dan basah, batang tanamannya tumbuh tegak lurus, kuat, serta daun yang segar.

Mari, kita belajar bersama tentang budidaya tanaman Kelengkeng New Kristal yang menjadi buah bibir karena keunggulan dan cita rasanya. Berikut resep agar hasil budidaya Kelengkeng New Kristal memperoleh hasil yang maksimal.

Resep Budidaya Kelengkeng New Kristal

1. Pastikan tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Resep budidaya Kelengkeng New Kristal yang pertama adalah memastikan tanaman kamu mendapatkan sinar matahari yang cukup. Sinar matahari merupakan modal yang harus dibayar tunai untuk proses fotosintesis tumbuhan. Dengan paparan sinar matahari yang penuh, pertumbuhan tanaman akan lebih cepat, terutama untuk mempercepat rangsang pembentukan bunga, dan buah yang lebat. Komponen cahaya matahari juga bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan akar dan tunas tanaman. Tanaman kelengkeng new kristal membutuhkan pencahayaan matahari kira-kira 6-7 jam perhari. Buat lahan tanam yang terbuka tanpa adanya halangan baik dari pohon lain ataupun tembok tinggi.

2. Penggunaan Booster

Booster merupakan teknik agar tanaman kelengkeng mudah berbuah. Penggunaan booster pada tanaman kelengkeng dapat merangsang tanaman agar lebih cepat dan lebuh mudah dalam berbuah.

Teknik ini bisa dikatakan perlakuan khusus dalam perawatan tanaman. Ada beberapa perlakuan khusus yang bisa kamu gunakan. Perlakuan secara fisik dan perlakuan secara kimia.

Perlakuan khusus secara fisik bisa dipraktekan dengan cara melukai batang kelengkeng, sedangkan perlakuan khusus kimia dapat dilakukan dengan cara pemberian bahan kimia penginduksi. Perlakuan khusus ini dapat dilakukan dengan cara penyiraman langsung ke bawah perakaran, disemprotkan ke daun, atau diinjeksi ke batang utama dan akar pohon.

Perlakuan khusus tersebut, berfungsi untuk meninngktkan perubahan hormon bagian tanaman sehingga mengibah dari fase vegetatif ke fase generatif. Biasanya perlakuan ini dapat terlihat hasilnya setelah 40- 60 hari dengan munculnya primodia bunga pada tanaman. Setelah bunga itu panen, maka tanaman akan mengalami perubahan fisik pada buah hingga siap dipanen. Tahapan pembosteran ini difungsikan agar kelengkeng new kristal relatif mampu mengasilkan bunga yang kemudian dapat berubah menjadi buah.

3. Buat Media Tanam Sebaik Mungkin

Resep budidaya kelengkeng new kristal selanjutnya adalah pembuatan media tanam yang bailk. Usahakan media tanam bebas dari gulma dan parasit atau tanaman semak belukar lainnya.

Selain itu, buat pula media tanam dengan jarak tanam yang ideal dan lubang tanam yang seukuran dengan ukuran bibit tanaman. Untuk hasil yang lebih baik, buat lubang tanam berbentuk bujur sangkar dengan harak tanam kira-kira 2×2 meter sampai 7×7 meter atau disesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Jangan lupa, buat penyangga pada bibit tanaman di minggu-minggu awal agar tanaman tidak mudah tumbang saat terkena terpaan angin yang kencang.

4. Rawat penyiangan dan Penggemburan tanah

Setlelah memastikan media tanam yang baik dan bebas dari gulma, resep budidaya kelengkeng new kristal selanjutnya adalah menjaga agar tanaman tidak terkena nekrosis larena gulma. Adanya gulma, dapat mengakibatkan pertumbuhan kelengkeng semakin terhambat, kemudian perlahan-lahan organ atau bagian tubuh tanaman akan nampak kurus, daun akan terlihat pucat kekuningan, dan berujung pada kematian. Ini disebabkan karena nutrisi yang seharusnya diserap oleh tanaman dicuri.

Sementara itu, hal yang perlu kamu rawat dalam budidaya kelengkeng new kristal adalah penggemburan tanah. Pastikan kamu rajin menggemburkan tanah dengan mencangkul secara hati-hati, agar tanah dapat bernafas dan mudah dalam menyerap air.

5. Rajinlah memangkas dan Memberi pupuk

Resep budidaya kelengkeng new kristal agar hasil maksimal selanjutnya adalah rajin memangkas dan memberi pupuk pada tanaman dan memberi pupuk. Pemangkasan atau perempelan tanaman bertujuan untuk membentuk kanopi tanaman dan meningkatkan produktifitas dalam proses pembuahan agar cepat dan lebat sehingga sangat menguntungkan.

Pemangkasan dilakukan sejak tanaman berumur sekitar 3-4 bulan. Pemangkasan dilakukan dengan menyisakan 4-6 tunas saja, yang akan dipelihara hingga berusia satu tahun. Pemangkasan dapat dilakukan setiap setahun sekali.

Pemberian pupuk dapat dilakukan tiap 2 bulan sekali, terutama pada satu tahun pertama untuk memberikan nutrisi pada tanaman. Pemberian pupuk dapat dilakukan sejak pembibitan. Untuk hasil lebih baik, pemupukan dapat diberlakukan pada saat sebelum penanaman. Yaitu dengan cara memmberikan pupuk terlebih tahulu di lubang tanaman yang dicampur dengan tanah galian. Hati-hati, Gunakan pupuk sesuai dengan dosis dan jangan sampai terlalu banyak, karena tanaman akan over dosis dan mudah mati.

6. Rajin Menyiram Tanaman

Resep budidaya kelengkeng new kristal yang lain, adalah kultur sehat dengan rajin menyiram tanaman. Siram tanaman setiap dua kali sehari, terutama pada saat musim kemarau. Untuk hasil yang lebih maksimal, dianjurkan siram menggunakan air cucian beras yang mengandung sumber vitamin B-1.

7. Perhatikan Saat Panen

Untuk hasil yang maksimal, potong tangkai tanaman sekaligus bukan hanya bahnya saja. Cara ini dipercayai agar tanaman dapat mudah bertahan dalam berbuah di musim-musim selanjutnya.

Artikel terkait : 6 Langkah Sederhana Menanam Pohon Buah Kelengkeng New Kristal

MENANAM KELENGKENG NEW KRISTAL

MENANAM KELENGKENG NEW KRISTAL

 

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

7 Resep Budidaya Hasil Maksimal Kelengkeng New Kristal

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Indonesia Berpotensi Besar Sukses Mengebunkan Kurma
5 April 2017

Indonesia Berpotensi Besar Sukses Mengebunkan Kurma – Saat ini banyak pohon kurma yang berbuah di tanahair hal ini membuktikan bahwa... selengkapnya

5 BUDIDAYA TANAMAN BUAH KELAPA GENJAH ENTOK
13 Mei 2020

Kelapa Genjah Entok adalah salah satu jenis tanaman buah kelapa unggulan. Buah kelapa jenis ini memiliki kualitas yang bagus, daging... selengkapnya

Cara Agar Pamelo Berbuah Lebat Dalam Pot
21 Maret 2017

Cara Agar Pamelo Berbuah Lebat Dalam Pot – Pamelo koleksi Tatang Halim berbuah lebat meski tumbuh dalam pot. Pamelo yang tumbuh... selengkapnya

6 KEUNGGULAN TANAMAN BUAH KELAPA GENJAH ENTOK
15 Mei 2020

Seperti yang kita ketahui bersama, kalau tanaman buah kelapa merupakan tanaman dengan julukan “tanaman sejuta manfaat”. Julukan ini disematkan tidak... selengkapnya

Rahasia Kelengkeng Merah
14 Desember 2016

Kelengkeng Merah (Ruby Longan) – mendengar namanya saja anda pasti sudah tahu kenapa kelengkeng yang satu ini dinamakan demikian.  sebelum... selengkapnya

Cara Agar Jambu Air Madu Dheli Hijau Cepat Berbuah
11 September 2020

Jambu air madu dheli hijau menjadi primadona bagi pencinta buah jambu air di Nusantara. Salah satu varietas jambu air madu... selengkapnya

6 Keunggulan Kelengkeng New Kristal Yang Punya Banyak Manfaat
4 Maret 2020

Pada artikel kali ini, kita akan membahas terkait Keunggulan Kelengkeng New Kristal. Langsung saja cekidot. Kelengkeng merupakan jenis buah yang... selengkapnya

5 HAL PERAWATAN IDEAL TANAMAN DURIAN DURI HITAM
31 Maret 2020

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulik perihal perawatan ideal tanaman Durian Duri Hitam. Durian duri hitam merupakan salah satu... selengkapnya

Panduan Menanam Kurma Tropis – Penanaman Kurma, Perawatan Kurma, dan Pembuahan Kurma
7 Juli 2018

Panduan Menanam Kurma Tropis – Beberapa tahun ini banyak masyarakat Indonesia yang melirik budidaya kurma, baik skala halaman maupun perkebunan.... selengkapnya

6 CARA BUDIDAYA MANGGA KIOJAY YANG EFEKTIF MUSIM KEMARAU
21 Maret 2020

Kembali lagi bersama kami, dalam kesempatan kali ini kita akan mengulik perihal cara budidaya Mangga Kiojay yang efektif saat musim... selengkapnya

7 Resep Budidaya Hasil Maksimal Kelengkeng New Kristal

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: