Beranda » Bibit Buah » Jual Bibit Kurma – Jenis Kurma yang Dapat Tumbuh Pada Daerah Tropis

Jual Bibit Kurma – Jenis Kurma yang Dapat Tumbuh Pada Daerah Tropis

Stok: Tersedia
Berat 300 gram
Kondisi Baru
Kategori Bibit Buah, Kurma
Dilihat 301 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Jual Bibit Kurma – Jenis Kurma yang Dapat Tumbuh Pada Daerah Tropis
jual bibit kurma tropis*Harga Hubungi CS
Tersedia
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Jual Bibit Kurma – Jenis Kurma yang Dapat Tumbuh Pada Daerah Tropis

Apa yang anda pikirkan saat mendengar buah kurma? Puasa, Ramadhan, timur tengah, atau padang pasir? Kata-kata tersebut langsung bermunculan di kepala. Ya, buah yang satu ini memang identik dengan bulan Ramadhan sebagai takjil saat berbuka puasa. Serta tempat tumbuhnya yang kebanyakan pada daerah padang pasir di Timur Tengah. Kebanyakan bibit kurma memang hanya dapat tumbuh pada daerah panas.

jual bibit kurma tropis

Bibit kurma tropis

Setiap bulan Ramadhan kita selalu mengimport buah kurma dari Timur Tengah untuk memenuhi permintaan pasar. Karena permintaan terhadap buah kurma selalu besar, beberapa petani mencoba mengusahakan agar bibit kurma dapat ditanam di derah tropis dan terciptalah beberapa jenis kurma yang dapat tumbuh pada daerah tropis.

Bagi anda yang ingin mencoba peruntungan di bidang pertanian buah kurma atau hanya sekedar ingin menanamnya di halaman. Anda tidak perlu pusing untuk mencari tempat jual bibit kurma yang berkualitas. Anda hanya perlu mengunjungi bibitbuahku dan memesan bibit kurma yang anda inginkan. Beberapa jenis bibit kurma tropis yang kami jual diantaranya yaitu :

1. Bibit Kurma Barhee

Mungkin di Indonesia masih kurang familiar dengan buah kurma tropis. Tetapi di Thailand bibit kurma barhee sudah di budidayakan pada lahan ribuan hektar. Kurma barhe memiliki bentuk bulat dengan warna kuning cerah. Daging buahnya berwarna putih dengan tekstur yang padat. Rasa buahnya sedikit berbeda dengan jenis kurma yang lain. Pada fase halal kurma barhee memiliki rasa manis dengan sedikit rasa masam atau sepat. Sedangkan saat berada pada fase tamr buahnya memiliki rasa manis seperti karamel.

jual bibit kurma tropis

Buah kurma

Jika anda belum tahu, buah kurma sebenarnya memiliki fase-fase tertentu untuk tingkat kematangannya. Yaitu hababouk, khimri, halal, ruthab, dan tamr. Biasanya kita mengkonsumsi buah kurma saat sudah mencapai fase tamr atau saat buah kurma menjadi kering dan matang maksimal.

Kurma barhee memiliki beberapa keunggulan salah satunya adalah dapat dipanen pada fase halal. Buah kurma jenis lain baru bisa dipanen saat berada pada fase ruthab. Tetapi fase ruthab biasanya datang bersamaan dengan musim hujan sehingga membuat buah kurma rontok dan membuat buahnya cepat membusuk. Dengan kelebihan tersebut dengan menanam bibit kurma barhee dapat mengurangi resiko kerugian saat panen.

Kurma barhee juga memiliki nilai ekonomis lebih tinggi saat dijual dalam fase ruthab karena harganya lebih mahal daripada saat memasuke fase tamr. Selain itu bibit kurma barhee juga dapat mulai berbunga saat berusia 4 tahun karena bibitnya berasal dari hasil kultur jaringan.

2. Bibit Kurma Tropis

Kami juga jual bibit kurma tropis yang berasal dari Thailand. Anda dapat menanamnya di perkebunan atau di taruh di halaman untuk menghiasi rumah anda. Kurma tropis merupakan tanaman hibrida yang pertumbuhannya tidak terlalu tinggi hanya sekitar 1 meter. Walaupun pendek tetapi kurma tropis memiliki kemampuan berbuah yang sangat cepat sehingga menjadikannya sebagai salah satu tanaman unggul. Pada usia 3 tahun bibit kurma ini sudah dapat berbuah. Bagaimana cepat kan?

Bibit kurma tropis dapat menghasilkan setidaknya 5 sampai 10 tandan per pohonnya, dengan berat pertandan antara 5 sampai 10 kg. buah kurma tropis memiliki rasa manis, sepat dan krispi saat berada pada fase ruthab. Saat memasuki fase tamr buahnya memiliki rasa manis yang nikmat.

3. Bibit Kurma Tropis KL1

Kurma tropis kolak one atau biasa disebut kurma tropis kl1 merupakan jenis kurma yang tercipta karena persilangan jenis kurma barhee dan kurma deglet nour. Kurma kl1 memiliki karakteristik yang sama seperti kurma tropis. Selain itu bibit kurma tropis kl1 memiliki tingkat adaptasi yang tinggi dengan iklim tropis yang ada di Indonesia.

Kurma tropis kl1 dapat mulai berbuah saat berusia 3 tahun, buah yang dihasilkan memiliki tekstur krispi seperti apel saat memasuki fase ruthab. Saat memasuki fase tamr buahnya memiliki tekstur yang sangat lembut dan rasa sangat manis.

Kurma tropis kl1 juga merupakan buah unggul karena sifat adaptasinya yang sangat mudah dengan iklim yang ada di Indonesia. Anda juga dapat menanamnya di kebun atau halaman ruamah anda. Bibit kurma tropis kl1 ini akan memiliki tingkat pertumbuhan yang optimal apabila ditanam pada daerah dataran rendah dengan tingkat ketinggian 50 mdpl dengan tingkat curah hujan 1500 mm per tahun dan berada dalam suhu 32-35 derajar celcius. Pohon kurma tropis kl1 dapat memproduksi buah yang lumayan banyak setiap kali berbuah dan usia pertumbuhannya relative lebih cepat dibandingkan kurma biasa.

4. Bibit Kurma Tropis H1

Satu lagi bibit kurma tropis yang kami jual adalah kurma tropis h1 atau “heng one”. Kurma tropis yang satu ini merupakan jenis baru yang memiliki banyak keunggulan. Diantaranya yaitu :

a. Presentasi bibit kurma betina mencapai 80%

Permasalahan yang sering terjadi dalam membudidayakan bibit kurma adalah kemunculan bibit jantan memiliki presentase yang sama dengan betina ketika menanam menggunakan biji. Sedangkan jika menanam bibit dengan kultur jaringan, kita harus merogoh kocek lebih dalam karena harganya lebih mahal.

Hadirnya bibit kurma tropis h1 menjadi kabar baik bagi petani kurma karena perbanyakan bibitnya dengan biji memiliki presentase bibit betina lebih banyak sekitar 80%. Hal ini telah dibuktikan oleh mr. Heng, penemu jenis kurma tropis h1 ini. Dari 1200 biji yang dia tanam, 900 diantaranya tumbuh menjadi bibit kurma betina.

b. Warna buahnya merah

Berbeda dengan jenis kurma tropis lain yang memiliki warna kuning. Kurma h1 memiliki buah berwarna merah. Di Thailand buah kurma muda berwarna merah lebih banyak diminati, sehingga di prediksi jika buah kurma h1 ini dipasarkan di Indonesia akan memiliki lebih banyak peminat juga daripada buah kurma berwarna kuning.

c. Memiliki rasa manis

Selain warnanya yang menarik, buah kurma h1 juga memiliki rasa yang manis. Bahkan saat buahnya masih muda kurma h1 memiliki rasa buah dengan tingkat kemanisan yang tinggi.

d. Berbuah cepat

Seperti yang sudah dijelaskan diatas kalau bibit kurma tropis dan bibit kurma kl1 dapat berbuah dalam kurun waktu 3 tahun, waktu tersebut sudah terbilang cukup cepat. Tapi bibit kurma h1 ternyata dapat berbuah jauh lebih cepat yakni dalam usia 2 tahun. Di negara asalnya Thailand buah kurma h1 memang memiliki kecepatan berbuah yang sangat cepat asalkan di rawat dengan benar.

e. Dapat tumbuh pada daerah ekstrim

Bibit kurma tropis h1 dapat tumbuh pada daerah ekstrim. Maksudnya adalah bibit kurma ini dapat bertahan walau berada pada tingkat kelembapan yang ekstrim serta dapat tetap bertahan walau berada pada daerah dengan kondisi air yang kurang bagus.

Demikian ulasan tentang bibit kurma yang dapat tumbuh pada daerah tropis yang kami jual di bibitbuahku. Jika anda ingin mencoba untuk membudidayakan bibit kurma tropis ini jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami akan menyiapkan bibit kurma terbaik untuk kegiatan budidaya anda.

Tags: , , , ,

Ditambahkan pada: 21 Januari 2021
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. Gebyok Raya, Dusun Mengger, Kelurahan Patemon RT.03/RW.03

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50228

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yaniz
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja