Beranda » Bibit Buah » Bibit Jambu Siumik Pala – Jambu Biji dengan Rasa Manis, Berukuran Jumbo, dan Genjah

Bibit Jambu Siumik Pala – Jambu Biji dengan Rasa Manis, Berukuran Jumbo, dan Genjah

Stok: Tersedia
Berat 300 gram
Kondisi Baru
Kategori Bibit Buah, Jambu
Dilihat 146 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bibit Jambu Siumik Pala – Jambu Biji dengan Rasa Manis, Berukuran Jumbo, dan Genjah
jual bibit jambu siumik pala*Harga Hubungi CS
Tersedia
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Bibit Jambu Siumik Pala – Jambu Biji dengan Rasa Manis, Berukuran Jumbo, dan Genjah

Jual Bibit Jambu Siumik PalaJambu biji merupakan tanaman buah tropis yang berasal dari Brazil. Kemudian buah ini tersebar ke berbagai negara sampai ke Indonesia. Jambu biji sendiri memiliki berbagai jenis dengan karakteristik dan keunikan tersendiri. Salah satu jenis jambu biji yang saat ini menarik banyak perhatian adalah jambu biji Siumik pala.

jual bibit jambu siumik pala

jambu siumik pala

Jambu biji siumik pala dikenal karena memiliki ukuran yang besar alias jumbo. Bobot satu buahnya bisa mencapai 500 – 700 gram. Daging buahnya tebal dan berbiji sedikit bahkan hampir tidak terlihat. Jambu ini memiliki rasa manis dengan kandungan air yang banyak, sehingga membuat rasanya lebih renyah dan segar. Karena kelebihannya tersebut banyak yang bilang jika jambu siumik pala merupakan saingan dari jambu kristal.

Jambu kristal memang terkenal lebih dahulu karena lebih awal masuk ke Indonesia. Tetapi jambu siumik pala mulai menyusul dengan kepopulerannya. Jambu yang berasal dari Taiwan ini secara fisik tidak jauh berbeda dari jembu kristal dan kebanyakan jambu biji yang lain. Hanya saja pohon dari jambu siumik pala berukuran lebih pendek, serta buahnya tidak berbentuk bulat sempurna. Buah jambu ini saat muda berwarna hijau saat sudah matang warna buahnya berubah kekuningan.

Keunggulan Jambu Siumik Pala

Sebagai saingan dari jambu kristal tentu saja jambu siumik pala memiliki berbagai macam keunggulan. Berikut adalah keunggulan dari jambu siumik pal ajika dibandingkan dengan yang lain.

o Memiliki ukuran yang besar, bobot satu buahnya dapat mencapai 500 – 700 gram.
o Memiliki daging buah yang tebal dengan rasa manis dan segar karena memiliki kandungan air yang cukup banyak.
o Berbiji sedikit bahkan hampir tidak ada. Biji yang biasanya mengumpul di bagian tengah hampir tidak dimiliki oleh jambu siumik pala. Hanya ada sedikit biji pada buahnya, inilah yang membuat daging buahnya lebih tebal.
o Pohonnya lebih pendek sehingga lebih memudahkan petani dalam perawatannya.
o Pohon jambu biji siumik pala dikenal bersifat genjah. Atau dapat berbuah dengan cepat. Hanya butuh waktu sekitar 8 – 12 bulan sejak masa penanaman sampai bisa memanen buahnya.
o Pohon jambu ini juga dapat berbuah sepanjang tahun jika dilakukan perawatan dengan baik.

Manfaat Jambu Siumik Pala

Jambu siumik pala juga diketahui memiliki berbagai macam manfaat jika mengkonsumsi buahnya, zat tonik yang terdapat pada jambu siumik pala memiliki pengaruh pada kerja jantung dan dapat mengontrol kadar gula darah. Selain itu beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan adalah.

o Dapat mengobati sesak dada dan sakit pada tenggorokan. Caranya dengan memasak jambu biji dan campur dengan madu kemudian konsumsi secara teratur.
o Dapat menghilangkan penyakit beri-beri dan peradangan di dalam tubuh.
o Daun jambu biji siumik pala dapat dijadikan obat yang mampu mengobati sakit pencernaan, epilepsy, serta radang pada perut.

Budidaya Jambu Siumik Pala

Jual bibit jambu siumik pala

Bibit Jambu Siumik pala

Dalam membudidayakan jambu biji siumik pala anda bisa menanamnya pada lahan terbuka atau menggunakan tabulampot. Tapi pada kesempatan kali ini kami ingin mengulas budidayanya menggunakan tabulampot. Jika menanam menggunakan pot, anda dapat menaruhnya pada halaman rumah anda dan menjadikannya tanaman hias yang dapat menyejukkan halaman rumah anda.

Syarat Tumbuh Bibit Jambu Siumik Pala

Untuk membantu anda dalam mengoptimalkan pertumbuhan pohon dan buah jambu siumik pala, pertama perlu kita cari dulu syarat apa saja yang harus terpenuhi agar bibit jambu siumik pala dapat tumbuh dengan baik.

o Bibit jambu biji siumik pala dapat ditanam pada tingkat ketinggian berapapun, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Batas ketinggian yang dapat dijadikan tempat tumbuh bibit jambu siumik pala yaitu 1000 mdpl.
o Bibit jambu biji membutuhkan bantuan angin untuk melakukan penyerbukan. Tetapi angina kencang tidak dianjurkan karena dapat merontokan bunga yang akan menjadi bakal buah.
o Bibit jambu biji siumik pala dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah dengan optimal jika ditanam pada wilayah dengan tingkat suhu 23 -28 derajat Celcius.
o Bibit jambu biji siumik pala harus terkena sinar matahari secara langsung.

Memilih Bibit Jambu Siumik Pala

Gunakan bibit jambu biji yang berasal dari perbanyakan vegetatif. Anda dapat menggunakan bibit cangkok, okulasi, atau sambung pucuk. Tujuan dari pemilihan bibit dengan perbanyakan vegetatif adalah agar pohon jambu siumik pala dapat tumbuh dengan cepat dan memperkecil terjadinya resiko kematian pada bibit. Anda juga akan lebih mudah dalam merawat bibit hasil perbanyakan vegetatif dari pada menanam sejak biji.

Jika anda mencari tempat jual bibit jambu siumik pala dengan perbanyakan vegetatif, anda bisa menghubungi bibitbuahku. Karena semua jenis bibit buah ada di toko ini. Selain itu harga bibit jambu siumik pala yang ditawarkan juga bersaing dengan toko yang lain. Jadi jangan ragu untuk memesan bibitnya kepada kami.

Memilih Pot

Anda dapat menggunakan semua jenis tabu lampot. Baik yang terbuat dari keramik, plastik ataupun dari drum bekas. Asalkan anda memilih pot yang bagian bawahnya sudah di lubangi. Tujuan adanya lubang pada bagian bawah pot adalah sebagai tempat pembuangan air. Jadi saat disiram air tidak menggenangi akar pohon, jika air menggenang maka akar akan mengalami pembusukan dan membuat bibitnya mati. Gunakan pot dengan diameter setidaknya 45 cm. Nantinya pot akan selalu diganti apabila ukuran tanaman sudah semakin besar dan pot tidak bisa lagi menampungnya.

Membuat Media Tanam

Setelah anda memiliki pot sebagai wadah bibit jambu nantinya. Tahap selanjutnya adalah membuat media tanam. Untuk membuat media tana mini anda hanya membutuhkan tanah yang subur, pupuk kandang, dan sekam padi. Cara membuat media tanam sangat mudah anda hanya perlu mencampurkan tanah, pupuk kandang, dan sekam padi dengan perbandingan 1 :1 :1. Jika sudah tercampur dengan rata maka media tanam sudah bisa digunakan.

Penanaman Bibit Jambu Siumik Pala

Setelah semua yang dibutuhkan sudah didapat. Tahap selanjutnya adalah melakukan penanaman. Berikut langkah-langkah dalam menanam bibit jambu siumik pala.

o Siapkan pot yang akan dipakai untuk menanam bibit. Pada bagian dasar pot berikan pecahan genteng atau batu bata sebelum memasukkan media tanam. Tujuannya tentu saja untuk membuat aliran drainase sehingga air dapat keluar dengan baik saat bibit disiram.
o Masukkan media tanam ke dalam pot sampai terisi sepertiga penuh.
o Masukkan bibit jambu siumik pala ke dalam pot. Lepas terlebih dahulu polybag yang ada pada bagian bawah batangnya. Usahakan agar tanah yang menempel pada batang tidak hancur. Posisikan agar bibit berada tepat dibagian tengah pot.
o Jika sudah persis berada di tengah masukkan media tanam ke dalam pot sampai terisi penuh, berikan kayu penyanggah untuk menopang bibit jambu siumik pala.
o Jika sudah selesai taruh pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung, kemudian sirami dengan air.

Demikian ulasan kami tentang Jambu siumik pala. Jika anda tertarik untuk membudidayakan bibit jambu siumik pala, segera dapatkan bibitnya di bibitbuahku. Kami akan menyiapkan bibit jambu siumik pala dengan kualitas yang baik untuk kegiatan berkebun anda.

Tags: , , , ,

Ditambahkan pada: 4 Februari 2021
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. Gebyok Raya, Dusun Mengger, Kelurahan Patemon RT.03/RW.03

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50228

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yaniz
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja