Beranda » Blog » Prospek Budidaya Kurma di Indonesia

Prospek Budidaya Kurma di Indonesia

Diposting pada 7 Juli 2018 oleh bibit buah / Dilihat: 3.319 kali

Prospek Budidaya Kurma di Indonesia  – Pohon kurma mempunyai daya adaptabilitas yang tinggi. Pohon betina kurma mudah kawinan dengan ‘siapa saja’ maka tidak mengherankan kalau varietas kurma sampai saat ini dapat mencapai 1000 varietas lebih. Mirip manusia Indonesia yang bersuku-suku dengan kekhasan sendiri tetapi tetap satu bangsa, Bhineka Tunggal Ika. Maka kurma juga mempunyai kebhinekaan namun tetap tunggal sebagai kurma yang super food.

Prospek Budidaya Kurma di Indonesia

Satu pohon betina di Pasuruhan Jawa Timur, menurut penuturan perawatnya, menghasilkan dua macam kurma yang berbeda bentuk buahnya, saat dikawinkan dengan dua macam serbuk sari jantan pada tahun yang berbeda. Di Timur Tengah, penamaan kurma aslinya berdasarkan nama suku atau tetua pemilik kebunnya. Karena kurma yang dihasilkan dari kebun yang berbeda bahkan bisa memberikan kualitas buah yang berbeda.

Dengan pengalaman Indonesia sebagai pekebun sawit dan salak, serta budaya menanam kelapa yang mendarah daging, maka membudiyakan kurma semestinya bukan suatu pekerjaan yang terlalu rumit. Lagi pula pengetahuan tentang mengawinkan salak, dapat diterapkan untuk menghasilkan buah kurma yang khas Indonesia. Apalagi dengan keterlibatan para pakar pertanian dan hortikultura Indonesia yang saat ini mulai giat dengan mempelajari kurma ini.

Dengan ijin Allah, insyaAllah Indonesia juga akan punya varietasnya sendiri yang mungkin saja bisa jadi terbaik di dunia. Mempunyai kualitas buah yang baik, ukuran yang lebih besar, rasa yang nikmat, penampilan yang menarik, disukai di pasar dunia, dan selalu tersedia sepanjang tahun. Inilah Prospek Budidaya Kurma di Indonesia yang sangat menjanjikan.

Kalau Amerika berhasil mempunyai jenis Medjool, Black Sphinx, dll. yang khas dan kualitas prima, maka itu contoh kasus yang bisa terjadi pula di Indonesia. Akan muncul beberapa jenis kurma yang khas Indonesia. Kurma Medjool dibawa dari Maroko ke Amerika serikat, tetapi sekarang terkenal sebagai kurma jumbo dari Califronia.

Sir Thomas Raffles lebih dari 300 tahun lalu memperkenalkan sawit dengan membawa 4 butir sawit Guinea Afrika ke Indonesia. Dan sekarang, Indonesia mempunyai lahan perkebunan sawit 11 juta HA, terluas di dunia. Dan hasil buahnya pun lebih baik dari yang ada di negara asalnya. Demikian pula kopi dari Ethiopia yang diperkenalkan ke Indonesia ratusan tahun lalu, kini justru kalah terkenal dengan kopi Arabica dari Tana Toraja atau dari Sidikalang atau dari Mandailing. Dan sejak Februari 2013, kita telah mendatangkan ribuan bibit kurma varietas terbaik hasil kultur jaringan dari salah laboratorium terbaik di dunia. InsyaAllah ini awal yang baik untuk mengangkat kualitas produk perkebunan dan memasok multi-pangan yang terbaik untuk rakyat.

Saat ini di negara-negara hemisfir selatan seperti Australia dan Namibia berusaha mengusahakan kebun kurma modern yang luas, dengan harapan dapat menghasilkkan kurma yang off-season, atau berbeda waktunya dengan masa panenan di negara-negara Timur Tengah, maka di kawasan tropis Indonesia, kita mungkin saja akan menjadi pemasok kurma sepanjang tahun nantinya. Kebun-kebun kita mungkin saja dapat berbuah sepanjang tahun seperti kurma di Chili sebelah utara yang tinggi curah hujannya dan yang berbuah dua kali setahun di dataran tinggi yang subur di Thailand.

Setelah nantinya kurma menjadi komoditas perkebunan Indonesia yang memikat, akankah ini menjadi raksasa baru yang nggegirisi dan mencaplok siapa saja? Belajar dari kasus perkebunan sawit yang melahap hutan tropis dengan rakusnya, maka penanaman kurma mesti menghindari hal seperti itu.

Pemberdayaan Petani Mandiri adalah pilihan yang seharusnya dipilih, bukan perkebunan raksasa. Puluhan juta petani gurem, petani kecil di Indonesia yang cuma punya lahan kurang dari setengah hektar itu, mesti diberdayakan dengan pohon kurma sebagai penyempurla lahan pertaniannya. Diangkat harkat sosial, kesehatan dan kesejahteraannya dengan wasilah / jalan kurma ini.

Prospek Budidaya Kurma di Indonesia

Kurma dapat ditanam di pekarangan dan lahan pertanian yang sudah mereka miliki. Kurma dapat ditanam di pematang sawah padi atau palawija seperti di Iran, Mesir dan India. Ditanam di kebun-kebun bersama tanaman buah-buahan yang sudah seperti kebun mangga bersama kurma di India, atau kurma dengan delima di Australia. Atau dengan menanamnya dalam suatu konsep Kebun Al-Qur’an seperti yang diterapkan di Jonggol Farm di Bogor, dimana kurma ditanam bersama Zaitun, buah Tin, Alfafa dan Delima serta berbagai tanaman lain seperti durian, kelengkeng, Alfafa, dll.

Di lahan urban pada kawasan pemukiman yang tertata rapi seperti real estate pun bisa dilakukan penanaman kurma, seperti yang ada di kota Phoenix Arizona Amerika Serikat. Kawasan pemukiman menjadi sangat indah sekaligus mensejahterakan dan menyediakan makanan sehat, bahkan obat bagi penduduknya. Penduduk disana bisa memanen kurma hingga 75 kg per pohon dengan harga yang cukup tinggi, dan setiap rumah memiliki sekitar 10 pohon.

Prospek Budidaya Kurma di Indonesia

Pepohonan kurma menjadi penghias kompleks perumahan sekaligus sebagai pendapatan yang bernilai tinggi di suatu kawasan perumahan di Phoenix Arizona, Amerika Serikat. Desa-desa modern, kluster, real-estate dan kompleks perumahan kita dapat mencontoh menanam tanaman yang bermanfaat dan super ini.

Oleh : Prospek Budidaya Kurma di Indonesia . Agus S. Djamil, Praktisi Energi, Pelopor Kebun Kurma di Indonesia dan pencetus Gerakan Menanam Kurma di Indonesia dan Brunei Darussalam.

Kenapa Harus Membeli Bibit Kurma Tropis Di Sini?

Ketika anda membeli bibit kurma tropis di tempat kami anda tidak akan menyesal karena alasan berikut ini:

  1. Bibit alpukat mentega yang kami kirim dalam kondisi sehat.
  2. Garansi Bibit aman sampai tujuan, bila bibit mati sampai tujuan kami akan segera mengantinya. Dengan catatan seketika saat bibit sudah sampai.
  3. Pengiriaman lebih cepat dan tepat, karena Bibit Buahku sudah bekerjasama dengan beberapa jasa pengiriman, dan menyatakan komitmennya.
  4. Tanaman akan cepat berbuah karena perbanyakan bibit yang kami kirim bukan dari biji, melainkan dengan beberpa teknik perbanyakan modern dan dari indukan yang sudah berbuah.
  5. Packing sangat aman dan rapi, bukan dari bahan kardus melainkan dari kayu yang sudah teruji kekuatan dan ketahannanya.
  6. Sebelum bibit kami kirim, terlebih dahulu bibit kami seleksi dan diberi perlakuan secara ketat. Mulai dari pemberian vitamin untuk akar agar tidak mudah stress, pemberian vitamin daun agar daun tidak rontok atau layu, penggantian media tanam secara hati hati dan diganti mediatanam penuh nutrisi, serta pembungkusan plastik pada setiap tanaman.

Berikut tadi ulasan kami terkait Prospek Budidaya Kurma di Indonesia. Kami siap melayani pengiriman bibit kurma keseluruh wilayah Indonesia. Pengiriman keluar pulau Jawa kami kirim via udara sehingga bibit lebih cepat sampai.

Alamat Kami:
Jl. Mr. Koesbiyono Tjondrowibowo, Kel. Mangunsari,
Kec. Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah
Kode Pos 50227

SMS/ Telpon 0857 4385 2768
Whatsapp 0857 4385 2768
bibitbuahku

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

Prospek Budidaya Kurma di Indonesia

  • Abdul hamid

    Assalamuaikum maaf pk fathul saya abdulhamid dari jawabarat daerah pangandaran ..saya punya lahan kosong 1hektar .kira2 cocok tdk kalo di tanami pohon kurma.jikalo cocok saya mau blajar cara memeliharanya adakah buku pandunya atau hrus bli di mna?.dn harag bibit pr pohon brapa samapi di pangandaran .trimakasih

    Balas 30 Maret 2020 | 8:11 am
    • bibit buah Admin

      waalaikum salam pak abdul hamid, cocok tidaknya harus melihat beberapa faktor pak. namun sebenarya bisa disiasati dengan beberapa perlkuan. minimal ketersediaan air tercukupi nantinya. untuk buku saat ini belum banyak yang beredar membahas secara detail kurma Tropis., namun ada salah satu buku yang bisa kami rekomendasikan silhkan hubungi wa 085842267772

      Balas 31 Maret 2020 | 2:05 am
  • Widodo

    Saya sangat antusias untuk merubah nasib dengan berkebun kurma mudah mudahan dengan inilah tuhan tunjukan jalan dalam perubahan kehidupan .bukan kah tuhan tidak akan merubah nasib suatu kaum bila tidak kaum itu sendiri yang merubah nya

    Balas 29 Juni 2018 | 8:57 am
  • ucu supriyadi

    Saya punya 1 pohon kurma pemberian teman, gak tahu jenisnya jantan/betina, apa yg hrs di lakukan biar kurma saya berbuah?? Mohon infonya…

    Balas 22 September 2017 | 7:06 am
    • Fatkhul Admin

      Kalau untuk kurma sampai saat ini belum ada obat perangsang buahnya. Berbuahnya pohon kurma tergantung jenis dan perbanyakan. Jadi dirawat saja semaksimal mungkin, InsyaAllah nanti berbakti jiga

      Balas 22 September 2017 | 6:13 pm
  • DRS. APUL SIPAYUNG

    Maksud saya begini Bapak. “Perusahaan atau yang berbadan Usaha” jangan lagi menanam kurma puluhan hektar. Cukup lima hektar. selebihnya berikan kesempatan sama petani. Maka setiap pembeli bibit harus ditanya apa pekerjaannya, Apa usahanya, supaya yang kaya jangan semakin kaya dan yang miskin tidak penonton selamanya. Saya yakin demikian banyak yang setuju, kecuali mereka yang rakus .

    Balas 18 April 2017 | 4:41 am
    • Fatkhul Admin

      Terimakasih lagi atas masukan Pak APUL SIPAYUNG, sangat super. 🙂
      sedikit menanggapi, kami tidak bisa membatasi para pelanggan kami yang punya rencana untuk membuka lahan puluhan hektar agar cukup membuka lima hektar saja. Itu hak mereka dan itupun sebuah rencana yang bagus untuk perkembangan kurma di Indonesia. Karena belum tentu ketika mereka hanya dibatasi menanam 5 hektar, sisanya petani kecil mau menanam kurma atau tanaman apapun itu. Kesadaran dan pola pikir petani kecil kita yang harus diperbaiki. Beberapa kali kami tawarkan bibit buah ke beberapa petani kecil yang tinggal didaerah yang sebenarnya cocok untuk tempat budidaya tanaman buah apapun itu, namun kebanyakan dari mereka tidak berkenan, banyak faktor yang menjadi pertimbangan mereka, mulai dari ketidak tahuan cara budidayanya, pemasarannya, sampai keamanan dari pencuri jika nanti tanaman berbuah. semua itu karena pola pikir yang masih cari aman membudidyakan tanaman yang selama ini mereka budidayakan saja. belum berani untuk memulai hal baru dan berspekulasi. Bagi kami itu adlah masalah dasar yangh harus diatasi, sehingga dalam beberapa seminar dan pelatihan untuk para petani kecil kami selalu memberikan motivasi untuk melangkang lebih maju dan berani berspekulasi, selain itu juga memberikan beberapa masukan terkait permasalahan-permasalahan yang meraka hadapi dan yang kami bisa bantu tentunya.

      Kita Berdo’a Bersama Semoga Petani Kita Semakin Maju dan Cerdas

      Balas 20 April 2017 | 3:18 am
    • Ryu1193

      setuju sama admin, sebenarnya bukan masalah petani miskin vs pengusaha, tp masalahnya ada pada pola pikir petani2 kecil.

      kebanyakan dari mereka tkt dalam memulai sesuatu yg baru, dan juga kurangnya pengetahuan para petani kecil dan kurangnya sosialisasi dari pihak2 yg ahli di bidang ini menjadi faktor utama yg membuat petani2 kecil tidak mau emmulai bisnis kebun kurma.

      Di daerah saya masih byk orang yg menganggap kalo kurma itu tidak bisa berbuah di Indonesia, malah mayoritas dari mereka tidak tahu kalo kurma itu ada jantan sama betinanya.

      Balas 23 Juni 2017 | 5:48 am
      • Fatkhul Admin

        Terimaksih, semoga kita bisa bersama-sama memajukan sektor pertanian di Negara kita tercinta ini… 🙂

        Balas 23 Juni 2017 | 5:24 pm
  • DRS. APUL SIPAYUNG

    saya lihat cara bertani di indonesia yang kaya semakin kaya, yang miskin terus menjadi miskin. maka penyedia bibit kurma ( kuljar dan K L 1 hibrid maupun tunas) membatasi peredaran bibit tersebut jangan sampai didominasi pembelinya oleh orang berduit. pikirkan orang miskin. kasi orang miskin benih murah. ajari mereka memanfaatkan tanahnya. penyedia benih jangan tergiur untungnya saja. beri kesempatan bagi saudara kita yang kurang mampu supaya saudara kita itu semakin baik ekonominya dan bukan penonton saja di negeri sendiri. amin

    Balas 18 April 2017 | 4:28 am
    • Fatkhul Admin

      terimakasih banyak Pak Apul Sipayung, sangat mengena komentarnya. Kami sangat mendukung pemikiran-pemikiran Bapak. Alhamdulillah hasil dari penjual bibit ini sebagian kita sisihkan untuk orang kecil terutama petani, dan kami juga ada program penanaman pohon kurma secara cuma-cuma di beberapa desa itupun diambil dari sebagian hasil usaha kami ini. Tidak hanya pelatihan tentang tanaman kurma, Pelatihan terkait pertanian tanaman buah juga kita jalankan didaerah daerah pedesaan, tanpa dipungut biaya.

      Balas 20 April 2017 | 3:01 am
  • Muhammad Idris

    ya Allah… yaa Rabb… semoga apa yang dicita-citakan saudara kami Agus S. Djamil dapat terwujud berkat ridho-Mu… Aamiin

    Balas 24 Februari 2017 | 10:48 pm

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Jambu Air Bajang Leang – Simanis Jumbo Dengan Warna Menawan
8 Maret 2017

Takaran buah bajang leang super gede, berona merah, dan manis. nama jambu air itu pa cang lien wu berarti tapak... selengkapnya

Cara Budidaya Jambu Air Madu Dheli Hijau
11 September 2020

Jambu air madu dheli hijau saat ini sedang populer di kalangan pencinta jambu air Nusantara. Buah yang dianggap memiliki rasa... selengkapnya

8 TIPS BUDIDAYA TANAMAN BUAH KELENGKENG MERAH
21 April 2020

Kembali lagi di artikel ini, kali ini kita akan mengulas bersama mengenai budidaya tanaman buah kelengkeng merah Kelengkeng merah, atau... selengkapnya

7 KUNCI BUDIDAYA TANAMAN BUAH KELENGKENG MATALADA
17 April 2020

Bersama kami di artikel Bibitbuahku, pada kesempatan ini kami akan mengajak anda untuk membahas tentang kunci budidaya tanaman buah Kelengkeng... selengkapnya

Tabulampot Jambu Air Madu Dheli Hijau
18 September 2020

Jambu air madu dheli hijau dikenal sebagai jenis buah jambu air yang spesial. Walaupun memiliki warna hijau tapi jambu air... selengkapnya

6 PERAWATAN POKOK PADA TANAMAN BUAH KELENGKENG MERAH
21 April 2020

Yakk kali ini kita akan mengulas tentang keunggulan kelengkeng merah. Cekidot… Kelengkeng merah merupakan salah satu tanaman buah yang sedang... selengkapnya

Cara Budidaya Buah Naga Dalam Pot Agar Cepat Berbuah
9 Oktober 2017

Cara budidaya buah naga menjadi topik kami kali ini. Buah naga tergolong mudah dalam membudidayakannya karena tak memerlukan teknik maupun... selengkapnya

6 Kelebihan Alpukat Aligator dan Manfaatnya | Besar, Tebal, Lezat, Mudah, Genjah dan Sehat
4 Mei 2019

Mengetahui Beberapa Kelebihan Alpukat Aligator dan Manfaatnya! Alpukat aligator adalah salah satu varian dari buah Avocado yang cukup unik. Ukurannya... selengkapnya

Lengkeng Rubi Berbuah di Pot
15 Maret 2017

  Lengkeng Rubi Berbuah di Pot – Cocok untuk pehobi supersibuk. Lengkeng merah tergolong buah eksklusif. “Produksinya masih terbatas,” kata Ricky... selengkapnya

Buah Bintang Unggulan Bojonegoro – Belimbing Unggul
27 Juni 2017

Buah Bintang Unggulan Bojonegoro – Belimbing di sentra Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, berukuran besar, lembut, dan manis. Ciri khas... selengkapnya

Prospek Budidaya Kurma di Indonesia

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: