Beranda » Benih Buah » Jual Bibit Jeruk Tongheng – Jeruk Imlek Dengan Citarasa Manis yang Kulitnya Bisa Dimakan

Jual Bibit Jeruk Tongheng – Jeruk Imlek Dengan Citarasa Manis yang Kulitnya Bisa Dimakan

Stok: Tersedia
Berat 300 gram
Kondisi Baru
Kategori Benih Buah, Bibit Buah, Jeruk
Dilihat 1.335 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Jual Bibit Jeruk Tongheng – Jeruk Imlek Dengan Citarasa Manis yang Kulitnya Bisa Dimakan
jual bibit jeruk tongheng*Harga Hubungi CS
Tersedia
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Jual Bibit Jeruk Tongheng – Jeruk Imlek Dengan Citarasa Manis yang Kulitnya Bisa Dimakan

Bibit Jeruk Tongheng Cepat Berbuah Dengan Buah Yang Memiliki Citarasa Manis dan Kulitnya Dapat Dimakan

Jual Bibit Jeruk Tongheng – Buah jeruk merupakan salah satu buah tropis yang masih satu keluarga dengan family Rustacae. Warnanya orange dengan bentuk bulat sangat populer di negara-nagara belahan dunia. Buah jeruk juga termasuk salah satu jenis buah paling populer di indonesia bersama dengan buah durian, mangga, dan pisang. Kepopuleran buah jeruk dikarenakan rasa buahnya yang manis, kaya akan kandungan vitamin untuk kebugaran tubuh serta mudah dijumpai dan dibudidayakan di iklim tropis Indonesia.

Mengenal Jeruk Tongheng

jual bibit jeruk tongheng

Jual Bibit Jeruk Tongheng

Perlu anda ketahui, buah jeruk yang ada di Indonesia memiliki berbagai macam jenis yang berbeda. Beberapa diantaranya merupakan jenis unggul karena memiliki karakteristik dan juga keunggulan tersendiri. Mulai dari ukuran buahnya yang besar, warna buahnya yang cantik, dan juga rasa buahnya yang sangat manis.

Salah satu buah jeruk unggulan adalah buah jeruk tongheng. Jeruk yang berasal dari negeri tirai bambu ini pertama kali diperkenalkan oleh kolektor asal Malang pada tahun 2010. Jeruk tongheng merupakan salah satu jeruk yang istimewa. Bukan hanya rasa manis pada daging buahnya saja, kulit buahnya juga dapat dimakan denfan rasa yang manis tanpa ada rasa getar. Daging buahnya berwarna orange, bertekture lembut, dan memiliki bulir-bulir yang renyah dan beraroma harum. Sama dengan jenis buah jeruk pada umumnya, jeruk tongheng juga memiliki kandungan air yang cukup melimpah sehingga sangat juicy saat disantap. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas ciri jeruk tongheng mulai dari buah hingga pohonnya.

Ciri-Ciri Jeruk Tongheng

jual bibit jeruk tongheng

Pohon Jeruk Tongheng

Sebagai pengantar di atas sudah di jelaskan ciri jeruk tongheng secara singkat, untuk lebih detailnya anda bisa ,elihat ciri jeruk tongheng di bawah ini.

  • Jeruk tongheng memiliki bentuk buah yang bulat dengan ukuran yang tidak besar, rata-rata buahnya memiliki diameter sekitar 2 – 2,5 cm.
  • Saat masih mudah jeruk tongheng memiliki warna kulit yang hijau dan saat sudah matang kulit buahnya akan berubah menjadi kuning cerah.
  • Daging buahnya sangat lembut dan memiliki bulir jeruk yang renyah.
  • Daging buah jeruk tongheng memiliki citarasa yang manis tanpa rasa getir sedikitpun, kulit buahnya juga dapat dimakan dan memiliki rasa yang manis juga.

Selain itu, bibit jeruk tongheng merupakan salah satu jenis yang unik. Tanamannya bertubuh mungil, cantik, dan dapat ditanam di dalam pot. Sehingga, rekomended untuk ditanam di halaman rumah sebagai tanaman hias untuk menambah estetika. Batagnya berkayu tegak dengan warna coklat agak kehijauan, berukuran tidak terlalu besar namun percabangannya banyak. Daunnya menyirip dengan warna hijau tua, dan permukaan pada organ daunnya halus. Bunganya berwarna putih seperti kincir angin mini, kemudian biasanya sering muncul pada tangkai tanaman.

Keunggulan Bibit Jeruk Tongheng

Bibit buah jeruk tongheng memiliki banyak sekali keunggulan. Selain ukurannya yang mungil, rasa yang manis, dan dapat dimakan beserta kulit buahnya, apa, aja ya, keunggulan-keunggulannya? Penasaran? berikut penjelasannya:

  1. Rasanya yang manis, baik daging buah maupun kulit buahnya. Sehingga, baik kulit buah maupun daging buah dapat dimakan
  2. Memiliki bentuk yang mungil, Rata-rata satu irisannya berukuran 2 sampai 2,5 cm dengan keseluruhan buahnya berdiameter 5 sampai 8 cm.
  3. Memiliki nilai market yang tinggi. Terutama, menjelang tahun baru imlek. Jerung tongheng sangat dicari untuk memenuhi kebutuhan pasar menjelang tahun baru imlek karena konsumen jeruk tongheng kebanyakan masyarakat tionghoa.
  4. Pohonnya berukuran pendek dan ringkas, sehingga tidak memakan banyak tempat serta dapat direkomendasikan untuk ditanam di pekarangan rumah yang kurang luas.
  5. Dapat dibudidayakan di dalam pot.
  6. Dengan perawatan yang optimal, bibit jeruk tongheng dapat memproduksi hingga 25 buah tiap pohon dalam sekali panen.
  7. Memiliki sifat genjah atau pandai berbuah. Jeruk tongheng dapat berbuah susul menyusul. Sudah dapat belajar berbuah 1-2 tahun setelah penanaman dengan perawatan yang ideal.
  8. Bibit Jeruk tongheng memiliki kemampuan pertumbuhan yang baik, serta adaptif. Bukan tipe tanaman yang suka pada area tanam atau tanah yang pilih-pilih. Tumbuh subur di dataran tinggi, dan tumbuh dengan baik di dataran rendah, apalagi di iklim panas, seperti di Indonesia.
  9. Memiliki aroma yang cukup dominan.

Khasiat Jeruk Tongheng Untuk Kesehatan

Sama seperti jenis jeruk lainnya jeruk tongheng pun memiliki kandungan nutrisi yang beragam. Kandungan gizi yang ada dalam buah jeruk tongheng juga cukup tinggi. Kamu dapat memanfaatkannya untuk menjaga kesehatan tubuh, karena jeruk ini mengandung banyak vitamin, seperti vitaman C, magnesium, fosfor, dan kalsium, sehingga dapat menambahkan daya tahan tubuh terutama di masa-masa pandemi seperti ini. Bukan hanya itu, khasiat jeruk tongheng lainnya dapat anda lihat di bawah ini:

  1. Memiliki kandungan flafonoid hesperitin dan naringenin yang mampu mengurangi resiko terjadinya kanker.
  2. Dapat mencegah terbentuknya batu ginjal karena kandungan citric acid dan citrates yang sudah terbukti mampu melawannya.
  3. Kandungan antioksidan di dalam buahnya mampu mencegah terjadinya penuaan pada kulit.
  4. Dapat menurunkan berat badan karena mampu mengurangi lemak darah dan gu;a darah kemudian mampu menjaga ksehatan hati.
  5. Mampu menjaga kesehatan jantung karena memiliki efek untuk mengencerkan darah dan membuat kinerja jantung menjadi lebih ringan.
  6. Vitamin C dan asam nitrat yang terdapat dalam buah jeruk tongheng mampu meningkatkan penyerapan zat besi lebih baik.
  7. Menurunkan resiko terjangkit stroke isemik bagi wanita, jika rutin mengkonsumsi buahnya.
    Tentu saja khasiat jeruk tongheng ini bisa anda rasakan apabila rutin mengkonsumsi buahnya. Jadi konsumsi secara rutin agar khasiat jeruk tongheng bisa anda rasakan.

Budidaya Jeruk Tongheng

Buat kamu yang berniat membudidayakan bibit Jeruk tongheng ini, kamu dapat menanamnya di halaman rumah jika tidak memiliki lahan yang cukup luas. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, kamu juga harus memperhatikan perawatan tanaman yang meliputi kolaborasi penyiraman, pemupukan, dan pemangkasan yang ideal dan dilakukan secara rutin serta berkala.

Bibit jeruk tongheng tumbuh dengan baik pada dataran rendah maupun dataran tinggi. Namun, lahan tanam kami rekomendasikan pada dataran tinggi dengan suhu udara kisaran 20 sampai 30 derajat celcius.

Pemilihan Bibit Jeruk Tongheng Unggul

budidaya jeruk tongheng

Bibit Jeruk Tongheng Unggul

Untuk dapat berhasil dalam budidaya jeruk tongheng hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih bibit jeruk tongheng yang unggul. biasanya bibit jeruk tongheng unggul berasal dari perbanyakan bibit secara vegetatif mengunakan teknik okulasi.

Keunggulan dari perbanyakan bibit secara okulasi adalah bibit yang dihasilkan dapat tumbuh dan berbuah lebih cepat dibandingkan dengan bibit yang ditanam menggunakan biji. Selain itu sifat baik dari pohon induk secara otomatis akan terwariskan kepada bibitnya. Contohnya jika pohon induk berbuah lebat dan besar maka bibitnya pun akan menjadi pohon yang seperti itu. Anda bisa mendapatkan bibit okulasi ini di tempat jual bibit jeruk tongheng terdekat, karena  toko pertanian biasanya menyediakan

Jika tidak bisa menemukan tempat jual bibit jeruk tongheng yang bagus anda bisa menghubungi kami di website bibitbuahku.com. Kami menyediakan bibit unggul dan memberikan harga bibit jeruk tongheng yang bersaing dengan toko pertanian lain.

Penanaman Bibit Jeruk Tongheng

Pada proses penanaman, hal yang pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih bibit dan mimilih lahan tanam. Pastikan bibit yang kamu pilih adalah bibit yang unggul dan berkualitas. Pilih lahan dengan instensitas cahaya yang banyak serta sepanjang hari. Kemudian, buat lubang tanam dengan ukuran kira-kira 50x50x50cm dan jarak tanam kira-kira 5×5 m. Pisahkan 40 cm top soil lalu biarkan lubang tanam terbuka selama kurang lebih satu pekan terkena sinar matahari dan hembasan angin. Campurkan top soil dengan pupuk organik yang sudah kering, sedikit sekam, sedikit kapur dolomit.

Lalu, pindahkan secara hati-hati bibit buah jeruk tongheng dari polybag ke lubang tanam. Buat tanah di sekeliling bibit tanaman lebih tinggi 10-15 cm agar air tidak menggenang apabila hujan turun. Lakukan penyiraman setidak-tidaknya 2 kali dalam sehari. Frekuensi penyiraman dapat ditingkatkan atau dikurangi bergantung dengan kondisi cuaca dan tingkat kelembapan pada tanah. Dan beri pupuk tiap 30 hari sampai 4 bulan sekali.

Untuk penanaman atau budidaya dalam pot. Siapkan pot dengan diameter minimal 50 cm dengan sudah memiliki lubang pada dasar pot. Hal ini berfungsi sebagai drainase mini. Masukan sedikit pecahan genting dan pecahan batu bata pada dasar pot sebelum memasukan media tanam berupa tanah yang gembur dan humus. Taruh bibit di dalam pot, lalu timbun dengan media tanam sampai mencapai mulut pot. Jangan lupa untuk selalu memberikan pupuk dan penyiraman pada tanamanan.

Setiap satu pekan sekali, tidak apa-apa jika kamu memberikan atau mengocorkan larutan pupuk NPK dengan dosis 3 gram per liter ke media tanam, atau dalam tiap-tiap pot mendapatkan seliter larutan.

Sebagai pencegahan dan untuk mengatasi serangan hama ulat dan kutu putih, kamu dapat memberikan cairan insektisida berbahan aktif delthamethrin yang disemprotkan pada tanaman. Gunakan sesuai dengan dosis. Biasanya, takarannya setengah tutup botol kemasan, kemudian dilarutkan bersmaan dengan14 liter air.

Perawatan Bibit Jeruk Tongheng

Dalam budidaya bibit jeruk tongheng, kamu juga perlu memperhatikan perawatan yang optimal agar hasil produksinya juga optimal atau bahkan maksimal. Selain pemilihan bibit yang unggul merupakan hal utama, perawatan dan pengendalian hama dan penyakit juga perlu dilakukan. Berikut, penjelasannya:

1. Pemangkasan

pemangkasan dapat membantu mempercepat pertumbuhan dan pembuahan bibit tanaman buah jeruk tongheng. Lakukan pemangkasan dengan memotong batang atau cabang yang sudah agak tua, atau yang bercirikan warna mulai coklat keabu-abuan. Jika kamu memotongnya, nantinya akan tumbuh beberapa tunas baru yang kemudian akan menjadi cabang baru.

Pangkas cabang baru yang baru muncul dengan memperhatikan kondisisi kesehatanan tanaman. Idelanya, sisakan 3 saja setiap batang yang akan dicabangkan, agar pohon nantinya berbuah maksimal. Beri jarak 50cm – 70cm dari percabangan untuk batang yang akan kamu potong/pangkas

2. Aplikasi pupuk

Perawatan bibit tanaman buah jeruk tongheng selanjutnya adalah pengaplikasian pupuk. Berikan pupuk tiap empat bulan sekali. Gunakan pupuk organik atau Kamu juga dapat memfermentasikan pupuk dengan metode EM4 tanaman. Beberapa petani dan pekebun juga membolehkan pengaplikasian pupuk NPK untuk penyuburan, asalkan dengan dosis yang pas

3. Drainase Atau Saluran Irigasi Yang Sehat

Drainase atau saluran irigasi yang sehat sangat berguna untuk mengelola kadar air pada tanah lahan atau media tanam. Jika tanah terlalu lembab dan becek, maka tanaman akan mudah terserang jamur atau penyakit lain. Drainase dan proses perairan yang sehat akan mencegah itu semua terjadi.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bibit jeruk tongheng. Buat kamu yang tertarik untuk membudidayakan bibit buah jenis jeruk ini, kamu dapat membeli bibit unggul, berkualitas dengan jaminan serta bergaransi di bibitbuahku.

Terima kasih.

Tags: , , , ,

Ditambahkan pada: 30 Agustus 2021
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. Gebyok Raya, Dusun Mengger, Kelurahan Patemon RT.03/RW.03

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50228

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yaniz
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja