Beranda » Artikel Blog » Penyuburan Tanah Dengan Pupuk NPK

Penyuburan Tanah Dengan Pupuk NPK

Diposting pada 3 Maret 2017 oleh bibit buah | Dilihat: 1.737 kali | Kategori:

Penyuburan Tanah Dengan Pupuk NPK – Tanaman merupakan salah satu makhluk hidup yang berada disekitar kita. Pastinya banyak dari kita yang menanam tanaman entah itu tanaman hias, buah atau yanaman yang diambil kayunya. Banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman kita salah satunya daya serap akar pada unsur-unsur yang ada pada tanah.

Akar merupakan bagian dari tanaman yang berfungsi pondasi tanaman agar kokoh, alat pernafasan, penyimpan cadangan makanan dan menyerap air dan zat hara. Jenis tanah yang subur dapat membantu tanaman mengoptimalkan pertumbuhannya karena penyerapan air dan zat hara yang cukup oleh akar. Lalu bagaimana jika tanah yang kita tanami kurang subur? Apakah akan berpengaruh pada pertumbuhan tanaman? Jawabannya tentu saja karna fungsi akar tadi, jika tanah yang ditanami tidak subur maka penyerapan oleh akar akan kurang.

Kita dapat membantu penyuburan tanah dan memberikan nutrisi kepada tanah agar unsur-unsur yang diserap oleh akar menjadi cukup bahkan lebih dari cukup. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memberikan pupuk. Terdapat 2 jenis pupuk yaitu pupuk organik dan anorganik. Beberapa contoh pupuk organik yaitu pupuk kandang yang berasal dari kotoran hewan dan pupuk kompos yang berasal dari pembusukan sisa-sisa tanaman. Sedangkan pupuk anorganik memiliki banyak jenis dan salah satunya pupuk jenis NPK yaitu pupuk yang mengandung unsur Nitrogen, Fosfor dan Kalium. Pupuk NPK seperti namanya, akan meningkatkan kadar Nitrogen, fosfor dan Kalium pada tanah sehingga dapat meningkatkan produktivitas tanaman.

Pupuk NPK memiliki fungsi pada tiap unsur yang dikandungnya, yaitu sebagai berikut :
1. Nitrogen berfungsi untuk membantu pertumbuhan vegetatif pada tumbuhan, khususnya bagian daun.
2. Fosfor berguna untuk mendukung pertumbuhan akar dan tunas tanaman.
3. Kalium bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan bunga dan buah.

Terdapat dua jenis pupuk NPK yaitu NPK cair dan padat. Dua jenis ini memiliki cara yang berbeda dalam penggunaannya. Cara penggunaan dan takaran merupakan hal yang penting agar tanaman dapat tumbuh sesuai yang kita harapkan.

CARA PENGGUNAAN:

Pupuk NPK

1. NPK cair
Cara pembuatan NPK cair: Campurkan 1kg pupuk NPK padat ke dalam 2liter air. Aduk hingga larut dan diamkan 5-10 menit. Setelah itu, pupuk NPK cair sudah bisa digunakan.

Penggunaan:
Campurkan 2liter NPK cair tersebut dengan 8liter air. Siramkan pada tanah yang kira-kira terdapat akar dibawahnya. Mengenai takaran, siramkan 200ml pupuk tiap pohon untuk tanaman sayur mayur dan tanaman berakar serabut, dan gunakan 4liter pupuk untuk tanaman buah berakar dikotil tiap pohon.

Pupuk NPK

2. NPK padat

NPK padat juga dapat langsung digunakan yaitu dengan cara disebar disekitar tanaman. Mengenai takaran, jika digunakan untuk tanaman monokotil dan yang tidak berkayu gunakan 1 genggam pupuk NPK untuk satu tanaman pada umur 1 bulan keatas. Jika digunakan untuk tanaman yang berkayu dan tanaman dikotil gunakan 1kg pupuk NPK padat 2 atau 3 bulan sekali.

Pupuk NPK

Semoga dengan menggunakan pupuk NPK tersebut, tanaman yang anda tanam dapat menghasilkan hasil yang maksimal sesuai dengan manfaat yang diberikan oleh pupuk NPK yang sudah disebutkan di atas.

-Mari Berkebun-

.

Bagikan

Penyuburan Tanah Dengan Pupuk NPK | Bibit Buahku

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. RM Koesbiyono Tjondro Wibowo. Kelurahan Mangunsari. RT.03/ RW.04

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50227

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
Ifti
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Ifti
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja