Beranda » Blog » 7 LANGKAH MENANAM TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI DI DALAM POT

7 LANGKAH MENANAM TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI DI DALAM POT

Diposting pada 5 Mei 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 1.400 kali

Salah satu jenis mangga lokal unggulan adalah mangga manalagi. Seperti namanya, mangga manalagi memiliki rasa manis yang bisa bikin nagih lagi dan lagi. Rasa dan aromanya yang khas, menjadikannya tetap populer serta salah satu buah lokal unggulan yang tetap eksis. Permintaan konsumen tidak pernah turun sepanjang tahun. Bila sudah memasuki musim panen, harga jualnya dapat melonjak tinggi.

Buah yang memiliki rata-rata berat 400 – 500 gram ini, juga memiliki banyak khasiat lo, salah satunya adalah kandungan serat dan anti oksidannnya yang efektif meurunkan kadar klesterol dalam darah. Kandungan Vitamin C nya juga cukup tinggi. Jadi, mengkonsumsi buah mangga manalagi dapat menambah sistem imunitas dalam tubuh kita, lo.

Tahukah kamu? kalau jenis mangga manalagi ternyata bisa ditanam di dalam pot, lo. Seperti yang kita ketahui bersama, tidak semua jenis buah dapat ditanam di dalam pot. Tren tabulampot juga akhir-akhir ini sedang merebak karena sempitnya lahan, dan dambaan memiliki rumah minimalis dan sehat merupakan impian bagi masyarakat milenial, saat ini. Pada dasarnya penanaman tanaman buah di dalam pot jenis tanaman buah mangga manalagi sama seperti proses penanaman dalam pot jenis buah mangga pada umumnya.

Berikut ini langkah menanam tanamana buah mangga manalagi di dalam Pot yang menyenangkan juga menguntungkan. Monggoh….

Langkah-Langkah Menanam Tanaman Buah Mangga Manalagi Di Dalam Pot

LANGKAH MENANAM MANGGA MANALAGI DI DALAM POT

LANGKAH MENANAM MANGGA MANALAGI DI DALAM POT

1. Memilih Pot Serta Memilih Bibit Tanaman

Langkah- langkah menanam tanaman buah mangga manalagi di dalam pot yang pertama adalah memilih pot juga memilih bibit tanaman. Pilih pot dengan diameter 60 cm, dengan tinggi minimal 30 cm. Pilih pot yang berasal dari plastik, ban bekas, kaleng cat bekas, ataupun drum bekas. Jangan lupa untuk melubangan dasar pot agar memudahkan air mengalir saat menyirami tanaman sehingga air tidak tertimbun dalam pot. Lubang pada dasar pot juga berfungsi sebagai drainase mini.

Buat lubang pada dasar pot dengan ukuran yang pas. Idealnya, jika kamu menggunakan pot dengan diameter 60 cm, kamu dapat membuat lubang pada dasar pot dengan diameter 5 – 6 cm. Masukan beberapa pecahan genting dan pecahan batu bata sedikit saja di bagian dalam dasar pot. Ini membantu untuk proses penyerapan dan sebagai sistem drainase mini pada pot.

Selanjutnya, pilih bibit tanaman yang unggul. Pilih bibit dengan daun yang segar, batang yang kokoh dan perakarannya yang basah serta banyak. Pilih bibit yang benar-benar sehat dan tidak menimbulkan gejala-gejala terserang hama maupun penyakit tanaman apapun.

2. Menyiapkan Media Tanam

Langkah selanjutnya dalam menanam tanaman buah mangga manalagi di dalam pot yaitu, menyiapkan media tanam. Media tanam dapat berupa tanah yang sudah digemburkan serta campuran antara pupuk kompos yang sudah difermentasikan atau sudah kering, sekam, sedikit pasir serta sedikit kapur dolamit. Skala perbandingan antara tanah yang gembur dengan campuran pupuk kompos tadi antara 50% : 50%. Pupuk kompos yang sudah kering berfungsi sebagai nutrisi tambahan, sedikit sekam dapat membantu proses penyerapan air dari tanah melalui akar, dan sedikit kapur dolomit berfungsi sebagai penetralisir pH tanah. Gunakan kapur dolomit dan sekam sedikit saja. Secukupnya, kira-kira sejumput tangan saja.

Untuk hasil yang lebih baik, Sebelumnya, diamkan campuran media tanam tersebut selama satu sampai dua minggu sebelum dimasukan ke dalam pot.

3. Menanam Bibit

Langkah selanjutnya dalam menanam tanaman buah mangga manalagi di dalam pot yaitu menanam bibit. Taruh bibit tepat di tengah-tengah dalam pot, masukan media tanam yang sudah disiapkan tadi, lalu tekan perlahan hingga bibit dapat berdiri tegak. Siram dengan sedikit air.

4. Memasang Ajir atau Kayu Penyangga

Langkah – langkah dalam menanam tanaman buah mangga manalagi di dalam pot kemudian adalah memasang ajir atau kayu penyangga, bila perlu. Ajir di sini berfungsi untuk membantu menstabilkan serta menjaga tanaman agar dapat tumbuh tegak dan lurus. Ikat ajir dengan tali rafia, namun jangan terlalu erat maupun terlalu kendor. Sedang-sedang saja. Gunakan ajir pada taun taun pertama. Jika dirasa tanaman sudah cukup kuat, kamu dapat mencabut ajir tersebut. Jangan lupa untuh menaruh pot pada area dengan penyinaran matahari yang cukup.

5. Menyiram dan Memberi Pupuk

Langkah – langkah dalam menanam tanaman buah mangga manalagi di dalam pot kemudian adalah menyiram dan memberi pupuk pada tanaman. Penyiraman dilakukan minmal dua kali sehari dengan ukuran rata-rata 1- 2 gayung pada tiap tiap pot yang berisi tanaman. Pada saat musim hujan, kamu bisa mengurangi intensitas penyiraman, berbeda dengan pada saat musim kemarau, kamu bisa sesekali menambah sedikit intensitas penyiraman namun tetap pada tataran yang cukup.

Kemudian, Berikan pupuk kandang pada media tanam tiap dua bulan sekali, dengan menyebarkan secara merata area media tanam di sekeliling tanaman di dalam pot.

6. Pemangkasan Tanaman

Langkah – langkah dalam menanam tanaman buah mangga manalagi di dalam pot yang selanjutnya adalah pemangkasan tanaman. Pemangkasan dapat dilakukan dengan menggunakan rumus cabang 1 – 3 – 9, yatu dengan melakukan pemotongan batang atau cabang yang dirasa tidak berguna. Dari pemangkasan tersebut akan tumbuh cabang yang akan dipelihara yakni tiga cabang dengan arah yang menyebar dan berbeda.
Selanjutya, lakukan pemangkasan lagi pada ketiga cabang yang sudah tumbuh tadi. Tunggu hingga umurnya mencapai 2 tahun. Pangkas, lalu sisakan 1 – 2 ruas. Tunas yang akan tumbuh masing-masing cabang pelihara cukup tiga tunas saja, sisanya bisa kamu pangkas.

7. Memanen Buah

Langkah – langkah dalam menanam tanaman buah mangga manalagi di dalam pot yang selanjutnya adalah memanen buah. Panen buah saat sudah matang atau sekitar 80- 90 % tingkat kematanganya, kumpulkan, sortir, lalu simpan di tempat yang kering dan sejuk.

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

7 LANGKAH MENANAM TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI DI DALAM POT

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

6 PERAWATAN POKOK PADA TANAMAN BUAH KELENGKENG MERAH
21 April 2020

Yakk kali ini kita akan mengulas tentang keunggulan kelengkeng merah. Cekidot… Kelengkeng merah merupakan salah satu tanaman buah yang sedang... selengkapnya

Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah
15 Desember 2016

Alasan Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah – Memiliki pohon buah dihalaman rumah menjadi impian banyak orang, karena saat ini budidaya dengan... selengkapnya

Cara Ampuh Membasmi Virus Pada Pepaya dengan Sodium Silikat
7 Maret 2017

Cara Ampuh Membasmi Virus Pada Pepaya dengan Sodium Silikat – Defisiensi silikat menyebabkan pepaya mudah terserang ring spot virus. Atasi dengan... selengkapnya

Menanam Di Halaman Rumah – Sayuran, Buah-Buahan, Toga Sangat Menguntungkan
15 Desember 2017

Menanam Di Halaman Rumah – Bila Anda rutin mengamati perkembangan budidaya tanaman Di Indonesia, tentu tak meninggalkan ingatan pada tahun 1998... selengkapnya

6 TAHAP-TAHAP PENANAMAN KELAPA PANDAN WANGI
6 April 2020

Kembali lagi bersama kami, kali ini kita akan membahas tentang tahap penanaman Kelapa Pandan Wangi. Sudah menjadi rahasia umum, jika... selengkapnya

6 LANGKAH PENANAMAN KELENGKENG MATALADA
17 April 2020

Kembali lagi bersama kami, di Bibitbuah. Kali ini kita akan membahas tentang penanaman Kelengkeng Matalada. Kelengkeng matalada merupakan kelengkeng unggulan... selengkapnya

Jambu Air Bajang Leang – Simanis Jumbo Dengan Warna Menawan
8 Maret 2017

Takaran buah bajang leang super gede, berona merah, dan manis. nama jambu air itu pa cang lien wu berarti tapak... selengkapnya

10 Keunggulan Durian Musang King Yang Cocok di Iklim Indonesia
18 Februari 2020

Ada banyak sekali keunggulan durian musang king ini dan diasrteikel ini akan kami bahas satu persatu 10 keunggulannya. Namun sebelum... selengkapnya

Manfaat Kulit Jeruk Bali Untuk Tulang
21 Maret 2017

Manfaat Kulit Jeruk Bali Untuk Tulang – Kulit jeruk bali dapat tingkatkan kepadatan tulang, Lawan Sepadan Tulang Rapuh. Berjongkok aktivitas yang... selengkapnya

Memilih Jasa Pengiriman Bibit Tanaman Yang Cepat, Aman dan Murah
18 September 2017

Jasa Pengiriman Bibit Tanaman – Dalam usaha pertanian seperti hasil sayuran, palawija, buah-buahan dan salah satunya juga pembibitan, sudah sangat... selengkapnya

7 LANGKAH MENANAM TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI DI DALAM POT

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: