Beranda » Blog » 13 HAMA DAN PENYAKIT YANG BIASA MENYERANG PADA TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI

13 HAMA DAN PENYAKIT YANG BIASA MENYERANG PADA TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI

Diposting pada 5 Mei 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 2.445 kali

Seperti yang kita tahu dan yang pernah dijelaskan, Jenis tanaman buah mangga manalagi memiliki ciri khas dengan bintk bintk kecil putih alami lebih banyak di seluruh kulitnya yang berwarna hijau. Buah ini dapat tumbuh dengan baik dengan elevensi optimal 300 mdpl dengan curah hujan kisaran 750 sampai 2.250mm per tahunnya. Buah mangga manalagi sangat cocok ditanam di tanah yang gembur dengan kandungan pasir dan lempung yang seimbang. Lalu, memliki pH tanah antara 5- 5,6 dengan temperatur suhu 24 – 27 derajat Celcius. Kemudian , tanah nya memiliki kedalaman air tanah antara 50 cm sampai 150 cm.

Dalam budidaya tanaman buah mangga manalagi ktita harus memperhatikan banyak hal, mulai dari pemilihan bibit, penanaman yang ideal, perawatan yang ideal, juga pengendalian hama dan penyakit yang seringkali menjadi penghalang utama. Bukan hanya dapat menyebabkan kualitas buah menurun, hama dan penyakit juga dapat mengurangi jumlah produksi pada tanaman, bahkan dapat menyebabkan kematian yang berujung pada kegagalan panen jika tidak ditangani dengan serius.

Pada dasarnya, hama dan penyakt yang menyerang pada tanaman buah mangga manalagi seperti layaknya hama dan penyakit pada tanaman buah mangga pada umumnya. Berikut ini beberapa hama dan penyakit yang biasanya menyerang tanaman buah mangga manalagi.

Hama dan Penyakit Yang Biasa Menyerang Pada Tanaman Buah Mangga Manalagi

 

HAMA DAN PENYAKITMANGGA MANALAGI

HAMA DAN PENYAKITMANGGA MANALAGI

HAMA DAN PENYAKITMANGGA MANALAGI

HAMA DAN PENYAKITMANGGA MANALAGI

1. Kepik Mangga

Hama dan penyakit yang biasa menyerang pada tanaman buah mangga manalagi yang pertama adalah kepik mangga. Kepik mangga atau dengan nama ilmyahnya Crytorrhynoccus gravis menyerang organ buah pada tanaman buah mangga manalagi yang kemudian masuk ke dalamnya dan bertelur.

2. Bubuk Buah Mangga

Hama dan penyakit yang biasa menyerang pada tanaman buah mangga manalagi yang selanjutnya adalah bubuk buah mangga. Biasanya, hama ini menyerang buah sampai tunas yang paling muda. Bubuk buah mangga menerang organ buah mangga, yang sekilas kulitnya terlihat normal, namun ketika dibelah di dalamnya terlhat bekas akibat dimakan hama.

3. Bisul Daun

Hama dan penyakit yang biasa menyerang pada tanaman buah mangga manalagi yang kemudian adalah bisul daun. Hal ini biasanya memiliki gejala dengan munculnya bisul pada daun, kemudian daun akan berubah warna menjadi coklat,ataupun hijau yang kemerahan.

Bisul daun dapat dikendalikan dengan cara manual, yakni dengan memangkas dan membakar daun yang terserang. Kamu juga bisa menggunakan insektisida pada buah dan daun namun dengan dosis yang sesuai.

4. Lalat Buah

Hama dan penyakit yang biasa menyerang pada tanaman buah mangga manalagi yang kemudian adalah Lalat buah. Hama lalat buah dapat menyebabkan buah menjadi cepat membusuk, sehingga jelas dapat menurunkan produktvitas tanaman buah mangga manalagi . Jika sudah begini, perlu dilakukan pengecakan, pengumpulan buah yang bususk, dan pemusnahan agar tidak menyebar ke organ tanaman yang lain.

5. Wareng

Hama dan penyakit yang biasa menyerang pada tanaman buah mangga manalagi yang selanjutnya adalah wareng. Jenis wareng yang menyerang pada tanaman buah mangga manalagi berbeda dengan wareng yang biasa menyerang tanaman padi. Hama wareng ini basaya menyerang hampir seluruh organ tanaman, mulai dari daun, rangkaan bunga, hingga ranting tanaman. Hama ini menyerang sambil mengeluarkan cairan manis sehingga dapat mengundang semut api untuk memekan tunas dan kuncup. Apabila cairan ini mengering atau membeku, dapat menmbulkan jamur kerak hitam yang tentunya menjadi parasit bagi tanaman buah mangga manalagi.

6. Tungau

Hama dan penyakit selanjutnya yang biasa menyerang pada tanaman buah mangga manalagi adalah tungau. Tungau ini biasanya menyerang organ tanaman yang masih muda, seperti tunas ataupun daun muda, kemudian menyerang permukaan daun mangga pada bagian bawah. Hama ini sama merepotkannya karena dalam serangan serius, dapat menyerang rangkaian bunga yang memperlambat atau bahkan membatalkan proses pembuahan.

7. Codot

Hama dan penyakit selanjutnya yang biasa menyerang pada tanaman buah mangga manalagi adalah codot. Memakan buah mangga di malam hari. Hama in dapat dkendalkan dengan membiarkansemut kerangkeng hidup di sela daun mangga, memasang kitiran angin berpeluit
dan melindungi pohon dengan jaring.

8. Penyakit Glesporium Mangifera

Hama dan penyakit yang biasa menyerang pada tanaman buah mangga manalagi kemudian adalah Penyakit Yang Disebabkan Oleh Cendawan Glesporium Mangifera. Cendawan ini dapat menyebabkan bunga menjad mudah layu, buah membususj, kemudian organ daun timbul bintk bintik hitam dan juga menggulung.

9. Penyakit Diplodia

Hama dan penyakit yang biasa menyerang pada tanaman buah mangga manalagi kemudian adalah Penyakit dipldia. Penyakit ini disebabakan oleh cendawan diplodia sp. Biasanya menyerang pada bekas luka tanaman muda hasil okulasi. Segera tutup luka pada tanaman dengan parafin untuk pengendalianya.

10. Blendok

Hama dan penyakit yang biasa menyerang pada tanaman buah mangga manalagi kemudian adalah penyakit blendok. Penyakit in dibuat oleh kumbang Xyleborus Affinis yang membuat lubang kemudian ditumbuhi cendawan. Lubang yang terinfestasi cendawan tersebut akan mengeluarkan getah yang pada satu waktu tertentu akan berubah warna menjadi coklat ataupun hitam.
Potong bagian yang sakit, lalu lubang tersebut ditutupi dengan kapas yang sudah dicelupkan dengan insektisida ramah lingkungan, itulah salah satu cara pengendaliannya.

11. Bercak Karat Merah

Hama dan penyakit yang biasa menyerang pada tanaman buah mangga manalagi kemudian adalah bercak karat merah. Penyakit bercak karat merah disebabkan oleh cendawan Cllettrichum Gloesporiodes, in biasanya menyerang hampir seluruh bagian organ tanaman. Mulai dari daun, ranting, bunga, bahkan tunas sehingga menmbulkan bercak-bercak yang berwarna merah. Penyakit ini sangat membahayakan karena dapat mempengaruhi proses pembuahan pada tanaman.

12. Kudis Buah

Hama dan penyakit yang biasa menyerang pada tanaman buah mangga manalagi kemudian adalah kudis buah. Kudis buah biasnaya menyerang pada tangkai bunga, rantng, dan daun dengan munculna bercak- bercak kuning yang pada satu waktu tertentu berubah warna menjad bercak bercak abu-abu. Akibatnya, bunga akan berjatuhan atau gugur sebelum waktunya, sehingga pembuahan tidak akan pernah terjadi.
Penyakit ni dapat dikendalikan dengan sanitasi yang baik serta memangkas tangkai bunga yang terserang dan segera memusnahkannya.

13. Cendawan Jelaga

Hama dan penyakit yang biasa menyerang pada tanaman buah mangga manalagi kemudian adalah cendawan jelaga. Penyakit yang dsebabkan oleh cendawan jelaga atau Capnodium Mangiferum. Penyakt ini dapat menyebabkan daun mangga yang diserang berwarna hitam seperti beledu ataupun asap. Warna hitam tersebut disebabkan oleh jamur yang tumbuh.

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

13 HAMA DAN PENYAKIT YANG BIASA MENYERANG PADA TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

5 Jenis Alpukat Terbaik di Indonesia yang Terbukti Dapat Tumbuh dan Berbuah
12 Agustus 2021

5 Jenis Alpukat Terbaik di Indonesia yang Cocok Untuk Anda Budidayakan Alpukat merupakan tanaman buah yang berasal dari Meksiko Amerika... selengkapnya

7 PROSES MENANAM ALPUKAT PLUWANG
26 Maret 2020

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang proses menanam Alpukat Pluwang yang menjadi peluang bisnis. Alpukat Pluwang atau biasa... selengkapnya

Kenapa Pohon Alpukat Diserang Ulat ?
4 April 2022

Bagi anda yang merupakan seorang pembudidaya atau pekebun alpukat tentu sudah tidak asing dengan kejadian pohon alpukat diserang ulat. Saking... selengkapnya

Peluang Usaha Budidaya Tanaman Buah
6 Desember 2017

Apa kabar? Bila baik, mungkin tanaman yang Anda budidaya telah tampak berbuah lebat. Berkali-kali kita berjumpa dalam keadaan sehat dan... selengkapnya

Budidaya Alpukat Mentega Agar Dapat Berbuah Cepat Dan Lebat
18 Mei 2021

Alpukat merupakan tanaman penghasil buah meja yang berasal dari Meksiko dan Amerika tengah yang disukai oleh masyarakat dunia. Saat ini... selengkapnya

Duo Jumbo: Tebal, Lebat
23 Maret 2017

Pohon mangga gajah umur tiga tahun sarat buah Mangga jumbo baru dan berbuah lebat: gajah dan watubuncul. Penampilan pohon setinggi... selengkapnya

Cara Agar Rasa Durian Manis Legit dengan Pupuk Organik Durian Buatan Sendiri
19 September 2017

Buah durain terkenal akan rasa manis dan legit. Namun, ketika lidah Anda menempel dan mulai menikmati buah durian yang tak... selengkapnya

6 Langkah Sederhana Menanam Pohon Buah Kelengkeng New Kristal
4 Maret 2020

Dalam kesempatan ini, kami akan membahas tentang langkah menanam Kelengkeng New Kristal.  Bagaimana caranya? mari simak artikel dibawah ini. Buah... selengkapnya

Cara Membuat Kaki Ganda Tanaman Buah
6 Desember 2017

Membuat Kaki Ganda – Pamelo bageng yang terkenal akan rasa daging buah yang manis dan memiliki daging berwarna merah muda. Jeruk... selengkapnya

Kurma Dapat Tumbuh dan Berbuah di Indonesia
6 Januari 2017

Apakah Kurma Dapat Tumbuh dan Berbuah di Indonesia? Kali ini saya akan membagikan tulisan yang saya dapat dari rekan saya... selengkapnya

13 HAMA DAN PENYAKIT YANG BIASA MENYERANG PADA TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: