Beranda » Blog » 8 CARA PENANAMAN TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI

8 CARA PENANAMAN TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI

Diposting pada 5 Mei 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 2.056 kali

Buah mangga manalagi merupakan salah satu buah lokal unggulan yang pamornya bahkan sudah sampai tingkat Asia. Rasanya yang manis, yakni perpaduan khas dari dua jenis mangga, mangga harum manis, dan mangga golek membuat siapa saja ingin terus menikmatinya lagi dan lagi

Jenis tanaman buah mangga manalagi memiliki ciri khas dengan bintk bintk kecil putih alami lebih banyak di seluruh kulitnya yang berwarna hijau. Buah ini dapat tumbuh dengan baik dengan elevensi optimal 300 mdpl dengan curah hujan kisaran 750 sampai 2.250mm per tahunnya. Buah mangga manalagi sangat cocok ditanam di tanah yang gembur dengan kandungan pasir dan lempung yang seimbang. Lalu, memliki pH tanah antara 5- 5,6 dengan temperatur suhu 24 – 27 derajat Celcius. Kemudian , tanah nya memiliki kedalaman air tanah antara 50 cm sampai 150 cm.

Dalam budidaya tanaman buah mangga manalagi , kita tidak perlu melakukan perlakuan yang khusus, cukup berikan perawatan dasar yang optimal dengan penanaman yang benar, maka, tanaman buah mangga manalagi dapat tumbuh dengan subur dan baik.

Keunggulan lain dari mangga manalagi adalah kandungan vitamin C nya yang dapat menambah sistem imun, sehingga kita akan terhindar dari serangan virus maupun penyakit yang lain. Oh ya, buah mangga manalagi juga aman jika dikonsumsi setiap hari, lo. Bahkan, beberapa orang menjadikan ini sebagai menu diet, karena kandungan seratnya bisa melancarkan pencernaan, daging buahnya yang tebal juga bikin kenyang.

Dalam penanaman mangga manalagi, kamu juga harus memperhatikan bibit tanaman buahnya. Pastikan bibit yang kamu pilih adalah yang berkualitas, dan segar serta bebas dari hama dan penyakit.

Yosh, berikut ini beberapa langkah dan tahap-tahap dalam penanaman buah mangga manalagi. Mari, simak.

Cara Penanaman Tanamanan Buah Mangga Manalagi

CARA PENANAMAN MANGGA MANALAGI

CARA PENANAMAN MANGGA MANALAGI

1. Mempersiapkan Area Tanam

Cara penanaman tanaman buah mangga manalagi yang pertama adalah menyiapkan area tanam.Pastikan area tanam atau lahan tanam merupakan area yang terbuka, sehingga sinar matahari dapat menyinar tanaman secara cukup. Perlu diketahui, buah mangga manalagi sangat cocok ditanam di tanah yang gembur dengan kandungan pasir dan lempung yang seimbang. Lalu, memliki pH tanah antara 5- 5,6 dengan temperatur suhu 24 – 27 derajat Celcius. Kemudian , tanah nya memiliki kedalaman air tanah antara 50 cm sampai 150 cm.
Bersihkan lahan tanam dari sampah- sampah, bebatuan yang tidak berguna, dan gulma parasit yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman buah mangga manalagi. Sinar matahari sangat penting dalam membantu proses pertumbuhan, fotosintesis pada tanaman. Selain karena jenis mangga manalagi merupakan salah satu jenis tanaman buah yang idealnya tumbuh pada iklim dengan masa kering kisaran 3-4 bulan, sinar matahari juga efektif menjadi pencegahan hama dan penyakit pada tanaman.

2. Membuat Lubang Tanam

Cara penanaman tanaman buah mangga manalagi yang selajutya adalah membuat lubang tanam. Buat lubang tanam dengan ukuran 1 x 1 m dengan jarak tanam 6 – 8 m. Kamu dapat membuat jarak tanam dengan berbagai macam bentuk, bisa dengan bentuk segitiga sama kaki, bentuk diagonal, maupun bujur sangkar.
Buat lubang tanam terkena paparan sinar matahari langsung dan diamkan selama 1 – 2 minggu. Ini untuk menetralisir racun. Atau kamu juga bisa menggunakannya dengan cara membakar sampah daun kering di dalam lubang tanam.

Pisahkan tanah galian kira-kira 50 cm dari bagian atas. Lalu, campurkan tanah galian bagian atas tersebut dengan pupuk kandang yang sudah kering dan sudah terfermentasi, sedikit sekam dan sedikit kapur dolomit, dengan skala 1 : 1 ( Tanah dengan campuran pupuk, sekit sekam, dan sedkit kapur dolamit tersebut).

Pupuk berfungsi sebagai nutrisi tambahan, sekam bisa digunakan sebagai sesuatu yang dapat membantu proses penyerapan air, dan kapur dolomit bisa berfanfaat untuk menetralisir pH tanah. Kalau bisa, proses penanaman dan proses pembuatan lubang tanam pada saat musim kemarau.

3. Memilih dan Menanam Bibit

Cara penanaman tanaman buah mangga manalagi yang selajutya adalah adalah memilih dan menanam bibit. Seperti halnya dalam penanaman-penanaman tanaman buah yang lain, pemilihan bibit yang unggul serta berkualitas menjadi syarat utama yang meskinya kamu penuhi. Biasakan untuk memilih bibit yang unggul dengan memastikan bahwa bibit yang kamu pilih benar-benar sehat dan bugar, bebas dari hama serta penyakit tanaman. Pada umumnya dicirikan dengan, daun berwarna hijau segar, batang pohon yang kuat, tunas yang sehat, serta perakaranya yang basah.

Untuk hasil yang lebih optimal, diamkan dulu bibit dan taruh ditempat yang sejuk sebelum ditanam di lahan tanam. Biasanya, memakan waktu 5 – 7 hari untuk membantu bibit siap tanam dan bugar saat ditanam.

Kemudian, tanam bibit di dalam lubang tanam yang sudah dipersiapkan tadi. Robek plastik polybag, lalu buang di tempat sampah. Tanam dengan hati- hati. Tanam bibit pada lubang tanam, lalu timbun dengan tanah galian yang tadi sudah dicampur dengan pupuk, sedikit sekam dan sedikit kapur dolomit. Tekan sedikit demi sedikit hingga tanaman bisa tegak, lalu siram dengan sedikikit air.

4. Membuat Ajir Atau Kayu Penyangga

Cara penanaman tanaman buah mangga manalagi yang selajutya adalah membuat ajir atau kayu penyangga. Hal ini digunakan untuk menjaga keseimbangan tanaman agar tidak mudah miring atau bahkan roboh ketika tertip angin atau terkena deras hujan lebat. Ini dilakukan jika dirasa perlu saja. Jika kamu sudah yakin, tanamanmu tegak tanpa ajir penyangga, maka tidak usah.

Perlu kita ketahui bersama, waktu terbaik dalam menanam bibit mangga harum manis adalah pada musim kemarau.

5. Menyirami Tanaman

Cara penanaman tanaman buah mangga manalagi yang selajutya adalah menyirami tanaman. Siram tanaman dengan dealnya 1 – 2 kali dalam sehari setiap pagi dan sore hari. Kamu bisa menambah intensitas atau ukurannya bila dirasa perlu saat musim kemarau, atau sebaliknya saat musim hujan. Jangan lupa untuk memperbaiki Drainase atau sistem perairan agar media tanam tetap stabil kadar airnya, sehingga tanah tidak terlalu basah maupun tidak terlalu kering.

6. Pemberian Pupuk

Cara penanaman tanaman buah mangga manalagi yang selajutya adalah pemberian pupuk. Usahakan menggunakan pupuk organik yang ramah lingkungan, dan menggunakan pupuk kimia sebagai pilihan opsi terakhir. Berikan pupuk kotoran hewan, disarankan menggunakan kotoran domba, setiap tiga bulan sekali. Lakukan teratur dengan dosis yang sesuai.

Kamu bisa menggunakan pupuk yang sudah kering atau sudah difermentasi. Jika pupuk yang kamu gunakan masih basah, jangan dicampur dengan media tanam, karena akan mengakibatkan organ tanaman berupa daun mengering dan mudah mati. Jika menggunakan pupuk kandang yang masih basah, Cukup taburkan saja di sekitar tanaman, namun dengan jarak jangan terlalu dekat dengan pangkal batang.

7. Pemangkasan Secara Berkala

Cara penanaman tanaman buah mangga manalagi yang selajutya adalah melakukan pemangkasan secara berkala. Pemangkasan dilakukan dengan beberapa tahapan dengan menggunakan rumus cabang 1 – 3 – 9. Beberapa tahapan tersebut diantaranya pada saat tanaman berumur satu tahun setelah masa tanam, dan dilakukan pada saat musim penghujuan, pemangkasan dapat dilakukan dengan cara memotong batang setinggi 50 sampai 60 cm dari pemukaan tanah. Dari pemangkasan tersebut akan rumbuh cabang yang akan dipelihara yakni tiga cabang dengan arah yang menyebar.

Selanjutya dilakukan pada ketiga cabang yang sudah tumbuh tadi. Tunggu hingga umurnya mencapai 2 tahun. Pangkas lalu sisakan 1 – 2 ruas. Tunas yang akan tumbuh masing-masing cabang pelihara cukup tiga tunas saja, sisanya bisa kamu pangkas.

8. Menanam Pohon Pelindung

Cara penanaman tanaman buah mangga manalagi yang selajutya adalah menanam pohn pelindung. Pohon pelindung ditanam untuk menahan hembusan angin yang kuat. Jenis yang biasa dipakai adalah pohon asam atau trembesi.

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

8 CARA PENANAMAN TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Biji Alpukat Jaga Hati
21 Maret 2017

Biji alpukat terbukti melindungi hati Biji alpukat baik sebagai hepatoprotektif dan nefroprotektor. Sirosis hati momok bagi masyarakat. Badan Kesehatan Dunia... selengkapnya

Cara Menanam Kelapa Pandan Wangi yang Baik Dan Benar
28 Maret 2022

Menanam Kelapa Pandan Wangi – Kelapa pandan wangi adalah salah satu jenis kelapa yang berasal dari Thailand, buah kelapa yang... selengkapnya

4 Cara Budidaya Anggur Ninel Anggur Import dari Ukraina
30 Agustus 2020

Anggur ninel adalah anggur import yang berasal dari Ukraina. Saat ini keberadaan anggur ninel sudah mudah ditemukan di pasar-pasar dan... selengkapnya

7 CARA PERAWATAN DURIAN MUSANG KING
12 Maret 2020

Dalam kesempatakan ini, kita akan membahas tentang cara perawatan durian musang king. Siapa sekarang yang tidak mengenal durian Musang King?... selengkapnya

Cara Agar Jambu Air Madu Dheli Hijau Cepat Berbuah
11 September 2020

Jambu air madu dheli hijau menjadi primadona bagi pencinta buah jambu air di Nusantara. Salah satu varietas jambu air madu... selengkapnya

Menanam Pohon Tin di Greenhouse Solusinya Dari Serangan Karat Daun
6 Maret 2017

Tingkat produktivitas buah tin lebih maksimal berkat perlindungan dari air hujan. Greenhouse seluas 330 m² berbentuk terowongan itu tampak mewah.... selengkapnya

7 CARA BUDIDAYA ALPUKAT BOOTH 7
23 Mei 2020

Alpukat Booth 7 merupakan salah satu jenis alpukat unggulan premium yang popularitasnya belum semaenstream jenis- jenis alpukat lain di Indonesia.... selengkapnya

Zaitun Berbuah di Bogor
17 Maret 2017

Tanaman gurun itu terbukti dapat berbuah di kebun Teddy Soelistyo – para kolektor buah itu—2 pohon zaitun berbuah. Mereka pantas takjub... selengkapnya

Rahasia Memeperbanyak Tanaman Buah – Mengenal Beberapa Cara Perbanyakan Tanaman ala Petani Pembibit Buah
29 Juli 2016

Rahasia Memeperbanyak Tanaman Buah – Kali ini kami akan mengungkap  yang selama ini kami jalankan sehingga dapat  anda kerjakan dirumah... selengkapnya

Cara Tabulampot Kelengkeng Mudah Berbuah
8 Oktober 2017

Tabulampot kelengkeng adalah bahasan kita kali ini, sebelumnya sudah kami sampaikan cara agar pohon tin mampu berbuah lebat di pot... selengkapnya

8 CARA PENANAMAN TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: