Beranda » Blog » Raja Buah Beradu Lezat

Raja Buah Beradu Lezat

Diposting pada 15 Maret 2017 oleh bibit buah / Dilihat: 1.099 kali

buah durian si rouf

Durian si rouf dari Banjarnegara menjadi juara 1 dalam kontes Durian Fair 2016, di Jakarta.

Harga sebuah durian di pasar lelang Rp1.350.000. – Warna kunimg dari daging buah durian si rouf milik Sutarko dari Kecamatan Sigaloh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, itu menarik perhatian para juri. Warna dagingnya kuning mentereng. Ketebalan dagingnya mencapai 1—2 cm. “Rasa manis dan pahitnya berimbang, 50% manis, 50% pahit,” tutur Karjono, pengamat durian asal Kota Depok, Jawa Barat, yang menjadi juri.

Dengan berbagai keunggulan itu, maka pantas bila juri yang terdiri atas Dr Mohamad Reza Tirtawinata dari Yayasan Durian Nusantara, Agus Sutadi dari komunitas Maniak Durian, dan Karjono, menobatkan si rouf sebagai juara pada Durian Fair 2016. Menurut Firman Sapta Ady Kasubid Pertanian dan Kehutanan Bappeda Banjarnegara, keunggulan durian si rouf populer di Banjarnegara.

Durian favorit

Menurut Firman, “Pemilik durian tidak perlu bersusah-payah menjual buahnya karena sebelum durian matang saja sudah banyak yang memesan.” Padahal, harga buah tergolong tinggi, yakni mencapai Rp100.000 per buah. Bobot si rouf rata-rata 3 kg per buah. Durian berumur 30 tahun itu tergolong produktif, yakni bisa mencapai 100 buah per musim panen. Dalam kontes itu si rouf mendapatkan hadiah Rp4-juta, piala, dan piagam penghargaan.

penyerahan hadiah lomba kontes durian

Penyerahan hadiah untuk pemilik juara durian favorit oleh Mahfudin (baju biru) ke pemilik durian si wong (baju hijau).

Kontes durian yang diselenggarakan PT Trubus Cipta Swadaya pada 27 Februari—6 Maret 2016 itu menjadi ajang pembuktian keunggulan durian asal Banjarnegara. Durian gondang milik Haryanto yang berasal dari daerah yang sama dengan si rouf sukses meraih posisi kedua.

Sementara durian fajar milik M Ajid HMA dari Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, meraih peringkat ketiga. Menurut Reza dalam kontes itu citarasa memiliki bobot nilai paling tinggi, yakni mencapai 15%. Sementara bobot nilai untuk kriteria lemak daging buah, ketebalan daging, dan warna, masing-masing hanya 10%. Adapun kriteria lain seperti, bentuk buah, warna kulit, dan aroma hanya 5%.

Pada kontes durian itu panitia lomba juga memilih juara kategori khusus dan favorit. Pemilihan juara kategori khusus dilakukan oleh Wakil Walikota Jakarta Selatan, Drs Irmansyah, MSc. Sementara juara favorit dipilih oleh Mahfudin dari PD Pasar Jaya. Pada kategori khusus durian si pandan asal Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat, terpilih sebagai juara. Gelar durian favorit berhasil diraih durian si wong milik M Ajid HMA.

Lelang durian

pemenang kontes durian

Juara kontes durian Festival Buah Jawa Tengah 2016 asal Mijen, Kota Semarang.

Setelah kontes selesai, panitia Durian Fair 2016 juga menggelar acara lelang 30 buah durian yang sohor sebagai raja buah, termasuk durian juara. Panitia lelang membuka harga pertama Rp100.000. Dalam lelang itu durian si rouf memperoleh harga tertinggi yaitu Rp1.350.000. Durian itu dibeli oleh William, maniak durian asal Jakarta. Sebelumnya William juga pernah membeli durian dengan harga Rp9-Juta per buah.

Panitia juga menggelar bursa durian unggul dari berbagai daerah, seperti durian bawor asal Kabupaten Banyumas serta durian kholil asal Mijen, Kota Semarang, di Provinsi Jawa Tengah. Ada pula durian matahari dan jabrik dari Rancamaya, Kota Bogor, si fajar dari Pandeglang, dan si daluh dari Banjarnegara. Setiap peserta bursa dari berbagai daerah itu menjual durian Rp70.000 per kg.

pasar durian

Antusias pengunjung membeli durian lokal.

Kontes durian yang tak kalah seru juga berlangsung di halaman kantor gubernur Jawa Tengah pada 27 Februari 2016. Sebanyak 50 durian dari berbagai daerah di Jawa Tengah beradu lezat. Setelah memberikan penilaian selama 4 jam para juri yang terdiri atas Ir Ahmad Widodo Heru MSc dari Direktorat Budidaya Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian, Ir Ali Effendi, praktikus perbenihan di Jawa Tengah, dan Ir Tujianta MP, dosen Fakultas Pertanian Universitas Tidar, menetapkan durian milik Rohman sebagai juara.

Menurut Ir Ahmad Widodo Heru MSc dari segi warna durian asal Dusun Kedungjangan, Kelurahan Purwosari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah, itu sebetulnya kurang atraktif karena hanya berwarna krem. Namun, dari kualitas daging buah durian bernomor peserta 25 itu memang layak jadi juara. “Tekstur daging buah lembut dan rasa dominan manis. Kriteria rasa seperti itu paling banyak disukai konsumen,” tutur Heru.

pemenang kontes durian jateng

Hj Siti Atikoh Ganjar Pranowo (kiri) bersama juara durian terbesar pada Festival Buah Jawa Tengah.

Beberapa peserta lain ada yang berwarna mentereng seperti jingga atau kuning. Namun, ada yang tekstur buahnya berserat, daging buah belum matang benar, dan berdaging tipis. Kontes durian itu digelar pada ajang Festival Buah Jawa Tengah 2016. Pada acara itu berlangsung juga kontes buah lain, yaitu lomba durian terbesar, duku, manggis, tanaman buah dalam pot (tabulampot), dan mengukir buah.

Pada kontes durian terbesar, durian milik Supangat asal Mantenan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menjadi juara dengan bobot 8,721 kg. Menurut Ir Ahmad Widodo Heru durian milik Supangat tergolong istimewa karena merupakan durian lokal. Selama ini durian yang lazim berukuran jumbo adalah monthong yang merupakan durian introduksi asal Thailand.

Kontes duku

penilaian durian

Wakil Walikota Jakarta Selatan, Irmansyah, menilai durian untuk kategori khusus.

Sementara pada kontes duku yang menjadi juara adalah duku milik Nusri asal Desa Golantepus, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Itulah sebabnya pada kontes itu peringkat juara dan runner up diraih oleh duku asal Kota Rokok itu. Pada kontes manggis, yang menjadi juara adalah buah koleksi Nurokhim asal Dusun Jrakah, Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.

Persaingan tak kalah seru juga berlangsung pada kontes tabulampot dan mengukir buah. Tabulampot sawo koleksi Tri Atmo Widodo asal Desa Ngotet, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, menjadi yang terbaik. Adapun ukiran buah karya Simbon Sutarno dari Resto Godongsalam Seafood di Kota Semarang meraih juara.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Tengah, Ir Suryo Banendo MP, festival buah itu sebagai persiapan Jawa Tengah dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). (Ian Purnama Sari & Imam Wiguna)

Tags: , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

Raja Buah Beradu Lezat

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Dua Cara Budidaya Jagung Manis Panen Besar
12 Desember 2017

Budidaya Jagung Manis Panen Besar – Sebelum membahas lebih jauh, untuk Anda yang ingin membudidayakan jagung manis sebagai produk unggulan perlu... selengkapnya

Jabotikaba: Empat Tahun Lebih Cepat
23 Maret 2017

Sosok tanaman jabotikaba precoce dengan tinggi 1,5 meter di kebun Ricky Hadimulya, Parung, Bogor. Jabotikaba baru yang genjah, berbuah perdana... selengkapnya

4 Jenis Alpukat Import Unggul Cocok Untuk Dibudidayakan
2 Desember 2021

4 Jenis Alpulat Import Yang Cocok Untuk di Budidayakan Di Indonesia Anda tentu mengenal buah alpukat, buah yang berasal dari... selengkapnya

8 CARA PENANAMAN TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI
5 Mei 2020

Buah mangga manalagi merupakan salah satu buah lokal unggulan yang pamornya bahkan sudah sampai tingkat Asia. Rasanya yang manis, yakni... selengkapnya

5 PERAWATAN MUDAH PADA TANAMAN MANGGA KIOJAY
21 Maret 2020

Pada kesempatan ini kami akan mengajak anda untuk membahas tentang perawatan mudah pada tanaman Mangga Kiojay Kita tentu tahu, dalam... selengkapnya

Cara Pemupukan Jambu Air Madu Dheli Hijau
13 September 2020

Baca Juga : Cara Cepat Berbuah Jambu Air Madu Dheli Jambu air madu dheli hijau menjadi primadona bagi pencinta buah... selengkapnya

Kreasi Limbah Kulit Pisang Unik Yang Pasti Anda Belum Tahu
11 Desember 2017

Kulit Pisang – Sejak zaman dahulu kulit pisang akrab dengan manusia. Bukan hanya dijadikan lagu, tapi juga untuk pupuk dan pakan... selengkapnya

Cara Menanam Kelapa Pandan Wangi yang Baik Dan Benar
28 Maret 2022

Menanam Kelapa Pandan Wangi – Kelapa pandan wangi adalah salah satu jenis kelapa yang berasal dari Thailand, buah kelapa yang... selengkapnya

10 HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS
29 April 2020

Kali ini artikel kami akan membahas tentang hama dan penyakit pada tanaman buah mangga harum manis Mangga harum manis merupakan... selengkapnya

4 Jenis Kurma Yang Cocok Ditanam di Indonesia – Kurma Yang Manis dan Cepat Berbuah
1 Agustus 2018

Pada artikel kali ini kami akan membahas jenis kurma yang cocok ditanam di Indonesia atau banyak orang menyebutnya Kurma Tropis.... selengkapnya

Raja Buah Beradu Lezat

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: