Beranda » Artikel Blog » Rahasia Tabulampot Alpukat Cepat Berbuah

Rahasia Tabulampot Alpukat Cepat Berbuah

Diposting pada 20 November 2018 oleh bibit buah | Dilihat: 2.976 kali | Kategori:

Cara tabulampot alpukat sudah banyak digemari oleh banyak orang. Tabulampot dilakukan manakala Anda memiliki keinginan untuk budidaya alpukat, namun lahan tanam tidak bisa menampung. Cara penanaman alpukat seperti ini, sesungguhnya sudah banyak ditemukan di beberapa daerah dengan iklim atau suhu dingin hingga suhu sedang.

Adapun alasan melakukan penanaman alpukat di dalam pot air bersuhu dingin agar bisa berhasil dan berbuah banyak. Tanaman alpukat akan lebih cepat berbuah di ketinggian 300 mdpl sampai 1200 mdpl. Dibawah ktinggian 300 mdpl biasanya akan lebih lama berbuah bahkan beberapa jenis yang memiliki kadar air yang lumayan banyak akan susah berbuah. Hal ini berlaku baik untuk penanaman di lahan langsung maupun di dalam pot.

Berikut ini adalah beberapa cara dan kunci keberhasilan dalam membuat tabulampot alpukat.

Cara dan Rahasia Tabulampot Alpukat Agar Cepat Berbuah

1. Melakukan Pemilihan Bibit Alpukat

Jika Anda hendak menanam alpukat di dalam pot, sebaiknya Anda perhatikan bibit yang memiliki kualitas baik. Kami memberikan saran kepada Anda supaya tidak memilih bibit biji buah alpukat. Hal ini mengingat hasil pertumbuhan kurang bagus. Pilihlah bibit dari perbanyakan okulasi, sambung dan tempel.

Selain teknik perbanyakan ada hal yang juga harus anda perhatikan yaitu ketinggian sambungan. Setiap petani atau pembibit memiliki perbedaan dalam memperbanyak tanaman alpukat dengan cara tempel atau sambung. Pilihlah bibit dengan ketinggian sambungan tidak lebih dari 30 cm. Semakin pendek sambungan maka tanaman akan bercabang dibagain bawah, bentuk ini lebih cocok untuk dijadikan tabulampot. Namun bila terlalu tinggi sambungan maka cabang akan terbentuk lebih tinggi, hal ini lebih cocok untuk ditanam dilahan.

sambungan pendek

sambungan pendek

rimbun dan pendek

rimbun dan pendek

sambungan tinggi

sambungan tinggi

rimbun tinggi

rimbun tinggi

Selanjutnya, Anda bisa memilih jenis bibit alpukat yang cocok supaya bisa ditanam di dalam pot. Terkait dengan daging alpukat, pilihlah buahnya tidak terlalu besar. buah yang tidak terlalu besar, sangat pas untuk ditanam didalam pot. Sebenarnya untuk jenis alpukat jumbo juga bisa dijadikan tabulampot, namun persentase buah maksimal lebih kecil dan perlakuan lebih ekstra.

Selain ukuran buah faktor lainnya yaitu tekstur daging dari buah alpukat tersebut. Untuk mendapatkan hasil buah yang maksimal dalam pot, pilihlah jenis alpukat yang memiliki tekstur daging pulen, jangan tanam jenis yang dagingnya agak berair didalam pot seperti alpukat wina. Selain bagus ditanam didataran rendah dan tinggi, tekstur daging pulen juga lebih tahan terhadap kebusukan baik dikarenakan nutrisi yang kurang maupun pengairan yang berlebihan.

Beberapa jenis Alpukat yang bisa anda pilih diantaranya yaitu:

2. Memilih Pot

Menanam alpukat di dalam sebuah pot tentu Anda harus menyediakan pot berukuran besar. Hal ini dikarenakan tanaman alpukat bisa tumbuh besar serta membutuhkan pertumbuhan ruang akar. Dan untuk mendapatai pohon berbuah di dalam pot, setidaknya ketinggian tanaman sudah mencapai 1.5 meter bahkan lebih, tergantung ketinggian tempat (mdpl). Sebaiknya Anda memilih pot yang memiliki diameter 60 cm.

Kunci keberhasilan tabulampot alpukat dalam point ini bukanlah pada seberapa besar pot yang anda gunakan, namun proses penggantian pot sangat berpengaruh. Dikarenakan akar poho alpukat akan tumbuh maksimal dan ketika tersedia ruangan baru.

Cara pemilihan pot adalah sebagai berikut:

Saat bibit masih kecil tanamalah didalam pot yang ideal dengan tanaman tersebut. Usia 6-12 bulan gunakanlah pot dengan diameter 30cm – 40cm, disesuaiakan dengan ukuran tanaman.

Saat bibit sudah menginjak usia sekitar 12 – 18 bulan ketinggian sekitar 1 meter lebih dengan cabang rimbun pindahkan kedalam pot dengan diameter 40cm – 50cm, disesuaiakan dengan ukuran tanaman tersebut

Saat tanaman sudah berusia 18 – 24 bulan pindahkan lagi kedalam pot dengan diameter lebih besar antara 50cm – 60cm. Usia ini bila ditanam didataran tinggi biasanya sudah mampu berbuah.
Setelah usia 24 bulan keatasa anda bisa langsung menggantinya kedlam pot yang berukuran lebih besar lagi sampai sekiranya nutrisi masih bisa tercukupi dengan media dalam pot tersebut.

Pohon paling lambat akan berbuah diusia 4 tahun. Dan bila sudah mencapai usia 5 tahun keatas akar biasanya sudah tembus kebawah, namun bila anda menghendaki pohon teteap kerdil anda bisa rajin memangkas akar yang sudah tembus dengan hati hati, dan jangan lupa bila anda melakukan pemangkasan akar, jangan sampai tanaman kekurangan air agar tidak stres dan mati

3. Memperhatikan Media Tanam

Manakala pot sudah disediakan, maka langkah selanjutnya yaitu mengisi media tanam dengan menggunakan tanah, yang sebelumnya sudah tercampur dengan media berongga (pasir, sekam, cocopeat, humus dll) serta pupuk kandang. Serta, siapkan juga pupuk jenis kimia. Namun takarannya lebih sedikit. Terkait dengan perbandingan yang disarankan, yaitu berbanding sama rata dengan takaran tanahnya.

Silakan Anda pilih tanah dengan PH yang rendah. Hal ini dikarenakan alpukat bisa tumbuh maksimal manakala ditanam di tanah dengan PH rendah, atau tanah sifat asam. Sebaiknya Anda menanam alpukat pada tanah dengan PH 5 hingga 7. Berikan juga kapur dolomit atau kapur pertanian untuk mengatur PH tanah.

4. Melakukan Perawatan

Bukan hanya penyiraman serta pemupukan saja. Akan tetapi, melakukan pemangkasan setiap 3 bulan sekali juga penting dilakukan. Hal tersebut supaya tanaman tidak mudah terserang hama, serta penyakit. Jangan lupa, untuk memberikan cairan pestisida bisa organik atau kimia secara teratur dengan dosis yang tidak berlebihan.

Bentuk tanaman sesuka hati anda, bila anda berkeinginan tanaman bercabang di titik yang anda tentukan maka anda bisa memangkas langsung batang yang nantinya bercabanag di titik dimana ingin anda cabang. Tunggu beberpa hari maka di dekat area bekas potongan tunas baru akan muncul diketiak daun yang nantinya akan mencjadi cabang.

Sekian informasi dari kami terkait rahasia tabulampot alpukat cepat berbuah, semoga bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa bantu kami shrae artikel ini di media sosial anda.

Bagikan

Rahasia Tabulampot Alpukat Cepat Berbuah | Bibit Buahku

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. RM Koesbiyono Tjondro Wibowo. Kelurahan Mangunsari. RT.03/ RW.04

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50227

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
Ifti
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Ifti
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja