Beranda » Bibit Buah » Bibit Kelengkeng Matalada Cepat Berbuah dengan Rasa Manis, Daging Buah Tebal, dan Biji Kecil

Bibit Kelengkeng Matalada Cepat Berbuah dengan Rasa Manis, Daging Buah Tebal, dan Biji Kecil

Kode: Lengkeng Hawae Stok: Tersedia
Berat 30 - 55 gram
Kondisi Baru
Kategori Bibit Buah, Lengkeng
Dilihat 11.378 kali
Diskusi 4 komentar
Bagikan
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bibit Kelengkeng Matalada Cepat Berbuah dengan Rasa Manis, Daging Buah Tebal, dan Biji Kecil
kelengkeng matalada cepat berbuah*Harga Hubungi CS
Tersedia / Lengkeng Hawae
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Bibit Kelengkeng Matalada Cepat Berbuah dengan Rasa Manis, Daging Buah Tebal, dan Biji Kecil

Jual Bibit Kelengkeng MataladaKelengkeng merupakan tanaman buah dari jenis lerak-lerakan yang berasal dari Asia Tenggara, dan saat ini banyak dibudidayakan di indonesia. Terdapat berbagai macam bibit kelengkeng yang dibudidayakan di Indonesia sebut saja bibit kelengkeng merah, bibit kelengkeng aroma durian, bibit kelengkeng new kristal, dan satu lagi yang tidak kalah populer adalah bibit kelengkeng matalada.

bibit kelengkeng matalada

Kelengkeng Matalada

Di Indonesia banyak kelengkeng yang terbukti dapat tumbuh dan berbuah dengan baik dan lebat, hanya saja beberapa jenis kelengkeng hanya dapat ditanam pada dataran tinggi dengan tingkat ketinggian tanah di atas 500 mdpl. Tapi anda tidak perlu khawatir karena ada bibit kelengkeng yang dapat tumbuh dan berbuah di dataran rendah. Dia adalah bibit kelengkeng matalada.

Kelengkeng matalada juga biasa disebut kelengkeng hawai, merupakan satu jenis kelengkeng dataran rendah yang dapat ditanam pada tingkat ketinggian sekitar 5 – 700 mdpl. Tetapi pertumbuhan dan pembuahan bibit kelengkeng matalada cepat berbuah saat ditanam pada ketinggian 10 – 400 mdpl.

Anda mungkin masih jarang mendengar nama kelengkeng matalada. Karena bibit kelengkeng matalada memang belum lama dibudidayakan di Indonesia. Pada tahun 2009 bibit kelengkeng matalada dibawa langsung dari Malaysia oleh seorang petani Yogyakarta bernama Wiik Wijayahadi. Buah kelengkeng matalada terkenala karena memiliki biji yang kecil, hanya seukuran lada. Biji yang kecil tersebut membuat buah kelengkeng yang satu ini langsung dicari oleh petani-petani buah.

Ciri-ciri Kelengkeng Matalada

Untuk mengetahui bibit kelengkeng matalada asli atau tidak anda bisa mengidentifikasinya dengan melihat buah, daun, dan pohonnya. Berikut adalah ciri-ciri dari kelengkeng matalada.

Buah Kelengkeng Matalada

Buah kelengkeng matalada memiliki ukuran buah yang cukup besar dengan diameter buah mencapai 3 cm. Kulit buahnya berwarna cokelat dan juga cukup tebal, daging buah kelengkeng matalada juga besar ditambah bijinya yang kecil sehingga sangat puas menikmati kelengkeng yang satu ini.

Bukan hanya itu daging buah kelengkeng matalada juga sangat manis. Bahkan tingkat kemanisan dari kelengkeng ini mampu mencapai rata-rata sekitar 18 briks, dan yang termanis pernah tercatat untuk tingkat kemanisan kelengkeng matalada yaitu sekitar 20 briks.

Daun Kelengkeng Matalada

Daun bibit kelengkeng matalada memiki bentuk yang lancip dan memanjang, dengan tajuk yang sangat bagus. Maka dari itu banyak yang menanam bibit kelengkeng matalada untuk dijadikan sebagai tanaman hias yang mampu memeprcantik halaman rumah krena daunnya yang bagus dan juga rindang.
Tangkai daunnya tidak seperti kelengkeng new kristal yang mejuntai, kelengkeng matalada memiliki tangkai daun yang tegak dan terlihat kokoh serta kaku. Kebanyakan jenis kelengkeng dataran rendah memang memiliki karakteristik umum seperti ini.

Pohon Kelengkeng Matalada

Pohon kelengkeng matalada memiliki batang yang tegak lurus, bahkan jika anda tidak bisa membuat perakaran yang bagus, pohon kelengkeng matalada tetap akan tumbuh tegak lurus dengan satu batang utama yang tidak memiliki cabang.

Keuggulan Kelengkeng Matalada

kelengkeng matalada cepat berbuah

Buah Kelengkeng Matalada

Kelengkeng matalada memiliki berbagai macam keunggulan sehingga buah yang satu ini sangat disukai oleh banyak orang. sa;lah satunya adalah kelengkeng matalada cepat berbuah, sehingga anda tidak perlu menungu lama untuk dapat menikmati buah kelengkeng yang satu ini. selain itu ada beberapa keunggulan lain dari buah kelengkeng matalada, yaitu :

1. Ukuran Buah Besar

Jika anda pernah membeli buah kelngkeng yang banyak diimport dari Thailand, maka buah kelngkeng matalada ini ukurannya lebih besar dari itu. Ukuran maksimal bisa mencapai diameter 3 cm, dengan ukuran rata-rata berdiamater 2cm sampai 2.5cm. Tergolong cukup besar untuk ukuran buah kelengkeng.

2. Biji Sangat Kecil

Inilah kenapa disebut jenis lengkeng matalada, karena biji yang ada dalam buahnya sangat kecil, disamakan dengan ukuran biji lada. Sangat kecil bukan?

Meskipun kenyatannya tidak sekecil itu, namun dibandingkan dengan kelngkeng jenis lain, bijinya sangat jauh lebih kecil. Beberpa kali juga kami menemukan buah kelengeng ini hampir tanpa biji.

3. Daging Buah Tebal

Bisa anda bayangkan sendiri, buah kelengkeng dengan ukuran cukup besar namun bijinya kecil, betapa tebal daging buah yang bisa anda konsumsi. Sangat puas setiap kali mengkonsumsi buah klengkeng ini.

4. Rasanya Sangat Manis

Menambah kesempurnaan dan keistimewaan jenis lengkeng hawae ini dengan rasa buahnya yang benar benar manis. Tingkat kemanisannya mencapai 20 brix, padahal buah lengkeng yang biasa anda beli dipasaran umumnya 18 brix.

5. Baunya Sangat Harum

Tanda buah ini sudah matang dan siap dikonsumsi adalah ketika sudah mengeluarkan aroma buah kelengkeng yang sangat harum dan kentara.

6. Kulit Buahnya Tebal

Bila tadi point 4 menjelaskan bahwa daging buahnya tebal, ternyata kulit buahnya pun juga lumayan tebal. Hal ini sangat bagus untuk menjaga keawtan buah tetap segar. Bila umumnya buah kelengkeng 3-4 hari setelah dipetik akan mulai mengkerut serta mulai mengeluarkan rasa masam yang tidak enak, maka dengan kulit yang tebal ini kwalitas buah akan terjaga lebih lama.

7. Warna Buahnya Putih

Sangat unik ketika melihat buah kelngkeng matalada ini, diamana umunya buah lengkeng berwarna coklat atau krem, untuk jenis yang satu ini saat sudah tua akan bewarna putih. Saat muda buah akan berwarna hijau dan berangsur-angsur berubah menjadi putih. Sangat indah bukan?

Berapa Tahun Kelengkeng Matalada Mulai berbuah ?

Bibit kelengkeng matalada ini sangat cepat berbuah, dengan sayarat cukup mendapat sinar matahari. Usia berapakah tanaman ini mampu berbuah? Silahkan anda boleh percaya atau tidak, bibit kelengkeng unggul dari kami ini mampu berbuah bahkan di usia kurang dari 1 tahun setelah anda tanam.

Idealnya kelengkeng hawae berbuah diusia 1.5 tahun. Namun kasus yang kami temui di beberapa pembeli kami, tanaman sudah berbuah saat tanaman baru berusia 7-8 bulan. Bibit kelengkeng matalada cepat berbuah ini bisa anda dapatkan dengan menghubungi kami di website bibitbuahku.

Budidaya Bibit Kelengkeng Matalada

Untuk menanam bibit kelengkeng matalada cepat berbuah ini anda bisa melakukannya pada lahan terbuka atau juga menanamnya pada tabulampot. Biasanya penanaman pada lahan terbuka dilakukan untuk tujuan komersial atau mencari keuntungan lewat peluang usaha bertani kelengkeng.

Sedangkan penanaman menggunakan tabulampot biasanya dilakukan jika tidak memiliki lahan yang terlalu besar. Kebanyakan penanaman yang menggunakan pot di lakukan untuk kebutuhan pribadi. Biasanya bibit kelengkeng matalada di tanam di halaman rumah sekaligus menjadi tanaman hias yang dapat mempercantik pemandangan rumah. Beberapa hal yang harus anda persiapkan untuk menanam bibit kelengkeng matalada ini yaitu

Pemilihan Bibit Kelengkeng Matalada Unggul

Pilihlah bibit kelengkeng matalada yang berasal dari perbanyakan vegetatif dengan menggunakan teknik okulasi maupun sambung pucuk. Memilih bibit yang diperbanyak dengan teknik okulasi dapat membuat kelengkeng matalada cepat berbuah, berbeda dengan penanaman menggunakan biji.

jual bibit kelengkeng matalada

Bibit Kelengkeng Matalada

Keunggulan lain jika anda menggunakan perbanyakan vegetatif adalah sifat dari pohon induk dapat dirunkan kepada bibit yang akan ditanam, jadi jika anda memilih pohon induk yang genjah dan berbuah lebat, maka bibitnya pun akan memiliki sifat yang sama.

Dapatkan bibit kelengkeng ini di toko pertanian yang jual bibit kelengkeng matalada yang ada di sekitar tempat anda tinggal, atau dapatkan di bibitbuahku. Kami memberikan harga bibit kelengkeng matalada yang terjangkau dan bersaing dengan toko pertanian lain.

Penanaman Bibit Kelengkeng Matalada

Siapkan terlebih dahulu lahan yang akan digunakan, pastikan anda menanam kelengkeng dataran rendah ini di wilayah dengan tingkat ketinggian 10 – 500 mdpl untuk membuat kelengkeng matalada cepat berbuah dan berbuah lebat. Buat lubang tanam dengan menyesuaikan ukuran bibit. Berikan pupuk kandang yang sudah terfermentasi pada bagian dasar lubang tanam.

Kemudian lakukan penanaman, masukkan bibit pada lubang tanam kemudian timbun dengan tanah yang sudah di campur dengan pupuk kandang. Dengan mencampurkan tanah dan pupuk kandang akan membuat bibit kelengkeng matalada cepat berbuah karena tempat penanaman sudah ternutrisi. Setelah itu jangan lupa berikan ajir agar pohon kelengkeng dapat tumbuh dengan baik dan tidak mudah roboh.

Perawatan Bibit Kelengkeng Matalada

Untuk membuat kelengkeng matalada cepat berbuah anda harus melakukan perawatan dengan baik dan juga tepat. Beberapa hal yang bisa anda lakukan dalam merawat bibit kelengkeng dataran rendah ini yaitu :

1. Melakukan penyiraman setiap dua kali sehari setiap pagi dan juga sore hari atau bisa juga setelah selepas maghrib. Lakukan penyiraman secara rutin dan usahakan agar bibit kelengkeng matalada tidak terendam karena dapat membuatnya membusuk kemudian mudah terserang penyakit.

2. Kemudian apabila rumput liar dan gulma sudah tumbuh tinggi, segera lakukan penyiangan dengan cara mencabuti rumput liar tersebut hingga habis. Jika terus dibiarkan pohon kelengkeng matalada tidak akan cepat tumbuh karena nutrisinya terbagi dengan gulma dan rumput liar.

3. Pemangkasan ranting dan tunas air juga harus dilakukan agar pertumbuhan bibit kelengkeng matalada dapat terarah. Serta membuat kelengkeng matalada cepat berbuah dengan cara memfokuskan nutrisi pada cabang yang menghasilkan buah.

4. Jika sudah berbuah segera bungkus buah kelengkeng matalada dengan menggunakan karung atau jaring agar tidak terganggu oleh hama dan membuat buahnya menjadi rontok.

Pemupukan Bibit Kelengkeng Matalada

Untuk membuat bibit kelengkeng matalada cepat berbuah, anda harus melakukan pemupukan. Saat bibit kelengkeng matalada berumur satu tahun, berikan pupuk kandang sebanyak 20 kg, 3 kg kapur, 5 kg TSP, dan 2 kg urea. Setelah memasuki usia dua tahun tambahkan dosis pemupukan dengan komposisi 4 kg kapur, 10 kg TSP dan 4 kg urea untuk luas lahan 1 hektar. Kemudian dosis pemupukan bisa ditambahkan sesuai dengan jumlah bibit yang ditanam dan ukuran luas lahan.

Tabulampot Bibit Kelengkeng Matalada

Untuk penanaman pada tabulampot anda bisa menggunakan pot yang disesuaikan dengan ukuran bibit yang anda miliki. Yang terpenting adalah pastikan agar bagian bawah pot yang akan anda gunakan memiliki lubang drainase untuk mengalirkan air penyiraman keluar pot. Jika tidak ada lubang drainase air akan menggenangi perakaran bibit kelengkeng matalada dan membuatnya busuk serta mudah terkena hama dan penyakit hingga menyebabkan bibit mati.

Cara menanam bibit kelengkeng matalada pada tabulampot dilakukan dengan cara memberikan pasir pada bagian dasar pot untuk memperlancar drainase. Setelah itu tutupi dengan media tanam, media tanam ini terbuat dari campuran pupuk kandang, tanah, dan juga sekam bakar. Masukkan bibit dan timbun dengan media tanam lagi. Padatkan media tanam kemudain berikan ajir dan lalu siram. Untuk perawatan tidak jauh berbeda dengan penanaman di lahan yang terbuka.

Demikian ulasan kami mengenai bibit kelengkeng matalada cepat berbuah. Jika anda berminat untuk membudidayakan tanaman buah yang satu ini dapatkan bibitnya di tempat jual bibit kelengkeng matalada yang dekat dengan tempat anda tinggal. Anda juga bisa mendapatkan bibitnya di bibitbuahku, harga bibit kelengkeng matalada yang kami tawarkan terjangkau dan bersaing dengan toko pertanian lain.

Tags: , , , , , , ,

Ditambahkan pada: 9 Juni 2021
Produk Terkait
Diskusi Produk (4)

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan admin atau pengguna lainnya.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. Gebyok Raya, Dusun Mengger, Kelurahan Patemon RT.03/RW.03

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50228

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yaniz
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja