Beranda » Bibit Buah » Jual Bibit Kelengkeng Puangphet – Kelengkeng Genjah Dengan Rasa Buah Manis dan Renyah

Jual Bibit Kelengkeng Puangphet – Kelengkeng Genjah Dengan Rasa Buah Manis dan Renyah

Stok: Tersedia
Berat 300 gram
Kondisi Baru
Kategori Bibit Buah, Lengkeng
Dilihat 87 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Jual Bibit Kelengkeng Puangphet – Kelengkeng Genjah Dengan Rasa Buah Manis dan Renyah
jual bibit kelengkeng puangphet*Harga Hubungi CS
Tersedia
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Jual Bibit Kelengkeng Puangphet – Kelengkeng Genjah Dengan Rasa Buah Manis dan Renyah

Jual Bibit Kelengkeng PuangphetKelengkeng merupakan tanaman buah sejensi lerak-lerakan yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Buah yang satu ini memiliki bentuk bulat kecil dengan kulit buah yang kebanyakan berwarna cokelat serta memeiliki rasa manis dan menyegarkan. Buah kelengkeng ini memiliki jenis yang beragam, salah satu jenis kelengkeng yang dapat tumbuh dan berbuah di Indonesia adalah kelengkeng puangphet yang berasal dari Thailand.

jual bibit kelengkeng puangphet

Kelengkeng Puangphet

Kelengkeng puangphet merupakan jenis kelengkeng dari keluarga Puang. Buah kelengkeng yang berasal dari keluarga puang lainnya adalah kelengkeng puangray dan kelengkeng puangtong. Sama seperti kedua jenis kelengkeng tersebut bibit kelengkeng puangphet pun dibawa langsung dari Thailand oleh salah seorang petani kelengkeng yang berasal dari Semarang Jawa Tengah, dia adalah Bapak Ismanto. Bapak Ismanto membawa bibit kelengkeng puangphet dari Tahiland pada tahun 2014 lalu.

Karena masih tergolong jenis kelengkeng baru, masih belum banyak orang yang belum mengenal dan mengetahui kelengkeng yang satu ini. Maka dari itu mari kita cari tahu ciri-ciri kelengkeng puangphet di bawah ini.

Ciri-ciri Kelengkeng Puangphet

Untuk mengetahui seperti apa bibit kelengkeng puangphet asal Thailand ini, kami akan mengulas ciri-ciri kelengkeng puangphet mulai dari daun, pohon, hingga buahnya.

Daun Kelengkeng Puangphet

Daun kelengkeng puangphet memiliki bentuk yang cukup ramping, bagian ujung daun kelengkeng ini meruncing dengan daun dewasa berwarna hijau tua. Daun yang masih muda memiliki warna hijau muda.

Pohon Kelengekeng Puangphet

Pohon kelengkeng puangphet memiliki pohon yang tidak terlalu tinggi dengan percabangan yang banyak dan juga rimbun. Saat berbuah cabang-cabang tersebuut akan merunduk shingga memudahkan petani dalam melakukan pemanenan buahnya.

Buah Kelengkeng Puangphet

Ciri-ciri buah kelengkeng puangphet yaitu memiliki daging buah yang tebal dan juga renyah. Rasa renyah tersebut bisa di dapatkan karena daging buahnya sangat kering atau minim kandungan air. Bahkan saat kulit buahnya dikupas pun tidak ada air yang menetes keluar. Kelengkeng puangphet juga memiliki rasa buah yang sangat manis.

Ukuran buah kelengkeng puangphet lebih besar dari kelengkeng new kristal, bahkan dalam satu tandan kelengkeng puangphet mampu menghasilkan buah dengan bobot hingga 5 kg. Dengan biji buah yang sangat kecil. Sehingga dapat memuaskan anda dalam memakan bauh kelengkeng yang satu ini.

Keunggulan Kelengkeng Puangphet

kelengkeng puangphet cepat berbuah

Buah Kelengkeng Puangphet

Tanaman kelengkeng yang memiliki nama asli puangphet byan chyo ini juga diketahui memiliki berbagai macam keunggulan. Keunggulan kelengkeng puangphet ini mungkin dapat menarik minat anda untuk membudidayakannya. Berikukat adalah beberapa keunggulan kelengkeng puangphet.

Rasa Buah yang Manis

Keunggulan kelengkeng puangpet yang pertama adalah memiliki rasa buah yang manis. Bukan hanya manis tetapi daging buah kelengkeng puangphet juga sangat renyah dan juga kering. Kandungan air di dalam buah kelengkeng yang satu ini memang tidak banyak bahkan sangat sedikit. Sampai-sampai saat anda membuka kulit buahnya tidak ada air yang menetes sedikitpun dari daging buahnya

Daging Buah Tebal

Keunggulan kelengkeng puangphet yang kedua adalah memiliki daging buah yang tebal. Ketebalan daging buah kelengkeng puangpet ini didukung dengan biji buahnya yang juga kecil. Sehingga dapat memberikan kepuasan dalam memakan buahnya.

Ukuran Buah Sangat Besar

Keunggulan kelengkeng puangphet selanjutnya adalah buahnya memiliki ukuran yang sangat besar. Bahkan ukuran kelengkeng puangphet lebih besar dari kelengkeng new kristal. Bayangkan saja, satu tandan kelengkeng puangphet ini bisa mencapai bobot hingga 5 kg.

Memiliki Sifat Genjah

Keunggulan kelengkeng puangphet selanjutnya berasal dari pohonnya yaitu memiliki sifat genjah. Memang sudah bukan rahasia bibit kelengkeng puangphet cepat berbuah. Hanya dalam waktu 2 hingga 3 tahun setelah masa penanaman bibit kelengkeng puangphet mulai belajar berbuah. Sifatnya yang genjah ini tentu harus didukung dengan perawatan yang baik. Setelah berusia 3 tahun lakukan pemboosteran pada bibit kelengkeng ini, tiga minggu kemudian akan muncul bunga bakal buahnya. Lalu selang lima minggu buah kelengkeng puangphet akan sudah tumbuh besar.

Memiliki Manfaat Untuk kesehatan

Keunggulan kelengkeng puangphet yang paling penting tentu saja karena memiliki berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kelengkeng puangphet mengandung vitamin c yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian. Kemudian memiliki kandungan mineral yang cukup banyak, serta memiliki kandungan vitamin b kompleks untuk menjaga kesehatan mata. Serta masih banyak lagi kandungan nutrisi lain yang dapat memberikan manfaat untuk kecantikan, untuk menjaga kesehatan, dan juga mampu meningkatkan stamina.

Budidaya Bibit Kelengkeng Puangphet

Dalam budidaya bibit kelengkeng puangphet cepat berbuah ini anda bisa memilih untuk menanamnya pada lahan terbuka atau menggunakan tabulampot. Jika anda memiliki lahan yang cukup luas, akan lebih baik bibit kelengkeng puangphet ini dijadikan tanaman komersial untuk mendatangkan keuntungan. Mengingat bibit kelengkeng puangphet cepat berbuah dan mampu berbuah lebat.

Namun jika lahan anda terbatas anda bisa menanam bibit kelengkeng puangphet pada tabulampot untuk kebutuhan anda dan keluarga. Anda bisa menaruhnya di halaman rumah karena pohon kelengkeng puangphet memiliki cabang yang rindang sehingga mampu membuat halaman rumah anda mendajdi teduh. Untuk membudidayakan bibit kelengkeng puangphet cepat berbuah ini ada beberapa hal yang perlu anda lakukan.

Pemilihan Bibit Kelengkeng Puangphet

harga bibit kelengkeng puangphet

Bibit Kelengkeng Puangphet

Untuk memperoleh pohon kelengkeng puangphet cepat berbuah anda harus memilih bibit yang unggul dan berkualitas. Pilih bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif menggunakan teknik okulasi, cangkok, ataupun sambung pucuk. Dengan menggunakan bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif pohon kelengkeng yang anda miliki akan dapat tumbuh dan berbuah lebih cepat dari pada menanam menggunakan biji.

Anda bisa mendapatkan bibit dengan perbanyakan vegetatif di tempat jual bibit kelengkeng puangphet seperti toko-toko pertanian. Anda juga bisa mendapatkan bibit kelengkeng import yang satu ini lewat website bibitbuahku. Harga bibit kelengkeng puangphet yang kami sediakan bersaing dengan toko pertanian lain.

Penanaman Bibit Kelengkeng Puangphet

Sebelum melakukan penanaman anda terlebih dahulu harus menyiapkan lahan tanam yang akan digunakan. Bersihkan area penanaman yang akan digunakan dari gangguan rumput liar, gulma, sampah-sampah dan juga kerikil. Kemudian gemburkan tanah menggunakan cangkul dan buatlah lubang tanam dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm. Berikan jarak sekitar 8 meter antar lubang tanam agar saat pohon kelengkeng tumbuh tidak saling berebut nutrisi. Berikan pupuk kandang pada bagian dasar lubang tanam dan biarkan selama kurang lebih 2 minggu agar tanah ternutrisi oleh pupuk kandang.

Setelah dua minggu maka penanaman bisa dilakukan, masukkan bibit ke dalam lubang tanam kemudian timbun dengan tanah. Gunakan tanah yang dicampur dengan pupuk kandang untuk menimbun bibitnya. Setekah itu padatkan tanah dan sirami bibit menggunakan air. Lakukan penyiraman secara rutin setiap dua kali dalam satu hari, waktu penyiraman bisa dilakukan pagi dan sore hari atau selepas maghrib.

Perawatan Bibit Kelengkeng Puangphet

Agar pohon kelengkeng puangpet cepat berbuah serta berbuah dengan lebat anda harus memberikan perawatan dengan baik. Tidak perlu khawatir karena dalam perawatannya bibit kelengkeng puanghet tidak memerlukan perlakukan khusus. Beberapa hal yang perlu anda lakukan dalam merawat bibit kelengkeng puangphet yaitu :

1. Melakukan penyiraman setiap hari, lakukan penyiraman secara rutin setiap dua kali sehari. Usahakan agar saat melakukan penyiraman air tidak menggenangi perakaran bibit karena dapat membuat perakaran bibit menjadi busuk dan mudah terserang penyakit serta hama.

2. Lakukan juga penyiangan setiap 4 minggu sekalis saat musim hujan dan 6 minggu sekali saat musim kemarau. Jika rumput liar atau gulma tidak segera disingkirkan akan membuat nutrisi dicuri sehingga pertumbuhannya dapat terganggu.

3. Gemburkan juga tanah disekitaran bibit, agar penyerapan air dan juga pupuk dapat optimal. Anda bisa menggemburkan tanah dengan menggunakan cangkul, tapi usahakan agar tidak melukai perakaran bibit.

4. Lakukan pencegahan hama dengan menggunakan pestisida, insektisida, atau fungisida.jangan terlalu memberikannya terlalu banyak karena jika terlalu berlebihan akan membuat pertumbuhan bibit menjadi terganggu. Bahkan hasil buah menjadi tidak maksimal.

Pemupukan Bibit Kelengkeng Puangphet

Untuk membuat bibit kelengkeng puangphet cepat berbuah anda juga harus melakukan pemupukan dengan tepat. Anda bisa memberikan pupuk kandang dari kotoran kambing yang sudah terfermentasi. Pemupukan akan lebih maksimal dan mamppu membuat buah menajdi lebih manis dan juga tahan lama setelah dipetik. Karena dengan mengguankan pupuk kandang kandungan unsur hara di dalam tanah tidak akan rusak. Kendalanya pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang tidak bisa langsung terlihat hasilnya.

Anda juga bisa memberikan pupuk kimia seperti pupuk NPK dengan perbandingan 1 : 1 : 1 saat bibit kelengkeng puangphet sudah berusia 6 bulan hingga 1,5 tahun. Jika sudah berumur lebih dari 1,5 tahun gunakan pupuk NPK yang memiliki perbandingan phospor lebih banyak untuk dapat membuat bunga dan buah berkembang lebih banyak.

Tabulampot Bibit Kelengkeng Puangphet

bibit kelengkeng puangphet cepat berbuah

Tabulampot Kelengkeng Puangphet

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, keunggulan kelengkeng puangphet salah satunya adalah dapat ditanam menggunakan tabulampot. Untuk menanam bibit kelengkeng puangphet pada tabulampot anda bisa menggunakan pot yang terbuat dari bahan apa saja. Bisa menggunakan ppot dari bahan plastik, bisa juga menggunakan pot yang terbuat dari gerabah, bisa juga menggunakan pot yang terbuat dari drum kaleng bekas. Yang paling penting adalah ada lubang drainase pada bagian bawah pohon untuk mengalirkan air penyiraman.

Lakukan penanaman dengan cara memasukkan pasir pada bagian dasar pot, pasir ini untuk membuat saluran drainase menjadi lebih lancar. Kemudian masukkan media tanam setelah pasir, media tanam ini dibuat dengan menggunakan campuran tanah yang subur, ditambah pupuk kandang yang sudah terfermentasi, dan juga sekam bakar. Campurkan ke 3 bahan tersebut dengan perbandingan sama banyak yaitu 1 : 1 : 1. Jika terlalu sulit anda bisa mendapatkan media tanam di tempat jual bibit kelengkeng puangphet sekitar tempat tinggal anda. pastikan saja agar tidak tertukar dengan media tanam untuk tanaman hias, karena komposisinya berbeda.

Letakkan bibit pada bagian tengah pot, kemudian timbun dengan media tanam hingga memenuhi permukaan pot. Setelah itu berikan ajir agar pohon dapat tumbuh dengan tegak dan tidak mudah jatuh saat ada angin atau hujan deras. Kemudian taruh ditempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Untuk perawatannya sama dengan bibit kelengkeng yang ditanam pada lahan perkebunan.

Demikian ulasan kami mengenai bibit kelengkeng puangphet keunggulan dan cara pembudidayaannya. Jika anda tertarik untuk menanam pohon kelengkeng puangphet ini segera dapatkan bibitnya di tempat jual bibit kelengkeng puangphet yang ada di sekitar tempat anda tinggal. Jika sulit untuk menemukannya anda bisa menghubungi kami di website bibitbuahku. Harga bibit kelengkeng puangphet yang kami tawarkan juga bersaing dengan toko pertanian lain.

Tags: , , , ,

Ditambahkan pada: 12 Juni 2021
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. Gebyok Raya, Dusun Mengger, Kelurahan Patemon RT.03/RW.03

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50228

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yaniz
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja