Beranda » Blog » 5 Jenis Alpukat Mentega Yang Cocok Untuk Dibudidayakan

5 Jenis Alpukat Mentega Yang Cocok Untuk Dibudidayakan

Diposting pada 13 Januari 2022 oleh bibit buah / Dilihat: 4.307 kali

Alpukat merupakan tanaman buah yang saat ini sedang ramai diburu oleh pekebun, pengkoleksi, maupun pencinta tanaman buah. banyak dari mereka yang mencari jenis alpukat unggul baik lokal maupun introduksi untuk dibudidayakan. Salah satu jenis alpukat yang paling banyak dicari adalah jenis alpukat mentega yang terkenal memiliki rasa buah yang sangat lezat.

[lwptoc toggle=”1″ float=”left”]

Walaupun sering disebut sebagai jenis alpukat mentega, namun tahukah anda jika kata “mentega” yang melengkapi tanaman alpukat bukanlah nama dari suatu varietas. Nama “mentega” disematkan untuk jenis-jenis alpukat yang memenuhi beberapa karakteristik tertentu. Mulai dari warna, tekstur, dan juga rasa buah. Karena harus memenuhi karakteristik tersebut jenis alpukat mentega lebih sering digunakan sebagai merk dagang untuk menandai jenis-jenis alpukat unggul.

Kebanyakan jenis alpukat nusantara alias alpukat lokal, sering disebut sebagai alpukat mentega karena memenuhi syarat-syarat tersebut. Jadi bagi anda yang masih belum tahu mengenai buah alpukat mentega tersebut. Kami akan menunjukkan beberapa alasan kenapa buah alpukat disebut sebagai alpukat mentega.

Ciri-ciri Jenis Alpukat Mentega

5 Jenis Alpukat Mentega Unggul

5 Jenis Alpukat Mentega Unggul

Untuk dapat disebut sebagai jenis alpukat mentega, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh buah alpukat. Jadi tidak semua alpukat disebut sebagai alpukat mentega atau hanya karena rasa bauhnya lezat maka disebut sebagai alpukat mentega. Berikut adalah beberapa syarat buah alpukat disebut sebagai alpukat mentega:

1. Buah Berwarna Kuning

Pertama untuk dapat disebut sebagai jenis alpukat mentega, daging buah dari alpukat tersebut harus memiliki warna yang kuning. Untuk alpukat yang memiliki daging buah berwarna putih atau kuning pucat, tidak dianggap sebagai jenis alpukat mentega. Karena warna kuning alpukat mentega harus kuat dan kentara.

2. Daging Buah Tebal

Daging buah alpukat mentega harus tebal, lebih tebal dari jenis alpukat pada umumnya. Kemudian biji buahnya akan lepas dari daging buah saat sudah matang. Sehingga anda bisa menentukan kematangan alpukat dengan cara menggoyangkan buahnya.

3. Tekstur Buah Lembut

Lalu syarat yang kedua adalah daging buahnya memiliki tekstur yang lembut dan tidak berserat. Jadi saat anda memakan daging buah alpukat tersebut anda akan merasakan sensasi seperti sedang memakan mentega.

4. Rasa Buah Lezat

Jenis alpukat mentega memiliki rasa buah yang cenderung ada manisnya, gurih, dan juga lezat. Saat anda memakan jenis alpukat mentega dalam jumlah yang banyak anda tidak akan merasa eneg.

Karena harus memenuhi persyaratan tersebut kebanyakan jenis alpukat mentega menjadi buah alpukat unggul. Karena memiliki rasa buah yang lezat, tekstur daging buah lembut, dan juga tebal sehingga banyak orang puas setelah memakan daging buah alpukat mentega ini.

5 Jenis Alpukat Mentega

Mungkin beberapa dari anda masih banyak yang belum paham jika tidak diberikan sampel nyata dari jenis alpukat mentega. Maka dari itu kami akan menyertakan beberapa jenis alpukat unggul yang termasuk ke dalam jenis alpukat mentega.

1. Alpukat Miki

jual bibit alpukat mentega miki

Alpukat Miki

Tentunya anda sudah familiar dengan verietas alpukat lokal yang satu ini, jenis alpukat unggul yang dianggap memiliki rasa paling lezat diantara jenis alpukat lokal. Alpukat miki termasuk sebagai jenis alpukat mentega, karena memenuhi beberapa persyaratan di atas.

Warna buah alpukat miki kuning dengan tekstur buah yang lembut jika anda memakannya. Kemudian bijinya juga terlepas dari daging saat buahnya sudah matang, anda juga akan cukup puas dengan memakan buah alpukat miki karena memiliki daging buah yang cukup tebal dibandingkan dengan jenis alpukat lainnya.

Alpukat miki merupakan jenis alpukat lokal yang berasal dari Jawa Barat, pohonnya diketahui dapat berbuah sepanjang tahun. Dengan kecepatan berbuah yang cukup cepat, hanya sekitar 3-4 tahun setelah penanaman dengan menggunakan bibit alpukat yang berasal dari perbanyakan vegetatif.

2. Alpukat Aligator

Bibit Alpukat Mentega Aligator

Alpukat Aligator

Satu lagi jenis alpukat yang mungkin sudah banyak dikenal adalah alpukat aligator. Jenis alpukat mentega yang berasal dari Jawa Timur, sama seperti alpukat miki merupakan jenis alpukat lokal yang begitu disukai oleh banyak orang. Nama alpukat aligator diambil dari bentuk buahnya yang mirip kepala aligator. Dimana bagian ujungnya membesar dengan pangkal lebih kecil seperti moncong aligator.

Ukuran buah alpukat aligator termasuk snagat besar, karena satu buahnya mampu mencapai bobot rata-rata 1 kg. Warna daging buahnya kuning cerah dengan tekstur buah yang lembut dan juga pulen. Ketebalan daging buah alpukat aligator cukup untuk mengenyangkan perut anda, biji buahnya terlepas dari daging saat sudah matang dengan ukuran biji yang tergolong kecil.

Anda bisa mendapatkan bibit alpukat aligator dengan mudah di toko pertanian yang terdekat dengan tempat tinggal anda. Keunggulan lain jenis alpukat mentega aligator adalah tingkat adaptasi pohonnya sangat tinggi. Sehingga cepat menyesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat penanaman yang baru.

3. Alpukat Kelud/Subang

Jual bibit alpukat mentega kelud

Alpukat Kelud/Subang

Selanjutnya adalah jenis alpukat mentega yang cukup unik karena bukannya memiliki bentuk bulat atau oval. Namun alpukat Kelud alias alpukat subang ini memiliki bentuk buah yang memanjang dengan bobot buah rata-rata sekitaran 1 kg. Nama alpukat kelud ini ramai setelah diperkenalkan oleh seorang petani alpukat di Kediri.

Bentuk buah alpukat kelud ini memanjang dengan bagian ujung sedikit menggelembung. Buahnya memiliki warna kuning cerah dengan biji buah yang kecil berbentuk seperti biji nangka. Tekstur daging buahnya lembut, pulen, dan juga memiliki rasa buah yang snagat lezat. Bahkan beberapa orang mengatakan jika rasa alpukat kelud menyamai rasa alpukat miki yang juga terkenal akan kelezatannya.

Sebenarnya jenis alpukat kelud ini sudah ada sejak lama dan merupakan varietas alpukat lokal yang tergolong unggul. Pohon induk alpukat kelud ada di Subang, Jawa Barat, maka dari itu tidak sedikit juga orang yang mneyebutnya sebgaai alpukat subang. Orang-orang banyak mencari alpukat kelud karena pohonnya sangat genjah. Bayangkan saja pohon yang baru ditanam di dalam pot dengan usia 2 tahun 7 bulan sudah mampu menghasilkan buah dengan ukuran yang besar. Alasan itulah yang membuat banyak orang memburu alpukat mentaga ini.

4. Alpukat Kendil

Jenis alpukat Mentega kendil

Alpukat Kendil

Buah alpukat berukuran besar bukan hanya alpukat aligator namun alpukat kendil juga. Bisa anda bayangkan rata-rata berat satu buah alpukat kendil adalah 1,5 kg dengan berat maksimal mampu mencapai 3kg. Memiliki bentuk buah yang bulat mirip seperti kendil dengan warna kulit buah yang hijau.

Bagian dalam alpukat kendil memiliki warna kuning dengan daging buah sangat tebal dan biji buah yang kecil. Rasa alpukat kendil sangat lezat dengan tekstur buah yang lembut dan juga pulen saat dimakan.

Bibit alpukat kendil dihasilkan dari persilangan antara alpukat kendal dan juga alpukat gunungpati. Semua orang yang tertarik dengan buah berukuran besar biasanya akan memilih alpukat kendil untuk dibudidayakan. Itulah alasan kenapa banyak orang yang memburu bibit alpukat kendil untuk dibudidayakan.

5. Alpukat Kahyangan

Alpukat mentega kahyangan

Alpukat Kahyangan

Terakhir jenis alpukat mentega yang namanya baru naik akhir-akhir ini adalah alpukat kahyangan. Memang belum banyak orang yang tahu jenis alpukat yang satu ini karena bibitnya memang baru dipublikasikan belum lama. Walaupun sebenarnya keberadaan pohon dan buah alpukat kahyangan sudah ada sejak lama. Nama kahyangan diberikan kepada alpukat ini karena lokasinya yang berdekatan dengan tempat wisata yang bernama sama.

Keunggulan dari alpukat kahyangan adalah pohonnya yang mampu mneghasilkan buah dnegan dompolan buah sangat banyak. Satu dompolan dalam pohon alpukat kahyangan setidaknya terdapat sekitar 8 buah alpukat. Selain itu ukuran buah yang tumbuh semuanya seragam, tidak ada yang lebih kecil maupun lebih besar. Padahal biasanya buah alpukat hanya mampu menghasilkan beberapa buah saja dalam satu dompolan dan ukuran buahnya pasti berbeda.

Seperti yang sudah dikatakan jika alpukat kahyangan masuk ke dalam kategori jenis alpukat mentega karena memiliki daging buah berwarna kuning. Bertekstur lembut dan juga pulen, serta memiliki rasa buah yang manis dan juga lezat. Bagi anda yang ingin menanam bibit alpukat kahyangan anda bisa menghubungi kami di website bibitbuahku.com. Bisa juga dengan menghubungi cs kami agar anda mendpaatkan harga serta penawaran spesial lainnya.

Itulah 5 jenis alpukat mentega yang bisa anda temukan di perkebunan alpukat lokal yang ada di sekitar tempat tinggal anda. Kelima jenis alpukat mentega tersebut merupakan jenis terbaik dari buah alpukat. Masih banyak lagi sebenarnya jenis alpukat mentega yang lain, jik anda penasaran anda bisa melihat jenis-jenis alpukat di website kami ini. Dan jik anda tertarik dnegan slaah satunya anda bisa langsung menghubungi kami segera.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

5 Jenis Alpukat Mentega Yang Cocok Untuk Dibudidayakan

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Manfaat Pete (Petai) Mampu Mehilangkan Racun Tubuh
6 November 2017

Manfaat Pete merupakan pembahasan kita kali ini, namun sebelum kita membahas itu perlu kita ketahui perkembangan pete akhir akhir ini.... selengkapnya

7 LANGKAH MENANAM DURIAN DURI HITAM
7 April 2020

Masih bersama kami, di artikel terbaik tentang buah di Bibit Buahku. Yak… kali ini kita akan membahas tentang langkah menanam... selengkapnya

Maniskan Buah Saat Penghujan
15 Maret 2017

Jambu madu deli hijau tetap manis saat musim hujan. – Menurut seorang pengunjung kebun Kastawi di Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa... selengkapnya

6 KEUNGGULAN TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI, TANAMAN BUAH LOKAL YANG BISA BIKIN NAGIH
5 Mei 2020

Dalam kitab weda, kitab suci umat hindu, mangga dijelaskan sebagai “hidangan para dewa” yang memiliki rasa yang manis, banyak manfaat,... selengkapnya

Cara Menanam Alpukat Kendil dalam Pot dengan Mudah!
6 Mei 2019

Cara Menanam Alpukat Kendil dalam Pot dengan Mudah! Alpukat atau Apokat adalah salah satu jenis buah yang berasal dari Amerika... selengkapnya

Apa Itu Alpukat Aligator dan Apa Saja Manfaatnya?
8 Mei 2019

Apa Itu Alpukat Aligator dan Apa Saja Manfaatnya? Ada berbagai macam buah yang akan menjadi nutrisi yang baik untuk kesehatan.... selengkapnya

7 Cara Budidaya Alpukat Agar Berbuah Banyak
12 November 2018

Cara budidaya alpukat supaya bisa menghasilkan buah banyak wajib Anda ketahui jika Anda merupakan salah satu orang yang sedang menanam... selengkapnya

7 Jenis Mamey Sapote Paling Enak
28 November 2019

Mamey sapote atau yang memiliki nama latin Pouteria Sapota, merupakan spesies tanaman sawo yang berasal dari Amerika Tengah. Pertumbuhannya menyebar... selengkapnya

5 HAL PERAWATAN PADA TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS
29 April 2020

Pada kesempatan kali ini artikel kami akan mengajak anda untuk membahas tentang perawatan pada tanaman buah mangga harum manis. Buah... selengkapnya

Biji Alpukat Jaga Hati
21 Maret 2017

Biji alpukat terbukti melindungi hati Biji alpukat baik sebagai hepatoprotektif dan nefroprotektor. Sirosis hati momok bagi masyarakat. Badan Kesehatan Dunia... selengkapnya

5 Jenis Alpukat Mentega Yang Cocok Untuk Dibudidayakan

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: