Beranda » Blog » 5 HAL PERAWATAN IDEAL TANAMAN DURIAN DURI HITAM

5 HAL PERAWATAN IDEAL TANAMAN DURIAN DURI HITAM

Diposting pada 31 Maret 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 965 kali

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulik perihal perawatan ideal tanaman Durian Duri Hitam.

Durian duri hitam merupakan salah satu jenis buah unggulan yang sedang banyak diminati oleh banyak orang. Bukan hanya bentuk buahnya yang unik serta menarik, rasa buahnya juga bukan cuman isapan jempol belaka, benar-benar lezat dengan aroma yang harum. Jenis durian ini bukan menjadi jawara di negeri asalnya saja, Malaysia. Tapi, reputasinya juga sudah mendobrak ke Indonesia, bahkan ke tingkat Asia Tenggara.

Buah durian duri hitam yang beberapa kali pernah menjuara juara nasional selama tahun-tahun terakhir ini, bahkan kemasyhurannya mengalahkan durian musang king, yang pernah lebih dahulu terkenal.

Keunggulan durian duri hitam, bukan hanya nampak pada tampilan dan rasanya yang banyak menarik perhatian orang, budidaya serta penanamannya pun cenderung mudah. Dengan perawatan yang ideal, hasil tanam pun dijamin optimal.

Perawatan ideal yang perlu diperhatikan bukan hanya kompinasi antara pemberian pupuk, penyiraman pada tanaman, serta pemangkasan yang mutlak dan pas saja. Namun juga, kultur tenis yang sehat, seperti memperhatikan penggunaan mulsa yang tidak berlebihan, drainase tanaman yang baik, juga hal-hal yang lain.

Baiklah, ini adalah beberapa perawatan ideal pada tanaman durian duri hitam agar hasilnya dapat optimal. Jika hasilnya optimal, tentu saja ini dapat menguntungkan kita yang ingin membudidayakan tanaman buah duria duri hitam dalam skala konsumtif pribadi, yakni rumahan, maupun skala untuk dikomersialkan.

Hal-Hal Perawatan Ideal Pada Tanaman Buah Durian Duri Hitam Agar Hasilnya Optimal.

HAL PERAWATAN UNTUK TANAMAN DURIAN DURI HITAM

HAL PERAWATAN UNTUK TANAMAN DURIAN DURI HITAM

 

1. Giat Memberi Pupuk Dan Menyirami Tanaman

Hal pertama dalam perawatan ideal pada tanaman buah durian duri hitam adalah pemupukan dan penyiraman. Pemupukan adan penyiraman pada tanaman penting untuk dilakukan agar tanaman buah durian duri hitam dapat memperoleh hasil yang paling baik.

Pemuopukan meski dilakukan dengan berimbang. Tanaman durian duri hitam yang kekurangan nutrisi dan tidak diberi pupuk akan lambat dalam pertumbuhan, lemah serta mudah sekali terserang hama dan penyakit. Pemilihan pupuk serta dosis yang tepat sangat mempengaruhi pertumbuhan hingga hasil panen nantinya.

Beberapa penelitian menyebutkan, bahwa pemupukan tanaman lebih baik menggunakan pupuk alami. Usahakan penggunaan pupuk kimia sebagai opsi terakhir. Kamu bisa saja menggunakan pupuk kandang ayam. Terbukti, pupuk kandang ayam merupakan sumber bahan organik yang paling ampuh dalam menghalang pertumbuhan protista tanaman Durian Duri Hitam. Kandungan dalam pupuk kandang ayam yang memiliki bahan alami, mampu mentsabilkan PH tanah. Sehingga, dapat juga membantu berkembangnya mikroorganise yang dapat menekan pertumbuhan penyakit pada tanaman Durian duri hitam.

Seperti yang kita ketahui, bahwa pupuk merupakan salah satu sumber nutrusi dan makaan bagi tanaman, semakin tepat dosis pupuk yang nantinya diberikan, akan semakin optimal pula kualitas hasil tanaman yang nantinya akan dihasilkan.

Kita dapat melakukan pemupukan pada fase awal dan fase dasar serta pada fase pembuahan. Pada fase awal atau fase dasar dapat dilakukan pemupukan tiap empat sampai lima minggu sekali selama satu tahun awal pertumbuhan. Sedangjan untuk fase pembuahan, dapat dilakukan pemupukan tiap tiga sampai empat bulan sekali.

Sementara untuk penyiraman buah, dapat dilakukan dua kali sehari. Terlebih saat mendekati proses pembentukan bunga dan pembuahan. Usahakan kamu dapat menyiram secara intensif satu sampai dua kali dalam sehari.

Hindari penyiraman yang terlalu berlebih, yang menyebabkan tanah terlalu basah. Hal ini dapat menyebabkan busuk akar. Untuk mengantisipasinya, kamu dapat membuat saluran drainase yang baik.

2. Lakukan Pemangkasan

Perawatan pada tanaman buah durian duri hitam selanjutnya adalah melakukan pemangkasan. Ada beberapa hal pemangkasan yang perlu kamu perhatian; yakni pemangkasan pucuk juga pemangkasan bentuk.

Pemangkasan dilakukan agar produktifitas dapat meningkat serta menambah kualitas buah. Pemangkasan yang ideal dilakukan tidak lebih dari dua minggu pasca tanaman yang berbunga agar tidak menghambat pertumbuhan tanaman.

Pemangkasan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengiris dari kedua sisi-sisi pada barisan tanaman buah durian duri hitam kira-kira ukurannya 60 cm- 90 cm dan atau kira-kira 1,5 sampai 2 meter dari pangkal batang.

3. Penjaranan dan Penyulaman Buah

Perawatan ideal untuk tanaman buah durian duri hitam selanjutnya adalah penjarahan dan penyulaman buah. Penjarangan memiliki fungsi dan tujuan, yakni untuk mencegah buah durian mati karena terlalu banyak energi yang dikeluarkan saat pembuahan sehingga energinya sampai habis. Penjarangan ini sungguh mempengaruhi pula pada cita rasa pada buah, ukuran buah yang dihasilkan sertan tingkat produktifitas tanaman buah durian duri hitam.

Penjarangan dapat dilakukan bersama – sama dengan proses pengguguran bunga pada tanaman. Pada saat bunga gugur sudah selesai, esok harinya harus langsung dilakukan penjarangan.

Penjarangan dapat dilakukan dengan menyemprotkan hormon tertentu, seperti hormon Auxin A, pada saat bunga atau bakal buah menginjak umur satu bulan. Setelah itu, bunga yang sudah terbuka otomatis dan sudah dibuahi otomatis akan melanjutkan pembuahannya sedangkan yang belum terbuahi akan gugur.

4. Kultur Teknis Yang Sehat

Perawatan ideal pada tanaman buah durian duri hitam selanjutnya adalah memiliki kultur teknis yang sehat. Ini merupakan poin penting bagi para pekebun, karena hal ini juga mempengaruhi hasil produksi. Kultur teknis yang sehat dapat meliputi pengendalian terintegrasi dengan penggunaan varietas tahan dan bebas penyakit, memperhatikan penyiraman dan pemupukan yang ramah lingkungan, hingga pembiasaan diri membuang sampah dan pembersihan lahan.

Usahakan pembuangan sampah dilakukan dengan memishkan sampah organik dan anorganik. Sampah organik nantinya bisa diolah menjadi pupuk yang alami dan membantu pertumbuhan tanaman. Sedangkan, sampah anorganik dapat difungsingkan kembali menjadi barang yang lebih berharga.
Selain itu, penggunaan pestisida usahakan yang berbahan hayati dan kimia yang ramah. Mari mulai hidup sehat!

5. Bila Perlu, Gunakan Mulsa Yang Cukup

Terakhir, kamu bisa menggunakan mulsa untuk perawatan yang ideal pada tanaman buah durian duri hitam. Penggunaan mulsa juga harus sesuai dengan dosis yang sesuai dan jangan sampai berlebihan. Kamu bisa menggunakan mulsa dengan kriteria tidak boleh lebih dari 5 cm ketebalannya. Penggunaan mulsa yang terlalu berlebihan dapat menutup pangkal batang, sehingga menghalangi sinar matahari. Akibatnya, pertumbuhan menjadi terhambat. Idealnya, gunakan mulsa dengan ketebalan antara 2,5 cm sampai 5 cm.

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

5 HAL PERAWATAN IDEAL TANAMAN DURIAN DURI HITAM

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Perkembangan Pohon Tin Di Luar Negeri dan Di Indonesia
9 Maret 2017

Perkembangan Pohon Tin Di Luar Negeri dan Di Indonesia – Perancis membuahkan 4.000 ton buah tin per th. sejumlah 2.000 ton... selengkapnya

6 PERAWATAN POKOK PADA TANAMAN BUAH KELENGKENG MERAH
21 April 2020

Yakk kali ini kita akan mengulas tentang keunggulan kelengkeng merah. Cekidot… Kelengkeng merah merupakan salah satu tanaman buah yang sedang... selengkapnya

Memilih Jasa Pengiriman Bibit Tanaman Yang Cepat, Aman dan Murah
18 September 2017

Jasa Pengiriman Bibit Tanaman – Dalam usaha pertanian seperti hasil sayuran, palawija, buah-buahan dan salah satunya juga pembibitan, sudah sangat... selengkapnya

Uji Coba Memeram Alpukat Menggunakan Tomat dan Pisang Lebih Cepat Matang
15 Maret 2019

Apakah anda saat ini sedang mencari informasi bagaimana cara agar alpukat mudah matang atau masak saat diperam? Maka diartikel ini... selengkapnya

7 Tips Budidaya Durian Musang King di Indonesia
18 Februari 2020

Budidaya Durian Musang King merupakan salah satu peluang usaha yang sedang banyak dibicarakan orang. Keunggulan Durian Musang King banyak sekali.... selengkapnya

5 TRIK PENANAMAN DURIAN MUSANG KING
14 Maret 2020

Kali ini kita akan membahas tentang trik penanaman durian Musang King, oke kita langsung bahas. Durian Musang King merupakan salah... selengkapnya

Biji Alpukat Jaga Hati
21 Maret 2017

Biji alpukat terbukti melindungi hati Biji alpukat baik sebagai hepatoprotektif dan nefroprotektor. Sirosis hati momok bagi masyarakat. Badan Kesehatan Dunia... selengkapnya

6 Cara Merawat Tanaman Strawberry Agar Cepat Berbuah
12 Juli 2021

Apakah anda menyukai buah strawberry? Buah berry yang memiliki rasa asam manis ini memang disukai oleh banyak orang dari anak-anak... selengkapnya

Belimbing Madu – Buah Bintang Unggulan Bojonegoro
15 Maret 2017

Belimbing Madu Buah Bintang Unggulan Bojonegoro –  Belimbing di sentra Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, berukuran besar, lembut, dan manis.... selengkapnya

Dua Cara Budidaya Jagung Manis Panen Besar
12 Desember 2017

Budidaya Jagung Manis Panen Besar – Sebelum membahas lebih jauh, untuk Anda yang ingin membudidayakan jagung manis sebagai produk unggulan perlu... selengkapnya

5 HAL PERAWATAN IDEAL TANAMAN DURIAN DURI HITAM

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: